Kamis, 26 Juli 2012

Kung Fu Hibrida China

1.Hong Ca

Hong Cha Kung Fu adalah selatan Cina seni bela diri yang menggabungkan gaya dan teknik pelatihan yang merupakan ciri khas dari daerah itu. Beberapa karakteristik ini adalah jarak pendek menendang dan meninju, sikap rendah, dan pertempuran darat. Beberapa tendangan dimanfaatkan dengan lebih menekankan pada teknik tangan. Karena sifat-sifat ini, Hong Cha mirip dengan Hung Gar . Seperti Hung Gar dan gaya Shaolin berbasis Selatan, Hong Cha teknik didasarkan pada Hewan Lima sistem: Naga , Harimau , Bangau , Leopard , dan Ular . Pelatihannya menggabungkan kedua teknik keras dan lunak dengan penekanan pada teknik pernapasan yang tepat. Setiap hewan dari dilakukan dengan napas yang unik dan suara. Hung Gar menggabungkan bentuk-bentuk binatang juga, tapi dengan penekanan utama pada Tiger dan Crane. Hong Cha di sisi lain menempatkan penekanan utama pada Naga dan Tiger. Selain itu, kedua Hong Cha dan Hung Gar menggabungkan ide Lima Elemen (api, air, kayu, logam, dan bumi) dalam pelatihannya. Hong Cha dipromosikan oleh Kim Lao-an, seorang seniman bela diri dari Cina Selatan yang melakukan perjalanan ke Binondo, Manila di Filipina dan akhirnya ke Hong Kong. Muridnya Johnny Chiuten dan mahasiswa Johnny, Rene Navarro dan muridnya Dr Jan L. Miller adalah promotor dari gaya ini di Amerika Serikat. [1]
Grandmaster Chiuten baru saja meninggal, murid-muridnya, Guru Rene Navarro dan Master Navarros 'kung fu saudara Dr Jopet Laraya adalah tuan gaya di Amerika Serikat / Inggris dan Hong Kong / Kanada masing-masing. Individu-individu yang telah dipromosikan untuk Sifu oleh Dr Jopet Laraya termasuk Sifu David Ellsmere dan Sifu John Rivers dari Canada.Great Grandmaster Lao Kim dan Grandmaster Lao Ke Tong berteman. Ada beberapa yang percaya bahwa Grandmaster Besar Lao Kims 'Hung Kuen berasal dari Mun Hung (Cina tukang batu), meskipun keturunannya sudah sangat sulit untuk dilacak. Ada beberapa yang mengklaim bahwa Lao Kim belajar dari Tang Fung Grandmaster akhir dari garis keturunan Tang Fung Hung Ga, meskipun bentuk Lao Kims 'yang berbeda. Hong Cha adalah pengucapan phoenetical untuk Mandarin "Hong Jia" (bahasa Cina Mandarin untuk Hung Ga).
Sejak lulus Grandmaster Chiutens ', Dr Jopet Laraya telah mengambil judul Grandmaster setelah berunding dengan keluarga dari Chiuten Grandmaster terlambat. Dr Laraya adalah Dokter berlatih Kedokteran Hewan di Hong Kong.

2.I Liq Chuan 

I liq Chuan (Mental Fisik [kekuatan] Fist): Saya liq Chuan adalah Seni Bela Diri Cina yang relatif baru didirikan oleh Grand Master, Chin Lik Keong dari Malaysia . Sebagai sistem Neijia Fu Gung , saya liq Chuan menekankan pengembangan daya internal melalui sikap mental dan kesadaran. Anaknya Guru Sam Chin FS terstruktur dan terorganisir sistem dan diperkenalkan pertama kali ke Amerika Serikat pada tahun 1992. Sejak itu di bawah pimpinan Chin Sam Guru, telah menyebar ke banyak negara lain termasuk Rusia, Australia, Italia, Jerman, Latvia, Ukraina, Belarus, Austria, Jepang dan di negara-negara lain di seluruh dunia.

Isi

Sejarah

Sejarah saya liq Chuan adalah samar. Chin Keong Lik adalah Pendiri dari sistem. Ia belajar seni bela diri dari master beberapa termasuk Sum Sifu Gaya Lee pelatihan Lee, Sifu Len pelatihan Phoenix Eye (yang mencolok dari titik meridian), dan nya Sifu terakhir adalah Lee Kam Chow pelatihan Feng Yang Lu Yi. Beberapa orang menyebutnya Lu Yie Pa Kua, Hsing-I Pa Kua atau Liew Mun Pai (klan nomaden). Ini adalah keterampilan seni bela diri tersembunyi digunakan oleh pengembara untuk melindungi diri di jalan terbuka dan tidak terbuka untuk umum, dan hanya diwariskan diam-diam. Tingkat yang lebih tinggi keterampilan disimpan untuk anggota keluarga saja. Melalui tahun-tahun pelatihan ia menyadari dan dilarutkan semua seni pelatihan mantan dengan gerakan dasar sesuai dengan sifat dari struktur manusia.
Grandmaster Chin melanjutkan penelitian dan diperluas pada apa yang telah dipelajarinya. Dia sampai pada kesimpulan bahwa itu adalah seni diri pengakuan dan realisasi diri dari kedua mental (I) dan fisik (liq). Merasa tidak nyaman dengan penamaan seni di bawah salah satu gaya dia menamakannya saya liq Chuan. Pada tahun 1976 Chin Grandmaster membentuk saya liq Chuan Asosiasi di Malaysia. Putra Grand Master Chin Lik Keong tertua, dan salah satu pendiri - Chin Fan Siong (Sam Chin) mewarisi seni keluarga dari ayahnya dan meningkatkan sifat dasar saya liq Chuan.
Pada tahun 1992, Master Chin Sam pindah ke kota kecil Carmel New York (Amerika Serikat). Dia memiliki kesempatan paparan harian dengan ajaran biksu mengunjungi dunia terkenal yang diperluas studi tentang Buddha (Zen) falsafah. Kesempatan ini membantu Guru Chin Sam mendapatkan pemahaman yang lebih dalam konsep Kesadaran. Dia menyadari bahwa Kesadaran adalah jantung saya liq Chuan dan wawasan ini mengakibatkan peningkatan yang luar biasa saya liq Chuan sebagai seni bela diri yang lengkap. Untuk mencapai siswa Barat dan mempertahankan kemurnian sistem, ia menciptakan dan menerapkan struktur pendidikan lengkap yang mencakup panduan pengajaran dan sistem penilaian untuk siswa dan instruktur untuk mempromosikan dan memperkenalkan saya liq Chuan kepada dunia. Setelah bertahun-tahun kerja keras, Master Chin Sam telah berhasil menyebar seni untuk berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Rusia, Australia, Jerman, Austria, Italia, Prancis, Belarusia, Latvia, Ukraina dan Inggris. Guru Chin Sam telah menginstruksikan siswa yang tak terhitung jumlahnya dan dipromosikan beberapa orang terpilih ke tingkat instruktur elit. Usaha yang sulit Guru Sam Chin telah mengakibatkan meningkatnya minat dalam seni liq saya Chuan bela diri di seluruh dunia.

Lima belas Latihan Dasar

Ini merupakan dasar dari proses belajar jika saya liq Chuan:
1) Mekanisme Gerakan Tubuh
2) Tiga Dimensi Pesawat
3) Energi Angkatan dari Yin dan Yang
4) Berdiri Meditasi
5) Latihan Pernapasan
6) Footwork
7) Menendang
8) Tenaga Pelatihan

Bentuk

1) Formulir 21 Gerakan
2) Bentuk Kupu-kupu yang berisi "Fa Jing" atau tindakan eksplosif.

Pelatihan Rekanan

1) pemintalan Tangan
2) Sticky Tangan
3) Chin-na
4) Sanshou

Grading Sistem dan Instruktur Bersertifikat

Ada total 10 level instruktur. Pertama 9 dari yang diuji dan tingkat terakhir hanya dapat diperoleh dengan penghargaan.
Tujuan dari penilaian adalah untuk memberikan setiap saya liq Chuan siswa keyakinan mengetahui bahwa keterampilan mereka pada setiap tingkat diuji telah diverifikasi dan divalidasi oleh instruktur resmi yang berwenang.
Dengan validasi ini, I liq mahasiswa Chuan memiliki kemampuan untuk pergi ke mana pun saya liq Chuan kelas, lokakarya dan seminar diselenggarakan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia dan diakui dan dihormati karena keterampilan dicapai.
Without grading ini, I liq mahasiswa Chuan, tanpa berdiri diakui dalam sistem, akan ada sumber otoritatif untuk secara efektif menjawab tantangan pendapat mereka, atau instruksi dalam seni saya liq Chuan.

3.Jeet Kune Do 

Jeet Kune Do ( ; juga "Jeet Kun Do", "JKD," atau "Jeet Kuen Do") adalah seni bela diri hibrida sistem dan filosofi hidup yang didirikan oleh seniman bela diri Bruce Lee [2] dengan langsung, klasik dan non langsung gerakan di Amerika Serikat. Karena cara gaya bekerja mereka percaya pada gerakan minimal dengan efek maksimum dan kecepatan ekstrim. Sistem ini bekerja pada penggunaan yang berbeda 'alat' untuk situasi yang berbeda. Situasi ini dipecah ke dalam rentang (Menendang, Punching, Menjebak dan Bergulat), dengan teknik lancar mengalir antara mereka. Hal ini disebut sebagai "gaya tanpa gaya" atau "seni berjuang tanpa berperang" seperti dikatakan oleh Bruce Lee sendiri. Tidak seperti seni bela diri yang lebih tradisional, Jeet Kune Do tidak tetap atau bermotif, dan merupakan filsafat dengan pikiran membimbing. Itu bernama untuk konsep intersepsi, atau menyerang lawan saat ia akan menyerang. Namun, nama Jeet Kune Do sering dikatakan oleh Bruce Lee menjadi hanya sebuah nama. Dia sendiri sering disebut sebagai "Seni mengungkapkan tubuh manusia" dalam tulisan-tulisannya dan dalam wawancara. Melalui studinya Bruce mulai percaya bahwa gaya telah menjadi terlalu kaku, dan tidak realistis. Ia menyebut kompetisi seni bela diri dari hari "berenang tanah kering". Dia percaya bahwa pertempuran adalah spontan, dan bahwa seorang seniman bela diri tidak bisa memprediksi itu, hanya bereaksi untuk itu, dan bahwa seorang seniman bela diri yang baik harus "Jadilah seperti air" dan bergerak mulus tanpa ragu.
Pada tahun 2004, Bruce Lee Yayasan memutuskan untuk menggunakan nama Jun Fan Jeet Kune Do (振藩截拳道) untuk merujuk pada seni bela diri Lee sistem yang didirikan. "Jun Fan" adalah Lee Cina nama yang diberikan .

Isi

Sistem dan filsafat

Lee filsafat

Jeet Kune Do (JKD) adalah nama Bruce Lee memberi ke sistem tempur dan filsafat. Awalnya, ketika Lee mulai meneliti berbagai pertempuran gaya, ia memberikan seni bela diri namanya sendiri Jun Fan Gung Fu . Namun tidak ingin menciptakan gaya lain yang akan berbagi keterbatasan yang semua gaya memiliki, dia malah menggambarkan proses yang ia gunakan untuk membuatnya:
Saya belum menemukan sebuah "gaya baru," komposit, dimodifikasi atau sebaliknya yang diatur dalam bentuk yang berbeda sebagai terpisah dari "ini" atau metode "yang" metode. Sebaliknya, saya berharap untuk membebaskan pengikut saya dari menempel gaya, pola, atau cetakan. Ingat bahwa Jeet Kune Do hanyalah nama yang digunakan, cermin di mana untuk melihat "diri kita". . . Jeet Kune Do bukanlah lembaga terorganisasi yang satu dapat menjadi anggota. Entah Anda mengerti atau tidak, dan itu adalah bahwa. Tidak ada misteri tentang gaya saya. Gerakan saya sederhana, langsung dan non-klasik. Bagian luar biasa itu terletak pada kesederhanaannya. Setiap gerakan dalam Jeet Kune-Do sedang jadi dirinya sendiri. Tidak ada buatan tentang hal itu. Saya selalu percaya bahwa cara yang mudah adalah cara yang benar. Jeet Kune-Do hanyalah ekspresi langsung dari perasaan seseorang dengan minimum gerakan dan energi. Dekat ke jalan yang benar Kung Fu, pemborosan kurang ekspresi ada. Akhirnya, Jeet Kune Do pria yang mengatakan bahwa Jeet Kune Do adalah eksklusif Jeet Kune Do sama sekali tidak dengan itu. Ia masih terpaku pada diri penutupan perlawanan, dalam hal ini berlabuh ke pola reaksioner, dan tentu masih terikat dengan pola lain dimodifikasi dan dapat bergerak dalam batas-batasnya. Dia tidak dicerna fakta sederhana bahwa kebenaran ada di luar semua cetakan, pola dan kesadaran tidak pernah eksklusif. Sekali lagi saya ingatkan Jeet Kune Do hanyalah sebuah nama yang digunakan, perahu untuk mendapatkan satu di seluruh, dan sekali di atasnya harus dibuang dan tidak untuk dibawa di punggung seseorang.
- Bruce Lee [3]

Modern Jeet Kune Do filsafat

JKD karena bertahan hari ini - jika seseorang ingin melihatnya "halus" sebagai produk, bukan proses - adalah apa yang tersisa pada saat kematian Bruce Lee. Ini adalah hasil dari proses pengembangan seni bela diri seumur hidup Lee melewati. Bruce Lee menyatakan bahwa konsep itu bukan "menambah" hal yang lebih dan lebih di atas satu sama lain untuk membentuk suatu sistem, tapi merupakan menampi keluar. Para metafora Lee dipinjam dari Chan Buddhisme adalah terus-menerus mengisi gelas dengan air, dan kemudian mengosongkan itu, digunakan untuk menggambarkan Lee filosofi dari "casting dari apa yang tidak berguna". Dia menggunakan mentalitas pematung dari dimulai dengan segumpal tanah liat dan hacking jauh di "unessentials"; hasil akhirnya adalah apa yang dianggap sebagai penting tempur telanjang, atau JKD. Tangan yang dominan atau kuat harus dalam memimpin karena akan melakukan persentase yang lebih besar dari pekerjaan. Lee meminimalkan penggunaan sikap lain kecuali bila keadaan diperlukan tindakan seperti itu. Meskipun posisi On-Guard adalah keseluruhan sikap yang baik, itu tidak berarti satu-satunya. Dia mengakui bahwa ada saat-saat posisi lain harus dimanfaatkan.
Lee merasakan properti dinamis JKD adalah apa yang memungkinkan praktisi untuk beradaptasi dengan perubahan konstan dan fluktuasi pertempuran hidup. Dia percaya bahwa keputusan ini harus dilakukan dalam konteks "tempur nyata" dan / atau "semua perdebatan keluar" dan bahwa hanya dalam lingkungan ini bahwa seseorang benar-benar bisa anggap teknik yang layak adopsi.
Bruce Lee tidak menekankan hafalan bentuk pelatihan solo yang atau "Kata", karena kebanyakan gaya tradisional dilakukan di awal pelatihan tingkat mereka. Dia sering dibandingkan melakukan bentuk tanpa lawan untuk mencoba untuk belajar berenang di tanah kering. Lee percaya bahwa pertempuran yang sebenarnya adalah hidup dan dinamis . Keadaan dalam memerangi perubahan dari milidetik ke milidetik, dan dengan demikian pra-diatur pola dan teknik yang tidak memadai dalam menghadapi situasi seperti berubah. Sebagai anekdot pemikiran ini, Lee pernah menulis sebuah batu nisan yang berbunyi: '. Dalam kenangan seorang pria sekali cairan, dipenuhi dan terdistorsi oleh kekacauan klasik' "Berantakan klasik" dalam hal ini adalah apa yang Lee pikir seni bela diri klasik.

Prinsip

Berikut ini adalah prinsip bahwa Bruce Lee dimasukkan ke dalam Jeet Kune Do-nya. [4] Dia merasa ini adalah kebenaran universal yang memerangi adalah bukti diri, dan akan mengakibatkan memerangi sukses jika diikuti. Keakraban dengan masing-masing "Empat rentang tempur", khususnya, dianggap penting dalam menjadi seorang "total" seniman bela diri.
JKD mengajarkan bahwa pertahanan terbaik adalah pelanggaran yang kuat, maka prinsip dari "kepalan mencegat". Untuk orang lain untuk menyerang tangan ke tangan, penyerang harus mendekati target. Hal ini memberikan kesempatan bagi orang yang menyerang untuk "mencegat" gerakan menyerang. Prinsip intersepsi dapat diterapkan untuk lebih dari mencegat serangan fisik. isyarat non-verbal (gerakan halus yang lawan mungkin tidak menyadari) dapat dirasakan atau "dicegat", dan dengan demikian digunakan untuk keuntungan seseorang.
The "Lima cara serangan", kategori yang membantu mengatur repertoar praktisi JKD memerangi mereka, terdiri dari ajaran ofensif JKD. Konsep "hits Stop & tendangan berhenti", dan "Simultan menangkis & meninju", yang dipinjam dari pagar Epee dan konsep Wing Chun dari gerakan fluida tunggal yang menyerang ketika mempertahankan, terdiri ajaran defensif JKD. Konsep-konsep ini telah dimodifikasi untuk pertempuran bersenjata dan diimplementasikan ke dalam kerangka JKD oleh Lee, untuk melengkapi prinsip intersepsi.

Lurus Timbal

Bruce merasa bahwa memimpin lurus adalah bagian yang paling integral dari Jeet Kune Do meninju, "Pukulan lurus terkemuka adalah tulang punggung dari semua meninju dalam Jeet Kune Do". [5] Memimpin lurus bukan pemogokan listrik tetapi serangan yang dibangun untuk kecepatan. Memimpin lurus harus selalu diselenggarakan longgar dengan gerakan sedikit, ini menambah kecepatan dan membuat lebih sulit untuk melihat dan memblokir. Pemogokan tidak hanya pukulan tercepat di JKD, tetapi juga yang paling akurat. Kecepatan ini disebabkan oleh fakta bahwa tinju diadakan keluar sedikit sehingga lebih dekat dengan target dan akurasinya diperoleh dari pukulan yang dilemparkan lurus ke depan dari tengah Anda. Memimpin langsung harus diadakan dan dibuang longgar dan mudah memperketat hanya pada dampak menambahkan snap untuk pukulan Anda. Pukulan memimpin langsung dapat dibuang dari berbagai sudut dan tingkat. [6] 1. Tinggi lurus memimpin 2. Sedang lurus timbal (untuk tubuh) 3. Rendah memimpin 4 lurus. Miring kanan 5. Miring kiri 6. Ganda lurus memimpin "lead Tangan Anda harus seperti petir gemuk dan tidak pernah harus dipegang secara kaku atau bergerak. Jauhkan sedikit bergerak (tanpa berlebihan) dengan cara mengancam, karena tidak hanya membuat lawan di tepi, tetapi juga dapat disampaikan lebih cepat dari gerak daripada dari imobilitas. Seperti kobra, pemogokan Anda harus dirasakan sebelum melihat ". [5]

Non-Bank punch

Bruce merasa serangan ledakan tidak ada tanda kirim niat yang terbaik. Dia menunjukkan bahwa tingkat serangan harus menangkap lawan lengah, melemparkan mereka kehilangan keseimbangan, meninggalkan lawan tidak dapat mempertahankan terhadap serangan lebih lanjut. "Konsep di balik ini adalah bahwa Anda melakukan pukulan Anda tanpa peringatan terlebih dahulu apapun, seperti tegang bahu atau menggerakkan kaki atau tubuh Anda, lawan tidak akan memiliki cukup waktu untuk bereaksi". [7] Kuncinya adalah Anda harus menjaga tubuh Anda dan lengan longgar, tenun lengan Anda sedikit hanya menjadi tegang pada dampak. Bruce Lee ingin angin sampai gerakan atau "siap-siap pose" sebelum serangan Anda dilemparkan. Bruce menjelaskan bagaimana bahwa setiap berkedut atau gerakan sedikit sebelum mencolok sebaiknya dihindari karena akan memberikan tanda lawan atau petunjuk untuk apa yang Anda berencana dan mereka akan dapat menyerang Anda pertama saat Anda sedang mempersiapkan serangan. Non-telegraf gerakan adalah teori penting untuk Jeet Kune Do dan Bruce merasa menjadi harus memiliki di gudang pertempuran Anda. [8]

'Jadilah seperti air'

Bruce Lee menyadari bahwa dalam setiap situasi, baik dalam pertempuran atau dalam skenario kehidupan sehari-hari, mereka bervariasi dan salah satu harus tetap fluida untuk mendapatkan kemenangan. Bruce sangat yakin Anda tidak harus kaku dalam pikiran Anda atau metode pertempuran. Bruce merasa bahwa Anda harus mampu beradaptasi dengan segala situasi yang mungkin terjadi dan berhubungan itu menjadi seperti air, "Kosongkan pikiran Anda, akan berbentuk, tak berbentuk, air seperti. Jika Anda meletakkan air ke dalam cangkir, menjadi cangkir Anda menempatkan. air ke dalam botol dan itu menjadi botol. Anda memasukkannya ke dalam teko itu menjadi teko. Itu air bisa mengalir, atau dapat crash. Jadilah air teman saya ". [9] teori Bruce Lee di balik ini agak sederhana, Anda harus mampu berfungsi dalam setiap skenario Anda dilemparkan ke dalam dan Anda harus bereaksi sesuai Anda harus tahu kapan harus mempercepat atau memperlambat, kapan harus memperluas dan kapan kontrak, kapan harus tetap mengalir dan ketika crash.. Ini adalah kesadaran bahwa baik kehidupan dan pertempuran bisa menjadi tak berbentuk dan terus berubah yang memungkinkan seseorang untuk dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan seketika dan membawa solusi yang tepat. Bruce tidak percaya pada "gaya" dan merasa bahwa semua orang dan setiap situasi berbeda, tidak semua orang cocok ke dalam cetakan, kita harus tetap fleksibel dalam rangka memperoleh pengetahuan baru dan kemenangan di kedua hidup dan memerangi Kami tidak pernah harus menjadi stagnan dalam pikiran atau metode selalu berkembang dan bergerak menuju perbaikan diri kita sendiri.. [10]

Ekonomi gerak

Jeet Kune Do berusaha untuk buang-buang waktu atau gerakan, mengajarkan bahwa hal-hal paling sederhana bekerja terbaik seperti dalam Wing Chun. Ekonomi gerak adalah prinsip di mana praktisi JKD mencapai:
  • Efisiensi: Sebuah serangan yang mencapai target dalam waktu paling sedikit, dengan kekuatan maksimal.
  • Keterusterangan: Melakukan apa yang datang secara alami dengan cara disiplin.
  • Kesederhanaan: Berpikir secara sederhana, tanpa ornamen.
Ini dimaksudkan untuk membantu praktisi menghemat energi dan waktu; dua komponen penting dalam konfrontasi fisik. Kekuatan dimaksimalkan berusaha untuk mengakhiri pertempuran dengan cepat karena jumlah kerusakan yang ditimbulkan pada lawan. Kecepatan bertujuan untuk mencapai target sebelum lawan dapat bereaksi, yang merupakan setengah-denyut lebih cepat waktu, belajar di Wing Chun dan Barat tinju. [11] Belajar teknik digunakan dalam JKD untuk menerapkan prinsip-prinsip ini untuk berbagai situasi.

Stop & hit menghentikan tendangan

"Ketika jaraknya lebar, lawan menyerang memerlukan semacam persiapan Oleh karena itu, menyerangnya pada persiapannya serangan.." "Untuk menghubungi saya, Anda harus pindah ke serangan saya Anda menawarkan saya kesempatan untuk mencegat Anda.." Ini berarti mencegat serangan lawan dengan serangan Anda sendiri, bukan dari sebuah blok sederhana. Ini adalah untuk konsep ini Jeet Kune Do bernama. Praktisi JKD percaya bahwa ini adalah keterampilan defensif yang paling sulit untuk berkembang. Strategi ini adalah fitur dari beberapa seni bela diri tradisional Cina sebagai sayap chun, serta komponen penting dari pagar Epee Eropa. Berhenti hit & tendangan memanfaatkan prinsip ekonomi gerakan dengan menggabungkan serangan dan pertahanan menjadi satu gerakan sehingga meminimalkan "waktu" elemen.

Simultan menangkis & meninju

Ketika menghadapi serangan masuk, serangan itu silat atau dibelokkan dan serangan balik yang disampaikan pada saat yang sama. Bukan sebagai maju sebagai hit berhenti tetapi lebih efektif daripada memblokir dan serangan balik secara berurutan. Hal ini dilakukan oleh beberapa seni bela diri Cina sebagai sayap chun dll Simultan menangkis & meninju menggunakan prinsip ekonomi gerakan dengan menggabungkan serangan dan pertahanan menjadi satu gerakan sehingga meminimalkan "waktu" elemen dan memaksimalkan "energi" elemen. Efisiensi diperoleh dengan memanfaatkan sebuah pesta daripada blok. Menurut definisi sebuah "blok" berhenti serangan sedangkan menangkis hanya kembali mengarahkan serangan. Redirection memiliki dua keuntungan: Hal ini membutuhkan sedikit energi untuk mengeksekusi, itu memanfaatkan energi lawan terhadap mereka dengan menciptakan ketidakseimbangan. Efisiensi diperoleh di bahwa lawan memiliki lebih sedikit waktu untuk bereaksi terhadap pembatalan serangan mereka sementara harus khawatir tentang mempertahankan serangan masuk.

tendangan Rendah

Praktisi JKD percaya bahwa mereka harus menargetkan tendangan mereka untuk tulang kering lawan mereka, lutut, paha, dan bagian tengah tubuh seperti di sayap chun. [12] Target ini paling dekat dengan kaki, memberikan stabilitas yang lebih dan lebih sulit untuk mempertahankan diri. Namun, seperti dengan semua apa-apa prinsip-prinsip lain JKD adalah "ditulis dalam batu". Jika target kesempatan hadiah itu sendiri, bahkan target di atas pinggang, orang bisa mengambil keuntungan dari situasi tanpa merasa terhambat oleh prinsip ini. Mempertahankan tendangan rendah menggunakan prinsip ekonomi gerakan dengan mengurangi jarak tendangan harus melakukan perjalanan sehingga meminimalkan "waktu" elemen.

Empat Kisaran tempur

Jeet Kune Do kereta mahasiswa di masing-masing rentang sama. Menurut Lee, ini berbagai pelatihan berfungsi untuk membedakan JKD dari seni bela diri lainnya. Lee menyatakan bahwa sebagian besar tapi tidak semua seni bela diri tradisional mengkhususkan diri dalam sistem pelatihan di satu atau dua rentang. Teori Bruce Lee telah sangat berpengaruh dan diperkuat di bidang Mixed Martial Arts, sebagai Fase MMA Combat dasarnya konsep yang sama seperti rentang tempur JKD. Sebagai catatan sejarah, rentang dalam JKD telah berevolusi dari waktu ke waktu. Awalnya berkisar dikategorikan sebagai jarak pendek atau dekat, menengah, dan jangka panjang. [13] Istilah terbukti ambigu dan akhirnya berkembang menjadi bentuk mereka yang lebih deskriptif meskipun mungkin masih ada orang lain yang lebih memilih tiga kategori.

Lima cara serangan

  • . Sudut serangan Sederhana (SAA): Serangan sudut sederhana adalah penggunaan setiap "Serangan Sederhana", sebuah serangan yang memiliki garis langsung api yang dimanfaatkan dengan berpura-pura atau mengalahkan lawan untuk pukulan, dari sudut tak terduga. SAA dapat diatur dengan baik melakukan gerak tipu atau menyesuaikan kembali jarak dengan gerak kaki.
  • . Imobilisasi Attack (IA): Serangan imobilisasi adalah penggunaan efektif "Trapping". Trapping adalah metode serangan yang menghasilkan menekan tangan lawan atau kaki memberikan rute aman dari serangan. Perangkap ini mencegah lawan dari bagian yang bergerak diperlukan tubuh untuk pertahanan, meninggalkan mereka "terjebak" dan tubuh mereka atau wajah terbuka untuk serangan ganda.
  • . Serangan tidak langsung Progresif (PIA): Serangan langsung progresif mirip dengan "serangan sederhana" kecuali tidak ada komitmen palsu atau tipuan. PIA adalah gerak dorong tidak mengikat yang memaksa lawan untuk bergerak di pertahanan karena Anda mengeksploitasi daerah terbuka yang telah ditentukan.
  • . Menyerang dengan Kombinasi (ABC) Serangan oleh kombinasi adalah serangkaian pukulan dan tendangan atau yang mengikuti urutan tertentu untuk membuat bukaan atau "Setup" di pertahanan lawan. The "setup" yang dibuat oleh serangkaian pukulan dan tendangan atau manuver lawan ke posisi untuk menerima pukulan KO.
  • . Menyerang dengan Menggambar (ABD) Serangan dengan metode imbang dijalankan ketika Anda mampu membuat lawan percaya ada pembukaan atau titik lemah dalam pertahanan Anda. Saat lawan mencoba untuk menyerang daerah ini ia menciptakan pembukaan sendiri atau titik lemah dan Anda menyerang daerah itu, benar-benar menangkap mereka lengah. [8]

centerline

The Wing Chun tengah.
Punching dari Wing Chun tengah.
Tengah ini dapat dinyatakan sebagai puncak segitiga.
Animasi dari hubungan mekanis ke bahu segitiga menggambarkan pentingnya menjaga tengah.
Tengah adalah garis imajiner yang ditarik secara vertikal di sepanjang pusat tubuh manusia berdiri, dan mengacu pada ruang secara langsung di depan tubuh itu. Jika kita menggambar sebuah segitiga sama kaki di lantai, yang tubuh kita membentuk dasar, dan lengan membentuk kaki sama segitiga, maka h (tinggi segitiga) adalah bahwa tengah yang sama. Konsep Wing Chun adalah untuk mengeksploitasi, mengontrol dan mendominasi tengah lawan. Semua serangan, pertahanan, dan footwork yang dirancang untuk menjaga centerline Anda sendiri saat memasuki ruang tengah lawan. Lee dimasukkan ke dalam teori ini JKD dari nya Sifu Yip Man 's Wing Chun .
Tiga pedoman untuk tengah adalah:
  • Orang yang mengontrol tengah akan mengontrol pertarungan.
  • Melindungi dan memelihara centerline Anda sendiri saat Anda kontrol dan mengeksploitasi lawan.
  • Mengontrol garis tengah dengan menduduki itu.
Gagasan ini terkait erat dengan menjaga kontrol dari kotak pusat dalam permainan strategis catur . Konsep ini jelas hadir dalam Xiangqi (catur China), di mana "X" yang digambar di atas papan permainan, di depan kedua pemain 'umum dan penasehat.

realisme Tempur

Salah satu tempat bahwa Bruce Lee tergabung dalam Jeet Kune Do adalah "pertempuran realisme". Dia bersikeras bahwa teknik-teknik seni bela diri harus dimasukkan berdasarkan efektivitas mereka dalam situasi pertempuran nyata. Hal ini akan membedakan JKD dari sistem lain di mana ada penekanan pada "teknik berbunga-bunga" sebagai Lee akan menaruhnya. Lee mengklaim bahwa mencolok "teknik berbunga-bunga" bisa dibilang akan "terlihat baik" tetapi sering tidak praktis atau tidak efektif dalam kelangsungan hidup jalan dan membela diri situasi. Premis ini akan membedakan JKD dari yang lain "olahraga" yang berorientasi sistem seni bela diri yang diarahkan "turnamen" atau "sistem titik". Lee merasa bahwa sistem ini adalah "buatan" dan tertipu praktisi ke dalam rasa aman palsu keterampilan bela diri sejati. Lee merasa bahwa karena sistem ini disukai "olahraga" mendekati mereka dimasukkan set aturan terlalu banyak yang pada akhirnya akan cacat praktisi dalam situasi pertahanan diri. Dia merasa bahwa pendekatan ini untuk seni bela diri menjadi sebuah "permainan dari tag" yang akan mengakibatkan kebiasaan buruk seperti pukulan menarik dan serangan lainnya; ini lagi akan mengakibatkan konsekuensi bencana dalam situasi dunia nyata. Aspek lain dari pelatihan seni bela diri yang realistis mendasar untuk JKD adalah apa yang Lee disebut sebagai "gairah". Ini adalah konsep teknik pelatihan dengan asisten mau yang menawarkan perlawanan. Bruce Lee membuat referensi untuk konsep ini terkenal kutipan "Dewan tidak memukul kembali!" [14] Karena itu perspektif realisme dan gairah, Lee digunakan peralatan keselamatan dari berbagai olahraga kontak lainnya untuk memungkinkan dia untuk berdebat dengan lawan " penuh keluar ". Pendekatan untuk praktisi pelatihan diizinkan datang sedekat mungkin untuk situasi pertempuran nyata dengan tingkat keamanan yang tinggi.
Donn Draeger , terkenal di dunia seni bela diri pelopor, adalah orang Barat pertama yang membawa perhatian luas ke sering dikutip "-do" versus "-jutsu" kontroversi. Secara historis "melakukan" atau cara seni didasarkan pada "jutsu" atau teknik seni tanpa apa yang dianggap "teknik berbahaya". The "do" seni seperti Judo dengan demikian dilihat sebagai versi "dipermudah" dari rekan-rekan mereka "jutsu" seperti jujutsu , sebuah pertempuran-diuji seni bela diri, dan dengan demikian dianggap olahraga. Lee keberatan dengan versi ini "olahraga" seni bela diri dan bukan menekankan realisme tempur.

Menyerap apa yang berguna

Ini adalah gagasan bahwa seorang seniman bela diri hanya dapat mempelajari teknik-teknik dalam konteks yang tepat, melalui pendekatan holistik. Gaya menyediakan lebih dari sekedar teknik: Mereka menawarkan metode pelatihan, teori, dan sikap mental. Belajar faktor-faktor ini memungkinkan siswa untuk mengalami suatu sistem dalam apa yang disebut Lee "totalitas" nya. Hanya melalui sistem pembelajaran yang benar-benar akan seniman dapat, "menyerap apa yang berguna," dan membuang sisanya. Situasi pertempuran nyata pelatihan memungkinkan siswa untuk belajar apa yang berhasil, dan apa yang tidak. Titik kritis dari prinsip ini adalah bahwa pilihan apa yang harus menjaga didasarkan pada eksperimen pribadi dengan berbagai lawan dari waktu ke waktu. Hal ini tidak didasarkan pada bagaimana teknik yang dapat terlihat atau merasa, atau bagaimana tepatnya seniman dapat meniru tradisi. Dalam analisis akhir, jika teknik ini tidak menguntungkan dalam pertempuran, itu akan dibuang. Lee percaya bahwa hanya individu bisa datang untuk memahami apa yang berhasil; berdasarkan analisis diri kritis, dan oleh, "jujur ​​mengekspresikan diri, tanpa membohongi diri sendiri."

Cabang

Meskipun Bruce Lee secara resmi menutup sekolah-sekolah seni bela diri dua tahun sebelum kematiannya, ia membiarkan kurikulum untuk diajarkan pribadi. Sejak kematiannya, Jeet Kune Do berpendapat telah terpecah menjadi kelompok yang berbeda. Diduga mereka adalah:
  • (Atau Jun Fan) JKD Asli cabang, yang pendukung termasuk Taky Kimura, Yap Mat, James Lee, Jerry Poteet , dan Ted Wong ; kelompok-kelompok ini mengajarkan apa yang dikembangkan dan diajarkan oleh Bruce Lee, dan mendorong siswa untuk lebih mengembangkan nya atau dirinya dan kemampuan melalui ajaran-ajaran. Prinsip-prinsip pelatihan yang melekat pada cabang ini dibentuk oleh konsep-konsep apa yang "awalnya diajarkan", oleh Bruce Lee, yang tidak mencakup konsep-konsep yang sering disalahgunakan dan disalahpahami. Beberapa berpendapat teori-teori ini hanya dipandang dalam konteks yang berbeda oleh dua cabang.
  • The JKD Konsep cabang, yang pendukung termasuk Dan Inosanto , Richard Bustillo , Larry Hartsell ; kelompok-kelompok ini berusaha untuk melanjutkan filosofi ekspresi diri individu melalui re-interpretasi sistem tempur melalui lensa Jeet Kune Do, di bawah konsep bahwa itu tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi sebuah seni statis tetapi lebih merupakan evolusi yang sedang berlangsung, dan telah memasukkan unsur-unsur dari banyak seni bela diri lainnya ke flip utama dari ajaran-ajarannya (terutama, bergulat dan Kali / Escrima material) berdasarkan preferensi pribadi individu dan atribut fisik. The JKD seluruh "sistem" dapat digambarkan melalui diagram sederhana, dan konsep-konsep kemudian dapat diterapkan pada berbagai konteks secara "universal".
Perlu dicatat bahwa sejauh diketahui, Bruce Lee sendiri yang berwenang hanya tiga orang untuk mengajar Jeet Kune Do: Taky Kimura, Daniel Inosanto, dan James Yimm Lee (. Tidak ada hubungannya dengan Bruce) James Yimm Lee meninggal karena kanker ketika Bruce masih hidup. Daun ini hanya Inosanto dan Kimura sebagai orang yang berwenang oleh Lee, dirinya mengajar Jeet Kune Do. Namun, karena lewat Jerry Poteet, itu telah menjadi pengetahuan umum bahwa Bruce Lee telah memberi isyarat untuk mengesahkan Mr Poteet selama percakapan ia dan Jerry punya satu malam. Sangat sedikit dari teman Mr Poteet itu dan itu mahasiswa mendapat kehormatan untuk diberi tahu peristiwa ini dan telah membaca catatan ditulis tangan, dari Bruce untuk Jerry, mendesak dia untuk meneruskan seni. Sijo James DeMile dari era Seattle pengajaran Bruce menyebut sistemnya "Wing Chun Do." Jesse Golver, murid pertama Bruce di Seattle (dan AS), mengajarkan apa yang ia sebut "dimodifikasi Wing Chun" sampai kematiannya pada bulan Juni 2012.

Pada dasarnya ada dua "jenis" atau sudut pandang dari Jeet Kune Do:
  1. JKD kerangka Jenis JKD menyediakan prinsip-prinsip panduan. Bruce Lee bereksperimen dengan banyak gaya dan teknik untuk mencapai kesimpulan ini. Untuk Lee prinsip-prinsip ini adalah aksioma. Kerangka JKD tidak terikat atau terbatas oleh gaya atau sistem. Jenis JKD adalah sebuah proses.
  2. Sistem JKD Pribadi jenis ini JKD menggunakan kerangka JKD bersama dengan teknik dari gaya lainnya atau sistem untuk membangun sebuah "sistem pribadi". Pendekatan ini menggunakan "blok bangunan" cara di mana untuk membangun sistem pribadi yang khusus disesuaikan dengan individu. Lee percaya bahwa hanya seseorang bisa menentukan sendiri apa kegunaan dari teknik apapun seharusnya. Jenis JKD demikian produk, tetapi meninggalkan untuk interpretasi pribadi dan karena itu melayang lebih jauh dari itu Bruce Lee sebenarnya dikembangkan dan digunakan.
Lee percaya bahwa kebebasan adopsi adalah properti membedakan dari seni bela diri tradisional.
Ada banyak orang yang bingung Kerangka JKD dengan JKD Sistem Pribadi (mis. Bruce Lee JKD pribadi) berpikir mereka untuk menjadi satu dan sama. Sistem yang Bruce Lee secara pribadi menyatakan adalah JKD pribadi sendiri; disesuaikan untuk dirinya sendiri. Sebelum ia bisa melakukan ini, bagaimanapun, dia harus pertama mengembangkan "JKD Framework" proses. Banyak sistem yang dipelajari Lee tidak untuk mengembangkan nya "JKD Pribadi" tetapi lebih digunakan untuk mengumpulkan "prinsip" untuk dimasukkan dalam pendekatan Kerangka JKD. Keunikan JKD untuk Lee adalah bahwa itu adalah "proses" bukan "produk" dan dengan demikian bukan "gaya" tapi sebuah sistem, konsep, atau pendekatan. Seni bela diri tradisional gaya pada dasarnya produk yang diberikan kepada siswa dengan ketentuan sedikit untuk perubahan. Ini gaya tradisional biasanya tetap dan tidak disesuaikan untuk perorangan. Lee mengatakan ada masalah yang melekat dengan pendekatan ini dan mendirikan sebuah "proses" sistem berbasis daripada gaya tetap yang mahasiswa kemudian dapat memanfaatkan untuk membuat "disesuaikan" atau "pribadi" produk mereka sendiri. Untuk menggunakan analogi; seni bela diri tradisional memberikan siswa ikan untuk dimakan (produk). Lee percaya bahwa seni bela diri hanya harus mengajar para siswa untuk ikan (proses) dan mendapatkan makanan secara langsung.
Dua cabang JKD berbeda dalam apa yang harus dimasukkan atau ditawarkan dalam "JKD Framework". Cabang (atau Jun Fan) JKD Asli percaya bahwa prinsip-prinsip asli sebelum Bruce Lee meninggal adalah semua yang diperlukan untuk pembangunan sistem personalisasi. The JKD Konsep cabang percaya bahwa ada prinsip-prinsip lebih lanjut yang dapat ditambahkan untuk membangun sistem pribadi. Nilai dari masing-masing Cabang dapat ditentukan oleh praktisi individu berdasarkan apapun kebaikan yang mereka anggap penting.
Asli JKD dibagi lagi menjadi dua sudut pandang. OJKD dan JFJKD baik terus Wing Chun, Barat Tinju, dan Anggar sebagai pilar di JKD Bruce.
  • OJKD berikut pelatihan semua Bruce dari Fan Gung Fu awal Juni (Seattle periode) dan berfokus pada perangkap dengan pengaruh Wing Chun. Ini adalah ajaran-ajarannya sebelum itu Jeet Kune Do, tapi masih kung fu nya interpretasi.
  • Jun Fan Jeet Kune Do adalah versi tanda tangan JKD sebagai Bruce diajarkan secara pribadi kepada Ted Wong. Ini adalah periode waktu kemudian dan praktek penekanan lebih besar pada sulit ditangkap dan disederhanakan penangkapan unik untuk pendekatan kemudian Bruce untuk memerangi. Fokusnya adalah dengan Wing Chun, Barat Tinju, dan Anggar.

Dalam budaya populer

4.Jing Quan Do 


Jing Quan Dao ( Cina : 警拳道; pinyin : jǐng quan dao; Wade-Giles : ching ³ ² ch'uan tao ³) adalah sintesis modern seni bela diri gaya dibuat oleh Alex Tao (Tao Zhong Xian) dari Shandong provinsi. Ini adalah kombinasi dari berbagai seni bela diri Cina gaya dirancang untuk aplikasi praktis.
Dibentuk sebagai seni bela diri baru pada tahun 1995, Quan Jing Dao menerjemahkan sastra sebagai Jing: untuk mengambil / menangkap / alert; Quan: kepalan atau tinju, dan Tao: pengajaran atau teori. Hal ini dikenal sebagai "Jalan Fist Alert" dan menggunakan serta pencampuran seni tradisional Cina seperti Eagle Claw dan Chin Na , serta teknik-teknik pertempuran modern dari Jeet Kune Do dan Muay Thai . Kecepatan gerak kaki kekerasan dan kuat diterapkan untuk mengejutkan ketika menyerang dan mengalahkan serangan lawan ketika melawan.
Ketika berlatih Jing Quan Dao, ada tiga tahap progresif yang harus diingat.
1: Menyerang: 9 tradisional Cina tangan-serangan yang digunakan, yaitu:
  1. Jari: untuk grap / menyodok / menggaruk
  2. Fist: untuk pukulan / blok
  3. Lengan bawah: untuk memblokir / pesta / perangkap
  4. Foot: tendangan dijaga agar tetap di bawah target sabuk
  5. Kepala: untuk Headbutt wajah / pantat / perut
  6. Siku
  7. Lutut
  8. Pinggul: untuk melempar lawan
  9. Bahu: untuk menjauhkan lawan
2: Membuang: setelah memukul dan melawan, melempar cepat diterapkan untuk menghilangkan serangan lawan.
3: Kunci: (juga disebut Chin Na) digunakan untuk istirahat dan terkilir tulang lawan dan menghilangkan kemajuan masa depan dari musuh.
Senjata pelatihan terbatas pada battons dan dua batang bagian digunakan untuk mengontrol dan melucuti senjata.
Qigong meditasi dan latihan yang digunakan dalam gaya. Internal (sarjana) Chikung untuk kekuasaan dan eksternal (Warrior / tubuh Drive) Chikung untuk kekuatan fisik dan kepekaan / kontrol nyeri dilatih.
Tao kini berbasis di California Selatan.

5.Kuntao 

Kuntao atau kuntaw ( Cina : 拳道, Tagalog : kuntaw) adalah Hokkien istilah untuk seni bela diri yang diciptakan oleh masyarakat Cina dari Asia Tenggara , khususnya kepulauan Melayu . Secara harfiah berarti "jalan tinju", kata kuntao lebih akurat diterjemahkan sebagai "pertempuran seni." Meskipun hal ini paling sering dipraktekkan di Indonesia antara Tionghoa Indonesia komunitas, gaya kuntao juga dipraktekkan di Singapura , Malaysia (khususnya Kalimantan ) dan Filipina , di mana seni bela diri Cina dibawa oleh pedagang, buruh dan pemukim lainnya dari China selatan . Gaya harus disesuaikan dengan medan yang berbeda, bersaing dengan gaya lokal dan berjuang dengan senjata lokal. Banyak (jika bukan sebagian besar) gaya kuntao telah memasukkan teknik-teknik dari silat dan beberapa membentuk bahkan mengubah nama mereka dari "kuntao" untuk "silat". Gaya yang menggabungkan kedua kuntao silat bersama dan kadang-kadang disebut kuntao silat.
Kuntao pernah dipraktekkan secara rahasia dan diturunkan melalui keluarga, sekolah banyak terus mempertahankan suasana kerahasiaan sekitar teknik pelatihan mereka. Hal ini disembunyikan tidak hanya dari non-Cina, tetapi juga dari orang-orang dari klan yang berbeda. Meskipun beberapa non-Cina di Asia Tenggara diketahui secara historis belajar kuntao, ini hanya menjadi luas pada paruh kedua abad ke-20. Selama periode kolonial, kuntao dibawa ke Mindanao oleh etnis Cina dari Indonesia , dan berhubungan terutama dengan Tausug suku.
Gaya lama kuntao hari ini dianggap oleh praktisi modern menjadi "benar" seni bela diri Cina karena mereka mendahului Kuil Shaolin kehancuran itu. Dengan munculnya Mixed Martial Arts di Amerika Serikat , seni telah mulai mendekati penyebaran arus utama. Meski begitu, beberapa tradisional kuntao sekolah ada di Amerika Serikat saat ini dan itu kurang dikenal di Barat.

Isi

Gaya

  • Kuntaw (berarti "'cara tinju' suci strike'or) adalah versi modern dari Kuntao di Filipina yang dikembangkan, diajarkan, dan disebarkan oleh Agung Grandmaster Carlito A. Lanada, Sr Kuntaw adalah seni eklektik meliputi teknik keras / lunak dan kucing seperti gerakan, dengan 43 bentuk yang khas, dasar-dasar 86, dan Arnis sebagai senjata nya pilihan.
  • Kuntao Harimau DKI adalah tradisional Jawa Tiger gaya Kuntao. Salah satu prinsip utamanya adalah mantra yang praktisi nyanyian untuk memperoleh atribut harimau .
  • Kuntao Silat Angin atau Angin (berarti "angin kuntao / silat") didirikan pada tahun 1977 oleh Mat Yap dari Kedah , Malaysia dengan menggabungkan Seni gayong dengan serangan lutut dan siku Tomoi , teknik tangan dari Wing Chun dan latihan energi dari Yiquan . Hal ini dikenal dengan serangan menipu nya melingkar dan manipulasi titik saraf.
  • Kuntao Mantis didirikan di London awal 1978 oleh Gerry Tann, orang Indonesia dari Sumatera . Ini terdiri dari dua cabang, Kuntao dan Fist Utara Mantis.
  • Kuntao Silat deThouars diciptakan oleh Willem deThouars dengan menggabungkan beberapa gaya pencak silat dan kuntao.
  • Talio Amerika Kuntao diciptakan oleh Roberto Torres berdasarkan Visitacion Kuntao, Wu Kung Kuntao, Pencak Silat Ratu Duri, Pencak Silat Pecut kilat, Silat Bondowoso, Pencak Silat Cimande, Pukulan Pencak Silat Sera, Pencak Silat Kweetang (Amerindo) dan Pukulan Jepara. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi: Talio Amerika Kuntao
  • Ou-Dur Kuntao adalah gaya Taiwan diperkenalkan ke Amerika Serikat oleh Frank Masiello.
  • Kuntao Dumpag didirikan oleh Ron Kosakowski. Ini adalah gaya-satunya kuntao di Amerika Serikat diakui oleh Grand Kuntaoist Ali Sharief dan dewan Kuntao suku Marinaw.
  • Gumnasia Kuntao Kali Sistem adalah The Berjuang Praktek Seni Filipina dan dikembangkan dari Suku Lumad, Sandig Sistem AbiGuru; Arneil adong Salinde
  • Yihetuan Kuntao, atau Kuntao Fist Harmonis adalah Asia / Cina Tenggara Kuntao sistem diajarkan oleh Sifu David Seiwert / Guro di Amerika Serikat.

Lihat juga

6.Liu Seong Kuntao 


Sistem Liu Seong adalah salah satu dari banyak gaya Kuntao Silat , yang hibrida seni bela diri yang berasal dari sistem budaya Cina dan Indonesia . Liu Seong sistem dibawa ke Amerika, dari Indonesia, oleh Willem A. Reeders (1917-1990).
Reeders adalah warisan campuran, yang dari Belanda darah dan Cina, namun dibesarkan di Indonesia. Ia menerima pelatihan dalam berbagai seni bela diri, tidak ada yang tahu berapa persis. Guru utamanya adalah besar pamannya Liu Seong, yang judulnya dia membosankan. Pamannya mengajarkan keluarganya Kuntao sistem, bentuk canggih dari pertempuran yang berfokus pada teknik jarak dekat. Reeders juga belajar banyak silat sistem, memiliki lebih dari sepuluh guru silat. Gaya silat Nya termasuk Tjikalong (Cikalong), Tjimande (Cimande), Harimau, dan Serak , antara lain. Reeders adalah seorang seniman bela diri yang sangat dicapai yang mampu mengikat unsur fokus banyak dari berbagai seni bersama-sama menjadi satu kesatuan yang kohesif. Hasilnya adalah sebuah seni yang meskipun menyandang banyak kesamaan dengan seni terkenal banyak masih mempertahankan identitas yang berbeda dengan gerakan sendiri tanda tangan, strategi, dan taktik. Hal ini didasarkan tegas dalam pendekatan objektif, berdasarkan prinsip-prinsip fisika, anatomi, dan psikologi. Pola-pola gerakan yang dirancang untuk menjadi sangat efektif dan salah satu ciri adalah kemampuan untuk melempar sejumlah besar serangan yang sangat cepat.
Saat ini, Liu Seong Kuntao / Liu Seong Fu Gung yang tipis menyebar di seluruh Amerika Serikat, dengan instruktur menawarkan variasi seni di Arizona, California, Colorado, Florida, Maryland, Massachusetts, Nevada, New Mexico, New York, Ohio, Pennsylvania, Kansas, Tennessee, Toronto, dan Virginia.

Isi

Kombinasi gaya

Banyak gaya yang merupakan hasil dari menggabungkan metode yang berbeda sering disebut " eklektik "dan sering kurang inti, bukan mengandalkan penambahan terus-menerus strategi-strategi baru, taktik, dan teknik. Sistem Liu Seong meskipun hibridisasi tidak sama sekali "eklektik", dan gerakan dasar juga maju. Pemahaman dan perubahan aplikasi, tetapi sistem penting tidak. Hal ini memungkinkan untuk kedalaman yang lebih besar dalam pengembangan karena keterampilan untuk perbaikan terus-menerus dasar yang tidak inheren berubah, tetapi malah menjadi lebih maju.
Ada berbagai titik pandang yang didukung oleh seniman bela diri tentang sifat sistem dan perkembangan mereka. Satu pandangan bahwa meskipun gaya mungkin hibrida atau kombinasi, akhirnya mengembangkan identitasnya sendiri dan tidak lagi dianggap 'campuran'. Pandangan lain adalah bahwa semua seni bela diri memang hibrida dan merupakan hasil dari proses yang berkelanjutan sintesis dan perbaikan, dan setiap seni diberikan dalam kurun generasi ini, pada kenyataannya, sebuah 'fase' perkembangannya.
Hal lain yang sangat berlaku pandang berbeda atas gaya bela diri adalah mereka lebih akurat diidentifikasi sebagai representasi budaya / sosial. Karate adalah Okinawa atau Jepang , gungfu adalah Cina, dan sebagainya. Setiap kebudayaan cenderung berfokus pada pendekatan yang berbeda untuk seni berperang, menurut adat istiadat mereka.
Di satu sisi, 'real' perbedaan dalam seni, di luar perbedaan budaya, terletak pada strategi dan taktik yang digunakan.
Liu Seong sistem budaya yang berasal dari seni Cina dan Indonesia, dan karenanya memiliki unsur taktis keduanya. Aspek budaya diadopsi, terutama etiket sekolah, dapat bervariasi antara Cina dan Indonesia terminologi dan praktek, dan bahkan mungkin termasuk elemen dari keduanya.
Ada sebuah aksioma yang menyatakan bahwa untuk sistem yang akan berlaku itu harus didasarkan pada sistem yang lebih besar. Di luar pertimbangan faktor sejarah dan budaya, apa yang mendefinisikan sistem Liu Seong adalah inti dari operasi yang secara tegas termaktub dalam prinsip-prinsip fisika, psikologi dan anatomi. Orientasi ini adalah apa yang memungkinkan seni untuk menenun bersama dua unsur budaya yang berbeda dan strategi yang berbeda berbaur bersama menjadi satu keseluruhan, dan pada akhirnya, menentukan sendiri. Ini adalah sintesis benar.

Cina tangan dan kaki Bahasa Indonesia

Menjadi sintesis, ia memiliki banyak taktik untuk memanfaatkan. Salah satu pengakuan dasar ini ditemukan dalam ekspresi, tangan dan kaki Cina Bahasa Indonesia. Hal ini mengacu pada kombinasi dasar dari gaya Cina ( neijia ) biomekanik dan pola gaya indonesian gerak kaki. Komponen Tangan Cina mengajarkan keselarasan tubuh yang baik untuk kekuasaan. Kaki Bahasa Indonesia mengajarkan mobilitas dan positioning melalui penggunaan 'pola' gerak kaki.
Karena sangat dipengaruhi oleh silat, Sistem Liu Seong adalah apa yang dikenal sebagai 'sadar pisau', dan ini tercermin dalam banyak unsur postur. Meskipun senjata yang jarang digunakan dalam praktek, kecuali dalam pelatihan lanjutan, gerakan yang dibuat 'seolah' lawan yang memegang pisau, tongkat, atau salah satu senjata banyak lainnya, pistol teknik pertahanan memang ada, dalam konteks sistem untuk mengatasi ini keprihatinan modern. Postur digunakan cenderung melindungi daerah vital yang paling utama dan perlindungan ini dipertahankan pada setiap saat. Metode ini dikenal sebagai gerakan 'tubuh tertutup'. Gerakan tubuh tertutup juga memiliki efek 'penutupan' lengan praktisi dan kaki sehingga ia bisa menyerang dengan cepat dan 'close up' lagi agar tidak perlu mengekspos vital untuk menyerang. Bentuk penjaga dan teknik yang digunakan dalam sistem ini "tubuh tertutup 'sangat khas dan cenderung merupakan' tanda tangan 'sistem. [ rujukan? ] sebagian besar ini 'tertutup' kondisi dipertahankan oleh posisi terus-menerus dari sisi belakang dalam posisi penjaga. Setiap kali penjaga postur dasar diubah atau pemogokan dilemparkan cadangan akan berada dalam posisi 'wali'.
Seringkali, hal ini dianggap sebagai bentuk Pakuachang , meskipun tampaknya lebih tajam di alam. Banyak yang memiliki kesan bahwa kuntao dan Pakuachang baik sama atau sangat terkait. Yang lain menyebutkan evolusi paralel. Mengingat sejarah Reeders 'dan keadaan, sangatlah mungkin ia tahu kedua seni. Meskipun asal, dikenal atau tidak, dalam sistem Seong Liu ada penggunaan yang melekat angulasi yang cenderung sangat menguntungkan dalam situasi pertempuran, ditambah dengan terus menerus tanpa henti masuk dan penetrasi. Seni tidak, bagaimanapun, 'berkeliling' kepada seseorang untuk mogok, itu pergi ke 'target dengan menggunakan sudut untuk menghindari serangan lawan. ada sejumlah besar serangan balik teknik dalam sistem. Teknik kontra-waktu atau interceptive juga lazim.
Ini adalah beberapa karakteristik dasar dari sistem yang merupakan kombinasi unik dari unsur-unsur Cina dan bahasa Indonesia dari yang itu dibuat.

Standarisasi dan keragaman

Tidak ada kurikulum standar, juga tidak ada organisasi pusat untuk mewakili seni, yang semua bab berlangganan. Setiap sekolah memiliki program sendiri individual atas pelatihan. Meskipun berbagai ekspresi ditemukan dalam seni, dan sifat independen dari sekolah, ada lebih banyak kesamaan daripada perbedaan, dan sering dibutuhkan orang yang akrab dengan sistem untuk mengidentifikasi perbedaan metode, seperti mereka, dalam banyak kasus , cukup halus. Para ahli dalam sistem sering dapat mengidentifikasi siapa siswa melatih dengan hanya dengan melihat mereka bergerak. Hal ini disebabkan sebagian besar untuk fakta yang banyak dari Reeder asli itu (generasi pertama Amerika) siswa, untuk sebagian besar, hidup dan sehat dan mengarah ke atas bab masing-masing. Oleh karena itu siswa mereka memiliki model yang kuat untuk meniru, dan menunjukkan 'gaya' guru mereka dalam bentuk dan aplikasi.
Kisaran seni ini juga ditampilkan dalam beragam bentuk (kata, quan, dll) yang dipraktekkan. Baris yang berbeda dari seni berbeda saat bentuk. Formulir ini sering didekonstruksi dan dibuat menjadi pola yang lebih kecil dari gerakan untuk kemudahan belajar dan untuk program anak-anak, serta yang diatur kembali dalam urutan yang berbeda. Ini adalah alat pelatihan individual yang dikembangkan oleh instruktur yang berbeda.
Selain itu, beberapa bab telah berasimilasi bentuk dari sumber lain ke dalam sistem Seong Liu atau mengajarkannya dalam konser dengan metode lain.

Fundamental strategi, taktik, dan teknik

Asal banyak taktik dan teknik dalam sistem tidak diketahui. Spekulasi di mana taktik tertentu berasal dari, dalam hal gaya root, sering merupakan titik diskusi di antara praktisi. Karena sifat hibrida dari seni, banyak teknik yang diambil dari seni lainnya mungkin sangat baik telah diubah oleh penyerapan dalam sistem untuk sejauh bahwa mereka tidak lagi menyerupai seni induknya. Hal ini sering dinyatakan oleh mereka yang tahu Willem Reeders, bahwa ia terutama concernced dengan aplikasi teknik dan taktik pertempuran seni yang dia belajar, bukan dengan unsur-unsur ritual, seperti bentuk, atau para juru-juru (urutan yang telah diatur sebelumnya gerakan).
Fakta ini bermain keluar dalam metode yang berbeda dari keterlibatan yang dapat ditemukan dalam sistem. Karena varietas ini, seni tidak dapat diklasifikasikan ketat. Benang merah ditemukan berjalan melalui semua sekolah adalah prinsip-prinsip operasi. Meskipun Liu Seong mencakup banyak teknik, definisi yang benar ditemukan dalam transisi taktis postur khas gaya, dan irama sinkopasi serangan yang digunakan untuk masuk, mogok dan mencapai berbagai macam mengunci dan melempar teknik, yang berpuncak pada menyelesaikan serangan pada lawan jatuh.

Strategi

Liu Seong adalah seni bela diri, dan tidak dimaksudkan untuk kompetisi olahraga. Praktisi tiang kurang dari kecepatan penuh dan kekuatan, dan banyak serangan tidak digunakan karena sifatnya inheren berbahaya. Konsesi ini dianggap suatu keharusan untuk mencegah cedera pada siswa. Sistem Liu Seong, sebagian besar, tidak mengalami modernisasi, seperti halnya disiplin ilmu lainnya.
Sistem Willem Reeders 'seni bela diri tetap mempertahankan sekolah lama orientasi tempur dengan teknik yang dirancang untuk serius melukai penyerang. Premis penting seni ini adalah bahwa untuk pertahanan diri untuk menjadi yang memadai harus memperhitungkan skenario terburuk di mana Anda bisa menemukan sendiri, dalam konteks pertempuran. Dengan demikian, ini akan harus menghadapi ganda, penyerang bersenjata yang berpengalaman dalam seni bela diri juga. Asumsi ini meletakkan dasar teoritis untuk seni.
Sistem Liu Seong adalah 'pisau sadar' atau sistem senjata berbasis yang umumnya dilatih tanpa persenjataan. Senjata ditambahkan ke pelatihan di tingkat lanjutan sebagai perpanjangan tangan dari teknik yang dianggap penting. Ini adalah keberangkatan dari metode gaya lain dari pertempuran senjata yang mulai berlatih dengan senjata pertama dan mengambil metode "tangan kosong" setelah dasar tongkat, pisau, atau staf keterampilan telah dipelajari.


7.San Shou 


anshou ( Cina : ; pinyin : sǎnshǒu; harfiah "tangan bebas") atau Sanda ( Chinese : 散打; pinyin : sǎndǎ; harfiah "pertempuran bebas") atau "melawan unsanctioned" adalah Cina tangan ke tangan diri pertahanan sistem dan olahraga tempur . Sanshou adalah seni bela diri yang pada awalnya dikembangkan oleh militer China berdasarkan penelitian dan praktek tradisional Kung Fu dan tempur modern teknik bertarung, yang menggabungkan penuh kontak kickboxing , yang meliputi pukulan dan tendangan , dengan gulat , takedowns , lemparan , menyapu , tendangan tangkapan, dan dalam beberapa kompetisi, bahkan siku dan serangan lutut .
Tidak terlihat sebagai gaya itu sendiri, bukan dianggap sebagai salah satu dari dua komponen dari seni bela diri Cina pelatihan dan sering diajarkan bersama dengan taolu (bentuk) pelatihan. Namun, sebagai bagian dari pengembangan olahraga wushu oleh pemerintah Cina , kurikulum standar untuk Sanshou dikembangkan. Ini adalah untuk ini kurikulum standar bahwa "Sanshou" istilah ini biasanya diterapkan.
Kurikulum ini dikembangkan dengan mengacu pada seni bela diri tradisional Cina. Kurikulum ini Sanshou umum bervariasi dalam berbagai bentuknya, seperti pemerintah China mengembangkan versi untuk warga sipil untuk pertahanan diri dan sebagai olahraga.

Isi

Kurikulum

Para lei tai tahun 2004 Kejuaraan Nasional China Sanda
Kurikulum modern yang umum dipraktekkan di sekolah-sekolah wushu modern yang terdiri dari berbagai seni bela diri tradisional melawan gaya dari Cina, tetapi terutama didasarkan pada efisiensi ilmiah. Sanshou terdiri dari Cina aplikasi seni bela diri termasuk sebagian besar aspek pertempuran termasuk mencolok dan bergulat, namun ketika Sanshou dikembangkan sebagai olahraga, pembatasan dilakukan untuk alasan keamanan serta mempromosikannya sebagai olahraga non-kekerasan. Contoh pembatasan tersebut termasuk tidak ada pukulan dikirimkan ke belakang tulang belakang, pangkal paha dan kepala atau penghentian pertempuran ketika salah satu pejuang jatuh ke tanah. Namun banyak sekolah, baik tradisional maupun modern, praktek itu sebagai sistem seni bela diri sepanjang tanpa batasan, hanya mengadaptasi pelatihan mereka sehubungan dengan peraturan kompetisi sebelum acara. Turnamen Sanshou adalah salah satu dari dua disiplin ilmu yang diakui oleh Internasional Wushu Federation . [2]
Sejarah kompetitif Sanshou yang terlibat dgn ​​tangan kosong atau lei tai perkelahian di mana tidak ada aturan ada. Namun, bahkan Sanshou sebagai peristiwa kompetitif dikembangkan di militer sebagai serangan ini biasanya ditahan antara tentara untuk menguji dan berlatih bela diri dgn tangan kosong keterampilan, kemampuan dan teknik. Aturan tersebut dikembangkan dan penggunaan sarung tangan pelindung dll diadopsi. Ini pada awalnya digunakan oleh Kuomintang di akademi militer modern pertama di Whampoa pada tahun 1920. [3] Kemudian juga diadopsi sebagai metode oleh Tentara Pembebasan Rakyat Cina.
Satu dapat melihat Sanshou sebagai sintesis dari tradisional teknik pertempuran Cina ke sistem yang lebih amorf dan umumnya diajarkan di samping gaya tradisional Cina yang Sanshou teknik, teori dan metode pelatihan berasal dari. Penekanan Sanshou adalah pada kemampuan pertempuran realistis. [4]

Variasi Olahraga

Yùndòng Sanda (Mandarin Cina, gratis Olahraga Fighting), atau Jingzheng Sanda (bahasa Cina Mandarin, Berjuang Gratis Kompetitif): Sebuah metode pertempuran modern, olahraga, dan komponen yang berlaku Wushu / Kung Fu dipengaruhi oleh Tinju tradisional Cina, yang takedowns & lemparan adalah hukum dalam kompetisi, serta segala macam lainnya mencolok (penggunaan senjata & kaki). Metode gulat Cina disebut Shuai Jiao dan teknik bergulat Cina seperti Chin Na . Ia memiliki semua aspek tempur dari wushu. Sanda muncul seperti Kickboxing atau Muay Thai, tapi juga meliputi teknik yang lebih banyak bergulat. Sanda pertempuran kompetisi yang sering diadakan bersama taolu atau kompetisi bentuk. Sanda merupakan pengembangan modern dari kontes Lei Tai, tetapi dengan aturan di tempat untuk mengurangi kemungkinan cedera serius. Banyak sekolah seni bela diri Cina mengajar atau bekerja di dalam set aturan Sanda, bekerja untuk menggabungkan gerakan, karakteristik, dan teori gaya mereka. Seniman bela diri Cina juga bersaing dalam olahraga tempur non-Cina atau campuran, termasuk Tinju, Kickboxing dan Mixed Martial Arts. Sanda dipraktekkan di turnamen dan biasanya diadakan bersama acara taolu dalam kompetisi wushu. Untuk alasan keamanan, beberapa teknik dari bentuk pertahanan diri seperti pemogokan siku, tersedak, dan kunci bersama, tidak diperbolehkan selama turnamen. Pesaing bisa menang dengan KO atau poin yang diperoleh oleh pemogokan mendarat ke tubuh atau kepala, melempar lawan, atau ketika kompetisi diadakan pada platform lei tai mengangkat, mendorong mereka dari panggung. Pejuang hanya diperbolehkan untuk meraih selama beberapa detik. Jika meraih tidak rusak oleh para pejuang, dan jika tidak berhasil melemparkan lawannya dalam batas waktu, wasit akan mematahkan meraih. Di AS, kompetisi diadakan baik di cincin tinju atau pada platform tai mengangkat lei. Pejuang amatir memakai pelindung "Amatir Sanda" memungkinkan tendangan, pukulan, lutut (bukan di kepala), dan melempar.. Sebuah kompetisi diadakan di Cina, yang disebut "Raja Sanda", diadakan di sebuah cincin mirip dengan ring tinju dalam desain tetapi lebih besar dalam dimensi. Sebagai profesional, mereka tidak memakai alat pelindung kecuali untuk sarung tangan, cangkir, dan juru bicara, dan "Profesional Sanda" memungkinkan serangan lutut (termasuk kepala) serta menendang, memukul dan melempar. Beberapa pejuang Sanda telah berpartisipasi dalam memerangi turnamen seperti K-1 dan Tembak Tinju. Mereka memiliki beberapa tingkat keberhasilan, terutama dalam kompetisi tinju Tembak, yang lebih mirip dengan Sanda. Karena peraturan kompetisi Kickboxing, pejuang Sanda dikenakan keterbatasan lebih dari biasanya. Juga pesaing penting dalam kompetisi Seni arus utama Campuran Cina Bela Diri, Seni Kejuaraan Perang Berjuang adalah dominan dari latar belakang wushu. Sanda telah ditampilkan dalam banyak gaya-versus-gaya kompetisi. Muay Thai sering diadu Sanda seperti Karate, Kickboxing, & Tae Kwon Do. Meskipun kurang umum, beberapa praktisi Sanda juga bertempur di Amerika publik dilihat kompetisi Mixed Martial Arts.

pesaing Terkemuka

Beberapa yang terkenal pejuang Sanshou Cina termasuk Bao Li Gao , dan Liu Hailong yang dikenal sebagai "Penakluk dari Muay Thai" karena ia telah dipukuli banyak Thai pejuang Muay atas. Beberapa pejuang Sanshou terkenal di Amerika Serikat termasuk IKF dan mantan Strikeforce juara kelas menengah, Cung Le , [5] dan Marvin Perry . [6] pejuang Sanshou lain berbasis yang telah memasuki MMA termasuk KJ Noons , Patrick Barry , Anthony Johnson , UFC tempur Zhang Tiequan , [7] Muslim Salihov , juara Eropa dan dunia dari Rusia mengalahkan 4 pejuang Cina atas dari kategori berat badan yang berbeda, termasuk juara Cina dari kategori kg 90 dan menjadi yang pertama non-Cina mengklaim "Raja Sanda "judul.

Variasi Militer

Junshi Sanda (bahasa Cina Mandarin, Berjuang Gratis Militer): Sebuah sistem pertempuran bersenjata yang dirancang oleh Angkatan Elite Cina didasarkan pada studi intensif mereka seni bela diri tradisional seperti Kung Fu, Shuai Jiao, Chin Na dan modern tangan ke tangan pertempuran dan memerangi filsafat untuk mengembangkan sistem yang realistis pertempuran bersenjata untuk militer Cina. Junshi Sanda mempekerjakan seluruh bagian tubuh sebagai senjata anatomi untuk menyerang dan melawan dengan, dengan menggunakan apa yang Cina anggap sebagai empat dasar seni bela diri teknik:
  • Da - Upper-Body mencolok - dengan menggunakan tinju, tangan terbuka, jari, siku, bahu, lengan dan kepala
  • Ti - Lower-Body mencolok - termasuk tendangan, lutut dan menghentak
  • Shuai - melempar - menggunakan Gulat dan Judo takedowns-suka dan menyapu, dan
  • Chin-Na - Perebutan - yang meliputi jointlocks, pencekikan dan masukan lainnya
8.Wushu 


Olahraga wushu adalah baik pameran dan penuh-kontak olahraga yang berasal dari tradisional seni bela diri Cina . [1] [2] Buku itu diciptakan di Republik Rakyat Cina setelah 1949, dalam upaya untuk menasionalisasi praktek bela diri tradisional Cina seni. [3] Sebagian besar bentuk kompetisi modern (套路taolu) terbentuk dari seni orang tua mereka (lihat daftar di bawah) oleh komite yang ditunjuk pemerintah. [3] Di zaman sekarang, wushu telah menjadi internasional olahraga melalui International Wushu Federation (IWUF), yang memegang Dunia Wushu Championships setiap dua tahun; Kejuaraan Dunia pertama diadakan pada tahun 1991 di Beijing dan dimenangkan oleh Yuan Wen Qing . [4] Wushu Kompetitif terdiri dari dua disiplin ilmu: taolu (套路; bentuk) dan Sanda (散打; perdebatan ). [5] Taolu melibatkan seni bela diri pola dan manuver pesaing yang dinilai dan diberikan poin menurut aturan tertentu. Bentuk terdiri dari gerakan dasar (sikap, tendangan, pukulan, saldo, melompat, menyapu dan melempar) berdasarkan kategori agregat tradisional gaya seni bela diri Cina dan dapat diubah untuk kompetisi untuk menyoroti kekuatan seseorang. Bentuk kompetitif memiliki batas waktu yang dapat berkisar dari 1 menit, 20 detik untuk beberapa gaya eksternal untuk lebih dari lima menit untuk gaya internal. Modern wushu pesaing semakin pelatihan dalam teknik udara seperti 540 dan 720 dan bahkan 900 derajat melompat dan tendangan untuk menambah kesulitan lebih dan gaya untuk bentuk mereka. [6]
Sanda (kadang disebut Sanshou atau Lei tai ) adalah sebuah metode pertempuran modern dan olahraga tradisional dipengaruhi oleh tinju Cina , metode gulat Cina disebut Shuai jiao dan teknik bergulat Cina seperti Chin Na . Ia memiliki semua aspek tempur dari wushu. Sanda muncul seperti Kickboxing atau Muay Thai , tapi juga meliputi teknik yang lebih banyak bergulat. Sanda pertempuran kompetisi yang sering diadakan bersama taolu atau kompetisi bentuk.

Isi

Sejarah

Pada tahun 1958, pemerintah membentuk All-Cina Wushu Association sebagai organisasi payung untuk mengatur pelatihan seni bela diri. Komisi Negara Cina untuk Fisik Budaya dan Olahraga memimpin dalam menciptakan bentuk-bentuk standar untuk sebagian besar seni utama. Selama periode ini, seorang warga negara Wushu sistem yang mencakup bentuk-bentuk standar, kurikulum pengajaran, dan penilaian instruktur didirikan. Wushu diperkenalkan di kedua sekolah tinggi dan tingkat universitas. Sistem baru ini berusaha untuk memasukkan unsur-unsur umum dari semua gaya dan bentuk serta ide-ide umum yang terkait dengan seni bela diri Cina. Konsep gaya seperti keras, klasifikasi lembut, internal, eksternal, serta berdasarkan sekolah seperti Shaolin, Taiji, Wudang dan lainnya semua terintegrasi ke dalam satu sistem. Wushu menjadi standar yang disponsori pemerintah untuk pelatihan dalam seni bela diri di China. [7] Dorongan untuk standardisasi terus menyebabkan adaptasi tersebar luas. Pada tahun 1979, Komisi Negara Budaya Fisik dan Olahraga menciptakan satuan tugas khusus untuk pengajaran dan praktek Wushu. Pada tahun 1986, National Cina Lembaga Penelitian Wushu didirikan sebagai otoritas pusat untuk penelitian dan administrasi kegiatan Wushu di Republik Rakyat Cina. [8]
Mengubah kebijakan pemerintah dan sikap terhadap olahraga dalam memimpin umum untuk penutupan Komisi Olahraga Negara (pusat olahraga otoritas) pada tahun 1998. Penutupan ini dilihat sebagai upaya untuk sebagian mendepolitisasi olahraga terorganisir dan bergerak kebijakan olahraga Cina ke arah yang lebih pasar pendekatan-driven. [9] Sebagai hasil dari faktor-faktor sosiologis yang berubah di China, kedua gaya tradisional dan modern Wushu pendekatan sedang dipromosikan oleh pemerintah China . [10]

Acara

Sebuah Jian ganda acara (koreografer)
Peristiwa Wushu dilakukan dengan menggunakan rutinitas wajib atau individu dalam persaingan. Rutinitas wajib adalah mereka rutinitas yang telah telah dibuat untuk atlet, sehingga setiap atlet pada dasarnya melakukan set yang sama. Rutinitas individu adalah rutinitas yang menciptakan atlet dengan bantuan / nya pelatihnya, saat mengikuti aturan-aturan tertentu untuk kesulitan.
Selain acara untuk rutinitas individu, beberapa kompetisi wushu juga fitur peristiwa ganda dan kelompok. Acara ganda, juga disebut duilian (对练), adalah suatu peristiwa di mana ada beberapa bentuk perdebatan dengan senjata, atau tanpa senjata atau bahkan menggunakan tangan kosong melawan senjata. Acara ganda biasanya spektakuler dan tindakan koreografer sebelumnya. Acara kelompok, juga dikenal sebagai jiti (集体), membutuhkan sekelompok orang untuk melakukan bersama-sama dan kelancaran sinkronisasi tindakan sangat penting. Biasanya, acara juga memungkinkan kelompok musik instrumental untuk menemani koreografi selama pertunjukan. Karpet digunakan untuk acara kelompok juga lebih besar daripada yang digunakan untuk rutinitas individu.
Sebelumnya, wushu internasional kompetisi paling sering digunakan rutinitas wajib, sementara tinggi tingkat kompetisi di China paling sering digunakan rutinitas individu. Namun, setelah 2003 Dunia Wushu Games di Makau diputuskan untuk memilih rutinitas individu dalam persaingan internasional dengan Nandu (难度; gerakan kesulitan) mengintegrasikan skor 2 titik maksimum Nandu ke nilai maksimum keseluruhan 10.
Ada beberapa kontroversi mengenai dimasukkannya Nandu di wushu karena banyak gerakan yang dibuat untuk peristiwa tertentu tidak awalnya gerakan yang digunakan dalam gaya tersebut. Selain itu jumlah cedera yang telah dihasilkan dari masuknya Nandu ini telah menyebabkan banyak orang mempertanyakan masuknya mereka.
Mereka yang mendukung persyaratan kesulitan baru mengikuti pernyataan bahwa mereka membantu untuk kemajuan olahraga dan meningkatkan kualitas fisik keseluruhan atlet.

dgn tangan kosong

Changquan (长拳atau Fist Panjang) mengacu pada jarak gaya wushu diperpanjang seperti Chaquan (查拳), Huaquan (华拳), Hongquan (洪拳; "banjir tinju"), dan Shaolinquan (少林拳), tapi ini bentuk wushu adalah gaya modern berasal dari gerakan ini dan gaya tradisional lainnya. Changquan adalah yang paling banyak dilihat-bentuk wushu, dan termasuk kecepatan, kekuatan, akurasi, dan fleksibilitas. Changquan sulit dilakukan, membutuhkan fleksibilitas yang besar dan atletis, dan sering berlatih dari usia muda.
Nanquan (南拳atau Fist Selatan) mengacu wushu gaya yang berasal dari selatan Cina (yaitu, di selatan Sungai Yangtze , termasuk Hongjiaquan (Hung Gar) (洪家拳), Cailifoquan (Choy Li Fut) (蔡李佛拳), dan Yongchunquan (Wing Chun) (咏春拳) Banyak. dikenal kuat, gerakan atletik dengan sangat stabil, sikap rendah dan gerakan tangan yang rumit. Bentuk wushu adalah gaya modern berasal dari gerakan ini dan lainnya gaya selatan tradisional. Nanquan biasanya membutuhkan fleksibilitas lebih sedikit dan memiliki akrobat kurang dari Changquan , tetapi juga membutuhkan stabilitas kaki yang lebih besar dan pembangkit listrik melalui kaki dan koordinasi pinggul. Acara ini diciptakan pada tahun 1960.
Taijiquan (太极拳, T'ai chi ch'uan ) adalah gaya wushu terkenal lambat, gerakan santai, sering dianggap sebagai metode latihan untuk orang tua, dan kadang-kadang dikenal sebagai "T'ai chi" di negara-negara Barat dengan yang lain terbiasa dengan wushu. Bentuk wushu adalah kompilasi ulang modern yang didasarkan pada Yang gaya (杨) dari Taijiquan , tetapi juga termasuk pergerakan Chen (陈), Wu (吴), Wu (武), dan Sun (孙) gaya.

Senjata Pendek

Dao (刀atau pisau) mengacu pada pedang, melengkung satu sisi / pisau, tapi ini bentuk wushu adalah Changquan metode menggunakan menengah willow-daun berbentuk dao (柳叶刀).
Nandao (南刀atau pisau Gaya Selatan) mengacu bentuk dilakukan dengan pedang, melengkung satu sisi / pisau didasarkan pada teknik-teknik Nanquan. Senjata dan teknik tampaknya didasarkan pada pedang kupu-kupu dari Yongchunquan , gaya Selatan terkenal. Dalam bentuk Wushu, pisau telah diperpanjang dan diubah sehingga satu-satunya yang digunakan (sebagai lawan sepasang). Acara ini diciptakan pada tahun 1992.
Jian (剑atau pedang bermata dua) mengacu pada pedang bermata dua lurus / pisau, tapi ini bentuk wushu adalah Changquan metode menggunakan jian .
Taijijian (太极剑atau Taiji pedang bermata dua) adalah sebuah acara menggunakan jian berdasarkan tradisional Taijiquan jian metode.

Senjata Panjang

Gun (棍atau staf) mengacu pada tongkat panjang (berbentuk dari kayu lilin putih ) setinggi pergelangan tangan dari seseorang yang berdiri dengan / lengannya terentang ke atas, tapi ini bentuk wushu adalah Changquan metode menggunakan lilin kayu putih staf .
Nangun (南棍atau Selatan gada) adalah Nanquan metode yang menggunakan staf. Acara ini diciptakan pada tahun 1992.
Qiang (枪atau tombak) mengacu tombak fleksibel dengan rambut kuda merah melekat pada ujung tombak, tapi ini bentuk wushu adalah Changquan metode menggunakan Qiang .

Lainnya rutinitas

Sebagian besar rutinitas yang digunakan dalam olahraga yang baru, recompilations modern dari rutinitas tradisional. Namun, rutinitas yang diambil langsung dari gaya tradisional, termasuk gaya yang bukan bagian dari kejadian standar, dapat dilakukan dalam kompetisi, terutama di Cina. Rutinitas ini umumnya tidak mengumpulkan poin sebanyak rekan-rekan modern mereka, dan dilakukan secara terpisah dari peristiwa peristiwa rutin wajib. Di antaranya, rutinitas lebih sering terlihat meliputi:
  • Baguazhang (八卦掌) - Delapan Trigram Palm-
  • Bajiquan (八极拳) - Delapan Ekstrem Tinju / Boxing
  • Chaquan (查拳) - Cha Tinju / Boxing
  • Changquan (长拳) - tinju Panjang
  • Chuojiao (戳脚) - Mencari-Kaki
  • Ditangquan (地躺拳) - Kantor-Rawan Tinju / Boxing
  • Fanziquan (翻子拳) - Tumbling Tinju / Boxing
  • Houquan (猴拳) - Monkey Fist / Tinju
  • Huaquan (华拳) - Hua Tinju / Boxing
  • Nanquan (南拳)-Selatan Fist
  • Paochui (炮捶) - Cannon punch
  • Piguaquan (劈挂拳) - Chop-Hitch Tinju / Boxing
  • Shequan (蛇拳) - Snake Fist / Tinju
  • Tantui (弹腿) - Kaki Musim Semi
  • Tanglanghushi (螳螂虎势) - Berdoa Mantis dan Gaya Tiger
  • Tanglanquan (螳螂拳) - Berdoa Fist Mantis / Tinju
  • Tongbeiquan (通背拳) - Melalui-the-Kembali Fist / Tinju
  • Wing Chun (Yongchunquan) - Musim Panas Abadi
  • Xingyiquan (形意拳) - Bentuk-Intent Tinju / Boxing
  • Yingzhuaquan (鹰爪拳) - Eagle Claw Tinju / Boxing
  • Zuiquan (醉酒拳) - Drunken Fist / Tinju

Demikian pula, ada juga kategori senjata tradisional, yang sering kali berisi hal berikut:

Kompetisi

Daftar kompetisi internasional dan regional utama yang menampilkan wushu:

praktisi Terkemuka

Untuk peserta Sanda, lihat artikel di Sanshou .
  • Sebuah Rong Tian (安天荣) - setelah lulus dari Changchun Pendidikan Jasmani dan Olahraga College, Sebuah Rong Tian adalah mantan nasional (Cina) dan juara wushu perintis. Dia disetujui sebagai nasional (Cina) dan hakim tingkat internasional pada tahun 1980, pernah mengajar di berbagai universitas di seluruh China, dan menulis lebih dari 50 buku tentang seni bela diri internal dan eksternal. Di antara juara nasional / internasional dia melatih, sementara di staf pelatih Wu Bin untuk Tim Wushu Beijing , ia memberikan bimbingan kepada selebriti internasional, Jet Li dan muridnya, Jinzhao Au, memenangkan gelar juara nasional Jepang pada tahun 1986.
  • Jon Foo - Belajar Kung Fu ketika ia berusia 8 tahun, tapi tidak memulai pelatihan serius dalam Wu Shu sampai dia 15. Memerankan Jin Kazama dalam film adaptasi dari Tekken .
  • Jiang Bang Jun - sebuah dihormati internasional Wushu Champion. Dia adalah Semua Mens Sekitar Wushu Champion pada tahun 1996 dan 1998. Secara pribadi diundang untuk Tim Wushu Beijing oleh Wu Bin, ia menjadi Atlet memimpin dan Pelatih untuk Tim Wushu Beijing. Hari ini, ia telah membuka sebuah sekolah Wushu di Virginia Disebut PMAA (Professional Martial Arts Academy).
  • Jet Li (李连杰) - mungkin praktisi wushu yang paling terkenal di dunia. Dia mulai wushu sebagai olahraga kompetisi dan memperoleh ketenaran saat ia mengambil Nasional Wushu Cina Juara lima kali gelar sebagai anggota asli dari Tim Wushu Beijing , ia kemudian dipilih untuk menunjukkan wushu nya di layar perak dalam film hit di seluruh dunia Shaolin Temple . Banyak dari rekan tim lamanya juga muncul di layar dengan dia, terutama dalam film-filmnya yang lebih tua.
  • Lu Xiaolin - memenangkan 1985 Nasional Martial Arts Kejuaraan Terbuka di Cina. Dia juga adalah yang termuda untuk menerima Duan ketujuh dari International Wushu Federation. Dia adalah seorang hakim bagi AS dalam 1997 dan 1999 Kejuaraan Dunia Wushu. Dia juga Wakil Presiden saat Amerika Serikat Wushu Kungfu Federasi. [11]
  • Liu Yu adalah seorang penulis, mantan Pelatih Kepala Tim Wushu 1997-99 AS. Dia sekarang sekarang mengajar di Wushu Taichi Pusat terletak di San Luis Obispo, CA. [12]
  • Ray Park - Dipamerkan keahliannya dalam wushu dalam film besar, termasuk perannya sebagai Maul Darth pada tahun 1999 di Star Wars Episode I: The Phantom Menace , serta Katak dalam film X-Men (2000) dan sebagai stunt-ganda untuk Robin Shou dan James Remar di Mortal Kombat: Annihilation . [13] [14] Dia juga sangat dilatih ulang sebelum syuting GI Joe: The Rise of Cobra , di mana ia digambarkan ahli seni bela diri Snake Eyes . [15]
  • Wu Bin - pelatih Jet Li dalam Tim Wushu Beijing , melatih lebih juara wushu daripada pelatih lainnya di Cina. [16]
  • Wu Jing (吴京) - aktor China yang dikirim ke Beijing Sports Institute di Shichahai di Beijing ketika ia berusia 6 tahun. Seperti Jet Li dia berkompetisi sebagai anggota dari Tim Wushu Beijing di tingkat nasional wushu kompetisi di Cina. Kedua ayah dan kakeknya juga seniman bela diri [17]
  • Donnie Yen - seniman bela diri Cina dan aktor, dilatih dengan Tim Wushu Beijing . [18]
  • Yuan Wen Qing (原文庆) - Salah satu praktisi wushu yang paling terkenal, sukses, dan terampil di dunia yang telah memenangkan banyak medali emas di Cina, Dunia, dan Asia Championships. Dia adalah Shanxi mantan atlet wushu tim dilatih oleh pelatih Pang Lin Tai dan Zhang Ling Mei. Ia paling terkenal karena Changquan nya, DaoShu, GunShu, ShuangDao, dan DiTangQuan. Sejumlah rutinitas nya (TaoLu) menjadi rutinitas kompetisi resmi standar (pedoman) untuk beberapa tahun sampai Memandu baru TaoLu yang diperkenalkan. [19]
  • Zhao Qing Jian - Memulai belajar seni bela diri pada usia 7, dan adalah anggota menonjol dari Tim Wushu Beijing. Saldo # nya 1 peringkat pada 2009 Semua Game Cina. [18]

Wushu sebagai event Olimpiade

IWUF menempatkan tawaran kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memiliki wushu termasuk dalam Olimpiade masa depan, tetapi tidak bertemu dengan sukses. Namun, IOC memungkinkan Cina untuk menyelenggarakan acara wushu internasional selama Olimpiade Beijing 2008 , tetapi acara ini bukan salah satu dari 28 olahraga resmi Olimpiade, juga bukan peristiwa demonstrasi. Sebaliknya, ia disebut Olimpiade Beijing 2008 Wushu Tournament. [20] Wushu merupakan salah satu dari 8 olahraga yang akan dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam Olimpiade Musim Panas 2020 . [21] [22]

Kritik

Wushu telah dikritik oleh beberapa seniman bela diri tradisional karena tidak otentik juga dikomersialkan, dan berpotensi mengancam gaya lama mengajar seni bela diri. Kritikus seperti berpendapat bahwa kontemporer wushu membantu untuk membuat dikotomi antara kerja dan bentuk aplikasi tempur. [23] [24] [25] [26] [27] [28] 


  

 
 

1 komentar:

  1. Sloty Casino Hotel - Las Vegas, NV - Mapyro
    The sloty casino hotel, located 창원 출장마사지 in the heart of 익산 출장안마 the Las Vegas Strip, features 5 청주 출장마사지 reel, video reel slot machines, video 전라남도 출장샵 poker, and 구미 출장안마 blackjack.

    BalasHapus