Kamis, 26 Juli 2012

Kung Fu Tradisional China Part 2

1.Mian Quan

Mian Quan (secara harfiah "Cotton Fist") adalah Cina utara seni bela diri gaya yang kemungkinan besar berasal dari provinsi Hebei . Tidak ada catatan yang diberikan pasti dari pencipta atau asal gaya. Atau mendapatkan ketenaran ketika berpraktik di Olimpiade 1936 di Berlin, Jerman sebagai salah satu peristiwa utama. Teori untuk gaya ini adalah bahwa pertahanan menjadi pelanggaran dan kelembutan berubah menjadi kekerasan, dan serangan praktisi selalu mengikuti setelah lawan. Serangan lembut menang untuk praktisi dan membuat lawan untuk array, lebih keras lebih dominan dari gerakan.
Gaya ini mudah digunakan karena tidak membutuhkan gerakan canggih seperti bergulat , karena itu hanya menggunakan pukulan dan tendangan. Mian Quan membutuhkan postur seimbang, dengan mayoritas santai tubuh dan rentang serangan jarak pendek.

2.Mizongyi 

Mízōngyì ( Cina : 迷踪艺; harfiah "Lost Keterampilan Track"), atau hanya Mízōng, adalah gaya seni bela diri Cina didasarkan pada tipu daya dan mobilitas. Mizong juga dikenal sebagai Mízōngquán ( Cina : 迷踪拳; harfiah "Lost Fist Track" atau kadang-kadang "labirin Tinju" menekankan sifat menipu seni) dan Yanqingquan dan ada banyak sub-cabang dari gaya ini.
Mizong Lohan ( Cina : 迷踪罗汉; pinyin : mízōng Luohan; Kanton Yale : maih jung loh Sayang, secara harfiah berarti "Lost Jalur Arhat ") adalah kombinasi dari dua gaya: Mízōngquán dan Luóhànquán. Melalui Luóhànquán, silsilah dapat ditelusuri kembali ke kuil Shaolin selama masa Dinasti Tang (618-907).
Sebagai eksternal Cina utara gaya, Mizong milik " Panjang Fist keluarga "seni bela diri meskipun dalam beberapa Mizong tradisi dianggap sebagai seni internal, diciptakan oleh Yue Fei , dan diajarkan sebagai sistem pendahulu untuk Hsing saya ch'uan .

Isi

Deskripsi

Mi Luo Han Zong adalah gaya eksternal, dengan pengaruh internal yang berbeda. Hal ini mengacu pada banyak aspek dari gaya Shaolin eksternal utara jangka tinju, dan gaya internal T'ai chi ch'uan dan Pakua Chuan , yang sering diajarkan di samping itu di zaman modern. Hal ini ditandai dengan gerakan tangan menipu, gerak kaki yang rumit, tendangan bervariasi, dan lompatan tinggi. Gaya berubah sangat cepat ketika dijalankan.
Penekanan pada fleksibilitas dalam gaya Shaolin utara merupakan prinsip Mi Zong, dan ini terbukti pada fleksibilitas dari serangan dan sejauh mana hal tersebut terintegrasi konsep gaya internal banyak. Penekanan meningkat pada mobilitas sering datang dengan harga kekuasaan, tapi Mi Zong mengkompensasi ini dengan menyediakan sarana untuk generasi dinamis kekuasaan. Unik Mi Zong itu fa Jing (pemakaian kekuatan) berasal dari kombinasi kekuatan pembuka botol internal Hsing I, Chen-gaya Tai Chi dan kekuatan gertakan eksternal kepalan Shaolin lama. Hasilnya adalah produksi yang efisien kekuatan melalui gerak dinamis dari beberapa elemen tubuh, penguasaan yang memberikan praktisi Mi Zong kemampuan menghasilkan tenaga yang cepat dan fleksibel dari jarak.
Sistem ini dipimpin oleh Grandmaster Ye Yu Ting pada abad kedua puluh sampai kematiannya pada tahun 1962 pada usia 70. Sejumlah murid-muridnya (di antara mereka Guru Chi-Hung Marr) beremigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1960 dan terus mengajar sistem ini di lokasi di seluruh AS dan Kanada. Mizong Chuan juga telah terus diajarkan sebagai seni dasar untuk Hsing saya dalam tradisi Jia Yue Ba Shao / Geng Jishan di London, Inggris. Dalam tradisi ini, Mizong terutama diajarkan kepada anak-anak, dari perspektif belajar, teknis, aspek internal seni kurang canggih (yaitu, lebih eksternal) dibandingkan Hsing I.

3.Mok Gar 

Mok Gar (莫家) adalah salah satu dari lima gaya keluarga besar of Southern seni bela diri Cina . Ini dikembangkan oleh seorang biarawan Shaolin Monk bernama Mo Shi Ta sebagai milik pusaka Fist Shaolin Selatan di Guangdong provinsi di Cina .
Atau mendapatkan ketenaran tiga generasi kemudian, pada Dinasti Qing, dengan Mok Kiu Gin / Mo Chiu Qing (莫 清 矫, juga dikenal sebagai Mok Sau Cheung / Mo Ta Chang) yang belajar diperkirakan berasal dari kicker terkenal, Choy Kao Yee. Reputasi Mok adalah begitu tinggi setelah mengalahkan petinju lain yang gaya, sebelumnya dikenal sebagai Southern Shaolin Quan, diubah namanya untuk keluarga Mok (Mok Gar). Generasi yang berbeda melalui Guangdong membual master seperti Mo Lin Ying, Mo Kelima Brother dan Mo Ta Fen.
The Hung Gar garis keturunan dari Wong Fei Hung memiliki pengaruh Mok Gar dari istri keempatnya Mok Kwai-lan , yang setelah kematian Wong Fei Hung mengelola klinik medis dan sekolah sampai kematiannya tahun kemudian.
Saat ini ada dikatakan ada dua cabang Mok. Yang pertama adalah garis keturunan langsung dari Mok Qing Chiu dan jejak lainnya untuk mak Shing Mo

Teknik

Mok Gar menekankan singkatan pertempuran teknik dan juga kuat teknik menendang rendah. Mok Gar pejuang melawan begitu dekat, dikatakan mereka melawan dada ke dada, pipi ke pipi, napas untuk napas.
Beberapa tendangan dari gaya ini meliputi:
  • Guo Jiao Pria: Lulus Jurus Gate.
  • Zhi Jie Jiao Ce: Jurus Side Langsung.
  • Dia Jiao: Jurus menyerap.
  • Pao Jiao: Jurus Hurling.
Mok pelatihan Gar juga mencakup berbagai macam pelatihan senjata.
Sikap khusus termasuk:
  • Mu Ren Chan: Sikap Manusia Kayu.
  • Pian Shen Ma: membelokkan Stance.
Mok Gar teknik didasarkan pada kesederhanaan dan menggunakan leverage maksimum. Teknik ini digunakan untuk orang, lebih kecil lebih lemah untuk memerangi seseorang yang lebih besar dan kuat.
Beberapa bentuk meliputi:
  • Zhong Quan.
  • Lau Gar Kuen, sebuah "meminjam" bentuk dari gaya Gar Lau.
  • Lian Tui Quan.
4.Nam Pai Chuan 


Nam Pai Chuan adalah Shaolin kung fu gaya dengan pusat di Inggris , Belgia , Prancis , Selandia Baru , Kanada , Jepang , Australia dan Malaysia . Nama ini berarti "Utara-Selatan Fist" dan menunjukkan asal-usulnya dalam gaya Cina pusat yang disebut " Fat Gar Kuen ". Gaya ini dibawa ke Malaysia oleh Cho-Si Seh Koh San, yang menjadi kepala biara dari Lim Siong Temple di Singapura , dan meninggal pada tahun 1960 pada usia 74. Salah satu muridnya adalah Quek Hen Choon, yang terkenal untuk demonstrasi tentang Ying Chikung . Gaya dibawa ke London pada tahun 1979 oleh salah seorang siswa dan pendiri Nam Pai Chuan, Sifu Christopher Lai Khee Choong, dan sejak itu diperluas untuk mencakup pusat di seluruh Inggris dan negara lain.
Nam Pai Chuan adalah gaya yang sangat luas, dan termasuk menendang, meninju, dagu na penguncian, take-down, melempar, titik-titik tekanan mak redup , senjata dan teknik lainnya, serta Chi Gung (latihan pernapasan energi).

5.Nanquan

Nanquan ( Cina : 南拳; pinyin : Nan quan; harfiah "tinju selatan", atau Cina : 南派; pinyin : Nan pai; harfiah "sekolah selatan") mengacu pada seni bela diri Cina yang berasal selatan Sungai Yangtze Cina , termasuk Hung Kuen , Choi Lei Fut , Hak Fu Mun , Wuzuquan , Wing Chun , dll

Kontemporer Wushu Nanquan

Wushu kontemporer acara Nanquan adalah gaya modern diciptakan pada tahun 1960 berasal dari seni bela diri yang berasal di provinsi China selatan Sungai Yangtze dan didominasi mereka yang gaya populer di Guangdong , Guangxi , Fujian dan Zhejiang . Dasar dari hujan es Nánquán kontemporer terutama dari keluarga tradisional gaya Kanton Hong (Hung), Li (Lei), Liu (Lau), Mo (Mok) dan Cai (Choi) bersama dengan lebih kontemporer mereka Fu varian Kung Choi Lei Fut , Hung Ga dan Wing Chun .
Nanquan Kontemporer fitur kuat, gerakan atletik dengan sangat stabil, sikap rendah, teknik tangan yang luas dan artikulasi vokal disebut fasheng ("rilis berteriak") yang merupakan pendahulu dari seni bela diri Jepang dan Korea kiai . Daya didorong dari gerakan pinggang yang tajam dengan penekanan khusus pada transisi sikap cepat untuk menghasilkan tenaga dan kecepatan dalam lengan. Teknik tangan Tanda tangan dari Nanquan adalah serangan ke bawah berturut-turut dari kepalan tangan kiri dan kanan disebut Gua Gai Quan (GWA Kup Kuen;挂盖拳), dan upper cut berturut-turut saat mengemudi maju disebut Paoquan (Pow Kuen;抛拳). Ada relatif sedikit tendangan di Nanquan meskipun Tengkong Pantui Cepu (腾空盘腿度侧扑; "terbang tendangan silang kaki dan mendarat di samping") dan Li Yu Da Ting (鲤鱼打挺直立; ikan mas skip-up ) sangat umum di maju Nanquan rutinitas. Nanquan juga memiliki senjata sendiri kontemporer - yang Pedang Lebar Selatan ( Nandao ;南刀) dan Selatan Staf ( Nangun ;南棍), yang termasuk dalam kompetisi Wushu Internasional pada tahun 1999.
Pada tahun 2003, Federasi Wushu Internasional (IWUF) mengubah aturan Nanquan kontemporer untuk membuat teknik melompat (难度) wajib dalam rutinitas Nanquan. Langsung tendangan berputar di udara antara 360 dan 720 derajat sebelum menyentuh tanah yang sekarang digunakan dalam segala bentuk Nanquan bersama dengan flip Kembali Stationary (原地 后空翻) dan Langkah Tunggal Kembali Tuck (单 跳 后空翻) untuk pesaing maju.

6.Ng Ga Kuen 

Ng Ga Kuen, juga dikenal sebagai Lima Keluarga / Lima Hewan Kung Fu atau Lima Fist Keluarga (五家拳) adalah Seni tradisional utama Bela Diri Selatan Cina yang menelusuri asal-usulnya ke Kuil Shaolin Cina.
Ng Ga Kuen kurang lebih artinya "Lima Tinju Keluarga / Fist". Sesuai namanya, itu adalah khas dalam hal itu menyatukan teknik lima gaya keluarga yang berbeda: Choy Gar, Li Gar, Mok Gar, Fut Gar dan Hung Gar, mengambil yang terbaik dari masing-masing gaya untuk membuat sistem yang sangat lengkap. Hal ini juga mencakup teknik dan bentuk dari 5 hewan legendaris Shaolin, Macan, Naga, Leopard, Ular dan Crane.

Isi

Sejarah

Setelah Shaolin Kung Fu telah diduga diciptakan oleh Da Mo (Bodhidharma), dan selama dinasti Yuan, seorang jenderal dengan nama Gwok Yuen (kemudian Abbot Zhao Yuan) menjadi seorang biarawan Shaolin dan memutuskan untuk memodifikasi teknik Shaolin, karena ia melihat banyak ruang untuk perbaikan. Meskipun menciptakan gaya bertarung jauh lebih lengkap, dia tidak puas dan segera mencari pria lain, dididik dalam seni bela diri, untuk berkontribusi ke sistem. Para pria akhirnya ia ditemukan adalah Bai Yu Feng dan Li Sau, dan bersama-sama dengan mereka, ia menciptakan Ying Ng, atau sistem dari Kung Fu Lima Hewan, yang bersama dengan gaya Shaolin dan Lima tinju elemen diturunkan ke Lima Penatua dari Shaolin, yang selamat dari pembakaran kuil Shaolin dan bermigrasi Selatan. Salah satu yang selamat seperti pemusnah itu Gee Sin Sim See, yang mengajarkan semua Lima Sesepuh yang menjadi root untuk Id Ga Kuen: Hung Hei Koon, Lee Ba ​​San, Sam Dak, Mok Ching Qui dan Choy Pa Da, yang kemudian mengajar di sebuah selatan Shaolin candi, menjaga gaya hidup. Ini adalah keturunan dan perwakilan Hung, Li, Fut, Mok dan Choy (gaya yang individu sejarah dapat membaca tentang melalui artikel mereka sendiri) yang memutuskan untuk membuat Id Ga Kuen dengan menggabungkan lima gaya dari lima keluarga. Setelah penciptaannya, Ng Ga Kuen terus diajarkan di biara ini.
Mungkin peristiwa yang paling penting dalam Ng Ga Kuen di era modern adalah ketika Ark Yuey Wong , seorang anak berusia 7 tahun dari keluarga baik-to-do, dikirim ke Selatan Sil Lum (berarti "Shaolin" dalam bahasa Kanton) Temple, untuk belajar Kung Fu dengan suatu susunan kakeknya dengan para biarawan di kuil. Dalam Master Lam Ark Fun dan Ho Ark Yeng, ia belajar berbagai gaya Kung Fu, terutama gaya Keluarga Lima, dan Lima Hewan Shaolin, naik ke tingkat Magister waktu. Akhirnya, Wong akan meninggalkan Cina dan bermigrasi ke Amerika Serikat, di mana ia mengajar Kung Fu kepada anggota keluarganya dan orang-orang keturunan Cina di berbagai lokasi, akhirnya menetap di Los Angeles pada 1929, di mana ia membuka nya Kung Fu dari sekolah Que Perang, dan memperoleh gelar Grandmaster pada usia 31. Pada tahun 1965, ia membuat sejarah dalam menjadi Sifu pertama yang diketahui untuk mengajar tradisional Kung Fu kepada siapa pun, tanpa memandang ras. Hal ini membuat Id Ga Kuen sangat mungkin gaya pertama tradisional Cina Kung Fu diajarkan di Amerika Serikat non-cina siswa, dan terkenal cukup untuk menjamin beberapa artikel dihormati majalah seni bela diri, seperti majalah The Black Belt. Sistem ini tampil sebagai salah satu dari 27 gaya bertarung atau sistem dari mana Bruce Lee, seniman bela diri terkenal dan bintang film legendaris, terbentuk Jeet Kune Do.
Grandmaster Ark Yuey Wong mengajar orang Ng Ga Kuen dan Lima Hewan sampai kematiannya pada tahun 1987, dengan cucunya Seming Ma melanjutkan garis keturunan langsung, dan telah mengajarkan banyak lainnya, seperti Ralph Shun, yang berperan penting dalam menyebarkan Ng Ga Kuen dan Ng Gar King (Ng Ga Kuen yang dimodifikasi oleh Shun) di seluruh Amerika Serikat dan Meksiko. Karena penghancuran Kuil Shaolin Selatan di 1927 bersama dengan sebagian besar seniman bela diri nya, Ng Ga Kuen pasti sudah hilang kalau bukan untuk Ark Yuey Wong dan usahanya.

Sejarah Modern

Hari ini Id Ga Kuen diajarkan sebagai awalnya ditujukan oleh Seming Ma, cucu Wong, melalui sekolah dan pergaulan. Dia dianggap sebagai otoritas dalam hal ini oleh organisasi NGK di seluruh dunia. Seorang mahasiswa tertentu Yuey Wong, yang disebut Ralph Shun, dikombinasikan pengetahuannya tentang Ng Ga Kuen dengan penguasaan sebelumnya dari gaya kung fu lainnya dan membuka sekolah sendiri. Dia akhirnya mengajarkan mahasiswa dengan nama Manuel Cisneros, yang setelah menjadi seorang Guru membuka Naga Rojo (Red Dragon) Kung Fu di Mexicali, Baja California, di Meksiko, yang menjadi sangat populer. Ia selama pecah di Dragon Rojo bahwa organisasi lain diciptakan, yang disebut Tigre Negro, yang merupakan salah satu asosiasi terbesar Cina seni bela diri di Meksiko, dengan persetujuan langsung dari Seming Ma dan dipimpin oleh Guru Ruben Vargas, mengajar Ng Gar Raja: ng Ga Kuen sebagai diturunkan oleh Ralph Shun dan Dragon Rojo. Beberapa sekolah lainnya yang mengajarkan gaya atau turunannya juga ada dalam republik Meksiko, menjamin kelangsungan hidup gaya.

Lima Keluarga

Lima Keluarga / Lima logo Hewan gaya
Komponen utama dari gaya adalah lima legendaris keluarga kung fu gaya: Fut Gar, Li Gar, Mok Gar, Hung Gar dan Choy Gar, masing-masing lengkap dengan gaya pendekatan yang berbeda untuk Kung Fu, semua keturunan dari kuil-kuil Shaolin garis mereka datang bersama-sama dan menciptakan gaya yang menggabungkan kekuatan dari semua Lima keluarga untuk membuat sistem dengan transisi yang lebih baik dan kekuatan.
Fut Ga (sendiri merupakan kombinasi dari dua gaya keluarga) diberikan teknik yang kuat sawit terbuka, daging knifehand dan blok, pokes dan teknik menampar bersama dengan penghindaran dan memanfaatkan kekuatan musuh melawan mereka.
Hung Gar menambahkan meninju ganas, langsung dan kuat gaya, berkat memilih untuk keterusterangan itu dalam penggunaan daya.
Choy Gar menambahkan media manfaatnya sikap dan gerak kaki yang cepat, memfasilitasi transisi cepat dan meningkatkan pada kecepatan gaya, juga menambah keseimbangan dan kelincahan gaya. Gaya ini meliputi sikap digunakan dalam Ng Ga Kuen.
Li Gar, yang paling jelas dari Lima Keluarga gaya, asalkan gaya baru dengan pemblokiran efektif, melempar dan gaya penahanan bersama dengan beberapa Chin-Na teknik, agar menjadi pertahanan sistem.
Akhirnya, Mok Gar menyelesaikan sistem baru dengan tak tertandingi, kuat dan siluman gaya menendang, yang gaya itu sangat terkenal. Satu set formulir kemudian diciptakan oleh master, untuk memastikan umur panjang gaya dan untuk membantu siswa mengasimilasi teknik.

Lima Hewan

Gaya ini dilengkapi dengan Lima Hewan Shaolin legendaris, masing-masing dengan pendekatan sendiri untuk memerangi teknik, dan masing-masing dengan bentuk mutakhir yang dimiliki dalam gaya:
Crane merupakan keseimbangan dan fitur menyodorkan telapak terbuka, pemogokan knifehanded dan blok, tendangan kuat dan penggunaan paruh crane, di mana tangan dibengkokkan ke bawah di pergelangan tangan dengan semua jari diperpanjang dan ditutup bersama untuk membentuk paruh. Jari-jari akan digunakan untuk menyerang titik-titik lemah seperti telinga, mata atau penggunaan saraf-pemogokan, sedangkan permukaan yang keras dari pergelangan tangan ditekuk akan digunakan untuk menyerang dengan kekuatan yang menggunakan sudut aneh. Paruh ini juga digunakan sebagai gantungan untuk menangkis serangan masuk. Derek adalah gaya internal, dan jika berfokus pada presisi keseimbangan, keseimbangan dan keanggunan, yang menanamkan pada setiap siswa dengan bentuk dan teknik.
Tiger ini merupakan kekuatan dan kekuasaan, dan fitur cakar Harimau beragam itu, memanfaatkan untuk merobek, merobek, mencakar dan menangkap lawan, serta memukul dengan telapak cakarnya. Ini bertujuan untuk target rentan seperti wajah dan pangkal paha. Hal ini juga membuat penggunaan tendangan dahsyat dan dinamis, seperti tendangan ekor harimau. Para harimau itu dianggap sebagai gaya eksternal dan berfokus pada kekuatan dan kekuasaan. Ini mengembangkan struktur tulang dan kekuasaan dalam mahasiswa, diajarkan melalui latihan harimau dan bentuknya.
Leopard merupakan kecepatan dan kelincahan, dan itu menggunakan cakarnya Leopard, pada dasarnya setengah kepalan tangan, dibuat dengan melipat jari masing-masing pada falang tinju, menggunakan punggungan diciptakan demikian sebagai permukaan mencolok, juga menggunakan telapak cakar sebagai sekunder senjata. Macan tutul serangan pada sasaran sempit dengan kelincahan dan kecepatan, seperti tenggorokan, tulang rusuk, sendi dan saraf target seperti pleksus brakialis di lengan, leher atau ketiak. Dalam Ng Ga Kuen, Leopard menggunakan sendi pergelangan tangan bersama dengan cakar macan tutul sebagai permukaan memblokir. Hal ini juga mempekerjakan menyodorkan kelapa ke siku, wajah yang kuat dan teknik lutut, dan kilat-cepat tendangan rendah. Leopard adalah eksternal dan fokusnya adalah pada kecepatan dan kelincahan, dan dijelaskan dalam Ng Ga Kuen sebagai mengkhususkan diri dalam teknik merusak. Ini mengembangkan struktur otot, kecepatan dan kelincahan.
Ular merupakan penghindaran, daya tahan dan kebohongan dalam pertempuran. Ular itu evades lawan dan menggunakan gerakan berliku-liku untuk tetap berada di luar jangkauan. Kepalan ular hanyalah sebuah sawit, terbuka diperpanjang, dengan menunjuk ke bawah telapak dan jari-jari lurus menunjuk musuh. Memanfaatkan gerakan memutar dan berliku-liku, lengan ular digunakan untuk menangkis serangan. Ular itu target hanya daerah yang paling rentan dan lembut, terutama mata, pangkal paha, tenggorokan, beberapa sendi dan cluster saraf, meskipun juga dapat menggunakan serangan knifehanded. Ular adalah gaya internal lainnya dalam Lima Hewan, dan fokusnya adalah pada pertempuran strategis, fleksibilitas, penggelapan dan daya tahan. Dalam mahasiswa, gaya ular bertujuan untuk mengembangkan daya tahan yang unggul dan memanfaatkan chi melalui pelatihan pernapasan, bersama dengan fleksibilitas.
The Dragon adalah yang terakhir dari Lima Hewan Shaolin, dan itu mewakili kecerdasan, daya internal dan kemampuan untuk mengalir dalam pertempuran. The Dragon, tidak seperti lima hewan lain, memanfaatkan luas dari tinju sebagai senjata mencolok, tetapi juga memiliki fitur Cakar Naga, dibentuk dengan telapak terbuka, tetapi dengan phalanxes pertama jari sedikit menekuk. Hal ini digunakan untuk menyerang dengan telapak tangan, untuk memotong, mencakar atau untuk memahami penyerang. Gaya naga menekankan serangan jarak melingkar, peledak dan panjang, yang dirancang untuk menembus pertahanan lawan. Naga, meskipun mencari pengembangan spiritual, bukan internal maupun eksternal, melainkan dianggap oleh praktisi dari sistem ini sebagai keseimbangan antara keduanya. Ini juga menempatkan Lima hewan dalam kesetimbangan, karena sekarang ada dua gaya eksternal (Tiger dan Leopard), dan dua internal (Crane dan Ular), yang dilengkapi dengan Naga seimbang. Gaya naga memiliki fokus pada mengajar siswa untuk mengalir menyerang, dan mencari pengembangan semangat dan dari chi.
Seperti dikatakan sebelumnya, semua Lima Hewan memiliki bentuk terpisah maju mereka dalam Ng Ga Kuen, dan meskipun sistem ini difokuskan pada Lima hewan, bentuk ada untuk hewan lain, yaitu: Singa, Gajah, Kuda, Bull, Eagle Claw, Monyet, Berdoa Mantis dan Panther, meskipun sebagian besar bentuk dan gaya tidak lengkap.

Id Gar Raja

Logo untuk Tigre Negro Lima Keluarga / Lima Hewan Kung Fu asosiasi di Meksiko
Di sekolah yang berasal dari garis keturunan dari Ark Yuey Wong melalui Ralph Shun dan Manuel Cisneros dan yang ada di Meksiko, ada varian dari Ng Ga Kuen, yang disebut Id Gar Raja (yang kira-kira berarti: "Lima Keluarga (Lima) Hewan "gaya). Diduga, Ralph Shun, salah satu mahasiswa Wong paling dekat dan paling maju, dimodifikasi beberapa aspek gaya untuk membuatnya lebih mudah diakses bagi siswa. Shun dikenal memiliki kemampuan untuk menganalisis dan membedah gaya, memahami hows dan mengapa setiap gerakan, dan dengan demikian ia menangis beberapa bentuk tangan, memisahkan mereka menjadi dua, sehingga sekarang ada dua hormat, dua bentuk Kombinasi , dua bentuk Palang Kecil, dll; di mana yang pertama menjabat sebagai dasar yang solid dan sebagai persiapan untuk yang kedua, sehingga menciptakan mudah-untuk-memperoleh dan pemahaman yang lebih dalam setiap gerakan formulir, dan tujuan mereka.
Modifikasi lain yang penting datang berkat pengalaman Shun menendang dan gaya. Ng Ga Kuen yang tendangan berasal dari Mok Gar, sementara kuat dan berguna, selalu terbatas pada batang tubuh dan di bawah, tidak pernah di atas perut dan hanya setinggi tulang rusuk, sebagai khas Selatan Fu gaya Kung, di mana satu-satunya pengecualian mungkin akan menjadi tendangan sabit. Shun Namun diperkenalkan tendangan tinggi dan udara beberapa kurikulum gerakan gaya dan juga untuk beberapa bentuk. Putih Scorpion, suatu bentuk buat sendiri Shun hanya ditemukan di Ng Gar Raja dan gaya yang diturunkan dari itu, mencerminkan perubahan ini: Sebuah suksesi yang cepat dari tendangan tinggi, melompat tendangan sabit pemintalan, dua kali tendangan melompat depan, dll Bentuk lain yang dimodifikasi untuk mengakomodasi tendangan tinggi, seperti Salute dasar (tradisional telah berdiri menyapu dengan setiap kaki untuk memasukkan sikap Kuda, sedangkan Id Gar Raja menggunakan tendangan sabit terbalik dengan setiap kaki untuk masuk ke dalam sikap Kuda). Ada beberapa bentuk baru diperkenalkan kemudian oleh master lain dari gaya yang kemudian melanjutkan untuk membuat sekolah mereka sendiri, seperti Alberto Sainz Kanagi, pendiri Tigre Negro asosiasi di Meksiko, yang menambahkan dua Wing Chun bentuk, meskipun beruang ini sedikit kemiripan dengan Wing Chun tradisional. Hal ini juga perlu dicatat bahwa Id Gar Raja memanfaatkan beberapa senjata yang Ng Ga Kuen tidak, dan sebaliknya, walaupun contoh yang paling bersinar ini adalah penggunaan Sai Jepang oleh Ng Gar King. Pada tingkat yang lebih dangkal ada juga beberapa perbedaan dalam jumlah atau sabuk atau ikat pinggang mahasiswa harus mencapai sebelum membuat ke tingkat instruktur, dan kemudian ke tingkat Master. Para ikat pinggang juga membedakan dari Ng Ga Kuen dalam jumlah dan warna, ada ikat pinggang sedikit di Ng Gar King dan kemajuan lebih sedikit di masing-masing ikat pinggang daripada di Ng Ga Kuen.

Pelatihan

Pelatihan dimulai dengan mempelajari sikap dasar, dimulai dengan sikap Kuda. Ini diklaim oleh Ark Yuey Wong itu, secara tradisional, seorang mahasiswa baru akan berlalu beberapa bulan melakukan tidak lebih dari berdiri dalam posisi kuda sebelum seorang Guru akan terganggu dengan mengajar dia bentuk pertama. Wong dimodifikasi gaya mengajar, menyadari hal itu tidak cocok untuk hari modern dan mahasiswa modern. Pelatihan masih dimulai dengan sikap dasar, tetapi mereka diperkenalkan dengan kecepatan normal dan diperkuat sepanjang karir seni bela diri seluruh siswa. Pukulan dasar, tendangan dan blok ditugaskan untuk setiap selempang atau kelas, dan diajarkan kepada siswa saat ia bergerak naik dalam sistem penilaian, bersama dengan bentuk-bentuk tradisional, yang secara bertahap menjadi lebih lama, lebih menuntut dan lebih kompleks. Sebagai berkaitan dari gaya turun dari Shaolin, gaya menempatkan perhatian besar dalam kondisi fisik dengan latihan fisik yang ketat, baik internal maupun eksternal, dengan teknik penguatan khas seperti sit-up dan berjalan, sedangkan latihan lebih khusus ada dalam bentuk push up , tapi bukannya menggunakan kelapa keseluruhan, siswa memanfaatkan harimau cakar (5 pushup jari), paruh Crane (menggunakan pergelangan tangan ditekuk sebagai permukaan dukungan), tinju Ular (menggunakan pisau sisi itu), Elang cakar (3 push-up jari ), dll pelatihan internal juga ditegakkan, mengajar siswa bagaimana cara bernapas dengan benar. Kelas Khas sering terdiri dari pemanasan (kondisi fisik), teknik berlatih yang sesuai untuk setiap siswa, perdebatan pertandingan dan pelatihan bentuk. Perdebatan ini dilakukan secara konsisten, dan itu mengharuskan siswa memakai alat perlindungan: Helm dan sarung tangan yang diperlukan untuk kompetisi resmi, tetapi disarankan bahwa siswa juga mengenakan pelindung tulang kering, kaki-penjaga dan cangkir. Perlindungan dada tidak sering digunakan, dan siswa yang ingin melakukannya juga dapat menggunakan sebuah corong. Point-perdebatan adalah bagian default dan wajib berkelahi dalam gaya. Tergantung pada kecakapan pertempuran dan bunga setiap siswa, mereka memiliki pilihan untuk melatih kontak penuh dan teknik Sanda / Sanshou. Teknik pertahanan diri, takedowns dan sendi-manipulasi juga merupakan bagian penting dari rutinitas. Di bawah Ark Yuey Wong, siswa dibagi diam-diam menjadi dua kategori: mahasiswa makassar dan swasta. Publik siswa diajarkan teknik kuat dan berguna, bersama dengan bentuk-bentuk wajib dan pelatihan pengkondisian standar, namun ini adalah siswa yang dianggap sebagai kemungkinan putus atau yang tidak menunjukkan minat cukup dalam gaya, mereka masih meninggalkan pelatihan dengan kurikulum teknik yang membuat mereka individu yang tangguh, tapi tidak tahu gaya dalam bentuk yang lebih dalam. Siswa swasta diajarkan rahasia terdalam dari seni, sejarah, bentuk tambahannya, aplikasi tempur yang berbeda dari setiap gerakan dalam bentuk, dll siswa dihargai jadi karena kualitas pekerjaan mereka, antusiasme mereka untuk seni, mereka sikap dalam pelatihan dan mereka telah terbukti dapat diandalkan dengan membuat pembayaran tepat waktu. Dengan demikian, para siswa dianggap sebagai pewaris sejati dari gaya yang akan menyebarkannya ke bawah. Beberapa telah dikreditkan kelangkaan sistem Ga penuh Ng Kuen hari ini untuk praktek ini.

Id Ga Kuen Formulir

Tangan Formulir Salute: salam A, ia pergi pada awal setiap bentuk tangan berikutnya, dan digunakan baik sebagai salam untuk mengekspresikan rasa hormat, dan sebagai cara untuk mengidentifikasi gaya dan membedakannya. Kecil Cross, Butterfly, Kombinasi, Black Bird, Palm
Lima Hewan Bentuk Ular, Macan, Naga, Leopard, Crane
Hewan Kombinasi Bentuk Naga dan Tiger, Crane dan Ular dan Dragon, Tiger dan Leopard
Lima Bentuk Hewan Besar Singa, Gajah, Kuda, Monyet, Panther
Dua-Men Bentuk Formulir Berjuang Satu-Fighting Formulir Dua
Tangan Bentuk Latihan bentuk Opsional satu-Latihan bentuk dua-tiga bentuk Latihan, Eagle Formulir, Golden Dragon, Meluncur Crane, Side Tiger, Bull
Senjata Formulir Pisau Kupu-kupu, Menempelkan Kepala Double, Tongkat pendek, Kutub panjang satu - Kutub Panjang Dua, Saber Single - Saber Double, Pedang Single - Pedang Double, Green Dragon Sword, Spear, Sembilan Cincin Big Pedang Lebar, 3 Staf Sectional Satu-3 Sectional Staf Dua, Guan Dao Guan Dao Satu-Dua, Belati Tunggal - Double Belati, Tiger kait Pedang, Tiger Fork, Bulan Sabit Tombak Single, Baja Rantai Whip, Simbal Monk ganda itu, Spade Monk, Fan

Id Gar Raja Formulir

Tangan bentuk Salute, Wing Chun saya, Kombinasi, Set I, Wing Chun II, Kecil Cross, Blackbird, Butterfly, Putih Scorpion, Lau Gar Raja, Tiga Keluarga, Salute II, Kombinasi II, Butterfly II, Shaolin Satu, Kombinasi Shaolin, Fu Shao, Hung Kuen, Set II, III Set, Set IV, Blackbird II, Palm.
5 Hewan Formulir Leopard, Ular, Harimau, Crane, Dragon.
5 Besar Hewan Bentuk Kuda, Singa, Panther, Gajah, Monyet.
Tambahan Bentuk Eagle Claw, Crane Besar, Black Tiger, Black Tiger II, Berdoa Mantis, Red Dragon vs Green Dragon.
Senjata Formulir Staf Long, Tombak, Fan-Double Fan, pedang-Double Dao Dao pedang-Double Dao Latihan Pedang, Guan Dao, Twin Sai, Pisau Butterfly, pendek stick-Double Tongkat pendek, Tombak Crescent Ular, Harimau kait Pedang, Green Dragon Pedang, Tiga-Sectional Staf, Pola Cross (Advanced Dao), Jian, Rantai Whip.

Grading

Ng Ga Kuen Grading Tidak ada selempang (putih); Abu-abu 1, 2, 3, 4; Kuning 1, 2, 3, 4; Hijau 1, 2, 3, 4; Merah 1, 2, 3, 4; Biru 1, 2 , 3, 4; Hitam 1, 2; Instruktur Hitam; Guru Hitam.
Ng Gar Raja Grading Pemula (selempang ada); Putih selempang 1, 2 (melambangkan Crane); sabuk Kuning 1, 2 (melambangkan Leopard); Hijau selempang, 1, 2 (melambangkan Ular); derajat ketiga Merah, kedua merah gelar sabuk, derajat Pertama Merah (melambangkan Tiger); sabuk Hitam, sabuk gelar Hitam Pertama (melambangkan Naga).

7.Tanglang Quan 

Berdoa Mantis Utara ( Cina : 螳螂拳; pinyin : tánglángquán; harfiah "berdoa tinju belalang") adalah gaya seni bela diri Cina , kadang-kadang disebut Shandong Berdoa Mantis setelah provinsi asalnya. Buku itu diciptakan oleh Wang Lang (王朗) dan diberi nama setelah belalang sembah , serangga, agresivitas yang terinspirasi gaya. Salah satu legenda Mantis menempatkan penciptaan gaya dalam Dinasti Song saat Wang Lang diduga salah satu dari 18 guru yang dikumpulkan oleh Abbot Fu Ju (福居), persona legendaris dari Fu Abbot sejarah Yu (福裕) (1203-1275) , untuk meningkatkan Shaolin seni bela diri. [1] Namun, legenda yang paling menempatkan Wang Lang di akhir Dinasti Ming . [2] [3]

Isi

Fitur

Perbandingan gambar teknis dari lengan belalang dan "belalang kail" postur tangan.
Para belalang adalah serangga predator panjang dan sempit. Sementara berat lapis baja, tidak dibangun untuk menahan kekuatan dari arah tegak lurus. Akibatnya, gaya bertarung yang melibatkan penggunaan gerakan whip-like/circular untuk menangkis serangan langsung, yang menindaklanjuti dengan serangan yang tepat untuk titik vital lawan. Ciri-ciri ini telah termasuk dalam gaya Mantis Utara Berdoa, di bawah rubrik "sesuatu menghapus" (blocking untuk membuat celah) dan "menambahkan sesuatu" (serangan cepat). [4]
Salah satu fitur yang paling khas dari Mantis Berdoa Utara adalah "berdoa belalang kail" (螳螂勾; pinyin : tángláng Gou): hook dibuat satu sampai tiga jari mengarahkan kekuatan dengan cara seperti cambuk. Hook dapat digunakan untuk mengalihkan kekuatan (pemblokiran), mematuhi anggota badan lawan, atau menyerang titik kritis (mata atau titik akupunktur). Teknik ini sangat berguna dalam kombinasi, misalnya menggunakan kekuatan yang diberikan dari sebuah blok untuk daya serangan. Jadi jika musuh pukulan dengan tangan kanan, seorang praktisi Mantis Utara Berdoa mungkin menghubungkan ke arah luar dengan tangan kiri (menggeser tubuh ke kiri) dan menggunakan kekuatan untuk menyerang balik leher lawan dengan hook kanan. Bergantian, dia / dia mungkin mengalihkan ke bawah dengan hook kiri dan rebound dengan tunggul pergelangan tangan kiri ke rahang / hidung / tenggorokan. The "berdoa belalang kail" juga merupakan bagian dari beberapa posisi khas menjaga khas gaya.
Berdoa Mantis Utara terutama dikenal karena kecepatan dan serangan terus menerus. Pergelangan tangan / lengan teknik khususnya ditekankan, serta lutut dan siku pemogokan. Fitur lain yang menonjol dari gaya gerak kaki adalah kompleks, yang dipinjam dari Monyet Kung Fu .

Asal

Ada banyak legenda seputar penciptaan Utara Berdoa Mantis tinju. Salah satu legenda atribut penciptaan tinju Mantis ke Dinasti Song saat Abbot Fu Ju (福居), persona legendaris dari Fu Abbot sejarah Yu (福裕) (1203-1275), seharusnya mengundang Wang Lang (王朗) dan tujuh belas master lainnya untuk datang dan meningkatkan seni bela diri Shaolin . [5] Abbot mencatat semua teknik dalam manual disebut Mishou (秘手- "Rahasia Tangan") dan kemudian diserahkan ke pendeta Tao Shen Xiao. Manual ini seharusnya menghilang sampai Qianlong era pemerintahan ketika diterbitkan dengan nama "Arhat jasa mogok naskah berolahraga ilustrasi singkat" ( Cina : 罗汉行功短打; pinyin : Luohan Xínggōng Duǎn Dǎ). [5] Beberapa sumber menempatkan naskah rakyat yang publikasi pada "hari kedelapan bulan ketiga musim semi tahun 1794". [6] Manual catatan Wang Lang "diserap dan menyamakan kedudukan semua teknik sebelumnya" belajar dari 17 guru lainnya. [2] [6]
Ke-18 Master Diundang ke Shaolin
# Nama Teknik Menguasai
1 Changquan Jangka panjang Tinju Kaisar Taizu
2 Tongbeiquan Melalui Kembali Han Tong
3 Chan Feng Bungkus Sekitar dan Seal Zhang En
4 Duanda Jarak dekat Pemogokan Ma Ji
5 Keshou Tongquan Blocking Tangan dan Setelah Melalui Fist Jin Xiang
6 Gou Lou Cai Shou Hooking, Meraup dan Meraih Tangan Liu Xing
7 Zhanna Diefa Metode Menempel, Meraih, dan Jatuh Yan Qing
8 Duan Quan Pendek Tinju Wen Yuan
9 Hou Quan Monyet Tinju Sun Heng
10 Mien Quan Kapas Fist Mien Shen
11 Shuailue Yingbeng Melempar-Grabbing dan Hard Menerjang Huai De
12 Gunlou Guaner Merunduk, bocor dan Melewati Telinga Tan Fang
13 Chuojiao Bebek mandarin teknik menendang Lin Chong
14 Qishi Lianquan Tujuh Postur dari Pemogokan Fist Kontinyu Meng Su
15 Kunlu Zhenru Tangan Binding dan Grabbing Yang Gun
16 Woli Paochui Ledakan Dahsyat ke Body Parts berongga Cui Lian
17 Kao Shou Tutup Teknik Rentang Tangan Huang Anda
18 Tong lama Berdoa Mantis Wong Panjang

Sepertiga dari para master yang tercantum semua berasal dari novel fiksi. Yan Qing (# 7) dan Lin Chong (# 13) berasal dari Water Margin dan Kaisar Taizu (# 1), Han Tong (# 2), Zhang En (# 3 ) dan Huai De (# 11) berasal dari Fei Long Quan Zhuan (飞龙全传-. "The Flying Dragon Biografi Lengkap"), yang diterbitkan sebelum manual tersebut [7]
Lain legenda terhubung ke Dinasti Song negara Wang Lang berpartisipasi dalam tai Lei kontes di ibu kota Kaifeng dan dikalahkan oleh Jenderal Han Tong (韩通), pendiri Tongbeiquan . Setelah meninggalkan arena pertempuran, ia melihat belalang sembah berani menyerang roda gerobak mendekat dengan "pedang-seperti" senjata, Mantis tinju lahir segera sesudahnya. [8] Namun, sebagian legenda tempat Wang Lang hidup pada akhir Dinasti Ming . [2] [3]

Koneksi dengan Jenderal Yue Fei

"Empat Jenderal dari Zhongxing" dilukis oleh Liu Songnian selama Dinasti Song Selatan . Yue Fei adalah pribadi kedua dari kiri. Hal ini diyakini sebagai "potret paling benar dari Yue di semua bahan yang masih ada." [9]
Seperti telah disebutkan di atas Water Margin bandit Lin Chong dan Yan Qing , adopsi Lu Junyi , yang dikatakan menjadi bagian dari 18 master seharusnya diundang untuk Shaolin oleh Fuju Abbot legendaris. Menurut biografi cerita rakyat dari Dinasti Song Jenderal Yue Fei , Lin dan Lu adalah mahasiswa mantan Zhou Tong , militer sang jenderal seni guru. [10] Salah satu bela diri legenda menyatakan Zhou belajar Chuojiao tinju dari perusahaan originator Deng Liang (邓良) dan kemudian menyerahkannya ke Yue Fei. [11] Chuojiao juga dikenal sebagai "gaya Air Margin Outlaw" dan "Mandarin Kaki Bebek" ( Cina : 鸳鸯腿; pinyin : Yuanyang Tuǐ). [12] Di Water Margin 's dua puluh bab kesembilan, berjudul "Wu Song, Mabuk, Beats Jiang Gerbang Garda Raksasa", itu menyebutkan Wu Lagu , lain dari siswa fiksi Zhou, dengan menggunakan "Jade Circle-Langkah dengan Bebek dan kaki Drake". [13] Lin Chong terdaftar di atas sebagai master "bebek Mandarin menendang teknik".
Silsilah Mantis Guru Yuen Man Kai secara terbuka mengklaim Zhou diajarkan Lin dan Lu "sekolah yang sama" seni bela diri yang kemudian dikombinasikan dengan tujuh belas sekolah tersebut lain untuk membuat kepalan Mantis. [14] Namun, ia percaya Mantis tinju diciptakan selama Ming Dinasti , dan karena itu dipengaruhi oleh sekolah-sekolah delapan belas dari Song tersebut. Dia juga mengatakan Lu Junyi diajarkan Yan Qing seni bela diri yang sama seperti dia belajar dari Zhou. [15] Guru Yuen lanjut komentar Zhou Yue kemudian diajarkan sekolah yang sama dan Yue yang merupakan pencetus gerakan belalang "Black Tiger menguatkan [ sic ] Hati ". [15] Perhatikan bahwa berbagai cabang Yue Jia Quan (Yue Keluarga Tinju) memang memiliki gerakan postural analog bernama "Black Tiger Mencuri Hati". Juga berbagai Yue Jia Quan set fitur "memangsa menerkam Mantis di Prey" postur cakar tangan juga.

Gaya

gaya Meluasnya

Ada beberapa gaya Mantis Berdoa Utara, yang paling dikenal di antaranya adalah:
  • Seven Star Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 七星螳螂拳; Pinyin : qi xing tángláng quan). Gaya ini adalah bentuk asli dari berdoa belalang kung fu dan tersebar luas di Provinsi Shandong dan sekitarnya. Luo Guangyu (罗光玉) dikenal karena telah diwariskan gaya ini ke Hong Kong dan bagian lain dari Cina Selatan, di mana ia masih dipraktekkan hari ini. Tujuh Bintang dianggap oleh banyak sebagai 'paling sulit' dari gaya Mantis Berdoa, namun masih menggunakan soft-keras prinsip dan diklasifikasikan sebagai gaya lembut-keras.
  • Plum Blossom Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 梅花螳螂拳; pinyin : Meihua tángláng quan). Salah satu yang tertua di antara semua gaya Mantis Utara Berdoa, itu tersebar luas di Provinsi Shandong, Jilin , Liaoning dan Korea Selatan . Ini menelusuri garis keturunan langsung dari Li Bingxiao (b.1700s) Zhao Liang Zhu untuk Xuexiang (1810-1895). Liang Xuexiang adalah master pertama yang menggunakan nama Blossom Plum. Murid Liang Xuexiang itu, terutama Jiang Hualong, Liang Jingchuan, Sun Yuanchang, Hao Hong dan Xiu Kunshan bertanggung jawab untuk mempopulerkan gaya ini pada abad ke-20. Pada awal 1900-an, itu sangat dipengaruhi perkembangan Taiji Mantis dari Cui Shoushan dan Wang Yushan, Taiji Plum Blossom dari Hao Keluarga, Taiji Mantis dari Zhao Zhuxi dan Babu Mantis Wei Xiaotang.
  • Taiji Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 太极螳螂拳; pinyin : Taiji tángláng quan). Hari ini gaya ini diwakili oleh dua garis keturunan yang berbeda. Yang pertama adalah bahwa dari Cui Shoushan dan Wang Yushan dan didasarkan tentang Song Zide dan Jiang Hualong itu Plum Blossom ajaran di Laiyang, Provinsi Shandong . Hal ini populer di Laiyang , Yantai , Qingdao , Dalian , Amerika Utara , Rusia , Perancis dan Spanyol . Silsilah kedua dapat ditelusuri ke Sun Yuanchang itu Blum Blossom, yang satu lagi murid dari Liang Xuexiang. Terbaik progenitor terkenal adalah Zhao Zhu Xi , yang dikatakan telah diajarkan (baik secara langsung maupun tidak langsung) ribuan siswa selama hidupnya di Vietnam dan Hong Kong , yang telah menyebar ke seluruh pelosok dunia. Dia diberikan Kanton julukan Chuk Kai , yang berarti "Bambu Creek", untuk pertempuran terkenal ia berperang melawan bandit di lokasi itu. Gaya ini telah menjadi lazim di tempat-tempat seperti Korea , Hong Kong , Vietnam , dan Amerika Utara.
  • Plum Blossom Taiji Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 太极梅花螳螂拳; pinyin : Taiji Meihua tángláng quan). Gaya ini, secara historis, kombinasi dari dua garis keturunan yang berbeda dari Mantis: Taiji Mantis dan Plum Blossom Mantis. Gaya ini tersebar luas di Yantai , Qingdao, Beijing , Dalian , Harbin , dll Apa yang sekarang disebut Taiji Plum Blossom menelusuri garis keturunan untuk Hao Lianru (郝莲茹)-murid Liang Xuexiang, putranya Hao Henglu, Hao Hengxin dan cucunya Hao Bin. Tiga kemudian menggabungkan kedua Taiji Mantis dan Plum Blossom di awal abad ke 20, menciptakan style yang ada. Lima Hao Lianru putra telah menyebar gaya di tempat lain. Gaya ini terkenal karena pedang yang besar, dua tangan, dan karena agak ' lebih lunak 'dari Seven Star Berdoa Mantis.
  • Enam Harmony Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 六合螳螂拳; pinyin : Liu He tángláng quan). Dikenal sebagai 'paling lembut' atau paling 'internal' dari gaya Mantis Berdoa, Enam Harmony diturunkan oleh Ding Zicheng (丁子成), para siswa yang diajarkan di Provinsi Shandong serta Taiwan . Enam Harmony Berdoa Mantis memiliki kurikulum yang sangat berbeda, dengan rutinitas yang unik tidak ditemukan dalam gaya lainnya Mantis Berdoa.
  • Delapan Langkah Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 八步螳螂拳; pinyin : Ba Bu tángláng quan). Gaya ini pada awalnya dipahami oleh Jiang Hua Long, dan selanjutnya disempurnakan oleh murid prinsip tentang gaya, Feng Huanyi (冯 环 义), yang diturunkan oleh muridnya Wei Xiaotang (卫 笑 堂) di Taiwan. Yang diturunkan kepada muridnya Shyun Guang panjang gaya yang diajarkan di Taiwan oleh Master Tso Hsien Fu, seorang murid Wei Xiaotang ..

gaya Langka

Lain-lain, gaya kurang luas meliputi:
  • Dewan Shiny Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 光板螳螂拳; pinyin : Guang bǎn tángláng quan). Juga dikenal sebagai "piring datar" atau "pegangan tersembunyi" Berdoa Mantis.
  • Fist lama Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 长拳螳螂拳; Pinyin : Chang quan quan tángláng). Dipengaruhi kuat oleh Fist panjang gaya boxing.The diajarkan di Taiwan oleh mahasiswa master Dao Gao Shen
  • Melontar Tangan Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 摔手梅花螳螂拳; pinyin : shuāishǒu Meihua tángláng quan). Gaya ini diturunkan oleh Bao Guangying dari Provinsi Shandong . Dia mengajar di Hong Kong dan Guangzhou .
  • Rahasia Gerbang Berdoa Mantis Tinju ( Cina : 秘门螳螂拳; pinyin : MI pria tángláng quan). Gaya ini diturunkan oleh Zhang Dekui (张德奎) di Taiwan dan merupakan variasi dari Taiji Mantis.

Media

Kartu tajam melakukan "Mantis Lemak" gaya.
Tinju belalang biasanya utama antagonis 'gaya pilihan dalam berbagai bentuk media.

Film

Dalam Tricky Master (1999), Stephen Chow 's magang mengalahkan sebuah kelebihan berat badan kartu tajam dalam " tetap permainan "poker taruhan tinggi. Ketika mengejek, melompat kartu tajam ke meja bermain dan mengalahkan tuli Chow, cross-dressing pengawal dengan "kung fu lama hilang" yang disebut "Mantis Fat", yang adalah "yang paling kuat ... dan membunuh tanpa darah." (Perhatikan bayangan yang tajam kartu pada dinding dalam bentuk sebuah belalang kegemukan dengan perut bulat besar.) Pada akhirnya, Stephen Chow semprotan kartu tajam dengan sekaleng insektisida . Ia jatuh ke tanah mati dengan tangan dan kakinya dipegang ke udara seperti bug.
Dalam The Forbidden Kingdom (2008), yang "Diam Monk" ( Jet Li ) mempekerjakan tinju belalang dalam pertempuran di atas staf magis Raja Monyet dengan Lu Yan, "Immortal Drunken" ( Jackie Chan ). Tapi itu Mantis tinju yang lama kemudian dikuasai oleh Lu Tiger tinju. Penulis skenario film, John Fusco, adalah mahasiswa lama dari Mantis Berdoa Utara dan bekerja sama dengan Jet Li selama produksi.
Dalam film animasi Kung Fu Panda , salah satu dari enam siswa kung fu adalah belalang sembah yang sebenarnya yang menggunakan Utara Berdoa Mantis kungfu. [16]

Televisi

Dalam Hung Hei-Gun: Pertempuran Tegas Dengan Fists Mantis Berdoa (洪熙官:决战螳螂拳) (alias The Kung Fu Master, 1994), Donnie Yen memainkan peran tituler pahlawan legendaris seni bela diri Hung Hei-Gun . Setelah dipukuli sebagai anak, orang tua Hung mengirim dia pergi untuk belajar Kung Fu. Dia kembali delapan tahun kemudian untuk menemukan ayahnya (yang diam-diam anti- Manchu pemimpin pemberontak) bekerja sebagai instruktur senjata militer bagi pemerintah Qing , banyak yang kecewa dari penduduk desa setempat. Meskipun tahun-tahun pelatihan, seorang gagah manchu Pangeran mudah mengalahkan Hung dengan gaya belalang. Setelah kematian seharusnya ayahnya, Hung menghadapi pangeran sekali lagi. Ketika sang pangeran menembak panah beracun dari lengan bajunya, Hung twirls stafnya untuk mengumpulkan proyektil dan kemudian teman kencan mereka kembali. Pangeran meninggal dari panah racun sendiri. [17]
Di acara Nickelodeon Avatar: The Last Airbender, karakter bernama Bei Fong Toph praktek pengendalian tanah berbeda dari karakter lain. Sementara pencipta pertunjukan dan seni bela diri pengawas menyatakan pengendalian tanah yang paling terinspirasi oleh Hung Gar / Tiger derek Kung Fu, Toph, menjadi buta menggunakan pengendalian tanah dengan cara yang berbeda, menunggu dan mendengarkan sebelum titik kritis mencolok dari pertahanan lawan. Gaya Toph terinspirasi oleh gaya Hakka Selatan dan belalang sembah Utara, dia bahkan menggunakan tangan kait belalang menimbulkan beberapa kali. Perannya dalam acara ini cukup penting, dan aset yang unik mendapatkan dipuji beberapa kali oleh orang lain dalam kelompoknya.

Buku

Mantis adalah sekitar setengah Vietnam pembunuh berantai yang pembunuhan penari erotis karena ia percaya hewan peliharaan belalang nya berdoa memberitahu dia untuk melakukannya (yang cukup mirip kasus kehidupan nyata yang melibatkan " Anak Sam "). Dia menggunakan gaya bertarung menggunakan jari untuk menyerang urat nadi leher dan mata. [18]

Video game

Singa Rafale , sebuah karakter dari Sega 's Fighter Virtua seri, menggunakan gaya Berdoa Mantis. Dia diperkenalkan pada Virtua Fighter 2 . Hal ini juga digunakan oleh Kung Lao dan Shujinko di Mortal Kombat seri. Wulong Goth, pemimpin sekte jahat "Black Mantis", mempekerjakan Berdoa Mantis di game Tao Feng: Fist of Lotus. Gen, dari seri Street Fighter dari video game, menggunakan teknik ini, yang ia dapat mengubah sesuka hati dengan gaya Crane. Dalam Champions Abadi seri, Mantis Berdoa digunakan oleh Larcen Tyler.

8.Bei Shaolin 

Dalam arti luas, Shaolin Utara ( Cina : 北少林; pinyin : Běishàolín, Kanton Yale : Bak-siu-Lahm) mengacu pada eksternal (sebagai lawan dalam ) seni bela diri dari Cina Utara mengacu pada gaya tersebut dari Utara Biara Shaolin di Henan . Paling-paling spesifik Shaolin nya, Northern mengacu pada gaya disebut Shaolin Utara Tinju Sekolah ( Cina : 北少林拳门; Kanton Yale: Bak-siu-Lahm Kyun-mun [1] ), disebarkan oleh Gu Yu-Jeung (1894-1952; juga dikenal sebagai Ku Yu-cheung atau, dalam pinyin, Gu Ruzhang) dan diwakili hari ini oleh Grandmaster Chan Wai Kowk .

Isi

Karakteristik

Gaya Shaolin Utara kung fu adalah salah satu gaya paling menonjol utara tradisional seni bela diri Cina. Gaya utara kung-fu umumnya menekankan teknik jangka panjang, kemajuan cepat dan retret, sikap luas, menendang dan melompat teknik, berputar-putar blok melingkar, kecepatan, kelincahan, dan serangan agresif.
Sistem ini mengajarkan teknik tangan kosong dan persenjataan melalui kombinasi yang telah ditentukan, yang dikenal sebagai bentuk, rutinitas, atau gerakan set. Para siswa mempelajari dasar-dasar dengan berlatih rutinitas sampai gerakan dalam rutinitas dapat dijalankan secara alami berdasarkan insting. Kemudian, set pria dua atau beberapa dipraktekkan untuk melatih respon dan aplikasi teknik belajar dari set. Praktek set / rutinitas tidak hanya praktis dalam aplikasi tetapi juga anggun dan artistik di alam. Para fluidness gerakan dikombinasikan dengan teknik akrobatik adalah merek dagang dari set Shaolin Utara.
Utara Shaolin gaya dibuat terkenal oleh Gu Yu-akhir Jeung. Banyak legenda menceritakan prestasi Gu; menurut cerita yang berhubungan dengan siswa dekatnya, ayah Gu adalah eksponen ulung dari Tui Tan ("bermunculan kaki") bentuk. Ketika ia masih muda, Gu perjalanan ke seluruh Cina Utara untuk mempelajari semua sistem kung fu utara. Dia terkenal untuk nya Iron Palm teknik dan penerapan panjang tombak . Ia mengorganisir semua pelajaran ke dalam apa yang saat ini Shaolin Utara gaya. [2]

Sejarah

Biara di Henan adalah Biara Shaolin asli. Para biarawan mulai berlatih senjata militer kadang-kadang di sekitar Dinasti Tang dan menjadi terkenal karena membantu Kaisar masa depan Li Shimin dalam perjuangan melawan pasukan pemberontak. Para biarawan yang terutama dikenal karena tombak dan teknik staf sampai Ming - Qing transisi ketika mereka mulai mengkhususkan diri dalam pertempuran bersenjata. Sebagai reputasi seni bela diri Shaolin tumbuh selama berabad-abad berikut, namanya menjadi identik dengan seni bela diri, terlepas dari apakah sebuah seni individu ditelusuri asal-usulnya ke Biara Shaolin di Henan atau tidak. [3] Sebagai hasilnya, "Shaolin "moniker diaplikasikan pada candi Buddha lainnya dengan reputasi yang kuat untuk seni bela diri. Karakteristik dari seni bela diri yang diajarkan di setiap kuil begitu berbeda satu sama lain bahwa mereka menjadi identik dengan tempat asal mereka.
Gaya Shaolin Utara terkait dengan Gu Ruzhang pertama kali diajarkan kepada seorang murid awam, tanggal 18 dirayakan abad menguasai Gan Fengchi dari Provinsi Jiangsu , oleh seorang pendeta Shaolin bernama Zhao Yuan, kelahiran Zhu Fu, seorang anggota Ming keluarga kerajaan yang bergabung dengan sangha setelah Ming digulingkan oleh Qing tahun 1644. (Gan juga diingat untuk mendirikan Huāquán花拳seni bela diri, secara harfiah "kepalan bunga", tentang yang ia tulis Pengantar buku untuk Huāquán.) Gan pada gilirannya mengajarkan Wan Bangcai, yang mengajarkan Yan Degong, yang mengajarkan Yan Sansen, yang mengajar Yan Jiwen, yang mengajar keponakannya Gu Ruzhang.
Generasi 1-7
  1. 朝元 和尚 (Biksu Zhao Yuan)
  2. 甘凤池 (GaN Fèngchí)
  3. 万邦 才 (Wan Bāngcái)
  4. 严 徳 功 (Yan Dégōng)
  5. 严 三省 (Yan Sānxǐng)
  6. 严 机 (继) 温 (Yan Jīwēn)
  7. 顾 汝 章 (GU Rǔzhāng)
Yan Jiwen juga diajarkan Gu keterampilan Tubuh Besi dan Palm Besi . Pada kesempatan yang terkenal pada tahun 1931, Gu dikatakan telah menunjukkan yang terakhir pada kuda.
Di antara seniman bela diri yang berkumpul di National Central Martial Arts Institute di Nanjing pada tahun 1928, Gu ditempatkan di atas lima belas dan dimasukkan bersama-Fu Zhensong, Li Xianwu, Wan Laimin, Wan Laisheng, dan Wong Shao Chou (di account lain, Wan Laiping)-di Lima Macan Southbound (五虎下江南, pinyin Wǔhǔ Xia Jiangnan; secara harfiah, "lima harimau menuju selatan sungai besar "), lima ahli seni bela diri Cina Utara dikirim ke Guangzhou (Canton) untuk mengatur lain Martial Nasional Institut Seni. Di Guangzhou, nama "Shaolin" sudah terkait dengan Hung Gar dan gaya lainnya, sehingga gaya Gu kemudian dikenal dengan nama Shaolin Utara.
Standar pembawa-saat warisan Gu Yu-Jeung adalah Grandmaster Chan Kwok-wai (陈国伟), mahasiswa Yim Seung-mou (严尚武, mahasiswa langsung Gu), didirikan pada Brasil . Warisan ini juga diwakili di Amerika Serikat oleh Grandmaster Wing Lam, [4] seorang mahasiswa kemudian Yim Seung-mou. Di Argentina , Sekolah WuHsingChuan dari Sifu Neldo Sacomani jejak garis keturunan dari Hui Yin Fu - Paru Kai Ming - Paru Tze Cheung (teman sekelas Yim Seungmou) - Gu Yu-Jeung.

Kurikulum Shaolin Utara Gu Ru Zhang

Diterjemahkan Nama Cina Mandarin Pinyin Kanton Yale Komentar
Buka Pintu 开门 Kāimén Hoi-mun Penting masuk / keterampilan dasar.
Memimpin 领路 Lǐnglù Ling-lou Memimpin lawan sekitar untuk kekalahannya.
Gunung Kuda 坐 马 Zuòmǎ Jo-ma Counter-serangan.
Pierce Hati 穿心 Chuānxīn Chyun-sam Serangan ke atas ulu hati.
Martial Keterampilan 武艺 Wǔyì Mo-ngai Memerangi teknik.
Tutup Tempur 短打 Duǎndǎ Dyun-da Close-pertemuan kombinasi.
Plum Blossom 梅花 Meihua Mui-fa Melanggar penyergapan.
Mencabut Langkah 拔 歩 Babu Bat-bou Buka-ruang kombinasi pertempuran.
Rantai Rings 连环 Lianhuan Lin-Waan Chained beberapa pemogokan.
Standar Formulir / Cara Sistem 式 法 Shìfǎ Sik-faat Inti dari gaya.
Perhatikan bahwa beberapa pewaris tradisi Zhang mengajarkan rutinitas dalam urutan yang berbeda, terutama mereka yang di bawah Chan Wai Kowk.

9.Pao Chui 

San Huang Pao Chui ( Cina : 三皇炮捶; harfiah "Tiga Kaisar Cannon punch") adalah seni bela diri Cina disebabkan oleh Three Ones Agustus : Fuxi , Shennong , dan Gonggong .
Penyebaran Pao Chui adalah sebagian karena hubungan awal dengan Shaolin. Pao Chui adalah salah satu gaya paling awal yang akan diimpor utuh ke dalam kurikulum seni bela diri di Biara Shaolin . Menurut legenda, para biarawan Shaolin belajar Pao Chui dari seorang seniman bela diri dari Gunung Emei .
Pada sebuah festival dilemparkan oleh Kaisar Gaozu , para biksu Shaolin Tanzong memberikan demonstrasi dari Pao Chui. [1]
Chen-gaya Taijiquan termasuk rutin Chui Pao dalam kurikulumnya.

10.Pigua Quan 

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi , cari
Pigua Zhang
(劈挂 拳)
Pigua Zhang demonstration.jpg
Guru Zhou Jing Xuan menunjukkan Pigua Zhang Dan Pi Zhang (membelah kelapa tunggal)
Juga dikenal sebagai Pigua Quan, Pi Kua
Fokus Mencolok dengan gerakan mencambuk dan tangan berat. Penggunaan Dao (Cina pedang), tongkat pendek, staf Menengah (Feng Mo Gun) dan Miao Dao (Cina Longsword)
Kekerasan Keras, tapi memiliki unsur lembut
Negara Asal Cina Cina
Pencipta Diketahui
Terkenal praktisi Xiao Huacheng , Li Yunbiao , Zhao Shikui , Huang Linbiao , Guo Changsheng , Ma Fengtu , Ma Yingtu , Cao Yanhai , Zhuo Qingjia , Guo Ruilin , Guo Ruixiang , Wang Zhihai , dll [1]
Parenthood Diketahui
Olimpiade olahraga Tidak
Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait
Piguaquan ( Cina Tradisional :劈挂拳, secara harfiah "memotong-gantung tinju"), juga dikenal sebagai Piguazhang (劈挂掌, "memotong-gantung sawit") karena penekanannya pada teknik sawit, sering berlatih bersama dengan Bajiquan (八极拳, secara harfiah "delapan ekstrem tinju") dan adalah gaya wushu ( seni bela diri Cina ) yang memiliki bahan peledak, jarak kekuasaan. Ini berasal di Cangzhou , sebuah prefektur di Hebei Propinsi Cina Utara , tapi hari ini juga dikenal di tempat lain, termasuk Taiwan . Daya Piguaquan adalah dari kekuatan accelerational pada lengan yang sering di rotasi. Gerakan pinggul pada Piguaquan lebih halus dan lembut dibandingkan dengan Bajiquan, karena Anda hanya perlu cukup untuk memandu daging besar sedangkan di Bajiquan , palu, pukulan, siku dan ayunan bergantung sepenuhnya pada rotasi cepat dan kuat dari pinggul, dan tenggelam untuk membawa kekuatannya keluar.

Isi

Sejarah Kontemporer

Piguaquan memiliki sejarah yang kaya lama. Selama pertengahan dinasti Ming itu telah menyebar di antara para praktisi seni bela diri di kalangan rakyat biasa. Selama Dinasti Qing tengah ada dua cabang utama Piguaquan di Cangzhou [ rujukan? ]. Satu cabang yang dipimpin oleh Guo Dafa dari Nanpi desa, yang memiliki kecakapan bela diri yang luar biasa yang kemudian menjadi pengawal kekaisaran [ rujukan? ]. Cabang lainnya dipimpin oleh Zhuo Baomei dari Yanshan desa, yang mengkhususkan diri dalam bentuk Qinglong dan bentuk Pigua lambat. [ rujukan? ]
Pada tahun 1928, Republik Nasionalis didirikan Tengah Guoshu Institut mana Ma Yingtu dan Guo Changsheng , praktisi dari garis keturunan Yanshan dan Nanpi adalah seni bela diri pelatih. [ rujukan? ]. Kedua segera menjadi teman. Setelah mempelajari secara mendalam dan analisis, mengambil unsur-unsur dari dua garis keturunan menggabungkan menjadi satu gaya baru. Kedua profesor juga memasukkan persenjataan ke dalam gaya, termasuk Feng Mo (Crazy Demon) Staf, Pigua Dao (Pigua pedang), dan Dao Miao formulir, mengisi kekosongan kekurangan persenjataan dalam garis keturunan lama. [ rujukan? ]

Hubungan dengan Bajiquan

Piguaquan dan Bajiquan sering diajarkan sebagai seni bela diri saling melengkapi, terutama di Taiwan. Bahkan, ada sebuah seni bela diri Cina yang berlangsung pepatah: "Ketika pigua ditambahkan ke Baji, dewa dan setan semua akan takut Ketika Baji ditambahkan ke pigua, pahlawan akan mendesah mengetahui bahwa mereka tidak cocok menentangnya.." (八极参劈挂,神鬼都害怕劈挂参.八极,英雄叹莫及) [2]
Di Daratan Cina, Piguaquan masih sering dipraktekkan sebagai seni yang berdiri sendiri juga. Diantara beberapa garis keturunan seni di Daratan Cina, ada telah mengembangkan bentuk-bentuk praktek (kata) dan metode yang disebut "Baji-Pigua", yang menggabungkan unsur-unsur dari kedua seni.
Secara historis, guru terkenal, seperti Liu Yunchiao dan Ma Fengtu telah dipraktekkan dan diajarkan baik seni. Pada hari ini, tradisi ini terus menerus antara berbagai guru, seperti Tony Yang , Adam Hsu (Amerika Serikat) dan Zhou Jingxuan (Cina Daratan).

Dalam budaya populer

Pigua Zhang adalah salah satu gaya yang digunakan oleh karakter wanita Ling Xiaoyu di Tekken franchise video game, dan juga style yang digunakan oleh Helena Douglas dalam Dead or Alive seri.

11.She Quan 

Ada beberapa seni bela diri Cina dikenal sebagai Ular Tinju atau Gaya Ular Bertaring ( Cina : 蛇拳; pinyin : shéquán; harfiah "ular tinju") yang meniru gerakan ular. Ini adalah gaya Shaolin Tinju. Para pendukung mengklaim bahwa mengadopsi fluiditas ular memungkinkan mereka untuk membelitkan dengan lawan-lawan mereka dalam pertahanan dan menyerang mereka dari sudut yang mereka tidak harapkan dalam pelanggaran. Gaya ular dikatakan terutama meminjamkan dirinya untuk aplikasi dengan pedang lurus Cina . Ular itu juga salah satu hewan ditiru di keluarga Yang Taijiquan (Tai chi ch'uan), Baguazhang dan Xingyiquan . Gerak, berliku-liku cairan ular cocok dengan teori praktis yang mendasari " lembut "seni bela diri. [1]
Gaya ular berbeda meniru gerakan yang berbeda dari ular. Beberapa, misalnya, meniru Cylindrophiidae , sementara yang lain meniru python , sementara beberapa sekolah meniru jenis ular, seperti Cobra. Ada dua gaya ular tidak terkait, Utara dan Selatan.

Isi

Gaya Utara

Ular merupakan salah satu pola dasar Lima Hewan dari seni bela diri Cina , empat lainnya adalah Derek , Tiger , Leopard , dan Naga . [2]
The Tao candi dari Pegunungan Wudang diketahui telah diproduksi penata ular banyak.
Gaya ular didasarkan pada mencambuk atau berderak daya yang bergerak naik tulang belakang untuk jari-jari, atau dalam kasus ular berbisa tersebut, goyang tubuh yang bergerak ke bawah tulang belakang untuk ujung tulang ekor . Kemampuan untuk sinuously bergerak, pada dasarnya dengan mengompresi perut seseorang / otot perut, sangat penting. Pijakan yang cukup membumi. Stancework adalah cairan untuk memaksimalkan potensi mencambuk gerakan apapun. Hal ini memerlukan membangun tulang yang kuat untuk mengandung kekuatan dan jari yang kuat untuk menyampaikan pemogokan. Karena nafas adalah penting untuk setiap gerakan dari tulang belakang dan tulang rusuk, gaya ular dianggap salah satu gaya utama yang akhirnya menyebabkan pelatihan internal. Gaya Ular juga dikenal sebagai pendekatan untuk senjata pelatihan, orang Cina pedang lurus dan tombak pada khususnya. Ada jenis khusus bahkan pisau pedang dan tombak yang poin kurva bolak-balik di sepanjang pisau meniru tubuh ular itu dikenal sebagai pedang dan tombak ular ular.
Gaya ular umumnya bertujuan untuk titik-titik lemah tubuh manusia, seperti mata, pangkal paha dan sendi.

Gaya Selatan

The Southern Shaolin Temple di Provinsi Fukien kadang-kadang dikenal sebagai "kuil ular." Ular gaya kung fu dipraktekkan di kuil ini serta naga kung fu dan berdoa belalang kung fu. Fukien kuil adalah tempat perlindungan bagi para biksu Kuil Henan ketika candi yang hancur. Dengan mereka mereka membawa semua pengetahuan seni bela diri yang mereka miliki.
Gaya ular hijau bambu viper adalah salah satu dari lima himpunan bagian yang diajarkan di Kuil Shaolin Selatan. Bentuk khusus dari tinju ular berasal dari Kamboja dan bekerja jalan sampai ke Cina. Seperti telah diintegrasikan ke Shaolin itu bisa lebih halus dan canggih. Hijau bambu viper adalah gaya ular diajarkan di Amerika Serikat oleh Grandmaster Wing Loc Johnson Ng. Grandmaster Id mengajarkan gaya ular tertentu untuk ular air, bayangan ular, raja kobra, dan ular Emas. Kelima jenis ular membentuk sistem ular gaya selatan. Ular gaya kung fu dianggap bentuk yang sangat maju berperang karena penggunaan energi internal (chi) dan teknik pernapasan khusus.
Ada juga Gaya Ular jelas Selatan ( Cina : 蛇形刁手, diucapkan sebagai "dia ying tou sao") yang grand master adalah Leung Tin Chu yang lahir di akhir abad 19 dan menjadi terkenal saat ia peringkat ke-4 di salah satu pemeriksaan Martial Art Nanking pada tahun 1929-an. Gayanya, diwarisi dari Yau Lung Kong, adalah sebuah penggabungan dari gaya Shaolin Selatan dan Choy Gar gaya belajar dari grandmaster Choy. Dia memiliki dua murid utama, keponakannya Guru Leung Gar Fong Hong Kong dan Master akhir Chaq Ming Fong . Gaya berkenaan dgn adu tinju paling tepat digambarkan sebagai gaya bertarung pertengahan jarak, menggunakan, secara kebetulan, beberapa Wing Chun -seperti teknik di Hung Gar -seperti bentuk. Itu membuktikan Selatan Shaolin asal gaya ini dan hubungan dekat dengan gaya lain yang berasal dari Shaolin Selatan. Bahkan Yau Paru Kong pertama kali belajar dari keluarga Choy, tetapi ia tidak memiliki hak istimewa untuk semua rahasia. Menjadi kurang dari puas dia terdaftar dirinya di kuil Shaolin Selatan tahun dan kemudian dikombinasikan semua yang dia pelajari ke dalam gaya ular ("Dia Ying tou Sao"). Hal terbaik akan digambarkan sebagai gaya "Choy-Fut" ("Fut" berarti "Buddha," alamat hormat untuk bhikkhu almarhum). Tentu saja berbeda "itu Fut" dari kuil Shaolin Selatan akan menyampaikan teknik yang mirip tetapi berbeda atau eksekusi istimewa teknik dasar yang sama. Dalam gaya ular kung fu gaya dan teknik yang lebih lembut dari selatan gaya tradisional. Selain pukulan lurus dan bong shou sebagai banyak digunakan dalam Wing Chun, gaya ini juga menggunakan kupu-buddha telapak tangan, hook, upper cut, dan gui quen (belakang kepalan tangan) sebagai teknik pusat. Biu tze (menyodorkan jari) teknik menyerupai serangan ular adalah rahasia, dan karenanya, nama gaya ini. Ada beberapa teknik menendang ganda, beragam seperti gaya utara khas dengan tendangan tinggi, tetapi juga khas di bawah-lutut-tendangan terlihat pada gaya selatan. Ada set tinju enam, dua set tongkat, pedang tunggal, ganda pedang pendek, dan senjata tradisional lainnya.

Penggunaan dalam fiksi

12.Nam Pai Tanglang Quan 


Untuk teknik Cina Utara pertahanan diri dari Shandong, lihat Mantis Berdoa Utara (seni bela diri) .
南 派 螳螂
Berdoa Mantis Selatan
Pinyin : nan pai tángláng
Kanton Yale : naam4 paai1 tong4 long4
Hakka pinjim : nam2 pai5 tong2 long2
Secara harfiah "Gaya selatan berdoa mantis"
Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait
Berdoa Mantis Selatan (南派螳螂, yang berbunyi di Kanton sebagai Nam (selatan) Pai (Clan) Tong Long, diterjemahkan sebagai Berdoa Mantis ) adalah seni bela diri Cina asli orang Hakka (客家, dalam bahasa Kanton membaca Ha Ka atau Ha Ga , sebuah referensi untuk keturunan Dinasti Han yang kemudian bermigrasi ke selatan pada saat kerusuhan politik). Para Hakka "Berdoa Mantis" gaya pertempuran sama sekali tidak berhubungan dengan Mantis Utara Berdoa gaya. Dalam hal sejarah dan teknik, Mantis Berdoa Selatan lebih erat berhubungan dengan sesama gaya Hakka seperti Naga (龙形拳) atau Bak Mei (白眉拳).
Berdoa Mantis Selatan menempatkan penekanan berat pada jarak dekat pertempuran. Sistem ini dikenal dengan metode pendek listrik, dan memiliki aspek teknik internal dan eksternal. Dalam aplikasi, penekanan pada teknik tangan dan lengan, dan terbatasnya penggunaan tendangan rendah. Penerapan metode pertempuran jarak dekat dengan penekanan pada tangan dan teknik menendang pendek membuat seni Mantis Berdoa Selatan agak mirip dengan apa yang banyak menyebut "pertempuran jalanan." Tangan adalah yang paling mudah tersedia untuk serangan dan pertahanan dari tubuh bagian atas, dan melindungi stylist dengan menggunakan teknik kejam yang dirancang untuk menimbulkan cedera serius. Kaki yang bergerak cepat ke dalam jangkauan melalui gerak kaki untuk melindungi dan mempertahankan tubuh, dan tendangan disimpan rendah, pendek dan cepat sehingga tidak pernah meninggalkan Mantis pejuang Selatan tidak seimbang dan rentan.

Isi

Sejarah

Ada empat cabang utama Mantis Berdoa Selatan:
  • Chow Gar (周家; Chow keluarga)
  • Chu Gar (朱家; Chu keluarga)
  • Kwong Sai Jook Lum (江西 竹林; Jiangxi Zhulin; Hutan Bambu)
  • Besi Ox (铁牛)
Sebuah pendahuluan umum dapat menduga dari daerah tradisional yang sama asal, popularitas di antara komunitas Hakka, referensi untuk berdoa belalang, pelatihan serupa membentuk seperti SARM Bo Jin (三步 箭) dan prinsip-prinsip aplikasi umum. Namun, meskipun kesamaan, silsilah dari cabang tersebut tidak cukup lengkap untuk melacak mereka untuk satu nenek moyang tunggal. Hubungan antara Chow Gar [1] dan Chu Gar [2] berdua bisa ditelusuri langsung ke Lau Shui.
Asal-usul sistem Sai Kwong Jook Lum adalah kontroversial dengan beberapa Chu Gar pendukung mengklaim suatu hubungan juga ke Lau Shui; [2] Namun, klaim tersebut telah sejak membantah.
Sistem Ox Besi dapat ditelusuri secara historis ke daerah Cina Selatan di mana cabang lain dari Mantis Berdoa Selatan pertama berasal dan kepada masyarakat Hakka yang sama di mana seni itu ditransmisikan. [3] Ada banyak gaya Selatan lainnya seperti Chuka Shaolin [ 4] yang menggunakan teknik yang sama tetapi tidak diidentifikasi sebagai bagian dari kelompok seni bela diri menurut sekolah masing-masing. Mereka gaya dapat diidentifikasi sebagai Hakka Kuen.

Hakka Kuen

Kwong Sai Jook tradisi Lum menyebutkan bahwa orang-orang di Delta Sungai Pearl pernah disebut gaya Mantis Selatan Berdoa sebagai " Hakka Kuen "(客家拳), sebuah istilah yang awalnya terkait dengan seni bela diri Selatan dipraktekkan oleh komunitas Hakka dari pedalaman timur Guangdong dan kemudian diterapkan pada keterampilan yang dipraktekkan oleh masyarakat luar negeri Hakka. Alasan untuk ini adalah hubungan erat gaya ini dengan komunitas Hakka.
Daerah ini, rumah asli untuk Berdoa Mantis Selatan, meliputi bentangan luas di Cina Selatan. Ini dimulai di jantung wilayah Hakka di Xingning , rumah Chow Chow Gar pendiri Ah-Nam. Dari Xingning, yang Dongjiang (东江) mengalir barat dari prefektur dari Meizhou (梅州) melalui HohYuen , tempat asal bagi pendiri Iron Ox Choi Tit-Ngau. Di prefektur Huizhou , DongKwong membentuk perbatasan utara Huiyang (惠阳) County, di mana Kwong Sai Jook Lum tuan Chung Yu-Chang dan Chow / Chu Gar guru Lau Shui tumbuh dan membentuk reputasi bela diri mereka seni. Dari sana, arus Dongjiang ke Pearl River Delta (珠江三角洲) di Bao'an di (sekarang Shenzhen ), di mana Kwong Sai Jook Lum master Wong-Yook Gong Lum Wing-Fay berasal. Ini master semua anggota komunitas Hakka dan transmisi ini tetap dalam komunitas ini sampai generasi Lau Shui dan Lum Wing-Fay.

Berdoa Mantis

Hubungan dari "Mantis Berdoa" panjang dengan gaya ini juga kontroversial. Setiap cabang dari gaya ini menawarkan penjelasan yang berbeda.
Tradisi Gar Chow dan Sai Kwong Jook Lum cabang masing-masing mempertahankan bahwa masing-masing pendiri Chow Ah-Nam dan Som Dot menciptakan gaya mereka setelah menyaksikan belalang sembah melawan dan mengalahkan seekor burung. Inspirasi seperti ini merupakan motif yang berulang dalam seni bela diri Cina dan dapat ditemukan dalam legenda Mantis Utara Berdoa, kedua gaya Bangau Putih , T'ai chi ch'uan , dan Wing Chun.
Tradisi dari cabang keluarga Chu berpendapat bahwa nama "Berdoa Mantis Selatan" dipilih untuk menyembunyikan dari Qing pasukan afiliasi politiknya dengan berpura-pura bahwa ini gaya esoteris Ming loyalis sebenarnya varian regional populer dan tersebar luas gaya Mantis Utara Berdoa dari Shandong . [2]
Penggunaan "Mantis Berdoa" istilah tampaknya tepat bila kita menganggap postur praktisi terkenal dari gaya ini. Penekanan pada teknik tangan lengket, penggunaan lengan bawah dengan siku terselip di dada, cakar seperti jari tangan dan tindakan eksplosif cepat menciptakan sebuah gambar yang secara visual mirip dengan belalang sembah mempersiapkan untuk menyerang mangsanya. [5] Namun , seniman bela diri lain berpendapat bahwa teknik tersebut lebih mirip dengan tindakan gaya Leluhur Lima atau gaya Bangau Putih dari belalang sembah. [6] Berbeda dengan Mantis Berdoa Utara, yang memiliki teknik tangan khusus yang secara langsung dikaitkan dengan Berdoa Mantis pemogokan, misalnya, Gou tángláng, para Mantis Berdoa Selatan tidak memiliki teknik tangan khusus semacam dinamai belalang tersebut. Warisan Lau Soei yang berhubungan dengan nama belalang sembah adalah staf terkenal bentuk-Tong Panjang Bo Sim Staf (螳螂 捕 蝉 棍).

Lau Soei

Lau Soei (1866-1942;刘瑞;.刘水﹞ adalah seorang Hakka yang mendirikan reputasi sebagai seorang seniman bela diri selama pergantian abad di Cina Selatan dan kemudian sebagai seorang guru seni bela diri di Hong Kong [7] Lau Soei adalah juga dikenal sebagai harimau dari Dong Jian (东江 老虎). teknik tanda tangan-Nya meliputi "Chaujia-Tanglang-Sanjian" (tiga anak panah Chaujia berdoa belalang, 周家 螳螂 三 箭 拳) dan bentuk staff "Tanglang-puchangun" (螳螂捕蝉棍尤) Seperti banyak seniman bela diri dari generasinya, ia ditempatkan di Hong Kong setelah. perang sipil Cina . Dia terus mengajar Gaya Mantis Selatan Berdoa dan banyak dari murid-muridnya akhirnya menjadi guru gaya ini. Dia diakui baik oleh Gar Chow dan Chu Gar praktisi sebagai guru pendiri sistem di era modern.

Chow Gar

Keluarga Chow (周家) cabang jejak seni untuk c. 1800 sampai Chow Ah-Nam (周亚南), seorang Hakka yang sebagai anak laki-laki meninggalkan rumahnya di Provinsi Guangdong untuk perawatan medis di Selatan Biara Shaolin di Provinsi Fujian di mana, selain dirawat karena penyakit perut, ia dididik dalam seni bela diri dan akhirnya menciptakan Mantis Berdoa Selatan. Muridnya adalah Wong Fook Go (黄福高) yang merupakan salah satu guru dari Lau Soei. [1]
Popularitas terus Gar Chow modern adalah karena karya Shui Ip (叶瑞), seorang mahasiswa dari Lau Soei. Dia dipromosikan dalam gaya Hong Kong dan kemudian, ke Inggris [8] dan Australia. [9] [10]

Chu Gar

Chu keluarga (朱家) cabang atribut seni untuk Nam Ah 'Chu, juga Chu Fook-Ke, yang menciptakan Mantis Berdoa Selatan sebagai gaya berjuang untuk penentang Manchu Qing Dinasti (1644-1912) yang menggulingkan Cina Han Ming keluarga kerajaan (1368-1644). Menurut cabang keluarga Chu, Chu adalah anggota keluarga kerajaan Ming yang berlindung di Biara Shaolin di Henan . Setelah kehancuran dari Biara Shaolin Utara, Chu melarikan diri ke Biara Shaolin Selatan di Fujian . Dia kemudian dipromosikan seni di daerah sekitarnya.
Mahasiswa saat ini Chu Gar terkait dengan mahasiswa Lau Shui. Mereka siswa melanjutkan tradisi sekolahnya di Hong Kong setelah ia meninggal pada tahun 1942. Chu Gar dapat ditemukan di Cina, Hong Kong, Australia, dan Amerika Serikat.

Kwong Sai Jook Lum

Menurut tradisi oral, Kwong Sai Jook Lum (江西竹林) jejak gaya asal-usulnya ke kuil Jook Lum Gee (竹林寺), Wu Tai Shan (五台山) di Shanxi dan provinsi di Mt. Longhu (龙虎山) di Jiangxi (江西) provinsi. Biarawan itu, Som Dot (三 达祖 师), menciptakan sistem seni bela diri baru pada abad ke-18. Dia melewati seni ke Lee Kun Ching (李官清), kemudian dikenal sebagai Lee Siem Lihat (李 禅师, sebuah nama yang dapat diterjemahkan sebagai "tuan Lee Zen"). Lee Siem Lihat akan melakukan perjalanan ke Cina Selatan dan menyebarkan seni di antara populasi umum. Di Guangdong, mahasiswa, Cheung Yiu Chung (张耀宗), kemudian akan kembali bersamanya ke Kwong Sai untuk menyelesaikan pelatihannya di Lum Jook Gee.
Pada tahun 1919, Cheung kembali untuk tinggal di Wei Yang Xian (Wei Yang County) Dan Shui di Provinsi Guangdong. Selama musim dingin tahun 1929, Cheung membuka sekolah pertama seni bela diri dan obat tradisional Cina klinik di Bao'an County di Pingshan (坪山) Town dan terus mempromosikan sistem Lum Jook. Wong Yook-Kong (黄 (公) 毓 光) dan Lum Wing-Fay (林荣辉; 1910-1992, juga dikenal sebagai Sang Lum (林 生; Lum Sang dapat diterjemahkan sebagai Mr Lum) dan Lee Shen Sheng (李 肾胜) adalah beberapa dari murid-muridnya dari periode tersebut.
Cheung akhirnya pindah ke Hong Kong. Dia membuka sebuah studio seni bela diri dan menjadi kepala sekolah untuk kapal Hong Kong Hakka dan dermaga serikat pekerja. Kelas-kelas di Hong Kong diajarkan oleh Wong Yook-Kong [11] dan sekolah ini masih ada hingga sekarang. [12] Wong Yook-Kong digambarkan sebagai seorang pria besar dan dalam pelatihan ia menempatkan penekanan besar pada kekuatan dan kondisi fisik sebelum pindah ke yang lebih internal aspek gaya. Salah satu metode pelatihan favoritnya adalah untuk berlatih dengan 30 sampai 60 cincin LB besi di pergelangan tangannya saat dia melakukan bentuk-nya. Akibatnya, murid-muridnya juga menekankan aspek-aspek dalam pelatihan mereka. Garis keturunan dari Wong Yook Kong dilanjutkan dengan kedua putranya: Wong Yiu Hung (黄耀雄) dan Wong Yiu Hwa (黄耀华) dan siswa lain seperti Lee Kwok Leung, (李国良) [13] dan Sifu John Koo dari Portland, Oregon (Seorang Murid kedua Wong Yook-Kong dan Lee Wing Sing).
Pada 1920-an Lum Sang, salah satu yang termuda siswa Cheung di Hong Kong, cukup beruntung untuk bertemu dan belajar dengan Lee Siem Lihat dalam salah satu Lee Siem Lihat di perjalanan ke Hong Kong, untuk mendirikan sebuah kuil Buddha (Chuk Lam Sim Yuen). [14] Lum belajar dan bepergian dengan Lee selama tujuh tahun ke depan. Pada 1930, Lum kembali ke Hong Kong dan membuka Kwong Sai Jook Lum Temple Tong panjang sekolah Pai di Kowloon . [11] Lum Wing Fay digambarkan sebagai bertubuh kecil, yang hanya 5'2 "dan 120 lbs. Dalam prakteknya , ia menekankan pada kelembutan dan pengalihan dan murid-muridnya terus menampilkan sifat-sifat Pada tahun 1942, Lum Sang beremigrasi ke Amerika Serikat dan menetap di Chinatown New York City.. Dia mulai mengajar di Pecinan Hakka Association, New York Hip Sing Tong di Pell Street. Pada akhir 1950-an, ia mengajar di Club Gratis Asosiasi Mason Athletic, juga dikenal sebagai Ching Hung Tahun 1963, Kwong-nya Sai Jook Lum Gee Tong Panjang Pai adalah salah satu sekolah terbesar kung fu.. Pada tahun 1969, Lam Sang pensiun dari mengajar dan bermigrasi ke Taiwan Lam Sang meninggal pada tahun 1991.. Murid-muridnya seperti Harry Sun, Wong Buk Lam, Gin Handphone-Markus, [15] Henry Poo Yee [11] dan Kwak Man Jack [16] akan membentuk diri mereka sebagai guru mengikuti contoh dan reputasi terhormat tinggi yang diterima oleh Gin Handphone Markus, setelah Lum Sang pensiun. Semua orang telah mempromosikan seni ini di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Gin Handphone Mark menjadi praktisi paling terkenal dan master seni yang dilewatkan kepadanya oleh Lam Sang. [17]

Iron Ox

Ox Besi (铁牛) cabang dinamai pendirinya, Iron Ox Choi (Choi Dit-Ngau; 蔡 铁牛). Ia memperoleh julukan untuk kekuatan dan kemampuan untuk menahan serangan lawannya. Ia juga diketahui telah mengambil bagian dalam Pemberontakan Boxer (1900) berperang melawan pemerintah Ching untuk mengembalikan pemerintahan Ming. [18]
Ho Kung Wah memperkenalkan gaya ke Inggris pada tahun 1960. [18] Sebagian besar praktisi ini cabang Mantis Berdoa Selatan ditemukan di Cina Selatan tapi sekarang ada promotor dari gaya ini di Amerika Selatan, Eropa, [19] Kanada dan Australia.

Karakteristik dan Pelatihan

Seperti seni bela diri Cina Selatan, Southern Mantis Berdoa ditandai dengan sikap yang kuat, pinggang kuat dan cepat, lengan berat dan gerakan tangan yang cepat. Yang penting dari suatu gaya ditangkap dalam puisi dan berbagai mnemonic bantu. [20]
Pelatihan mencakup berbagai bentuk solo, praktek pasangan, dan praktek senjata. Nama dan jenis bentuk akan bervariasi antara cabang. Dalam Edaran Tong Panjang (versi Chow Gar Tong Panjang di bawah arahan Henry Sue di Australia), struktur bentuk adalah sebagai berikut:
  • SARM Bo Gin
  • SARM Bo Yil Sou
  • SARM kung Bic Kuiel
  • SARM Bo Pai Tarn
  • SARM Bo Pin Kuiel
  • Tong Panjang Bow Sim Sou
  • Tong Panjang Won Sou
Kwong Sai Jook Lum oleh Gin Handphone Marks Kung Fu kutipan Asosiasi kurikulum:
  • SARM bo gin
  • dua pria rincian SARM bo gin
  • 18 poin dan rincian
  • 7 bintang dan kerusakan
  • lima bintang dan kerusakan
  • racun ular staf
SARM Bo Gin dianggap sebagai salah satu bentuk yang paling penting dari sistem belalang selatan. Ini adalah bentuk gung keras chi dan biasanya yang pertama harus dipelajari. Ini memperkuat tubuh, membantu ketahanan terhadap pukulan fisik, dan juga mengembangkan daya. Formulir ini harus dilakukan setiap hari, pagi sebaiknya awal.

Catatan


Cina Pinyin Yale Kanton Hakka pinjim
^ SARM Bo Jin 三步 箭 San Bu Jian Saam1 Bou6 Jin3 Sam1 Pu5 Zien5 harfiah "Tiga Langkah Panah"
^ Jook Wah Lum 竹林寺 Zhu Lin Si Juk1 Lam4 Ji6 Zuk7 Lim2 Sii5 harfiah "Temple Bambu Hutan"
^ Kwong Sai 江西 Jiangxi Gong1 sai1 Gong1 Si1 Jiangxi (江西; Yale Kanton : Gongsai), tidak Guangxi (广西, Yale Kanton : Gwongsai)

Media

Film

Mang lo terkenal dari Mob Venom adalah seorang ahli dalam Chow Gar Selatan Berdoa Mantis setelah mempelajari seni bela diri selama lebih dari 13 tahun sebelum memulai karir akting. Dia menunjukkan dari gaya, lengkap dengan urutan pelatihan yang panjang, di Shaw Brothers film Shaolin Invincible (1978). Itu juga merupakan seni bela diri yang digunakan oleh Toph karakter dalam Avatar: The Last Airbender .

Lihat juga

13.Tan Tui 


Tan Tuǐ (Cina:弹腿) adalah Utara terkenal wushu rutin dan memiliki beberapa versi karena penggabungan menjadi berbagai gaya. Untuk alasan ini nama dapat diterjemahkan berarti "musim semi" atau "kaki bermunculan" (yang paling populer) atau "kolam" atau "kaki danau".
Gaya yang menggabungkan Tan Tuǐ termasuk Mantis Utara Berdoa , Changquan , dan Shaolin Utara serta banyak gaya kecil lainnya dan sistem.

Pengertian Tan Tuǐ

Tan Tuǐ terdiri dari serangkaian bentuk-bentuk, yang menekankan memblokir, sikap, gerak kaki, dan yang paling penting, tendangan. Tan Tuǐ ada sebagai gaya sendiri, tetapi umumnya digunakan sebagai bentuk dasar untuk gaya seperti Chāquán .
Hari ini Tuǐ Tan membentuk dasar bagi Bei Chang Quan / Northern sistem Fist Panjang. Hal ini diajarkan untuk meningkatkan keterampilan berkelahi, keseimbangan, kekuatan, fleksibilitas, dan fokus, dan berisi keterampilan dasar yang diperlukan dalam bentuk maju. Sebuah pepatah umum di kalangan seniman bela diri Cina adalah "Jika Tuǐ Tan Anda baik, Anda kung fu akan baik."
Tan Tuǐ berakar di Cina Hui Muslim masyarakat. [1] Salah satu referensi tersebut kepada pengaruh Islam adalah postur memegang satu pukulan di depan tubuh sebagai pukulan dilemparkan ke belakang dengan tangan yang lain. Tubuh berbalik ke samping sehingga bagian depan dan belakang pukulan mencapai jangkauan maksimum. Selain latihan yang baik untuk melatih pejuang untuk mendapatkan bahu penuh dan dorong tubuh belakang pukulan masing-masing, juga memungkiri warisan Islam form; teknik khas yang sama dapat ditemukan dalam bentuk-bentuk kepalan Islam lama, seperti San Lu Pao (三 路跑 袍) dan Si Lu Cha Quan (四路 查 拳). Teknik ini juga digunakan untuk meningkatkan sensitivitas praktisi - dengan memaksa seniman bela diri untuk mengirim daya dalam dua arah, bentuk meningkatkan kesadaran lingkungan seseorang [2] .

14.Tien Shan Pai 

Tien Shan Pai (天山派, pinyin Tianshan PAI) adalah gaya utara dari Kung-fu yang menekankan ritme, demonstrasi kekuasaan ditekankan oleh thuds padat yang dibuat oleh tangan, memancarkan kekuasaan dari seluruh tubuh, koordinasi tangan dan kaki serta blok dan pemogokan, tendangan tinggi dan menyapu rendah, serta teknik mengunci dan melempar. [1] Pada saat yang sama juga mengandung anggun kosong tangan dan bentuk senjata. Tien Shan Pai diri ditandai dengan serangan tajam ditambah dengan beberapa blok. Jika satu blok gagal, yang kedua dapat menutupi. Gerak kaki dianggap penting untuk serangan Melawan. Tien Shan Pai berfokus pada langkah-langkah yang rendah dan stabil ke samping, bersama dengan cepat "tersembunyi" langkah-langkah untuk mengelabui lawan. [1] Paduan tinju bentuk dan latihan ditekankan untuk waktu dan evaluasi yang akurat dari jarak jauh di referensi ke musuh, yang bergerak responsif .
Menurut legenda diajarkan oleh Guru Wang kepada siswa gaya berasal dari Shan Tien pegunungan barat laut Cina [2] . Guru Wang menyatakan bahwa Tien Shan Pai adalah gaya kuno lebih dari 60 generasi. [3]
Sebaliknya, namun, beberapa murid yang masih tinggal Wang senior dan siswa menyatakan bahwa Tien Shan Pai adalah sistem eklektik, beberapa di antaranya memiliki anteseden lebih tua, tetapi yang pertama kali diajarkan sebagai suatu sistem dengan awal guru mereka di akhir 1940-an. [4 ]

Isi

Sejarah

Wang Chueh-Jen (juga dikenal sebagai Wang Jyue-Jen, dan sebelum itu sebagai Wang San Yer) datang dari keluarga kaya [5] [6] dari Szechuan Provinsi di Cina [6] [7] . Dia dikreditkan dengan membawa seni bela diri Cina dikenal sebagai Tien Shan Pai untuk umum. [ rujukan? ] Setelah anggota pelatihan Chiang Kai Shek tentara dalam seni bela diri [6] , ia menetap di Taiwan , di mana ia mulai mengajar kurikulum di akhir 1940-an [5] . Siswa awal Wang berkompetisi di turnamen di Taiwan. Paling menonjol di antara keberhasilan para siswa lebih awal, adalah kemenangan Wu Ming Yer dalam Internasional Taiwan-Hong Kong-Makau Tournament (Tai-Gang-Au) pada tahun 1957. Dalam turnamen Wu Ming Yer, memenangkan divisi ringan (kontak penuh) gelar juara. [8]
Bersama dengan mencatat Cina seni bela diri Guru Chen Pan-Lin dan lainnya, Wang mendirikan Chung Hua Kuoshu Federasi. [9]
Wang terus mengajar Tien Shan Pai, di Taiwan, sampai kematiannya pada tahun 1990. [6] Wang mengunjungi Amerika Serikat empat kali: tiga tetap diperpanjang 1980-1, 1982-3, dan 1985-6, dan satu kunjungan singkat di 1989. Selama berada di AS, ia mengajar di sekolah muridnya, memberikan wawancara pada seni bela diri, dan berpartisipasi dalam demonstrasi seni bela diri.
Beberapa kurikulum ia dimasukkan ke dalam ajarannya termasuk bentuk dari Akademi Seni Bela Diri Tengah di Nanjing. [5] Ia juga mengajar seni internal Taijiquan, xingyiquan dan Baguazhang. [9]

Pendiri Legenda

Wang Jyue Jen mengatakan banyak dari murid-muridnya legenda pendiri untuk menanamkan kebajikan bela diri di dalamnya. Rincian legenda yang bervariasi dalam menceritakan kembali, tapi cerita dasarnya adalah sebagai berikut:
Atas desakan ibunya, seorang gembala muda, yang akan kemudian dikenal sebagai Hong Yun (红云) atau Red Cloud, yang tinggal di kaki bukit kisaran Shan Tien gunung diikuti seorang biarawan tua ke pegunungan untuk belajar seni bela diri . Setelah membuktikan dedikasinya untuk belajar, dengan berlutut di salju semalam, gembala itu dibawa ke kuil biarawan. Setelah bertahun-tahun dia meninggalkan pelatihan untuk lulus keterampilan pada siswa khusus lainnya. [2]

Praktisi modern

Tien Shan Pai dipraktekkan oleh banyak di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Master saat ini di AS, semua diajarkan oleh Wang, termasuk (dalam urutan kedatangan di AS) Willy Lin, Tony Lin, Chien-Liang Huang, dan Chao Chi Liu.
Willy Lin adalah yang pertama dari murid Wang Jyue Jen untuk tiba di Amerika Serikat. Dia dihargai sebagai orang pertama yang memperkenalkan dan mengajarkan sistem Wang dari Tien Shan Pai di Amerika Serikat. Di Taiwan (antara 1960-1968,) Lin adalah Kepala Instruktur dan Asisten Wang, pada Wang "Lei Sheng Wu Yuan", atau "Thunder Suara Martial Arts Garden" sekolah. Pada tahun 1968, Lin beremigrasi dari Taiwan untuk São Paulo, Brasil. Pada tahun 1970, ia datang ke Amerika Serikat, di mana, pada tahun 1971, ia membuka sekolah pertama di daerah di Washington DC. Selama empat tahun ke depan, Lin dibawa saudaranya, (Tony Lin,) teman kakaknya, (Chien-Liang Huang,) dan salah sendiri Taiwan Lin Shan Tien teman sekelas Pai (Chao Chi Liu) dari Taiwan ke Amerika Serikat untuk menjadi instruktur di nya Kung Fu Lin Sekolah. Saat ini, Willy Lin tinggal di New York City di mana ia masih mengajarkan secara pribadi. Dia memberikan workshop dan seminar secara teratur, di seluruh negeri, pada bentuk-bentuk tradisional dan praktek Tien Shan Pai (seperti yang diajarkan kepadanya oleh Wang, Jyue Jen.) Lin telah menghasilkan serangkaian DVD instruksional untuk merekam warisan tradisional Tien Shan Pai baik dalam Kung Fu, serta Tai Chi aspek. [10] Lin menyatakan bahwa dia bertanggung jawab untuk penamaan gaya sebagai "Tien Shan Pai" di AS, bahwa nama ini meliputi semua kurikulum Wang. Lebih lanjut ia menyatakan bahwa Wang, Jyue Jen adalah pencipta (Generasi Pendiri) dari gaya ini, dan bahwa sistem ini, sekarang dikenal sebagai Tien Shan Pai, berasal dari 1940-an. [4]
Tony Lin menghabiskan waktunya antara Maryland dan Cina daratan. Dia masih mengajarkan secara pribadi. [ rujukan? ]
Huang Chien-Liang telah mengajar dan mempromosikan Tien Shan Pai konsisten selama tiga puluh lima tahun terakhir. Dia saat ini tinggal di Maryland, dan masih mengajar di sekolahnya di Owings Mills, Maryland: AS Kuoshu Akademi [11] . Selain itu, Huang mengajarkan seminar di seluruh dunia pada Tien Shan Pai dan seni bela diri gaya, dan telah menghasilkan video instruksional pada subyek seni bela diri [12] . Huang adalah pendiri dan Presiden saat ini Tien Shan Pai Association. Tien Shan Pai Asosiasi "mensponsori seminar, menghasilkan bahan pembelajaran, dan menerbitkan newsletter yang berisi artikel dan informasi tentang gaya Shan Tien Pai ..." dengan tujuan membuat The "informasi tentang gaya Shan Tien Pai lebih mudah diakses untuk umum." Asosiasi menyelenggarakan demonstrasi manfaat berbagai kegiatan amal, dan mendukung dan mengatur turnamen bela diri. Individu dan sekolah keanggotaan yang ditawarkan di Tien Shan Pai Asosiasi. [13] Huang Chien-Liang telah menunjukkan gambar pedang dibuat oleh Wang dan diberikan kepada Huang oleh Wang, di mana sebuah prasasti oleh Wang pada negara-negara sarung bahwa Huang adalah ke-64 murid generasi [14] . Selain itu, prasasti ini menegaskan posisi Wang sebagai Grandmaster Generasi ke-63 [15] . Meskipun ada teman sekelas yang memulai pelatihan di bawah Wang sebelum Huang, Huang mengklaim bahwa ia adalah pewaris hanya penuh untuk Wang Shan gaya Tien Pai. Sebagai bukti penuh pemuridan nya, formal, Huang mengatakan bahwa tidak ada teman-teman sekelasnya belajar sebanyak kurikulum Shan sebenarnya Tien Pai seperti dia, yang hanya menerima nama Huang Tao murid inisiasi dari Wang Chueh-Jen, dan bahwa Huang memiliki bahan-bahan tertulis yang dihasilkan dari Wang mendokumentasikan bahwa garis keturunan itu yang disampaikan melalui dia [16] . Huang telah menegaskan bahwa Tien Shan Pai adalah gaya sendiri dalam seni bela diri Cina, berbeda dari gaya lain yang termasuk dalam kurikulum Wang. Untuk mendukung pernyataan Huang, ia telah membuat korespondensi pribadi tersedia dari Guru Wang mana Wang menegaskan bahwa Tien Shan Pai adalah gaya kuno. Dalam surat-surat, Wang juga mengakui kontribusi yang luar biasa untuk Huang Tien Shan Pai tetapi menyatakan penyesalan tentang kurangnya kerjasama dan serangan pribadi diabadikan oleh teman sekelas Huang di Amerika Serikat [3]
CC Liu tinggal di Washington, DC, di mana ia juga masih memiliki sebuah sekolah

15.Tongbeiquan

Tongbeiquan (harfiah "Penyebaran Tenaga dari Kembali Tinju", seperti tong berarti "melalui," berarti bei "back" dan quan berarti "tangan") adalah sebuah sekolah seni bela diri populer di China utara. Ajaran dasar Tongbeiquan adalah Tao di alam dan banyak metode pelatihan Tongbeiquan mirip dengan gaya internal. Dalam pelatihan Tongbeiquan tradisional, beberapa bagian termasuk: pelatihan dasar (jurus, lengan teknik, teknik kaki dan pendingin), kombinasi, pelatihan bentuk, dua orang pertarungan bebas, pelatihan senjata, dan qigong pelatihan.

Isi

Olahraga dan Shen Fa

Awalnya, Tongbei mungkin tidak dirujuk ke sekolah tinju tetapi untuk cara latihan. Ketika latihan selesai, daya yang dihasilkan dari belakang melewati bahu dan kemudian mencapai lengan. Dengan cara ini, pukulan berat dapat disampaikan panjang lebar lengan untuk mengendalikan lawan. Tongbeiquan menekankan kombinasi dari inti dan aplikasi luar.

Penerapan Lima Elemen teori Tongbeiquan

Wuxing Tongbeiquan mengambil elemen lima sebagai intinya dan back-melalui sebagai penerapannya. Back-melalui Tinju mengambil lima unsur filsafat tradisional Cina sebagai teori dasarnya. Filosofi ini percaya bahwa surga adalah makrokosmos sementara manusia adalah mikrokosmos tetapi prinsip-prinsip dari sistem tetap konstan terlepas dari ukuran. Kelima unsur di langit adalah logam , kayu , air , api dan bumi sedangkan dari manusia jantung, hati, limpa, paru-paru dan ginjal. Lima elemen tinju bergulat, memukul, menusuk, memangkas dan membosankan. Filosofi tinju Cina percaya bahwa segala sesuatu di dunia menemukan akarnya dalam lima elemen sementara semua sekolah Tinju juga didasarkan pada unsur-unsur lima. Tabel berikut menunjukkan keterkaitan antara lima unsur langit dan orang-orang dari manusia dan tinju:
Manusia Organ Elemen Tindakan Perasaan Alam terjadinya
Paru Logam Menjentikkan Exploding Petir
Hati Kayu Batting Mendorong Kabut
Ginjal Air Pembobolan Tempa Bintang
Jantung Kebakaran Rajang Menekan Petir
Limpa Bumi Pengeboran Kegoncangan Panah

Nama dan himpunan bagian

Karena sejarahnya yang panjang, Tongbeiquan memiliki berbagai nama dan himpunan bagian di tempat yang berbeda. Baiyuan Tongbeiquan memiliki dua himpunan bagian: Shi dan gaya Qi. Dari Qi-gaya Baiyuan Tongbeiquan ada juga sejumlah himpunan bagian seperti, "Wu Xing" (5 Unsur) Tongbeiquan dan Lima Monyet Tongbeiquan . Meskipun ada nama yang berbeda dan gaya Baiyuan Tongbeiquan semua kedepan disebutkan gaya didasarkan pada teori tinju yang sama dan memiliki asal-usul serupa. Ada juga Shaolin Tongbeiquan , Pigua Tongbeiquan , dan lain-lain yang berbeda dari Baiyuan Tongbeiquan dalam metode dan prinsip-prinsip, tetapi menanggung nama yang mirip.
Ada gaya lain, dengan nama yang juga diucapkan "Tongbeiquan", tapi ditulis dengan berbeda "bei" atau "bi" karakter (dengan makna "menyiapkan", "lengan", dll). Banyak buku tentang seni bela diri Cina membingungkan mereka gaya satu sama lain. Juga ada gaya lain yang disebut "Hong Dong Tongbeiquan," yang merupakan versi lokal dari Taijiquan dan karena itu gaya yang berbeda.

Sejarah

Menurut Tawarikh Tinju oleh Xu Jianchi (1931), Qi Xin Zhejiang pergi untuk mengajar kembali-melalui tinju di Gu'an di Provinsi Hebei di paruh tengah dan terakhir dari Dinasti Qing . Gayanya kemudian disebut Qi-gaya Tinju yang kemudian disebut sebagai "Tongbei" atau Back-melalui Tinju. Anak Qi, Qi Taichang, ditingkatkan dan dikembangkan teknik-teknik tinju. Orang kemudian dibagi Qi-gaya Tongbeiquan menjadi gaya lama (diwakili oleh sang ayah) dan yang baru (diwakili oleh anak). Gaya lama menekankan kesederhanaan dan kekuasaan sedangkan gaya baru berkonsentrasi pada exquisiteness dan melembutkan. Banyak master muncul di sekolah ini nanti. Tongbei Quan sekarang dalam praktek umumnya dibagi menjadi dua gaya. Satu telah diturunkan dari Qi Xin, ayah, dan yang lainnya dari Qi Taichang, anak. Xiu Jianchi, pengganti gaya baru, menggabungkan elemen terbaik dari pendahulunya dan meninggalkan ringkasan teorinya tentang sikap, metode dan filosofi tinju untuk pengikutnya. Tulisan Xiu adalah bahan penting untuk studi dan penelitian Tongbeiquan. Lain dari siswa Lu Yunqing adalah Shi Hongsheng, yang juga dibuat sendiri Shi-gaya Tongbeiquan.
Dari 1910-an, beberapa master gaya Qi mulai mengajarkan Tongbeiquan kepada publik. Selanjutnya, gaya Qi menjadi jauh lebih populer daripada gaya Shi. Hari ini sebagian besar praktisi Tongbeiquan dalam gaya Qi atau cabang-cabangnya. Tapi bahkan ketika mereka mengajar di depan umum, para empu masih ditahan beberapa keterampilan. Master Kebanyakan hanya diajarkan keterampilan tingkat tinggi untuk beberapa murid di kelas pribadi mereka. Sebagai gaya Qi menjadi agak lebih populer, beberapa bentuk diciptakan untuk tujuan pengajaran. Dibandingkan dengan gaya Qi, kelompok gaya Shi masih tetap dengan cara lama. Jadi orang kadang-kadang disebut gaya Shi Hei Quan (Fist Hitam), dan gaya mereka kadang-kadang dianggap heterodoks .

keturunan Tongbeiquan Ringkas sejak Dinasti Qing

Kaisar Daoguang ini Pemerintahan: 1821-1850

Lu Yunqing
Qi Xin
Pendiri Lao Qi Pai Tongbeiquan
Shi Hongsheng
Pendiri Shi Baiyuan Tongbeiquan
Qi Taichang
Pendiri Shao Qi Pai Tongbeiquan
Zhang Wencheng
Xu Tianhe Li Zhendong
Cepat Black Hand Li
Xu Jianchi Li Shusen
Besi Lengan Li

Mayor sekolah dan gaya

Lama Qi gaya

  • Qi Xin Lao Qi Pai dasar pelatihan didasarkan pada 108 metode tunggal, kadang-kadang disebut Chai Quan ("Dibagi Fists").
  • Qi Shao Qi Taichang itu Pai varian berdasarkan sinambung dengan dari lima jenis serangan sawit. Setiap jenis serangan berkorelasi dengan salah satu dari lima elemen (tanah, logam, air, kayu dan api), maka Shao Qi Pai juga disebut Wu Xing Tongbeiquan ("Lima Elemen Tongbeiquan").
Ada 6 set dasar Shao Qi Pai Tongbeiquan.
  • Da Peng Zhang Yi ("burung Besar menyebar sayapnya")
  • Qi Xing Hua Ji (Mengubah bentuk dan transformasi serangan)
  • Yi Lian Ji Zi Pao ("serangan meriam terus menerus satu kata")
  • Shi Er Lian Zhu Pao ("12 serangan meriam terus menerus"). Gaya ini tidak menggunakan serangan tunggal, semua serangan yang dihubungkan bersama dalam urutan.
Ada bentuk-bentuk lebih maju dalam Shao Qi Pai Tongbeiquan seperti "3 Palms Mematikan": "Palm melibatkan Jiwa", "Palm Berburu Soul" dan "Palm rajang Jiwa."

Shi gaya

Karena kedua Qi gaya Tongbeiquan begitu luas dan memiliki banyak bentuk lebih, versi keluarga Shi tidak begitu terkenal, dianggap gaya heterodoks dan kadang-kadang disebut heiquan ("tinju hitam"). Silabus pelatihan Shi-gaya Tongbeiquan merupakan berikut:
  • Enam Primer Keterampilan
  • Delapan Lama Fists (bentuk pendek)
  • Dua belas Menghubungkan Fists (jumlah tinju dapat bervariasi tergantung pada garis keturunan)
  • Dua Puluh Empat Postur Formulir
  • Tiga puluh Enam Take-Selain Fist (juga formulir)
  • 108 individu teknik

Kerahasiaan

Baiyuan Tongbeiquan master mengikuti model seni bela diri Cina ortodoks menjaga ajaran-ajaran mereka sangat rahasia. Bahkan tradisional lainnya wushu penata sering mengkritik kelompok ini sebagai terlalu konservatif. Secara tradisional, instruktur Tongbeiquan biasanya tidak mengajar di depan umum. Karena konservatisme ini, sangat sulit untuk bergabung dengan kelompok untuk mempelajari keterampilan ini. Tongbeiquan guru akan mengajar hanya di belakang pintu tertutup. Para master selalu merasa bahwa keterampilan tingkat tinggi hanya boleh diberikan kepada orang yang terhormat secara moral harus memiliki kepribadian yang baik, cukup cerdas untuk memahami prinsip-prinsip, serta rajin dalam praktek. Jadi semua ini dicegah Tongbeiquan dari memiliki nomor sangat besar praktisi. Hasil dari kurangnya pengajaran terbuka terlihat pada kelangkaan gaya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir banyak guru telah menjadi jauh lebih terbuka dan ada guru mengajar secara terbuka di seluruh China serta di Barat.

Kontemporer Wushu

Tongbei hadir dalam wushu modern serta dan dipraktekkan oleh kontemporer wushu atlet keluar dari perguruan tinggi olahraga Cina (disebut di beberapa kalangan wushu dan faksi Universitas Xue Yuan Pai yang mempelajari rutinitas di sekolah dan belajar dengan kinerja menjadi kunci fitur).
Pada 1970-an, Tongbeiquan ditambahkan oleh Asosiasi Wushu Cina sebagai rutin terbuka untuk bentuk kompetisi wushu taolu. Pada 1980-an itu secara resmi diklasifikasikan sebagai peristiwa Tangan Kelas II Other Open, yang berarti berada dalam kategori Utara tangan kosong tradisional membentuk bersama dengan Fanziquan , Piguaquan dan Chuojiao .
Gaya wushu modern Tongbeiquan, sementara memiliki penekanan non-militer, masih populer di daerah yang sama dari utara China seperti Shandong dan Liaoning provinsi.

Tongbei seluruh dunia

Saat ini, gaya tradisional tetap hidup melalui upaya praktisi di seluruh China utara, terutama oleh kelompok-kelompok kecil di seluruh Beijing, Shandong, dan Liaoning. Ada juga kedua kelompok di seluruh Amerika Utara dan Eropa. Kontemporer wushu varian juga dapat ditemukan di seluruh dunia.

16.Wing Chun 

Wing Chun ( China : 咏春; pinyin : yǒng chun, secara harfiah berarti "musim semi menyanyikan"), juga Latin untuk Ving Tsun atau sebagai Wing Tsun , (dan kadang-kadang diganti dengan karakter永春" kekal musim semi " [4] ); (juga dikenal sebagai Snake-Crane gaya); adalah sebuah konsep berbasis seni bela diri Cina dan bentuk pertahanan diri memanfaatkan baik mencolok dan bergulat sementara yang mengkhususkan diri dalam jarak dekat pertempuran .
Karakter alternatif永春"musim semi abadi" juga terkait dengan beberapa selatan seni bela diri Cina lainnya, termasuk Weng Chun Kungfu dan Putih Bangau Weng Chun (Yong Chun). [5] [6]

Isi

Sejarah

Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait
Paling awal dikenal menyebutkan dari tanggal Wing Chun dengan periode Opera Boat Merah.
Yang umum legenda yang diceritakan oleh Ip Man [7] melibatkan wanita muda Yim Wing-chun , (Wing Chun secara harfiah berarti 'selamanya musim semi' atau 'musim semi memuji',) pada saat setelah kehancuran Kuil Shaolin Selatan dan terkait kuil oleh pemerintah Qing:
Setelah Wing-Chun menampik tawaran pernikahan panglima perang lokal, katanya dia akan mempertimbangkan kembali usulan jika ia bisa mengalahkan dia dalam pertandingan seni bela diri. Dia segera melintasi jalan dengan seorang biarawati Buddhis - Ng Mui , yang merupakan salah satu yang selamat Sekte Shaolin, dan meminta suster untuk mengajar tinju dia. Legenda berlanjut bahwa Ng Mui diajarkan Yim Wing-Chun sistem baru seni bela diri yang telah terinspirasi oleh pengamatan Ng Mui dari konfrontasi antara Ular dan Bangau , ini gaya kemudian-masih tak bernama diaktifkan Yim Wing Chun untuk mengalahkan panglima perang dalam perkelahian satu lawan satu. Yim Wing Chun-ada-setelah menikah Leung Bac-Chou dan mengajarkan kepadanya gaya, yang kemudian dinamai menurut namanya.
Karena sistem ini dikembangkan selama Shaolin dan ketahanan Ming ke Dinasti Qing , banyak legenda tentang pencipta Wing Chun disebarkan untuk membingungkan musuh, termasuk kisah Yim Wing Chun. Ini mungkin menjelaskan mengapa tidak ada telah mampu untuk secara akurat menentukan pencipta atau pencipta dari Wing Chun. [8]

Karakteristik

Saldo, struktur dan sikap

Beberapa praktisi Wing Chun percaya bahwa orang dengan struktur tubuh yang lebih baik akan menang. Sebuah Wing Chun sikap yang benar adalah seperti sepotong bambu, tegas tapi fleksibel, tetapi berakar menghasilkan. Struktur ini digunakan untuk baik membelokkan kekuatan eksternal atau mengarahkan mereka. [ rujukan? ]
Keseimbangan adalah terkait dengan struktur karena tubuh yang seimbang pulih lebih cepat dari serangan terhenti dan struktur tetap terjaga. Wing Chun melatih kesadaran gerakan tubuh sendiri berasal dari sumber otot, tendon, dan artikular. Melakukan bentuk Wing Chun seperti Chum Kiu atau bentuk Dummy Kayu sangat meningkatkan proprioception . Wing Chun nikmat sikap, tinggi sempit dengan siku tetap dekat dengan tubuh. Dalam sikap, lengan diposisikan di seluruh tanda-tanda vital dari garis tengah. Pergeseran atau memutar dalam sikap dilakukan variantly pada tumit, bola, atau tengah (K1 atau Ginjal 1 poin) dari kaki tergantung pada garis keturunan. Semua serangan dan serangan balik yang dimulai dari perusahaan ini, dasar yang stabil. Wing Chun jarang kompromi struktur untuk serangan yang lebih kuat karena ini diyakini membuat bukaan defensif yang dapat dieksploitasi.
Struktur dipandang sebagai penting, tidak hanya karena alasan pertahanan, tapi juga untuk serangan. Ketika praktisi yang efektif "berakar", atau selaras sehingga dapat bersiap terhadap tanah, kekuatan pukulan tersebut diyakini jauh lebih menghancurkan. Selain itu, praktik "menetap" lawan seseorang untuk menahan mereka lebih efektif terhadap bantuan tanah dalam memberikan kekuatan sebanyak mungkin kepada mereka. [9] [10]

Relaksasi

Kelembutan (melalui relaksasi) dan melakukan teknik dengan cara yang santai, merupakan dasar Wing Chun.
  • Ketegangan mengurangi kecepatan memukul dan kekuasaan. Otot bertindak berpasangan bertentangan satu sama lain (misalnya otot bisep dan trisep). Jika lengan tegang, kecepatan maksimum meninju tidak dapat dicapai sebagai bisep akan menentang perpanjangan lengan. Dalam Wing Chun, lengan harus rileks sebelum memulai gerakan meninju.
  • Ketegangan otot yang tidak perlu membuang-buang energi dan menyebabkan kelelahan.
  • Tegang, lengan kaku kurang cairan dan sensitif selama perangkap dan sao chi .
  • Seorang anggota badan, tegang kaku memberikan pegangan mudah bagi lawan untuk mendorong atau menarik dengan, sedangkan anggota tubuh santai memberikan lawan kurang untuk bekerja dengan.
  • Seorang anggota badan, santai, tetapi terfokus affords kemampuan untuk merasa "lubang" atau kelemahan dalam struktur lawan (lihat bagian Sensitivitas). Dengan penyampaian yang benar ini "lubang" memberikan jalan ke dalam menyerang lawan.
  • Perjuangan Muscular mengurangi pertarungan siapa yang lebih kuat. Brute kekuatan minimum dalam semua gerakan menjadi menyamakan kedudukan dalam konfrontasi kekuatan merata. Hal ini sangat banyak dalam semangat kisah Ng Mui .

centerline

Sedangkan keberadaan konsep "pusat sumbu" disatukan di Wing Chun, interpretasi dari konsep itu sendiri tidak tengah. Banyak variasi ada, dengan beberapa garis keturunan mendefinisikan mana saja dari "tengah" tunggal untuk beberapa baris interaksi dan definisi. Penafsiran paling sering terlihat menekankan serangan dan pertahanan di sepanjang garis horisontal imajiner yang ditarik dari tengah dada praktisi ke tengah dada musuh. Target utama tubuh manusia mencolok dianggap pada atau dekat garis ini, termasuk mata, hidung tenggorokan, ulu hati dan paha.
Wing Chun teknik umumnya "tertutup", dengan anggota badan ditarik dalam untuk melindungi daerah pusat dan juga untuk menjaga keseimbangan. Dalam sebagian besar keadaan, tangan tidak bergerak di luar lingkaran vertikal yang digambarkan dengan mengayunkan lengan di depan, dengan tangan menyilang di pergelangan tangan. Untuk mencapai luar daerah ini, gerak kaki yang digunakan. Sebuah investasi penekanan dan waktu yang besar dalam pelatihan Chi Sao latihan menekankan posisi mendominasi tengah ini. Sikap dan point guard semua pada atau melalui pusat untuk berkonsentrasi niat fisik dan mental dari seluruh tubuh ke target satu.
Wing Chun praktisi serangan dalam wilayah pusat untuk mengirimkan kekuatan yang lebih efektif, karena target "inti pusat" (atau "garis ibu", pusat lain didefinisikan dalam beberapa garis keturunan dan mengacu pada sumbu vertikal tubuh manusia di mana pusat gravitasi terletak). Misalnya, memukul bahu lawan akan memutar tubuh, menghilangkan beberapa gaya dan melemahnya pemogokan, serta mengorbankan posisi striker. Mencolok lebih dekat ke pusat mentransmisikan kekuatan lebih langsung ke dalam tubuh.

Punches

Karena penekanan pada garis tengah, kepalan vertikal pukulan lurus adalah serangan yang paling umum di Wing Chun. Namun, prinsip serangan simultan dan pertahanan (Lin Sil Dar Die) menunjukkan bahwa semua gerakan dalam Siu Nim Tau dengan aliran eksekusi maju ke pemogokan jika tidak ada perlawanan efektif terpenuhi, tanpa perlu recomposure. Contoh lain dari pukulan eksplisit dapat ditemukan di Chum Kiu dan Jee Bil bentuk, meskipun pukulan mungkin tampak dangkal berbeda mereka hanya hasil dari awal pukulan dari posisi asal yang berbeda saat mengikuti ide dasar yang sama, untuk menekan garis lurus mengikuti jarak terpendek antara tinju dan lawan.
Pukulan vertikal adalah yang paling dasar dan mendasar dalam Wing Chun dan biasanya dilempar dengan siku ke bawah dan di depan tubuh. Tergantung pada garis keturunan, tinju diadakan di mana saja dari vertikal ke horizontal (sawit up side). Poin kontak juga bervariasi dari dua buku jari atas, untuk dua buku jari tengah, ke tiga buku-buku jari bawah. Dalam beberapa garis keturunan dari Wing Chun, tinju yang berputar di pergelangan tangan pada titik dampak sehingga tiga bagian bawah buku-buku jari yang condong ke depan menambahkan kekuatan untuk pukulan ketika sedang pada ekstensi maksimal.
Pukulan dapat dibuang secara berurutan dalam sebuah "ledakan lurus" atau "meninju rantai". Ketika dieksekusi dengan baik, dapat digunakan sebagai finisher membingungkan.
Wing Chun sering dikritik karena mendorong pukulan lemah yang tidak memanfaatkan seluruh tubuh [ rujukan? ]. Namun, sesuai dengan nama resmi dari punch (yang diterjemahkan sebagai "Karakter Sun-Bergegas Punch (atau Hammer dalam bahasa Kanton)") [ rujukan? ], seorang praktisi biasanya akan mendorong berat tubuh penuh ke arah lawannya, dengan tinju sebagai "paku", dan tubuhnya sebagai "palu". Dengan setiap pukulan berturut-turut, dokter akan bertindak lebih dekat dan lebih dekat dengan lawan, mendorong tangan ke depan sebagai palu drive paku.
Wing Chun pukulan yang disampaikan dengan menggunakan Fa Jing, ledakan singkat energi di mana lengan sesaat tegang pada akhir pemogokan. Konsep ini mirip dengan dampak pemuatan dalam rekayasa.
Wing Chun nikmat pukulan vertikal karena beberapa alasan:
  • Kelangsungan. Punch tidak "dimuat" dengan menarik siku belakang tubuh. Pukulan perjalanan lurus menuju tujuan dari posisi penjaga (tangan diadakan di depan dada).
  • Perlindungan. Siku tetap rendah untuk menutupi bagian tengah tubuh depan tubuh. Hal ini lebih sulit bagi lawan untuk mengeksekusi kunci siku / istirahat ketika siku menempati posisi ini. Hal ini membantu dalam menghasilkan listrik dengan menggunakan struktur seluruh tubuh bukan hanya lengan untuk menyerang. Juga dengan siku ke bawah, ia menawarkan pembukaan kurang bagi tubuh akan diserang sementara lengan bawah dan pukulan ruang mencegat terhadap tubuh kepala dan bagian atas.
  • Kekuatan dan Pengaruh. Wing Chun praktisi percaya bahwa karena siku berada di belakang tinju selama pemogokan, maka dengan demikian didukung oleh kekuatan seluruh tubuh bukan hanya tangan berayun, dan karena itu memiliki dampak yang lebih. Sebuah analogi yang umum adalah tongkat baseball diayun di kepala seseorang (putaran-rumah pukulan), yang bertentangan dengan ujung gagang kelelawar menjadi daya dorong ke depan wajah lawan (sayap chun pukulan), yang akan menyebabkan kerusakan jauh lebih dari melirik memukul dan tidak mudah untuk menghindari. Banyak praktisi terampil membanggakan diri pada kemampuan untuk menghasilkan "listrik pendek" atau kekuasaan besar dalam ruang yang singkat. Sebuah demonstrasi umum ini adalah " satu inci pukulan ", pukulan yang dimulai hanya satu inci dari target namun memberikan sejumlah ledakan kekerasan.
  • Keselarasan & Struktur. Karena penggunaan Wing Chun dari sikap, pukulan vertikal dengan demikian lebih cocok. Anggota tubuh yang langsung di depan dada, siku ke bawah, sifat vertikal dari pukulan memungkinkan praktisi untuk menyerap rebound punch dengan mengarahkan melalui siku dan menjadi sikap. Ini adalah sifat diinginkan untuk praktisi Wing Chun karena mempromosikan penggunaan struktur seluruh tubuh untuk menghasilkan tenaga. Sedangkan, rebound dari pukulan horisontal hanya menggunakan lengan untuk menyerang. Dalam posisi siku-out engsel-struktur mengarahkan ke arah luar kekuatan di sepanjang tungkai torsi memproduksi dalam tubuh pons itu.

Kicks

Tendangan dapat secara eksplisit ditemukan di Chum Kiu dan Jong Mook bentuk, meskipun beberapa telah membuat interpretasi dari gerakan kaki kecil di Siu Nim Tau dan Bil Jee mengandung informasi tentang menendang juga. Tergantung pada garis keturunan, pemula sering diperkenalkan kepada dasar menendang sebelum belajar formulir yang tepat. Secara tradisional, tendangan disimpan di bawah pinggang. Ini adalah karakteristik dari seni bela diri Cina selatan, berbeda dengan sistem utara yang memanfaatkan tendangan tinggi banyak.
Variasi pada tendangan depan dilakukan mencolok dengan tumit. Tubuh mungkin persegi dan lutut dan kaki adalah vertikal di kontak (Chum Kiu), atau poros mungkin terlibat dengan kaki dan lutut di pesawat pada sudut (Mook Jong). Pada jarak pendek ini dapat menjadi lutut. Sebuah tendangan bangsal lokomotif dilakukan mencolok dengan tulang kering dengan cara yang mirip dengan Muay Thai versi dengan sebagian besar kekuatan yang datang dari poros tubuh. Tendangan ini biasanya digunakan sebagai finisher di kisaran lebih dekat, penargetan mana saja antara tulang rusuk dan bagian belakang lutut, tendangan ini juga bisa menjadi lutut jarak dekat. Tendangan lainnya termasuk tendangan stamping (Mook Jong) untuk jarak sangat dekat dan menyapu dilakukan dengan tumit dengan cara yang melingkar.
Setiap tendangan kedua serangan dan pertahanan, dengan kaki yang digunakan untuk memeriksa tendangan masuk atau untuk mengambil inisiatif dalam mencolok melalui sebelum tendangan lebih bundar bisa mendarat. Tendangan yang disampaikan dalam satu gerakan langsung dari sikap tanpa chambering / memiringkan.

teknik Diperjanjikan

Wing Chun teknik yang tidak mengikat. Ini berarti bahwa jika teknik ini gagal dihubungkan, posisi praktisi atau keseimbangan kurang terkena dampak. Jika serangan itu gagal, praktisi mampu "mengalir" dengan mudah menjadi serangan tindak lanjut. Semua teknik Wing Chun izin ini. Setiap pukulan atau tendangan dapat dirangkai untuk membentuk sebuah "rantai" serangan. Menurut teori Wing Chun, serangan ini, berbeda dengan satu serangan besar, memecah lawan bertahap menyebabkan kerusakan internal. Pukulan vertikal dirantai adalah Wing Chun pengenal umum.

Trapping keterampilan dan kepekaan

Praktisi Wing Chun mengembangkan refleks dalam pencarian pertahanan tanpa jaminan melalui penggunaan sensitivitas. Pelatihan melalui Chi Sao dengan mitra pelatihan, salah satu praktik perangkap tangan. Ketika lawan adalah "terjebak", ia menjadi tidak bergerak.
Cina filsafat:
"Greet apa tiba, mengawal apa dan bergegas meninggalkan pada hilangnya kontak" - Yip Man [ atribusi diperlukan ]

Tutup berbagai

Wing Chun mengajarkan praktisi untuk memajukan dengan cepat dan menyerang dari jarak dekat. Sementara Wing Chun maju tendangan dapat dianggap sebagai teknik jarak jauh, banyak praktisi Wing Chun latihan "teknik entri"-mendapatkan masa lalu tendangan lawan dan pukulan untuk membawanya dalam jangkauan repertoar jarak dekat Wing Chun. Ini berarti bahwa secara teoritis, jika teknik yang benar diterapkan, orang yang lebih pendek dengan rentang lebih pendek dapat mengalahkan orang yang lebih besar dengan mendapatkan dalam rentang dan menyerang dia dekat dengan tubuhnya.

Kurikulum

Formulir dan san sik

Formulir meditasi , latihan soliter yang mengembangkan kesadaran diri , keseimbangan , relaksasi dan sensitivitas . Formulir juga melatih praktisi dalam gerakan fundamental dan generasi kekuatan yang benar dari Wing Chun.
San Sik (diterjemahkan sebagai Bentuk terpisah) yang kompak dalam struktur. Mereka dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori besar: 1) fokus pada pembangunan struktur tubuh melalui meninju dasar, berdiri, berputar, dan melangkah latihan, 2) dasar lengan siklus dan perubahan, tegas ingraining alat kardinal untuk intersepsi dan adaptasi, dan 3) sensitivitas pelatihan dan teknik kombinasi.
Hal ini dari bentuk dan san sik bahwa semua teknik Wing Chun berasal. Tergantung pada garis keturunan, fokus, isi dan maksud dari setiap form dapat memiliki perbedaan yang jelas yang karenanya dapat memiliki implikasi yang jauh jangkauannya. Ini juga berarti bahwa ada ide-ide yang berbeda tentang apa yang merupakan kemajuan dalam kurikulum dari bentuk ke bentuk, sehingga hanya gambaran umum dari tumpang tindih antara berbagai aliran pemikiran yang mungkin di sini.
Wing Chun paling sering terlihat umumnya terdiri dari enam bentuk: tiga bentuk tangan kosong, satu "boneka kayu" bentuk, dan dua senjata bentuk.

tangan kosong

小 念头 Siu Nim Tao (小念头; xiǎo Nian tou; Yale Kanton : siu nihm tàuh; "gagasan kecil" atau "sedikit imajinasi") atau Siu Lim Tao (小练头; xiǎo lian tou; Yale Kanton: siu lihn tàuh; "kecil praktek "). Bentuk pertama, dan paling penting dalam Wing Chun, Siu Lim Tao adalah dasar atau "benih" dari seni dari semua bentuk yang berhasil dan teknik tergantung. [11] aturan dasar keseimbangan dan struktur tubuh yang dikembangkan di sini. Menggunakan analogi mobil: untuk beberapa cabang ini akan memberikan chassis, [12] bagi orang lain ini adalah mesin. [13] Ini berfungsi pada dasarnya sebagai alfabet untuk sistem. Beberapa cabang melihat sikap simetris sebagai sikap dasar pertempuran, sementara yang lain melihatnya sebagai sikap yang lebih pelatihan digunakan dalam teknik berkembang. [14]
寻 桥 Chum Kiu (寻桥; pinyin : Xun Qiao; Yale Kanton : cham4 kiu4; "mencari jembatan" Bergantian "tenggelam jembatan". pinyin : Chen Qiao; Yale Kanton : sam kìuh ;) Bentuk kedua, Chum Kiu, berfokus pada gerakan terkoordinasi teknik bodymass dan masuk ke "menjembatani kesenjangan" antara praktisi dan lawan dan bergerak untuk mengganggu struktur dan keseimbangan. [15] [16] Tutup jarak serangan dengan menggunakan siku dan lutut juga berkembang di sini. Hal ini juga mengajarkan metode untuk memulihkan posisi dan Sumbu Tengah ketika dalam posisi dikompromikan mana Siu Nim Tao struktur telah hilang. Untuk beberapa cabang di berat badan yang mencolok adalah tema sentral, entah itu dari berputar (rotasi) atau loncatan (translasi). Demikian juga untuk beberapa cabang, formulir ini menyediakan mesin untuk mobil. Untuk cabang yang menggunakan "tenggelam jembatan" interpretasi, formulir mengambil lebih menekankan dari konteks "pengusiran" menambahkan multi-dimensi gerakan dan spiral ke mesin sudah dikembangkan.
镖 指 Biu Tze (镖指; pinyin : Biao zhǐ; Yale Kanton : Biu JI; "jari melesat") Bentuk ketiga, Biu Jee, terdiri dari ekstrim jarak pendek dan ekstrim jangka panjang teknik, tendangan rendah dan menyapu, dan "teknik darurat" untuk melawan-menyerang ketika struktur dan tengah telah serius dikompromikan, seperti ketika praktisi adalah luka serius. [17] Selain berputar dan melangkah, yang dikembangkan pada Chum Kiu, gelar ketiga kebebasan yang melibatkan tubuh lebih atas dan peregangan dikembangkan untuk lebih banyak kekuasaan. Gerakan tersebut termasuk serangan siku jarak sangat dekat dan menyodorkan jari ke tenggorokan. Untuk beberapa cabang ini adalah turbo charger mobil. Bagi yang lain dapat dilihat sebagai kit "pit stop" yang seharusnya tidak datang untuk bermain, memulihkan "mesin" Anda ketika telah hilang. Namun cabang lain melihat ini sebagai bentuk menyampaikan mematikan "pembunuhan" dan maiming teknik yang tidak boleh digunakan jika Anda dapat membantu itu. Sebuah pepatah sayap umum chun adalah "Biu Jee tidak keluar pintu." Beberapa menafsirkan ini berarti form harus dirahasiakan, yang lain menafsirkannya sebagai berarti itu tidak boleh digunakan jika Anda dapat membantu itu.

boneka kayu

木人 桩 Muk Yan Jong (木人桩; pinyin : mùrénzhuāng; Yale Kanton : muhk Yahn jong; "dummy kayu") Para Muk Yan Jong bentuk dilakukan terhadap " boneka kayu ", sebuah tiang kayu tebal dengan tiga lengan dan kaki dipasang pada bingkai sedikit kenyal mewakili lawan manusia stasioner. Meskipun wakil dari lawan manusia, dummy bukan merupakan representasi fisik dari manusia, tetapi salah satu yang energik. Praktek boneka kayu bertujuan untuk memperbaiki pemahaman seorang praktisi sudut, posisi, dan gerak kaki, dan untuk mengembangkan kekuatan tubuh. Di sinilah bentuk-bentuk tangan terbuka potongan bersama dan dipahami secara keseluruhan.
The Hong Kong dinding dipasang versi Dummy Kayu

Bentuk

Kedua Jalan Yan (Weng Chun) dan TE-Cong Nguyễn cabang menggunakan kurikulum yang berbeda dari bentuk tangan kosong. Tam Para Yeung dan Fung Sang garis keturunan kedua melacak asal mereka untuk pensiun Leung Jan terhadap desa asalnya dari Gu Lao, tempat ia mengajar kurikulum dari San Sik.
The Lien Siu Tao (Pelatihan Pertama Kecil) dari Cho Ga Wing Chun adalah salah satu bentuk panjang yang mencakup gerakan-gerakan yang komparatif untuk kombinasi Siu Nim Tao, Chum Kiu, dan Biu Jee dari keluarga lain. Bentuk-bentuk utama lain dari gaya ini adalah Sui Da ("Acak mencolok"), Chui Da ("Chase mencolok"), Fa Kuen ("Fist beraneka ragam"), Jin Jeung ("Arrow Palm"), Jin Kuen ("Fist Panah "), Joy Kuen (" Fist Drunken "), Sup Saam Sao (" Tangan Tiga belas "), dan Chi Sao Lung (" Tangan rekat Set "). Juga, gaya keluarga beberapa dari Wing-Chun (terutama mereka yang berasal dari "Sun Hong Hay Ban Tong" (Perahu Merah / Junk Opera Society) memiliki bentuk kombinasi canggih yang disebut; "Saam Baai Fut" (3 Busur untuk Buddha) yang termasuk aliran banyak / teknik kebocoran dari semua 6 'standar' pertama bentuk.

Senjata

Setelah kekuatan generasi yang benar di tempat terbuka dengan tangan bentuk dicapai, siswa siap untuk maju ke senjata . Dengan bentuk tangan terbuka memberikan kekuatan untuk akhir ujung jari, idenya adalah untuk dapat memperpanjang kekuatan yang lebih jauh ke ujung senjata sebagai perpanjangan tubuh, dengan menggunakan prinsip yang sama. Juga, bentuk-bentuk senjata dapat digunakan sebagai latihan untuk memperkuat lengan dan pergelangan tangan lebih jauh.
八 斩 刀 Juga dikenal sebagai Yee Jee Seung Apakah ("Pisau Bentuk Paralel Double") dan Baat Jaam Do (Delapan rajang / Slashing Pisau "). Suatu bentuk yang melibatkan sepasang besar " Pisau Kupu-kupu ", sedikit lebih kecil dari pedang pendek ( Dao ). Secara historis pisau juga disebut sebagai Do Ming Dit ("Hidup-Mengambil Pisau"). [ rujukan? ]
六点 半 棍 Luk Dim Boon Kwun, atau "Enam dan A Kutub Titik Setengah". "Long Kutub "- sebuah tiang kayu runcing berkisar 8-13 meter panjangnya. Juga disebut sebagai "Dragon Kutub" oleh beberapa cabang. Untuk beberapa cabang yang menggunakan "Enam dan A Kutub Titik Setengah", 7 mereka prinsip-prinsip Luk Dim Boon Kwun (Tai-pengusiran, lan-berkembang, redup-shock, kit-menangkis, mendapat-ditebang, wan-lingkaran, lau mengalir) digunakan di seluruh tempur bersenjata juga. Nama enam dan tiang setengah poin ini berasal dari 7 prinsip, dengan prinsip terakhir: Lau, atau penghitungan Mengalir sebagai setengah titik.
Leung Ting menunjukkan Kutub Panjang
Para Yuen Kay-San / Sum Nung cabang juga historis dilatih panah melempar (Biu). Menurut Sum Nung, keterampilan dengan mereka tidak bisa dibandingkan dengan Yuen Kay San, jadi mereka bukan bagian dari kurikulum saat ini.

Chi sao

Chi Sao (Cina黐手, Kanton chi 1 sau ², Mandarin chǐshǒu) atau "tangan menempel". Istilah untuk prinsip, dan latihan digunakan untuk pengembangan refleks otomatis pada kontak dan ide "menempel" ke lawan. Dalam Wing Chun ini dipraktekkan melalui dua praktisi mempertahankan kontak dengan lengan masing-masing sambil mengeksekusi teknik, sehingga melatih satu sama lain untuk merasakan perubahan dalam mekanika tubuh, tekanan, momentum dan "merasa". Ini meningkatkan sensitivitas diperoleh dari bor ini membantu serangan praktisi dan melawan gerakan lawan tepat, cepat dan dengan teknik yang sesuai.
Chi Sao tambahan mengacu pada metode rolling tangan latihan (Luk Sao). Luk Sao peserta mendorong dan "roll" lengan mereka terhadap satu sama lain dalam lingkaran tunggal ketika mencoba untuk tetap santai. Tujuannya adalah untuk merasakan kekuatan, resistensi tes dan menemukan celah defensif. Cabang lain melakukan versi ini di mana masing-masing lengan roll di kalangan terpisah kecil. Luk Sao ini terutama diajarkan dalam cabang Nam Pan di mana kedua latihan bergulir lebih besar dan metode di mana masing-masing gulungan senjata di kalangan terpisah kecil diajarkan.
Dalam beberapa garis keturunan (seperti Yip Man dan Wan Jiu cabang), Chi Sao latihan mulai dengan satu set bersenjata yang disebut Chi Sao Dan yang membantu mahasiswa pemula untuk mendapatkan nuansa latihan, praktisi masing-masing menggunakan satu tangan dari sisi yang sama karena mereka saling berhadapan. Chi Sao adalah bor sensitivitas mendapatkan tanggapan tertentu, tidak harus bingung dengan perdebatan / berkelahi, meskipun dapat dipraktekkan atau dinyatakan dalam bentuk pertempuran.

Chi gerk

"Menempel-kaki," sama rendah tubuh Chi-sao pelatihan tubuh bagian atas itu. Chi-gerk pertama kali dialami oleh cara berbagai kekuatan dan latihan pengkondisian, dan banyak kekuatan dan pengkondisian yang dialami sebelum melanjutkan. Karena kaki lebih kuat, mereka biasanya lebih sulit untuk rileks selama latihan. Juga, karena siswa sibuk berkonsentrasi pada gerakan tubuh bagian atas, banyak biasanya akan tidak menempatkan penekanan yang diperlukan dalam tubuh bagian bawah.

Mook Wan

"Ring Kayu", adalah lain, agak jarang pelatihan-alat di beberapa keluarga dari Wing-chun. Sebuah sekitar 10 inci sampai 14 inci cincin yang terbuat dari bambu atau rotan (beberapa sekolah menggunakan "logam" cincin (progresif)), yang Mook Wan digunakan untuk melatih pergelangan tangan dan lengan, dan untuk mengajar siswa dalam "aliran" dari teknik untuk teknik. Benar benar "bentuk" set-up di beberapa sekolah, sekolah lain teknik kereta adil dan strategi tanpa pola dirumuskan "set". Juga Jook Wan Huen (cincin Link bambu).

seni bela diri Selatan

Wing Chun, bersama dengan Hung Gar dan Choi Lei Fut , diberi nama sebagai salah satu "Tiga Sekolah Seni Bela Diri Besar Selatan", yang berasal dan menjadi populer di Cina Selatan.

Penyebaran global

Wing Chun dipraktekkan secara global, di lebih dari 64 negara. [18] Ini adalah bentuk dunia yang paling populer Selatan Kung Fu. [19]

Dalam budaya populer

Donnie Yen juga menyebabkan dampak yang luar biasa dalam dunia seni bela diri melalui berbagai film-nya. Yen secara luas dikreditkan oleh banyak orang sebagai orang yang bertanggung jawab dalam mempopulerkan sistem seni bela diri tradisional dikenal sebagai Wing Chun. Donnie Yen memainkan peran Wing Chun Grandmaster di, film 2008 Ip Man , yang merupakan sukses kotak besar kantor [ rujukan? ], kembali mendefinisikan genre film action. Hal ini telah menyebabkan peningkatan luar biasa dalam jumlah orang yang mengambil Wing Chun, yang memungkinkan ratusan sekolah baru Chun Wing yang akan dibuka di Daratan Cina dan bagian-bagian penting lain dari Asia . [20] Ip Chun , anak tertua dari Ip Man bahkan menyebutkan bahwa ia berterima kasih kepada Donnie Yen untuk membuat seni keluarganya populer dan memungkinkan warisan ayahnya untuk diingat. [21]

Cabang

20.Zi Ran Men 

Ziranmen atau Zi Ran Pria ( Cina disederhanakan : 自然门; tradisional Cina : 自然门; pinyin : zìránmén; Wade-Giles : tzu-jan laki-laki; harfiah " ziran ["alami"] gaya "), juga dikenal sebagai Boxing Alam, adalah Utara internal yang gaya kung fu yang diajarkan dalam hubungannya dengan Chikung teknik pernapasan. Gaya menelusuri garis keturunan untuk Dwarf Xu, yang mendasarkan pada kuno Tao filsafat. Du Xin Wu, pembawa berikutnya dari garis keturunan, menjabat sebagai pengawal untuk Sun Yat-sen , maka presiden sementara dari Republik China . Wu disampaikan pengetahuannya tentang "Tinju Alam" untuk anak sulung nya Du Xiu Si dan Wan Laisheng , seorang seniman abad kedua puluh menonjol bela diri.

Isi

Filsafat

Zi Ran Pria / alam tinju didasarkan pada filosofi Tao kuno, Pengobatan Tradisional Cina dan yang paling penting, filosofi "Satu dan Zero". Ini menggabungkan latihan fisik, Chi kung, meditasi dan teknik tempur. Melalui pelatihan, Zi Ran Pria dikatakan untuk meningkatkan semangat pikiran, mengatur sirkulasi Chi dan mengembangkan sensitivitas fisik. Menurut praktisi saat tubuh berada dalam harmoni, Anda akan hidup panjang dan sehat.

Zi Ran Teori Pria

动静 无 终, 变化 无端, 虚 虚实 实, 自然而然 Ini adalah seluruh teori di balik Zi Ran Seni Men, yang kurang lebih artinya.:
Tidak ada awal atau akhir pada gerakan (menyiratkan baik tindakan fisik dan kemajuan). Perubahan adalah konstan dan bervariasi. Gunakan kelembutan sebagai hard power, dan jika berhasil diterapkan, [kekuatan sejati] datang secara alami.

Zi Ran Pria Chi Kung

Chi Kung adalah perhatian utama dalam Pria Zi Ran. Hal ini dibagi menjadi dua komponen: pelatihan fisik, dan teknik tempur. Kedua komponen menggabungkan untuk satu tujuan, yang dikatakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran.

Teknik Tempur

Awalnya, siswa belajar bentuk-bentuk tertentu dan mengikuti aturan tertentu. Melalui latihan, gerakan-gerakan kemajuan dari canggung untuk alam. Ketika tingkat ini tercapai, Anda bisa melawan dengan sukses. Metode Zi Ran Pria memerangi mengikuti aturan alam - menerapkan teknik tanpa berpikir, gerakan datang dari ketiadaan.

Sikap

Ketika masih, sikap menyerupai Umum Cina kuno memegang tablet keputusan. Hal ini dikenal sebagai "Bao Bei Shou". Ketika bergerak, kaki tetap dalam bentuk huruf 'T' dan tangan memegang bentuk "Tangan Ghost".

Melawan musuh

Hindari serangan itu. Membalas ketika pasukannya dihabiskan, sebelum ia memiliki waktu untuk regather. Pindahkan ketika bergerak musuh, menyerang ketika ia menyerang. Mengeksploitasi situasi, menjadi ringan dan gesit. Serangan berada dalam pertahanan. Pertahanan adalah dalam serangan, baik yang nyata dan jelas.




 

 


 
 
 


 
 
 
 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar