Kamis, 26 Juli 2012

Kung Fu Tradisional China

1.Bafaquan

Ba Fa, atau Delapan Metode, adalah seni bela diri Cina yang dikembangkan oleh De Li Mao (李德茂) selama dinasti Qing . Ia menggabungkan teknik-teknik Fanziquan (翻子), Paochui (炮捶), Tantui (弹腿), Tongbeiquan (劈挂) dan Xingyiquan (形意) menjadi gaya baru berdasarkan teori delapan metode (八法). [1] [2] . Delapan metode adalah: perangkap luar, perangkap dalam dan menusuk, film, dukungan, kocok, memotong dan reel. ('拦,拿,扎,崩,托,抖,劈,缠') Gaya ini mencakup baik bentuk tunggal, pelatihan sepasang [3] , serta senjata pelatihan seperti tombak, pedang dan pedang. Delapan Metode Tombak Besar (Da Qiang, 大 枪), juga dikenal sebagai Kutub Besar, adalah khusus dari gaya ini. Teknik ini pertama kali muncul pada tahun 1906, tepat sebelum Revolusi 1911. Ini menggabungkan metode tombak Yue-keluarga (岳家 枪), Pear-bunga Tombak (梨花 枪) dan Liuhe Tombak (六合 枪) dengan prinsip dari delapan metode. Hal ini juga desain untuk bekerja pada kaki atau di punggung kuda. [4]
Ba Fa Quan adalah populer di daerah seperti Shanxi (山西), Datong (大同), Mongolia ( Nei Menggu内蒙古) dan Yuencheng City.

2.Baguazhang

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi , cari
Baguazhang
(八卦 掌)
Sun bagua.jpg
Sun Lu-t'ang berkinerja lingkaran berjalan
Juga dikenal sebagai Bagua Quan, Bagua Zhang, Pakua chang, Pa-kua chang
Kekerasan Internal ( neijia )
Negara Asal Cina
Pencipta Dong Haichuan董海川(dikaitkan)
Olimpiade olahraga Tidak
Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait
Bāguàzhǎng adalah salah satu dari tiga utama seni bela diri China dari Wudang sekolah, dua lainnya adalah Taijiquan dan Xingyiquan . Hal ini lebih dikelompokkan sebagai praktek internal (atau gong neijia ) Bagua zhǎng secara harfiah berarti "delapan trigram sawit," mengacu pada. trigram dari Yijing ( I Ching ), salah satu kanon dari Taoisme . [1]

Isi

Sejarah

Penciptaan Baguazhang, sebagai seni bela diri formal, adalah disebabkan Dong Haichuan (董海川), yang dikatakan telah belajar dari Tao (dan mungkin Buddhis) master di pegunungan pedesaan Cina selama awal abad 19. [2] Ada bukti yang menunjukkan sintesis dari beberapa yang sudah ada sebelumnya seni bela diri diajarkan dan dipraktekkan di wilayah di mana Dong Haichuan tinggal, dikombinasikan dengan berjalan lingkaran Tao. Karena pekerjaan sebagai pelayan di Istana Kekaisaran ia terkesan kaisar dengan gerakan anggun dan keterampilan berkelahi, dan menjadi instruktur dan pengawal ke pengadilan. [3] Dong Haichuan mengajar selama bertahun-tahun di Beijing , akhirnya mendapatkan patronase oleh pengadilan Imperial. [4]
Murid yang terkenal dari Dong untuk menjadi guru Yin Fu (尹福), Cheng Tinghua (程廷华), Ma Gui (马贵), Song Changrong (宋长荣), Liu Fengchun (刘凤春), Ma Weiqi (马维棋), Liu Baozhen (刘宝珍), Liang Zhenpu (梁振蒲) dan Liu Dekuan (刘德寛). Meskipun mereka semua siswa dari guru yang sama, metode-metode pelatihan dan teknik ekspresi sawit berbeda. [1] The Cheng dan Liu gaya dikatakan mengkhususkan diri dalam "mendorong" telapak tangan, gaya Yin dikenal untuk "threading" telapak tangan , pengikut praktek Lagu itu "Plum Flower" (梅花Mei Hua) teknik sawit dan palma gaya Ma yang dikenal sebagai "palu." Beberapa siswa Dong Haichuan, termasuk Cheng Tinghua, berpartisipasi dalam Pemberontakan Boxer . Secara umum, sebagian bagua eksponen hari ini praktek baik Yin (尹), Cheng (程), atau Liang (梁) gaya, meskipun Fan (樊), Shi (史), Liu (刘), Fu (傅), dan lainnya gaya juga ada. (Gaya Liu adalah kasus khusus, dalam hal ini jarang dipraktekkan saja, tetapi sebagai pelengkap gaya lain). Selain itu, ada sub-gaya dari metode di atas juga, seperti Matahari (孙), Gao (高), dan Jiang (姜) gaya, yaitu sub-gaya metode Cheng.

gaya modern

Aspek umum


Internalis Zhang Zhaodong, juga dikenal sebagai Zhang Zhankui
Praktek lingkaran berjalan, atau "mengubah lingkaran", seperti yang kadang-kadang disebut, adalah metode Baguazhang karakteristik dari pelatihan sikap dan gerakan. Semua bentuk Baguazhang memanfaatkan lingkaran berjalan prevalently sebagai bagian integral dari pelatihan. Praktisi berjalan sekitar tepi lingkaran dalam sikap rendah berbagai, menghadap pusat, dan secara berkala mengubah arah ketika mereka mengeksekusi bentuk. [5] Untuk pemula lingkaran adalah enam hingga dua belas meter dengan diameter. [3] Siswa pertama belajar fleksibilitas dan keselarasan tubuh melalui latihan dasar, kemudian beralih ke bentuk yang lebih kompleks dan mekanik daya internal. Meskipun aspek internal Baguazhang yang mirip dengan Xingyiquan dan Taijiquan, mereka berbeda di alam.

Fu Zhensong dengan pedang bagua besar
Gaya khas Banyak dari senjata yang terkandung dalam Baguazhang, beberapa penyembunyian digunakan, seperti "pena ulama" atau sepasang pisau (yang paling rumit, yang unik dengan gaya, adalah berbentuk bulan sabit pisau tanduk rusa ). Baguazhang juga dikenal untuk berlatih dengan senjata yang sangat besar, seperti Bagua jian (八卦剑), atau bagua pedang, dan Bagua dao (八卦刀), atau bagua pedang. Lain yang lebih konvensional, senjata juga digunakan, seperti staf (pistol), tombak (Qiang), kruk (guai), hook pedang (Gou) dan, lurus pedang bermata dua ( jian ). Praktisi Baguazhang juga dikenal untuk dapat menggunakan apapun sebagai senjata menggunakan prinsip-prinsip seni mereka.
Baguazhang berisi yang sangat beragam teknik serta senjata, termasuk serangan berbagai (dengan telapak tangan, kepalan tangan, siku, jari, dll), tendangan, kunci bersama, melempar, dan gerak kaki melingkar khas mengelak. Dengan demikian, Baguazhang dianggap tidak murni mencolok atau seni bela diri murni bergulat. Praktisi Baguazhang dikenal karena kemampuan mereka untuk "mengalir" masuk dan keluar dari jalan obyek [. rujukan? ] Ini adalah sumber dari teori mampu melawan penyerang beberapa [. rujukan? ] alam mengelak Baguazhang itu juga ditunjukkan oleh praktek bergerak di belakang penyerang, sehingga lawan tidak dapat membahayakan praktisi.
Meskipun banyak cabang Baguazhang sering sangat berbeda satu sama lain (beberapa, seperti gaya Cheng, spesialis dalam jarak dekat di gulat dan kunci bersama, sementara yang lain, seperti beberapa gaya Yin, mengkhususkan diri pada cepat, jarak jauh mencolok), semua memiliki jalan lingkaran, metodologi spiral, dan metode tertentu dan teknik (menusuk telapak tangan, telapak tangan terhempas, dll) yang sama.
Gerakan Baguazhang yang menggunakan seluruh tubuh dengan halus melingkar dan uncoiling tindakan, memanfaatkan teknik tangan, gerakan kaki yang dinamis, dan melempar. Rapid-api gerakan menarik energi dari tengah perut. Pola melangkah melingkar juga membangun gaya sentripetal, yang memungkinkan praktisi untuk manuver cepat di sekitar lawan.

Dalam budaya populer

  • Jet Li 's karakter di One menggunakan bagua zhang, sedangkan versi antagonis karakter menggunakan Xingyi quan .
  • Airbending di Avatar: The Last Airbender dan Avatar: The Legend of Korra . adalah model bagua zhang [6]
  • Bagua zhang fitur secara singkat dalam manga Terkuat Murid History Kenichi .
  • Para klan Hyuga dari Naruto menggunakan Gentle Fist gaya yang didasarkan pada bagua. Misalnya, teknik ini disebut Delapan Trigram: Enam puluh Empat Mogok Palm berasal dari bagua zhang terminologi.
  • Ling Xiaoyu dari Tekken seri permainan video menggunakan bagua zhang.
  • Ashrah dari Mortal Kombat: Penipuan dan Kitana dari Mortal Kombat: Deadly Alliance menggunakan bagua zhang.
  • Joscelin Verreuil dari Jacqueline Carey seri Legacy 's Kushiel yang menggunakan gaya bertarung mirip dengan zhang bagua, yang merupakan gaya bertarung dari Ikhwanul Cassiline.
  • Dalam Ip Man 2 , salah satu gaya yang digunakan selama perang meja adalah bagua zhang.
  • Pada tahun 2010 film live-action Tekken , Jin Kazama mengatakan bahwa ia terkesan oleh pesaing sesama Christie Monteiro karena penempatan kakinya saat berlatih bagua zhang.
  • Pada tahun 2006 film Jadesoturi (Prajurit Jade), dalam perang Yu Pin vs Sintai, mereka menggunakan bagua zhang sebagai semacam pacaran.
  • Dalam film Crouching Tiger 2000 dan Hidden Dragon, inspektur polisi Tsai telah berduel dengan Fox Jade menggunakan sepasang pisau tanduk rusa, senjata yang sangat khas dari sistem Zhang Bagua.

Lihat juga

  • Ba gua -delapan trigram, yang digunakan sebagai prinsip panduan untuk Baguazhang.
  • Yi Jing -klasik Tao memeriksa gerakan dari delapan trigram.
  • Feng shui -sistem metafisik desain interior berdasarkan bagua.

Catatan

  1. ^ a b Lie, Zhang. "Baguazhang Klasik Volume V: Yin Baguazhang Gaya." Trans. Yusuf Crandall. Pinole, California: Tersenyum Tiger Martial Arts 1995.
  2. ^ Yintao, Fei dan Yuliang, Fei. "Baguazhang Klasik Volume IV: Wudang Baguazhang." Trans. Yusuf Crandall. Pinole, California: Tersenyum Tiger Martial Arts 1994.
  3. ^ a b Green, Thomas A. "Seni Bela Diri Dunia" 2001
  4. ^ Jingru, Liu dan Youqing, Ma. "Baguazhang Klasik Volume II: Cheng Shi Baguazhang (Cheng Keluarga Baguazhang)." Trans. Yusuf Crandall. Pinole, California: Tersenyum Tiger Martial Arts 2001.
  5. ^ Lie, Zhang Klasik Baguazhang Volume V:. Yin Baguazhang Gaya Trans.. Yusuf Crandall. Pinole, California: Tersenyum Tiger Martial Arts 1995.
  6. ^ "Avatar Resmi Nickelodeon: Situs Last Airbender Flash" . Nick.com. Diarsipkan dari aslinya pada . Diperoleh 2006/12/02.
3.Bajiquan


Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi , cari
Baji quan (八极拳)
Juga dikenal sebagai Kai pria bajiquan (开门 八极拳), Delapan ekstremitas tinju
Fokus Menyolok
Negara Asal Cina
Olimpiade olahraga Tidak
Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait
Bājíquán ( Cina : 八极拳; pinyin : Bājíquán) adalah seni bela diri Cina yang memiliki peledak, jarak pendek kekuasaan dan terkenal dengan serangan siku [ rujukan? ]. Ini berasal di Hebei Provinsi di Cina Utara [ rujukan? ], tapi juga terkenal di tempat lain saat ini, terutama Taiwan . Nama lengkap adalah kai pria Baji quan (开门八极拳), yang berarti "terbuka pintu gerbang delapan kaki tangan".

Isi

Asal

Baji quan awalnya disebut BaZi quan (巴 子 拳 atau 钯 子 拳) atau "menyapu tinju" karena tinju, yang diselenggarakan longgar dan sedikit terbuka, digunakan untuk menyerang ke bawah dengan cara menyapu seperti. Nama itu dianggap agak kasar dalam bahasa aslinya, sehingga berubah menjadi Baji quan. Para Baji Istilah berasal dari klasik Taois, yang Yijing (I-Ching), dan menandakan sebuah "perpanjangan segala arah". Dalam hal ini, itu berarti "termasuk segala sesuatu" atau "alam semesta."
Mencatat pertama Baji quan guru adalah Wu Zhong吴钟(1712-1802). Guru terkenal yang mempromosikan gaya termasuk Wu Xiufeng吴秀峰dan Li Shuwen李书文(1864-1934). Yang terakhir adalah dari Cangzhou, Hebei, dan mendapatkan dirinya julukan "Allah Tombak Li". [ rujukan? ] Sebuah opera Peking Wu Shen (karakter laki-laki bela diri) dengan pelatihan, dia juga seorang pejuang ahli. Kutipan yang paling terkenal adalah, "Saya tidak tahu bagaimana rasanya untuk memukul seorang laki-laki dua kali." [1] Li Shuwen itu siswa termasuk Huo Dian Ge霍殿阁(pengawal untuk Pu Yi , Kaisar terakhir dari Cina), Li Chenwu (pengawal untuk Mao Zedong ), dan Liu Yun Qiao刘云樵(agen rahasia untuk nasionalis Kuomintang dan instruktur dari pengawal Chiang Kai Shek ) [ rujukan? ]. Baji quan sejak itu dijuluki sebagai "gaya pengawal". [ rujukan? ] Ma Feng Tu马凤图dan Ma Yin Tu马英图memperkenalkan Baji ke Tengah Guoshu Institute (Nanjing Guoshu Guan南京国术馆) mana diperlukan untuk semua siswa. [2]
Baji quan saham akar dengan yang lain seni bela diri Hebei, Piguazhang . Dikatakan bahwa Wu Zhong, master dilacak tertua di garis keturunan Baji, diajarkan baik seni bersama-sama sebagai sistem pertempuran yang terintegrasi. [3] Mereka akhirnya terpecah, hanya untuk digabungkan oleh Li Shuwen di akhir 18 sampai awal abad 19. Sebagai bukti sifat komplementer dari dua gaya, ada pepatah yang masuk. "Ketika pigua ditambahkan ke Baji, dewa dan setan semua akan takut Ketika Baji ditambahkan ke pigua, pahlawan akan mendesah mengetahui bahwa mereka tidak cocok menentangnya. " (八极参劈挂,神鬼都害怕劈挂参.八极,英雄叹莫及) [3]
Saat ini ada beberapa keluarga dari Baji quan, termasuk Han, Huo, Ji, Li, Ma, Qiang, Wu dan Wu-cabang dari master Tan Liu Yunqiao . Ada beberapa perbedaan dalam pelatihan antara varian, tapi intinya adalah sama. Pemegang silsilah keluarga Wu Baji quan di Cina Wu Zhi Lian 吴连 枝. Melalui lebih dari 50 tahun pelatihan, dia mengumpulkan bahan dan catatan yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Fitur

Taktik dan strategi

Baji tinju dikenal untuk membuka lengan lawan paksa (Qiang kai pria强开门) dan mount serangan pada tingkat tinggi, menengah, dan rendah tubuh (san pan lian ji三盘连击). Hal ini paling berguna dalam pertempuran jarak dekat, karena berfokus pada serangan siku, lutut, bahu dan pinggul. Ketika memblokir serangan atau mendekati lawan, Baji quan teknik menekankan poin utama mencolok dari kerentanan, yaitu dada (batang tubuh), kaki dan leher.
The "enam cara besar pembukaan" (liu da kai六大开) adalah: [4]
  • Ding顶: menggunakan tangan, siku atau bahu untuk mendorong ke depan dan ke atas.
  • Bao抱: meletakkan senjata bersama-sama seakan memeluk seseorang. Hal ini biasanya diikuti oleh Pi劈(membelah). [5]
  • Ti提: mengangkat lutut untuk memukul paha lawan, atau mengangkat kaki untuk memukul tulang kering lawan, dll
  • Dan单: menggunakan sebuah langkah tunggal.
  • Kua胯: menggunakan pinggul.
  • Chan缠: belitan dengan rotasi di sekitar pergelangan tangan, siku dan bahu

Stepping dan tubuh metode

Gerak kaki di Baji quan memiliki tiga ciri khusus:
Teknik-teknik yang mencolok terkait dengan pengobatan tradisional Cina , yang menyatakan bahwa semua bagian tubuh yang terhubung, baik secara fisik maupun spiritual.

Bentuk

Bentuk-bentuk Baji dibagi menjadi rutinitas bersenjata dan tidak bersenjata. Ada bentuk-bentuk kepalan 20, yang meliputi 12 Fists Baji Struktur Kecil, Baji Black Tiger Fist, Baji Dan Zhai, Baji Dan Da / Dui Da, Baji Falun Luohan, dan Baji Si Lang Kuan. Ada delapan senjata bentuk, termasuk Liu Dia Da Qiang (tombak), Chun Yang Jian (pedang), San Yin Dao (pedang), Xing Zhe Bang (staf), Pudao , dan Chun Qiu Da Dao (dua tangan panjang berat pisau, digunakan oleh Jenderal duduk di kuda-kuda mereka).
Meskipun sebagian besar sekolah berfokus pada kurikulum jauh lebih kecil. Standar di hampir semua kelompok adalah 2 sisi bentuk Xiaobaji dan Dabaji; dua senjata bentuk, pedang dan tombak; rutinitas pelatihan dua pria bernama Baji Baji Duijie atau Duida dan serangkaian 8 metode menyerang pendek disebut Jingang Ba Shi.

Kekuatan dan ekspresi metode

Fitur utama dari Baji termasuk serangan siku, pukulan lengan / tangan, cek pinggul, dan pemogokan dengan bahu. Semua teknik yang dijalankan dengan listrik pendek, yang dikembangkan melalui pelatihan, antara seniman bela diri Cina, Baji terkenal dengan gerakan yang cepat. Baji berfokus pada dalam kebakaran, masuk dari jangkauan yang lebih panjang dengan langkah pengisian khas (zhen jiao).
Inti dari Baji quan terletak pada jin , atau kekuasaan yang mengeluarkan metode, terutama fa jing (daya ledak). Gaya ini berisi enam jenis jin, delapan cara yang berbeda untuk memukul dan beberapa prinsip penggunaan daya. Sebagian besar bergerak Baji quan ini memanfaatkan satu-hit push-metode serangan dari jarak sangat dekat. Sebagian besar kerusakan dibagikan melalui percepatan sesaat yang bergerak naik dari pinggang ke tungkai dan selanjutnya diperbesar oleh langkah pengisian dikenal sebagai zhen jiao.
Mekanisme jin dikembangkan melalui bertahun-tahun praktek dan Baji quan dikenal karena berat pelatihannya bagian bawah tubuh dan penekanannya pada sikap kuda . [1] sikap kuda adalah lebih tinggi dari khas Fist Panjang gaya. Seperti gaya lainnya, ada juga "sikap busur panah", "sikap satu kaki", "sikap kosong" (xūbù 虚 步), "sikap drop" (pūbù 仆 步), dll Ada delapan tangan pose yang berbeda, selain berbagai jenis pernapasan dan zhen jiao.
Keenam Powers Karakteristik utama adalah: [6]
  • Sinking (Xia Chen 下沉 atau Chen Zhui 沉 坠)
  • Mendorong (Chong 冲)
  • Memperluas (Cheng 撑)
  • Melibatkan (Chan 缠)
  • Cross (Shi Zi 十字)
  • Inci (Cun 寸)

Pengaruh

Baji fokus menjadi lebih langsung, yang berpuncak pada kuat, serangan cepat yang akan membuat lawan tidak dapat melanjutkan. Meski begitu, ada beberapa gaya yang berasal dari prinsip utama Baji quan atau konsep tentang cara memukul lawan:
  • Delapan postur (Ba shi)
  • Delapan gerakan metode (Ba gong shi)
  • Delapan gerakan metode (Ba shi chui)
  • Dua kali Delapan Postur (Shuang ba shi)
  • Delapan postur Pengawal Buddha (Jingang ba shi)
  • Delapan postur gaya naga (Longxing ba shi)
Banyak bentuk-bentuk ini juga didasarkan atau dicampur dengan tinju Luohan , seorang Shaolin gaya [. rujukan? ] The shi ba panjang juga dapat merujuk kepada Baji, tetapi juga dapat dicatat bahwa istilah ini juga digunakan dalam Xingyi quan .

4.Bak Mei

Bak Mei ( Cina : 白眉; pinyin : Bai Mei; harfiah "Alis Putih") dikatakan telah menjadi salah satu legendaris Lima Sesepuh - yang selamat dari penghancuran Kuil Shaolin oleh Dinasti Qing rezim kekaisaran (1644-1912) - yang, menurut beberapa account, dikhianati Shaolin kepada pemerintah kekaisaran. Dia berbagi namanya dengan Southern seni bela diri Cina dikaitkan dengannya.
Bak Mei telah fiksi di Hong Kong film seperti algojo dari Shaolin (1977), Abbot dari Shaolin (1979), dan Marga Lotus Putih (1980). Dalam algojo dari Shaolin dan Abbot dari Shaolin, Bak Mei dimainkan oleh Lo Lieh , yang juga menyutradarai film 1980, yang dibintangi Wilson Tong sebagai Bak Mei. Baru-baru Bak Mei ini lebih dikenal di Barat sebagai " Pai Mei "(yang Wade-Giles romanisasi dari namanya dalam bahasa Mandarin ), dimainkan oleh Gordon Liu di Hollywood, Film Kill Bill: Volume 2 (2004).

Isi

Sejarah Bak Mei


Bak Mei
Cina : 白眉 道人
Pinyin : Bai Mei Dao Ren
Wade-Giles : Pai Mei Tao Jen
Kanton Yale : Baak6 Mei4 ​​Dou6 Yan4
Secara harfiah "Alis Putih, Tao"
Account dari Lima Sesepuh banyak dan beragam. Beberapa versi mengidentifikasi pengkhianat tidak Bak Mei, tetapi sebagai Ma Ning Yee-. [1] Dalam versi lain, Bak Mei dan Ma Ning Yee-baik mengkhianati Shaolin, kadang-kadang bergabung dengan Fung Do-Duk. [2] Namun versi lain mengatakan bahwa "Bak Mei" adalah nama panggilan untuk baik Ma Ning-Yee Fung atau Do-Duk. Cerita dari Lima Sesepuh mungkin tidak memiliki dasar fakta historis sama sekali, dan mungkin datang hanya dari wuxia novel seperti Wan Nian Qing dan mitologi anti-Qing organisasi seperti Surga dan Bumi Masyarakat , yang menyebar liar melalui China di awal abad 19.
Apakah dibenarkan atau tidak, reputasi pengkhianat Bak Mei telah menyebabkan permusuhan kehidupan nyata antara praktisi seni bela diri senama dan praktisi seni diidentikkan dengan mereka yang ia dituduh mengkhianati. Dalam account dari beberapa praktisi Mei Bak, pendiri mereka tidak begitu banyak mengkhianati Shaolin sebagai penurunan untuk bergabung pemberontakan mereka melawan Qing. Kisah lain menggambarkan Bak Mei sebagai telah dibuang dari Kuil Shaolin karena dia membunuh beberapa bhikkhu sesama saat pertama kali mencoba gaya baru. Beberapa Bak Mei praktisi merangkul reputasi pendiri mereka sebagai pembunuh murid Shaolin sebagai bukti superioritas gaya mereka. Beberapa Bak terkenal Mei bentuk yang mungkin menyarankan Bak Mei memiliki altercations ganas dan mematikan banyak dengan Monks Shaolin adalah Sap-Baat Ding Jeung (18 Monks Gila) dan Sap-Baat Moi Kiu (18 Jembatan Ghost).

Bak Mei sesuai dengan garis keturunan dari Nam Anh

Ming Cina , yang telah melemah oleh korupsi dan pemberontakan internal, disusul oleh Manchu tahun 1644. Hong Mei ("Alis Merah"), kepala biara Kuil Shaolin selatan, meninggal selama ini dan posisinya disahkan ke Chi Su Thien, juga dikenal sebagai Sin Jee . Lain seperti tuan bernama Chu Panjang Tuyen tidak menerima ini. Dia percaya Ming telah menjadi korup dan lebih suka melayani Qing penguasa. Pada tahun 1647 Manchu menyerang Kuil Shaolin selatan di Quanzhou, Fujian provinsi. Hanya lima master berhasil melarikan diri, dan sejak itu menjadi dikenal sebagai Lima Sesepuh .
Chi Thien Su, salah satu Lima Sesepuh, didirikan kuil lain di Nine Lotus Mountain di Fujian di mana korban mencari perlindungan. Chu Panjang Tuyen menolak untuk memberikan nama sebenarnya karena takut pembalasan terhadap keluarga dan siswa, dalam kasus mereka selamat. Abbas kemudian menamainya Bak Mei-Putih Alis. Menurut beberapa cerita, Bak Mei mengkhianati Ming dengan mengambil informasi tentang plot mereka terhadap penjajah untuk Manchu Shunzhi Kaisar , lalu kembali dengan informasi tentang rencana serangan Manchu ke Shaolin tersebut. Setelah kuil itu hancur, Bak Mei dan Fong Toh Tak (pencipta Bak Fu Pai) meninggalkan kuil itu pada jalur yang terpisah untuk mempelajari Taoisme .
Bak Mei dilatih kekuatan serangan anti-imperialis, tetapi, setelah menangkap gaya oleh kekaisaran, terpaksa mengajar dan memimpin 50.000 tentara kekaisaran di kehancuran kedua dari Kuil Shaolin untuk mencegah mereka ditangkap dengan dia dari disiksa dan dibunuh. Di sana, Bak Mei membunuh "tak terkalahkan" Shaolin pemimpin Chi Thien Su dalam pertempuran tunggal dengan melanggar lehernya. Dia mengaku dia melakukan ini untuk mencegah pembantaian biksu di kuil oleh pasukan yang mengikutinya.
Bak Mei itu akhirnya dibunuh tapi account tidak setuju pada apakah dia diracun atau dibunuh. Sementara ia sering digambarkan sebagai pengkhianat, tindakan Bak Mei itu yang dilakukan, termasuk penghancuran Bait Allah, dengan maksud mencegah kerugian bagi mereka yang telah memilih untuk mengikutinya. Ada kemungkinan bahwa jika Bak Mei tidak dibantu pasukan kekaisaran, pengikutnya akan disiksa sampai mati.

Bak Mei sesuai dengan garis keturunan dari Jie Kon Siew

Selama masa pemerintahan Kaisar Qing Kangxi (1662-1722), para pejuang pemberontakan Xilufan begitu takut bahwa kedua menteri yang Kangxi memerintahkan untuk memadamkan pemberontakan meninggalkan China daripada wajah baik mercilessness para prajurit Xilu, yang sering terlibat memenggal kepala. Pada 1673, selama tiga bulan, 128 biksu dari selatan Shaolin Temple mengalahkan tentara Xilu tanpa menderita korban tunggal. Namun, dengan demikian mereka telah membuat musuh Qing beberapa petugas yang malu dengan betapa mudahnya para biarawan Shaolin telah berhasil di mana mereka telah gagal.
Rumor segera mulai menyebar tentang ancaman yang ditimbulkan oleh kekuatan begitu besar sehingga mengalahkan Xilu seluruh pasukan dengan kekuatan hanya 128 biarawan. Ini kampanye sindiran yang terbuang pada Kangxi, yang tetap berterima kasih kepada para bhikkhu, tetapi rumor memiliki efek yang diinginkan mereka pada penggantinya, Kaisar Yongzheng (1722-1735). Ia memulai pemerintahannya dengan memetakan kerusakan candi dan dikatakan telah diam-diam merekrut sekelompok biksu prajurit pemberontak dari Tibet untuk melaksanakan rencananya.
Pada 1723, pada hari ke-6 bulan baru pertama dari kalender lunar, seorang murid Shaolin mantan bernama Ma Ning Yee-dibantu pasukan Qing untuk meluncurkan serangan menyelinap di Kuil Shaolin selatan. Mereka mulai serangan itu dengan membombardir biara sebagian besar kayu dengan banjir tanpa henti panah terbakar. Antara serangan mendadak, kebakaran, dan banyak jumlah tentara Qing, 110 dari 128 biksu tewas hari itu. Pembersihan Besar Shaolin mengambil 70 hari sebagai pasukan Qing memburu 18 yang selamat. Para biarawan yang masih hidup dari Shaolin ditimbulkan korban besar pada pengejar mereka Qing tetapi, pada akhirnya, jumlah mereka terlalu besar.
Segera hanya lima tersisa. Identitas mereka bervariasi tetapi mereka umumnya diterima sebagai berikut:
  • Para Chan Jee Dosa
  • Biarawati Ng Mui Si Tai
  • Para Taois Bak Mei
  • Para Taois Fung Do-Duk yang kemudian menciptakan gaya harimau putih
  • The "dicukur" (awam) murid Miu Hin
Setelah dua tahun berjalan dan bersembunyi dari tentara Qing, para pelarian dari kain bergabung kembali di Gunung Emei di Provinsi Sichuan . Sebagai salah satu gunung suci Cina , Gunung Emei adalah rumah bagi sekitar 70 vihara-vihara di mana lima ulama bisa berbaur dengan mudah.
Diputuskan bahwa Bak Mei akan menyusup ke pengadilan Qing sebagai mata-mata sedangkan kelompok lain berjalan di seluruh Cina untuk membangun aliansi anti-Qing pemberontak. Yang lebih Bak Mei belajar, semakin dia menyadari bahwa upaya sekutu-sekutunya tidak pernah akan cukup untuk menggulingkan Qing. Dia memutuskan untuk menyerah pada pemberontakan, yang dipandang sebagai pengkhianatan. Selama bertahun-tahun, para pemberontak berusaha untuk menghukum Bak Mei untuk penarikan itu. Hampir semua yang membuat sebuah usaha pada hidupnya akhirnya tewas di tangan Bak Mei. Ini termasuk Jee Sin dan anak Miu Hin itu [3] Fong Sai Yuk (cucu Miu Hin yang menurut sumber lain) yang Bak Mei telah dikenal sejak Yuk Sai masih kecil.

Bak Mei Pai

Para Bak Mei Pai menelusuri asal-usulnya ke Gunung Emei , dimana Bak Mei dikatakan telah dikirim seni ke Chan (Zen) Master Gwong Wai, [4] yang kemudian menyerahkannya ke Juk faat Wan [5] .
Gaya bertarung Bak Mei itu yang menggunakan empat prinsip-prinsip "mengambang" (fou), "tenggelam" (sohib), "menelan" (tun) dan "meludah" (tou) yang umum dalam seni bela diri Cina selatan. Hal ini ditandai dengan penekanan kuat pada serangan tangan jarak dekat, khususnya dengan serangan buku jari diperpanjang dikenal sebagai "tangan phoenix-mata". Bak Mei pemogokan biasanya dilaksanakan bersamaan dengan mencegat dan kemacetan serangan lawan. Unik untuk Bak Mei adalah klasifikasinya dari 6 berikut neijin (kekuatan): Biu (penetrasi), sohib (sinking), tan (melompat), fa (penetral), tung, dan chuk. Bak Mei menekankan gerakan dari harimau dan pemogokan yang dijalankan dengan daya ledak melalui Fa jin . Selain itu, berisi banyak kum la (manipulasi sendi) teknik serta tanah-pertempuran metode dalam bentuk Saat Dei Kun.

Fushan cabang

Menurut pohon keluarga Fatsan, Pak Mei berlalu seni untuk Kwong Wei, Chuk Yun, Fong fo Dao Yan, Lao Xiu-Luang (刘少良) yang mendirikan garis keturunan Fatsan dari pak Mei. Sumber Barbary Jonathan

Jeung Lai Chuen cabang


Cheung Lai-Chuen
Cina : 张 礼泉
Pinyin : Zhang Lǐquán
Wade-Giles : Chang Li ch'uan
Kanton Yale : Jeung1 Lai5 Chyun4
Hakka pinjim Zhong1 Li1 Can2
Jeung Lai Chuen mulai studi tentang seni bela diri pada usia 7 dengan Pengobatan Cina Klasik praktisi Sek Lam [6] , yang mengajarinya gaya gelandangan. [7] Jeung kemudian belajar Gaya Li dari Mung Li, [8] (didirikan oleh Li Yi 李义) yang mengajar Jeung gaya keluarganya. Saat dia belajar seni bela diri dengan keluarga Lam, ia menjadi teman dekat dengan putra mereka Lam Yiu Gwai , dengan siapa ia memiliki banyak kesamaan, dan akhirnya belajar di bawah uncle Yiu Gwai itu. Lam kemudian menjadi terkenal karena menyebarkan Kung Fu Naga sebanyak Jeung kemudian menjadi terkenal karena menyebarkan Bak Mei. Keduanya lahir di Huiyang County (惠阳) di Huizhou prefektur dari Guangdong dan perkawinan antara keluarga mereka akhirnya akan membuat mereka sepupu. Mereka berdua meninggalkan Huizhou untuk membangun masa depan mereka di Guangzhou dan melakukannya dengan membuka beberapa sekolah bersama-sama.
Setelah pindah ke Guangzhou, Jeung dikalahkan oleh Lin Sang biarawan [9] setelah biarawan itu disebut Jeung untuk guru sendiri tuannya Juk faat Wan, yang mengajarkan Jeung seni Bak Mei selama dua atau tiga tahun ke depan. Jeung memiliki latar belakang di Hakka Kuen , seni bela diri dari orang Hakka , dari studi tentang gaya keluarga Li Mung dan gaya gelandangan. Karena itu, gaya Jeung dari Bak Mei dikaitkan dengan Hakka Kuen, tetapi lebih kuat masih dengan gaya naga Lam Yiu Gwai yang juga dikatakan memiliki latar belakang dalam Hakka Kuen-karena bertahun-tahun Jeung dan Lam menghabiskan pelatihan bersama-sama.
Bak Mei Formulir:
  • 直 步 标 指 - Jik Bou Biu Ji Kuen
  • 十字 扣 打 - Sap Ji Da Kauh Kuen
  • 三门 拳 - Saam Mun Kuen
  • 四 门 八卦 - Sei Mun Baat GWA Kuen
  • 九 步 推 拳 - Gau Bou Tuei Kuen
  • 鹰爪 黏 桥 - Ying Jow Nim Kiu Kuen
  • 石狮 拳 - Sek Si Kuen
  • 金刚 拳 - Gam Falun Kuen
  • 地 煞 拳 - Dei Saat Kuen
  • 十八 摩 桥 - Sap Baat Moh Kiu
  • 猛虎 出 林 - Maang Fu Kuen Lam Chuet
  • 五行 摩 - Ng Hang Moh


Catatan


Cina Pinyin Yale Kanton Hakka pinjim
^ Ma Ling-Yee 马宁 儿 Mǎ Níngér MA5 Ning4 Yi4
^ Fung To-Tak 冯道德 Feng taote Fung4 Dou6 Dak1
^ Kwong Wai 广 慧 禅师 Guǎng Hui Chan Shi Gwong2 Wai6 Sim3 Si1
^ Chuk Wan Lemak 竺 法 云 禅师 Zhu Fǎ Yun Chan Shi Juk1 Faat3 Wan4 Sim3 Si1
^ Fung Fo 风火 道人 Feng Huǒ Dao Ren Fung1 Fo2 Dou6 Yan4
^ Lau Siu-Leung 刘少良 Liu Shǎoliáng Lau4 Siu2 Leung4
^ Shek Lam 石林 Shi Lin Sek6 Lam4 Shak8 Lam2
^ Gelandangan Gaya 流民 派 Liúmín Pai Lau4 MAN4 Paai1 Liu2 min2 Pai5
^ Lee Mung 李 朦 Lǐ Meng Lei5 Mung4 Li3 Mung2
^ Lin Sang 莲 生 Lian Sheng Lin4 Sang1 Len2 Sang1

Baimei Wuyi (Seni Bela Diri Alis Putih) oleh Robert Yandle. (Beckett Media 2012) ISBN 978-189251537-7

Lihat juga

5.Cha Quan


Chāquán ( Cina : 查拳; Hanyu Pinyin : Zhāquán) adalah seni bela diri Cina yang menampilkan gerakan anggun dan beberapa manuver akrobatik udara Chāquán juga mencakup berbagai macam senjata..
Chāquán berada di bawah klasifikasi Changquan (harfiah "tangan panjang"), istilah umum untuk eksternal Utara seni bela diri Cina , yang dikenal karena besar mereka, gerakan panjang.
Chāquán dikaitkan dengan orang Hui . Satu master terkenal Chaquan terkenal adalah Wang Zi-Ping (Cina:王子平), yang dikenal karena kekuatannya yang besar. Terkenal lainnya master modern termasuk Zhang Wenguang, Ma Jinbiao, dan Liu Hongchi.
Chāquán adalah salah satu sumber dari wǔshù kontemporer Changquan sering terlihat dalam film dan turnamen. Chaquan adalah sistem yang memiliki 6 senjata utama (staf, pedang, pedang, tombak, kwandao, hookswords). Ini menekankan gerakan jangka panjang dan sikap dikombinasikan dengan kecepatan dan kekuatan. Gaya ini mencakup berbagai bentuk, termasuk 10 baris Tantui untuk pelatihan kekuatan dasar, 10 set lagi dari chaquan, dan bentuk lain juga.

6.Changquan

Changquan ( Cina disederhanakan : 长拳; tradisional Cina : 长拳; pinyin : Changquan; harfiah "Fist Panjang") mengacu pada sebuah keluarga eksternal (sebagai lawan dalam ) seni bela diri (kung fu) gaya dari China utara .
Bentuk-bentuk gaya Fist Panjang menekankan tendangan sepenuhnya diperpanjang dan teknik mencolok, dan dengan penampilan akan dianggap sebagai sistem pertempuran jarak jauh. Dalam beberapa gaya Fist Panjang motto adalah bahwa "pertahanan terbaik adalah pelanggaran yang kuat," dalam hal ini praktisi meluncurkan serangan preemptive begitu agresif bahwa lawan tidak memiliki kesempatan untuk menyerang. Yang lain menekankan pertahanan selama pelanggaran, mencatat bahwa hampir semua teknik dalam bentuk Fist panjang adalah counter terhadap serangan. Fist lama menggunakan besar, panjang, gerakan memutar untuk meningkatkan mobilitas tubuh secara keseluruhan pada otot, tendon, dan sendi. Lanjutan teknik Fist panjang termasuk qin na bersama-locking teknik dan jiao Shuai lemparan dan takedowns. [ rujukan? ]
Gaya Fist panjang dianggap mengandung keseimbangan yang baik dari tangan dan teknik kaki, tapi terutama itu terkenal karena tendangan akrobatik mengesankan. [ rujukan? ] Dalam peristiwa demonstrasi, teknik Fist panjang adalah yang paling populer dan mudah diingat untuk berputar-putar mereka, menjalankan , melompat, dan akrobat. Kontemporer Changquan bergerak sulit dilakukan, membutuhkan fleksibilitas yang besar dan atletis sebanding dengan senam.
Arsenal Fist Long dari tendangan meliputi semuanya mulai dari depan dasar kaki-tendangan tendangan back-melompat, dari menyapu tendangan rendah ke-tornado. Secara khusus, khas bergerak dalam termasuk Changquan modern: xuanfengjiao (旋风脚; "angin puyuh tendangan") , xuanzi (旋子, "kupu-kupu melompat") , cekongfan (侧空翻; "sisi jungkir") , dan tengkongfeijiao (腾空飞脚; "terbang melompat tendangan ") .

Isi

Fist Panjang Tradisional

Fist Panjang tradisional memiliki jumlah yang sangat kecil teknik yang dipelajari dengan cepat sekali seseorang telah menguasai tiga sikap Fist umum Long Kuda, Naga dan Ular. Dengan Punch Gedung Bundar Winding, Meteor Fist Punch, punch Uppercutting Panjang, Punch Fist Lookup dan Gorilla Twin punch semua teknik tangan tertutup. Menambahkan Jurus Gedung Bundar Winding atau Berputar gaya asli selesai. Variasi hanya pada praktisi diperbolehkan Fist panjang untuk juga menyerang dengan lengan kedepan-dan tulang keringnya, bukan hanya kaki dan tangan, meskipun masih menggunakan teknik yang sama dan gerakan. Tidak ada blok di Fist panjang, meskipun pelaksanaan teknik Fist panjang memungkinkan 'menyikat' selain serangan sementara pengiriman teknik yang kuat. [ rujukan? ]
Praktisi dari Fist Panjang dilatih gaya mereka di pohon-pohon hidup, pengerasan anggota tubuh mereka, meningkatkan fondasi mereka dan sikap, dan berlatih untuk memecahkan tulang.

Sejarah Tinju Panjang

Inti dari Changquan / Long Fist dikembangkan pada abad ke-10 oleh Zhao Kuangyin , pendiri Kaisar dari Dinasti Song (960-1279). Gayanya disebut Tàizǔ Changquan, yang berarti "gaya Fist panjang Kaisar Taizu . " Dalam semi-legendaris "klasik" tulisan-tulisan yang dikirimkan oleh Taijiquan 's Yang keluarga, seni bela diri mereka disebut oleh Changquan nama di salah satu teks yang diterima. Teks-teks ini hanya bisa dibubuhi tanggal dengan paruh kedua abad ke-19. Fist panjang wǔshù kontemporer mengacu pada Chāquán , "bunga tinju" Huāquán, Pao Chui , dan "tinju merah" (Hongquan).
Luas dianggap memiliki pengaruh Shaolin kuat, Fist Panjang tradisional dipromosikan di Nanjing Institute Guoshu oleh Han Qing-Tang (韩庆堂), yang terkenal Fist panjang dan qin na ahli. Setelah kekalahan Chiang Kai-Shek dan penutupan berikutnya dari lembaga, baru Republik Rakyat Cina dibuat kontemporer wushu , olahraga seni populer terinspirasi sebagian besar oleh Fist Panjang tradisional Namun, evolusi baru Changquan berbeda dengan gaya lama dalam bahwa itu adalah pameran-fokus.. Tinggi, tendangan melompat lebih rumit dan sikap rendah diadopsi, dalam rangka menciptakan lebih estetis bentuk menyenangkan. Aplikasi kemudian disediakan untuk olahraga Sanshou , yang disimpan agak terpisah dari taolu (bentuk).

Subtipe dari Fist Panjang

Sebuah kurikulum Fist sampel Panjang

Utara Shaolin Kung Fu Panjang Fist Termasuk:
  1. Barehand Formulir
  2. Senjata
  3. Qin Na Dui Da (keterampilan Mengunci Bersama & set)
  4. Berjuang Man Rutinitas Dua
  5. Darurat Aplikasi
  6. Besi Palm Pelatihan (Internal)

Bentuk Tangan

  1. Lian Bu Quan (连 步 拳) - Fist Langkah Consecutive Menghubungkan
  2. Gong Li Quan (功力 拳) atau Formulir Daya Fist
  3. Tan Tui (潭腿) atau Kaki bermunculan
  4. Yi Lu Mai Fu (一路 埋伏) atau Jalan Pertama Ambush
  5. Er Lu Mai Fu (二路 埋伏) atau Jalan Kedua Ambush
  6. 20 Metode Memerangi Form atau Er Shi Fa Quan (二十 法 拳)
  7. Duan Da Quan - Memerangi Dalam Quarters Tutup Tinju pendek / Hit Tinju
  8. Hua Quan - Set Pertama Dari Cina Fist Yi Lu Xi Yue
  9. Hua Quan 2 - Set Kedua Cina Fist Er Lu Xi Yue
  10. Hua Quan 3 - Set Ketiga Dari Cina Fist San Lu Xi Yue
  11. Hua Quan 4 - Set Keempat Dari Cina Fist Si Lu Xi Yue
  12. Hua Quan 2 2 Man - Set Kedua Cina Dua Berjuang Fist Man Set Er Lu Xi Yue
  13. Hua Quan 4 2 Man - Set Keempat Of Fist Cina Dua Berjuang Man Set Si Lu Xi Yue

Bentuk Tangan menjelaskan

  • Lian Bu Quan (连 步 拳) - Consecutive Menghubungkan Fist Langkah: Shaolin paling dasar Fist bentuk panjang yang berisi lebih dari 70 aplikasi.
  • Gong Li Quan (功力 拳) atau Power Formulir Fist: bentuk dasar kedua menggunakan ketegangan dinamis pada akhir setiap teknik yang mengembangkan otot dan tendon. Berisi lebih dari 70 aplikasi.
  • Tan Tui (潭腿) atau Kaki bermunculan: berisi musim semi seperti tendangan.
  • Yi Lu Mai Fu (一路 埋伏) atau Jalan Pertama Ambush: bentuk peralihan yang dianggap sebagai "dasar" dari Fist Long. Berisi teknik halus dirancang untuk lawan trik.
Posisi yang digunakan dalam sistem Fist Panjang
  1. Ma Bu (马步) ( Posisi Kuda )
  2. Deng Bu Shan (登山 步) / Gong Jian Bu (Mountain Climbing Sikap / Bow dan Sikap Panah)
  3. Jin Ji Du Li (金鸡 独立) (Rooster Berdiri Golden Satu Sikap Kaki)
  4. Xuan Ji Bu (玄机 步) (False / Cat Stance)
  5. Zuo Pan Bu (坐 盘 步) (Dilalui-Kaki Stance)
  6. Fu Hu Bu (扶 虎 步) (Posisi Flat)
  7. Si-Bu Liu (四六 步) (Empat Enam Stance)
  8. Tun Bu (吞 步) - mirip dengan Sikap Salah, tapi dengan jari kaki dan tumit di tanah
  9. Sikap Setengah Kuda (kaki Timbal berbalik ke depan)

Senjata pelatihan

  1. Panjang Staf ( Gun )
  2. Pedang Lebar ( Dao )
  3. Ganda Ujung Pedang
  4. Tombak ( Qiang )
  5. Chain / Sembilan Bagian Cambuk ( Bian )
  6. Dragon Phoenix Pedang
  7. Payung
  8. Lurus Pedang ( Jian )
  9. Pedang ganda ( Shuang Jian )
  10. Ganda Pedang Lebar ( Shuang Dao )
  11. Pudao
  12. Meteor Hammer
  13. Kait Pedang

Lihat juga

7.Chuojiao


Chuōjiǎo ( Cina : 戳脚; pinyin : Chuōjiǎo; harfiah "menusuk kaki") adalah seni bela diri Cina yang terdiri dari banyak melompat, tendangan, tinju dan urutan cepat. Pekerjaan tangan dan kaki bersama-sama dan menyerang terus maju, seperti "meteorit jatuh", tidak pernah memberikan lawan waktu untuk pulih. Para qinggong bagian dari pelatihan ini gaya melibatkan praktisi melompat dinding dengan beban berat ditempelkan / nya betis. Gaya ini dipraktekkan terutama di pusat kota Hebei, China utara, Beijing dan Liaoning di Utara-timur Cina. [1]

Isi

Sejarah

Chuōjiǎo berasal dari Utara Dinasti Song (960-1127) dan menjadi populer pada Ming dan Qing Dynasties (1368-1911). Sumber dari Wu Binlou, pakar Chuojiao terkenal dan pendiri gaya Beijing, percaya Chuōjiǎo berasal dari gaya Keluarga Wen Tinju dari dinasti Song (960-1279). [2]
Chuōjiǎo adalah disebabkan Deng Liang , yang dikatakan telah menciptakan gaya pada dasar dari 18 drama kaki dasar. Ia mengembangkan dasar-dasar menurut perhitungan sempoa Cina untuk membentuk rantai kaki memainkan menggabungkan 108 trik. Menurut legenda, ia kemudian mengajar biksu Zhou Tong gaya, yang kemudian memberikannya kepada muridnya Jenderal Yue Fei .
Beberapa perompak yang muncul dalam novel terkenal The Water Margin , seperti Wu Song , adalah ahli dalam gaya ini, hal ini mengapa Chuojiaoquan itu bergantian dikenal sebagai "gaya Air Margin Outlaw". Ia juga dikenal sebagai Yuanyang Tuǐ (鸳鸯腿) atau "Kaki Bebek Mandarin." Dalam bab 28 The Water Margin itu yang berjudul "Drunken Wu Song Jiang mengalahkan Menshen pemilik penginapan", disebutkan bahwa Wu Song menggunakan langkah berikut:. "Langkah cincin nephrite, kaki bebek mandarin" [3]
Feng Keshen (冯克善), seorang jenderal gagal Pemberontakan Taiping dari awal abad 19, adalah seorang Chuōjiǎo Fānziquán master. Setelah kegagalan pemberontakan itu, Feng pergi mengasingkan diri dengan dua ahli lainnya Youyi Tang di Provinsi Hebei di Raoyang, tempat ia mengajar Fānziquán, yang menekankan tangan, kepada keluarga Wang dan Chuōjiǎo, yang menekankan kaki, untuk keluarga Duan. Selama latihan, keluarga akan bertukar teknik.

Gaya

Setelah Guru Zhao Canyi (赵灿益), Chuojiao telah berkembang menjadi banyak cabang seperti di bawah ini [4] [5] [6] [7] :
Liu Keluarga Chuojiao: Apakah tersebar di seluruh Li County, begitu banyak sehingga sebagian besar daerah dapat berlatih beberapa aspek Chuojiao bahkan sampai hari ini. Liu Guanlan mengajarkan generasi ketiga Guo Gexi, Liu Songlin, Liu Zhenguo, Li Gepu dan Liu Zhenjiang. Liu Keluarga Chuojiao merupakan perwakilan dari Lixian Chuojiao atau Hebei Chuojiao. Perwakilan saat ini meliputi Zhang Shuanglong, Wang Zhiyi, Zhang Xiaowang, Liu Zhenmin, Liu Xuehui dan Linsheng Cui.
Duan Keluarga Chuojiao: Saudara-saudara Duan diajarkan di Raoyang generasi ketiga berikut: Liu Laowang, Waktu Li, Jia Laokai, Zhang Laoxiao, dan lainnya. Gaya ini biasanya dikenal sebagai Raoyang Chuojiao. Perwakilan saat Raoyang Chuojiao termasuk Li Jiantao, Song Qingbo, Ma Yongchao, Li Juncai, Li dan Li Zhenguo Jiankuan.
Wang Keluarga Chuojiao: Wang Zhanao yang belajar dengan ayah Wang Zhiguo dan Zhao Canyi, diajarkan Zhang Jingtian, Wang Zhong Li yang kemudian diajarkan orang lain. Selain itu ia mengajar Xu Zhaoxiong yang kemudian membawa gaya untuk Dongbei.
Zhao Keluarga Chuojiao: Zhao Yiguan diajarkan di daerah Gaoyang dan Baoding termasuk Zhao Zhenben, Zhao Laoxian, Chen Yuanhu, Zhou Yuxiang dan lainnya. Memperhatikan bahwa gaya ini memiliki pengaruh konsolidasi generasi sebelumnya melalui Wang Zhiguo dan dalam generasi kedua dari Raoyang (Li Timing) dan Lixian (Liu Zhenjiang). Gaya ini biasanya disebut sebagai Gaoyang Chuojiao. Beberapa perwakilan kini Zhao Keluarga Chuojiao termasuk Zhao Haowei dan Wu Chanlong (Nephy Perez)
Wei Keluarga Chuojiao: Wei Changyi diajarkan termasuk berbagi dengan praktisi Xingyi, tetapi murid utamanya adalah Wei Zankui yang pada gilirannya mengajarkan Beijing terkenal Chuojiaofanzi Wu Binlou. Selain itu Wei Laofang diajarkan Chuojiao di Li kabupaten dan murid-muridnya menyebar seni di daerah Zhangjiakou dan barat Cina seperti provinsi Gansu. Beberapa cabang juga dikenal sebagai Lixian Chuojiao. Beberapa perwakilan saat ini Beijing ChuojiaoFanzi termasuk Hong Zhitian dan Liu Xuebo. Perwakilan saat ini Wei Laofang sekolah termasuk Sun Deyu dan Kang Yiwu. melihat www.halifaxwushu.com untuk informasi lebih lanjut tentang cabang ini
Yin Keluarga Chuojiao: Yin Chun Zhang mengajarkan anaknya Yin Ruyan, yang pada gilirannya mengajarkan Yin Xuelang. Yin xuelang telah mengadakan keterampilan dalam keluarga sampai abad ke-20 ketika ia mengajar Liu Renyi dan Zhang Hong, master saat ini dan dai keluarga ini Chuojiao. Gaya ini juga disebut sebagai "Gu Zhizi".
Kemudian cabang berasal dari yang asli di atas termasuk:
Zhang Keluarga Chuojiao: Zhang Jing Tian, ​​adalah murid dari Guru Wang Zhi Guo. Dia melewati keterampilan Zhang Heng Qing, dijuluki "Iron Kaki Zhang Heng Qing" diajarkan Chuojiao di Yangzhou Wang Qing Fu, Dia Yu Shan, Tian Chun dan lain-lain
Gao Keluarga Chuojiao: Dalam Shenyang master dari Li county dengan nama Gao Bai Quan diteruskan gaya jiao Chuo bernama "Di Gong Chuo Jiao" (Ground Keterampilan Chuo Jiao). Guru Gao Li lahir di daerah dan memulai pracitce dari Chuo Jiao pada usia 11 di bawah tuan Wang Yong Cen (murid Wei Lao Fang yang belajar dengan Zhao Can Yi).
Xu Keluarga Chuojiao: Xu Zhaoxiong, adalah seorang mahasiswa Wang Zhanao (Anak Wang Zhiguo dan murid Zhao Canyi). Guru Xu membawa Chuojiao dan disebarkan seni di daerah Dongbei (Liaoning dll). Hal ini juga dikenal sebagai Dongbei Chuojiao.
Hu Keluarga Chuojiao: Hu Feng San, dijuluki "Hua Qiang Hu" (Bunga Tombak Hu) untuk perintahnya tombak, adalah seorang master seni bela diri lainnya (Shaolin, Xingyi dll) sebelum belajar dengan saudara-saudara Duan di Raoyang. Dia mengajarkan urutan Wen Tang Zi (Urutan Ilmiah) untuk siswa di kota Shenyang di Provinsi Liaoning, bahwa ia dikatakan telah dibuat setelah mempelajari dengan saudara-saudara Duan di Rao Yang. Dikatakan bahwa ia menguasai tendangan pendek besar Duan keluarga. Hal ini juga dikenal sebagai Dongbei Chuojiao.

Teknik

Rutin bela diri adalah asal dari Chuojiao (kaki menyembul Chuan). Rutin bela diri di Shenyang kemudian dikenal sebagai Hao gaya Chuojiao, yaitu kaki menyembul Chuan dinamai Hao Mingjiu. Ini fitur bergerak kuat namun nyaman dan pukulan yang akurat dan menggabungkan berbagai trik kaki halus. Tangan dan kaki bekerja sama dengan baik untuk keuntungan yang lebih baik dengan panjang mencapai. Serangan nya adalah pendek tapi berakibat fatal. Kekerasan adalah inti dari Chuojiao yang menggabungkan dengan melembutkan. Rutin terdiri dari sembilan saling terkoneksi rutinitas kaki kembar. Rutinitas ini bisa dipraktekkan baik satu per satu, atau dihubungkan bersama. Kaki memainkan panggilan untuk kerjasama erat antara kaki yang mengapa itu disebut kembar kaki bermain. Lain kaki menyembul Chuan disebut sembilan jatuh 18-jatuh Chuan.
Rutinitas ilmiah merupakan turunan dari rutinitas bela diri. Dikatakan bahwa pada masa pemerintahan Kaisar Guangxu (1875-1908) dari Dinasti Qing, petinju Hu Fengsan Shenyang belajar dari ketenaran Chuojiao majikan, Duans di Provinsi Hebei, dan melakukan perjalanan 500 kilometer untuk belajar dengan dia. Setelah bertahun-tahun kerja keras, Hu datang untuk memahami rahasia Chuojiao dan kembali ke kota asalnya, di mana ia dikembangkan lebih lanjut seni ke dalam rutinitas ilmiah, yang dikenal kemudian sebagai Chuojiao Hu-gaya. Hal ini ditandai dengan sikap yang indah dan kompak dan gerakan yang jelas, akurat dan bervariasi. Hal ini juga sangat cepat dalam memberikan kedua tinju dan pukulan kaki. Gaya ilmiah memiliki rutinitas seperti 12-langkah Chuan, 18-langkah Chuan, terbang menelan Chuan (kecil terbang menelan Chuan), lengan Chuan, memutar-ring Chuan, giok-ring Chuan, enam metode Chuan, 2-8 Chuan, 2-8 kaki drama, 16-langkah Chuan, 24-langkah Chuan, 32-langkah Chuan, Chuan jatuh lembut, berkaki satu 80-langkah kaki drama, satu tangan 81-langkah bermain tinju, dll
Para sarjana bela diri jatuh Chuan telah menggabungkan kekuatan dari rutinitas bela diri dan sarjana, terutama teknik agresif. Hal ini diatur sesuai dengan ritme menyerang dan bertahan seni bela diri dan menggabungkan gerakan tinggi-rendah, rilis-menangkap, ekstensi-fleksi dan lurus-bulat. Trik Its, kombinasi gerakan, masih latihan, kekerasan, kekenyalan, substansial dan bergerak substansial yang terencana dan akurat. Trik baru termasuk kaki keterampilan tanah menyembul, kaki menyembul Tumbang, Shaolin kaki menyembul, kaki kaki menjentikkan menusuk, bebas pikiran kaki menyembul, delapan diagram kaki menyembul, dll Semua ini memiliki gaya mereka sendiri, bentuk, ritme dan teknik.

Sumber

Lihat juga

8.Choy Gar


Choy Gar, juga Caijia Quan (Cina:蔡家拳, tinju keluarga Choy) adalah seni bela diri Cina yang berasal namanya dari Gau Choy Lee (蔡九仪) (Choy Tsing Hung) dan merupakan salah satu dari lima gaya keluarga utama dari Kung Fu di Cina Selatan. Gaya ini menekankan gerak kaki yang cepat dan serangan yang cepat.
Memiliki asal-usul di Kuil Shaolin Selatan itu akan kemudian dikombinasikan dengan berbagai Kung Fu Ular untuk memasukkan sikap yang lebih rendah dan gerak kaki lebih cepat. Choy Gau Yee menambahkan tendangan lebih gaya, sehingga membedakan beberapa teknik lagi yang berkisar dari orang-nya Kung Fu Ular asal-usul. [ rujukan? ]

Isi

Awal sejarah-Shaolin Legacy

Menurut legenda, para biarawan dari Biara Shaolin tidak hanya mengembangkan filsafat dan meditasi, tetapi mereka juga mempelajari seni pertempuran. [ rujukan? ]

Choy Gar-Pembentukan

Pada abad ke-17 Manchurians menguasai Cina di bawah dinasti Qing. Mayoritas orang-orang Cina, karena Han-Cina, merasa bahwa negara mereka telah menyerang dan itu adalah waktu pemberontakan. Terutama kuil Shaolin di China utara dikatakan telah menjadi tempat di mana pemberontak berkumpul untuk melatih dan memobilisasi, dan Manchurians mengetahui hal ini. Mereka mulai menyerang kuil dan biksu banyak melarikan diri ke Cina selatan untuk mencari perlindungan. Banyak datang ke Fujian [1] , sec bagian tentang Fukien (Fujian) </ ref> provinsi dan salah satunya adalah seorang biksu yang dikenal sebagai Sim Sum Gee Lihat ( Gee Sim Sim Lihat ). Wah Sum Sim Takhta memiliki banyak siswa tetapi semua muridnya lima menonjol dan terkenal di Cina selatan. Dua dari mereka adalah Choy Gau Yih蔡九仪(一说蔡展光) dan Hung Hei Guan yang mendirikan Choy Gar dan Hung Gar dan tiga lainnya didirikan Mok Gar , Li gar ( Choi Lei Fut memiliki bagian dari asal-usul dalam gaya itu) dan Lau Gar . [2] Dari kelima gaya hanya Hung Gar mampu mengembangkan jauh karena ikatan yang erat dengan revolusi-revolusi di selatan China terhadap dinasti Manchu dari Ching di mana penciptanya Hung Hei Gung atau Hong Xi Kuan berpartisipasi. Empat lainnya gaya tidak memiliki keberuntungan yang sama dan saat ini sangat sulit untuk menemukan mereka dalam keadaan aslinya, seperti halnya dari Gar gaya Lau yang bentuk telah dimasukkan dalam gaya Hung; gaya Lei yang teknik telah termasuk dalam Choy Lee Lemak dan gaya sangat Choy yang teknik, bentuk dan filsafat telah lulus untuk membentuk bagian dari gaya seperti Ka Chow, Jow Ka, Choy Lei Lemak dan Wing Chung. Pada saat Choy sangat jarang terjadi, dibungkus dengan misteri dan halo rahasia, dan meskipun disebutkan dalam hampir semua cerita dari Kung Fu dari Cina Selatan hanya sedikit yang dapat dianggap master bentuknya dan teknik. [3]

Gaya

Choy gar adalah gaya bela diri yang berlatih sikap rendah dan gerak kaki yang cepat seperti itu dari tikus. Tubuh dan lengan dimaksudkan untuk menyerupai gerakan menyerang cepat ular. [4] Berbeda dengan gaya shaolin utara yang memiliki luas, teknik yang lebih terbuka, gerakan Choy Gar yang pendek dan cepat akan lebih cocok untuk gang-gang yang penuh sesak dan jalan-jalan padat penduduknya Cina selatan. Sikap rendah dan kekuasaan dalam teknik pada saatnya akan mengembangkan kekuatan batin dalam praktisi. Ini adalah fondasi dasar untuk menciptakan gerakan yang efektif, kemampuan dan tindakan dari tubuh. Hanya melalui satu ini benar-benar dapat memahami berbagai teknik Kung Fu dan karakter khas.

Pelatihan

Seseorang dapat memulai dengan membangun fisik dalam cara yang baik. Stamina, kekuatan dan latihan fleksibilitas dikombinasikan dengan teknik peregangan dan dasar. Pelatihan dilakukan dalam posisi rendah (Chapma) untuk meningkatkan kekuatan kaki. Pada gaya Choy, kaki yang kuat adalah suatu keharusan untuk melakukan teknik dengan cara yang benar. Kekuatan tubuh bagian bawah adalah dasar dari Choy. [5] Teknik-teknik dasar (pukulan, tendangan dan blok) disatukan ke dalam kombinasi bentuk yang berbeda. Kita belajar bentuk dalam dua versi, ke samping dan ke depan dan diwajibkan untuk melaksanakannya melawan Sifu pada kecepatan tertentu dan tanpa kios.
Semua berbagai teknik Choy Gar dapat ditemukan dalam bentuk-bentuk berikut:
Choy Gar Formulir
"Tarian pertama"
4 Kombinasi
Choy Wi Poo (Inti dari
Choy Gar dapat
ditemukan dalam bentuk ini)
Chi Poo (bentuk A sangat
dipengaruhi oleh Hung Gar)
Suilan
Sikwa
Babi Tari
Staf Formulir
Pedang Formulir
Ta Shon (The terpanjang dan paling
bentuk lengkap, mengambil
lebih dari 15 menit
melakukan)
Choy Gar silat didasarkan pada teknik pendek dan berirama yang dapat meminimalkan daerah lawan dapat menyerang yang pada gilirannya menjadi pertahanan diri yang efektif (ini sangat individual dan bergantung pada masing-masing dan cara setiap siswa dari membangun kekuatan tubuh bagian bawah).

Beberapa rutinitas dan teori

(Pola tinju lintas - 十字 拳),
(Big Drum Surga 大 运 天)
(Kecil Drumb Surga 小 运 天),
(Horizon Surga 天边 雁)
(Pohon willow Patah Plum 柳 碎 梅)
(Empat gajah Fist 四象 拳),
(Siku Fist 拳 肘 手)
(Fist Enam Termasuk - 六连 拳)
(100 Birds Nest Turn Over - 百鸟 归 巢)
(Tongkat Akhir Single - 单 头 棍)
(Tongkat Akhir Double - 双头 棍)
(Choy Ga 3 Panah Big Arrowhead dan sebagainya - 蔡家 三 矢 大 钯 等)
(Cepat & Pintar - 快速 灵巧)
(Agile dan dapat berubah - 敏捷 多变)
(Menghilang tubuh untuk meminjam kekuatan - 消 身 借力)
(Karena Potensi Keuntungan terkemuka - 因势利导)
(Dodging terampil - 闪 化 巧 取)
(Manusia Hanya Bisa menang dengan Keterampilan - 只 可以 巧 取胜)
Jangan berdebat dengan lengan diperpanjang - 不可以 力争 衡 Terbaik untuk menyerang pintu samping - 所以 着重 偏门 攻击
(Kuda Segitiga Melangkah demi Langkah Segitiga Terutama - 马步 以 三角 步 为主)
(Bridge Kuda Hung Ga - 洪 家 讲 桥 马)
(Fast Menekan dari Choy Ga - 蔡家 讲 快打)
(Formula Taktik 口诀 有

gaya Terkait

Choy Gau Gung diajarkan pendiri Jow Ga, Jow Paru.
Choy Fook diajarkan pendiri Choy Li Fut , Chan Heung
Sebuah sistem hibrida yang dikenal sebagai Choy Mok 蔡 莫 派 (kombinasi Choy ga & Mok Ga) ada. - (Jauh Mei Sau Formulir Tangan)




9.Choy Li Fut

Choy Li Fut (Kanton) atau Cai Li Fo (Mandarin) ( Cina : 蔡李佛; pinyin : Cai Lǐ FO; Kanton Yale : Choi3 Lei5 Fat6; alias Choy Lee Fut Kung Fu) adalah seni bela diri Cina didirikan pada tahun 1836 oleh Chan Heung (陈享). [1] Choy Li Fut ditunjuk untuk menghormati biksu Choy Fook (蔡褔, Cai Fu) yang mengajarinya Choy Gar , dan Li Yau-San (李友山) yang mengajarinya Li Gar , ditambah pamannya Chan Yuen-Wu (陈远护), yang mengajarkan kepadanya Fut Gar , dan dikembangkan untuk menghormati Buddha dan akar Shaolin dari sistem. [2]
Sistem ini menggabungkan seni teknik bela diri dari berbagai Utara dan Selatan Cina kung-fu sistem; [3] lengan yang kuat dan teknik tangan dari Shaolin bentuk hewan [4] dari Selatan, dikombinasikan dengan, gerakan diperpanjang melingkar, tubuh memutar, dan gerak kaki lincah yang menjadi ciri khas seni bela diri China Utara. Hal ini dianggap gaya eksternal, menggabungkan teknik lunak dan keras, serta menggabungkan berbagai senjata sebagai bagian dari kurikulumnya. [5] Choy Li Fut adalah sistem pertahanan diri yang efektif, [6] terutama terkenal karena pertahanan terhadap penyerang ganda. [7] Ini berisi berbagai teknik, termasuk pukulan jarak jauh dan pendek, tendangan, menyapu dan mengambil surut, serangan tekanan titik, kunci bersama, dan bergulat. [8] Menurut Bruce Lee : [9]
"Choy Li Fut adalah sistem yang paling efektif yang pernah saya lihat untuk melawan lebih dari satu orang. [Itu] adalah salah satu gaya paling sulit untuk menyerang dan mempertahankan diri Choy Li Fut adalah gaya hanya [kungfu]. Yang perjalanan ke Thailand untuk melawan petinju Thailand dan tidak hilang. " -Bruce Lee

Isi

Pendiri

Chan Heung (陈享), juga dikenal sebagai Din Ying (典英), Daht Ting (逹庭), Chen Xiang Gong, dan Chen Xiang (baik dalam bahasa Mandarin), lahir pada tanggal 23 Agustus, 1806 atau 10 Juli 1806 dari kalender lunar, di King Mui京梅(Ging Mui), sebuah desa di San WOI新会(Xin Hui) Kabupaten Jiangmen, Guangdong provinsi Cina. [1]
Chan Heung paman Chan Yuen-Wu (陈远护), seorang petinju dari kuil Shaolin yang telah dilatih di bawah Du Zhang Monk (独杖禅师), [10] yang mulai mengajar dia Gar Fut (佛家) gaya bela diri Cina seni ketika ia berusia tujuh tahun. Ketika Chan Heung lima belas tahun, Chan Yuen-Wu membawanya ke Li Yau-San (李 友 山), teman sekelas Senior Chan Yuen-Wu dari kuil Shaolin. Li Yau San telah dilatih di bawah Zhi Shan Monk (至善禅师). [10]
Di bawah instruksi Li Yau-San, Chan Heung menghabiskan empat tahun ke depan belajar Li Gar gaya. Terkesan dengan kemampuan bela diri Chan Heung itu seni, Li Yau-San menyarankan agar ia berlatih dengan seorang biarawan Shaolin disebut Choy Fook (Cai Fu,蔡褔) untuk belajar Choy Gar , [11] gaya Shaolin Utara wushu武术, serta Cina kedokteran dan teknik Shaolin lainnya.
Menurut legenda, biarawan Jee Sin Sim Lihat (至善禅师) dikatakan telah menjadi salah satu legendaris Lima Sesepuh - bersama dengan Ng Mui (五梅大师), Fung Doe Duk (冯道德), Miu Hin (苗显) dan Bak Mei (白眉道人) - yang selamat dari penghancuran Kuil Shaolin kadang selama Dinasti Qing an. [7]
Para pendiri dari lima gaya keluarga besar of Southern seni bela diri Cina; Hung Gar , Choy Gar , Mok Gar , Li Gar dan Lau Gar, yang masing-masing, Hung Hei-Gun (洪熙官), Choy Gau Yee (蔡九仪), Mok Da Si (Mok Ching-Kiu,莫清矫), Li Yau-San (李友山), dan Lau Sam-Ngan (刘三眼);. dan semua dikatakan telah siswa dari Jee Sin Sim Lihat [12] [13 ] Choy Fook telah belajar seni bela diri dari Choy Gau Yee (蔡九仪), pendiri Gar Choy . [11]
Choy Fook telah dilatih di bawah lima guru, selama bertahun-tahun. Guru Nya Jue Yuan Monk (觉远上人), Yi Guan Monk (一贯禅师), Li Sou (李叟), Bai Yu Feng (白玉峰), dan Cai Yi Jiu (蔡九仪). [10] Pada saat itu Chan Heung mencari dia keluar, dia hidup sebagai pertapa di Lau Fu gunung (罗浮山) dan tidak lagi berharap untuk mengajar seni bela diri. Chan Heung berangkat ke gunung Fu Lau menemukannya. Ketika Choy Fook adalah di kuil Shaolin, ia telah serius dibakar, dan kepalanya sudah sembuh dengan bekas luka. Hal ini memberinya julukan "Monk dengan Kepala Terluka" (烂头 和 尙). Menggunakan deskripsi itu, Chan Heung akhirnya terletak biarawan dan menyerahkan surat rekomendasi dari Li Yau-San. Namun, Chan Heung kecewa ketika Choy Fook menolaknya. Setelah mengemis banyak, Choy Fook setuju untuk mengambil anak muda sebagai mahasiswa, tetapi hanya untuk mempelajari agama Buddha . [14]
Suatu pagi, ketika Chan Heung sedang berlatih seni bela diri, Choy Fook menunjuk sebuah batu berat dan mengatakan kepadanya untuk menendang ke udara. Chan Heung diberikan semua kekuatannya sebagai kakinya menabrak batu, mengirimnya dua belas kaki (3,7 m) jauhnya. Alih-alih dipuji, ia menyaksikan Choy Fook ditempatkan kaki sendiri di bawah batu berat dan mudah didorong melalui udara. Chan Heung terpesona oleh demonstrasi ini. Sekali lagi ia memohon Choy Fook mengajarinya seni bela diri. Kali ini biarawan itu setuju, dan selama sembilan tahun, Choy Fook diajarkan Chan Heung kedua cara agama Buddha dan cara seni bela diri. [15]
Ketika ia berusia dua puluh delapan, Chan Heung meninggalkan Choy Fook dan kembali ke desa Mui Raja pada tahun 1834, di mana ia direvisi dan disempurnakan segala yang telah dipelajarinya. Pada tahun 1835, Choy Fook memberikan saran Chan Heung dalam bentuk sebuah puisi khusus yang dikenal sebagai bait ganda, sebagai berikut:
龙虎 风云 会, Naga dan harimau bertemu sebagai angin dan awan.
徒儿 好 自 为, murid saya, Anda harus merawat masa depan Anda.
重 光 少林 术, Untuk menghidupkan kembali seni dari Shaolin,
世代 毋 相 遗. Jangan biarkan generasi masa depan melupakan ajaran ini.
Pada 1836, Chan Heung secara resmi mendirikan Choy Li Fut sistem, bernama untuk menghormati 3 nya guru: bahwa biksu Buddha, Choy Fook, yang mengajarinya Choy Gar , dan Li Yau-San yang mengajarinya Li Gar , ditambah pamannya Chan Yuen- Woo陈远护, yang mengajarinya Fut Gar , dan dikembangkan untuk menghormati Buddha dan Shaolin Kung Fu akar dari sistem. [2]

Karakteristik

Chan Heung陈 享direvisi dan disempurnakan semua yang ia pelajari dari guru dan dengan murid-muridnya, yang didirikan tangan standar dan teknik kaki. [16] [17]
Teknik tangan Choy Li Fut yang mengandung 10 unsur 十 诀: Kum 擒 menampar atau menekan defleksi sawit, Na 拿 lengan jembatan menembak, GWA 挂 kembali tinju, Jadi 扫 menyapu, TSOP 插 yin / mogok buku jari, Pow 抛 tembakan listrik ke atas, Jong 撞kecil kekuatan tembakan ke atas, Chaw爪cakar, Bin鞭berayun daya tembakan, Pei劈memotong, dan Lui Yin擂阴yin / tinju. [18] teknik kaki Choy Li Fut yang berisi 6 elemen: Chan撑bracing, Ding钉dipaku, Liu Tat 撩 踢 menendang, Jadi 扫 menyapu, Jet 截 pemblokiran, Au 勾 hook, dan Dan 弹 bermunculan. Ada 8 teknik tentang bagaimana teknik tangan dan kaki diterapkan. Mereka adalah: Yin阴negatif, Yang阳positif, Kong刚keras, Yau柔lembut, Hui虚palsu, Shi实nyata, Tou偷mencuri, dan Lau溜menyelinap. [1] [19]
Para sikap dari Choy Li Fut sama tingginya dengan lain gaya seni bela diri, seperti Hung Gar , tapi tidak setinggi yang dari Wing Chun . Hal ini memungkinkan praktisi untuk bergerak cepat selama pertempuran tanpa mengorbankan stabilitas dan pembangkit listrik. Yang unik dengan gaya Li Fut Choy kadang-kadang disebut "mencambuk", dimana tubuh bagian atas praktisi berputar untuk menghasilkan tenaga lebih dalam melaksanakan tangan dan teknik lengan. Di lain gaya seni bela diri, tubuh bagian atas kurang dinamis, lebih menekankan pada stabilitas dan generasi tenaga statis. [19] Perbedaan lainnya termasuk bagaimana sikap praktisi harus sambil menghadap lawan mereka. Dalam Hung Gar dan Wing Chun gaya, praktisi memegang tegak lurus batang tubuh mereka untuk lawan, untuk memungkinkan penggunaan penuh dari kedua lengan. Sebaliknya, Choy Li Fut memegang batang tubuh membentuk sudut dengan lawan untuk mengurangi daerah sasaran terkena kepadanya, dan untuk memungkinkan jangkauan lebih praktisi. Sikap di depan Choy Li Fut memiliki kaki bengkok depan miring dalam untuk melindungi selangkangan, sementara lainnya beladiri sistem memiliki kaki bengkok depan menghadap ke depan. [19]
Selama pertempuran antara pasukan revolusioner anti-Qing dan pemerintah (1850-1877) , siapa pun milik sistem Li Fut Choy akan mengidentifikasi diri mereka dengan menangis keluar "yak" ketika memukul dengan telapak tangan, "wak" ketika menyodorkan dengan tangan cakar harimau, "ha" ketika memukul dengan tinju, "Hok" bila menggunakan derek mogok paruh, dan "dik" saat menendang. [1] [20] Suara ini unik untuk sistem Li Fut Choy.
Chan Heung陈 享mencatat penemuannya dan pengetahuan atas kertas untuk para calon mahasiswa untuk mengikuti dan akhirnya tercatat lebih dari 250 bentuk dan teknik.

Bentuk

Para Choy Li Fut sistem memiliki lebih dari 150 orang pun beragam, beberapa orang, senjata, dan bentuk pelatihan aparat, [21] misalnya jong Ching , Sui Sau Jong, dan Jong Ma. [22] Karena Chan Heung adalah seorang mahasiswa tiga master Shaolin sangat terampil, setiap guru memiliki bentuk tradisional. Chan Heung juga mengembangkan pelatihan dan bentuk pertempuran dari pengalaman sendiri dan tahun pelatihan. Ada bentuk-bentuk bahkan khusus untuk siswa yang memiliki berbagai bentuk fisik yang berbeda dan kemampuan. Bentuk-bentuk telah direkam ke script yang telah diturunkan kepada tertutup pintunya siswa.
Awalnya, Id Lun Ma 五 轮 马 (Lima Roda Formulir Stance) dan Ng Lun Chui 五 轮 捶 (Lima Roda Formulir mencolok) diciptakan sebagai bentuk pelatihan dasar yang pemula harus menguasai untuk belajar fondasi dasar sikap, gerakan, dan teknik tangan. Sekolah saat ini dan cabang dapat menggunakan pengajaran yang berbeda dan bentuk pelatihan serta kurikulum sendiri dan metodologi mengajar Choy Li Fut. Karena jumlah besar bentuk-bentuk dalam sistem Li Fut Choy secara keseluruhan, tidak diperlukan untuk belajar setiap bentuk untuk menyelesaikan pelatihan di Choy Li Fut. Seperti penyebaran sistem Li Fut Choy, sekolah yang berbeda dan cabang-cabang tambahan yang lainnya master seni bela diri dengan kurikulum mereka, menambahkan bentuk-bentuk baru atau memodifikasi beberapa teknik bentuk. Ini penyebaran dan evolusi Choy Li Fut menghasilkan variasi bentuk dan praktek-praktek yang kita lihat antara sekolah dan cabang.

Senjata

Setelah kedua Utara dan pengaruh Cina Selatan memberikan Choy Li Fut berbagai senjata di gudang persenjataannya. Awalnya, ada 40 senjata dalam sistem Choy Li Fut. Setelah bertahun-tahun mengajar, beberapa master terakhir ditambahkan berbagai bentuk dan senjata lainnya ke dalam sistem. Sekarang, Plum Blossom International Federation memiliki lebih dari 53 senjata diajarkan oleh Grandmaster Doc-Fai Wong. [23]
Salah satu senjata yang eksklusif untuk Choy Li Fut adalah Sembilan Naga-Trident yang dibuat oleh pendiri, Chan Heung. Senjata ini dirancang untuk rusak bagian manapun dari lawan dengan yang mungkin datang ke dalam kontak. Kait banyak dan pisau dapat merebut senjata lawan dan, dengan satu twist, rip dari tangannya. Sembilan-Dragon Trident (Gau Paru Dai Chah,九龙大叉) dikenal sebagai "Raja" dari semua senjata. [24] [25]

Perluasan sistem

Chan Heung陈享mengatur Choy Li Fut pertama sekolah seni bela diri di kuil keluarga lokal desanya. [13] Sebagai penyebaran reputasinya, ratusan orang dari desa-desa terdekat datang untuk belajar Choy Li Fut. Tak lama setelah Chan Heung didirikan sekolah barunya, Perang Candu Pertama terjadi di Cina. Chan Heung bergabung dengan tentara di Canton untuk melawan penjajah Inggris. Setelah kekalahan Cina pada tahun 1842, ia kembali ke rumah untuk keluarganya di King Mui.
Korupsi politik dalam Manchuria yang dikuasai Qing (Ching) dinasti清朝telah memberikan kontribusi terhadap kekalahan China. Antara 1847 dan 1850 para pemimpin Cina banyak membentuk masyarakat rahasia untuk memerangi Dinasti Qing. [26]
Di bawah kepemimpinan Hong Xiu-Quan (洪秀全), [27] Pemberontakan Triad pecah melawan kekuatan Imperial di Guangxi . Pemberontak Hong mengalahkan pasukan Kekaisaran pada tahun 1850 dan selama dua dekade berikutnya Tai Ping Tian Guo (太平天国) kerajaan yang diperintah orang-orang China Han. [28]
Selama era ini, Chan Heung meninggalkan rumahnya di Raja Mui bersama istri dan dua anak, dan mengambil kesempatan untuk mengatur banyak Choy Li Fut sekolah di Cina Selatan untuk membantu menyebarkan ide-ide revolusioner melawan Manchu pemerintah.
Chan Heung memiliki 18 asli Choy Li Fut murid, yang dikenal sebagai Lohan delapan belas (十八 罗汉). Mereka diberi nama untuk menghormati Bodhidharma , yang secara tradisional dianggap telah diajarkan para biarawan Shaolin metode dari Delapan belas tangan asli Lohan, di 527 CE, [29] yang beberapa menganggap pendahulu seni bela diri Shaolin. [30]
Pada tahun 1848, delapan belas asli mulai bercabang untuk mengajar Choy Li Fut seluruh Cina Selatan. Murid pertama yang mengajarkan Choy Li Fut luar Raja Mui adalah Lung Ji-Choi 龙 子 才, yang membuka sekolah di kota Xunzhou 浔 州 di Guangxi 广西 provinsi. Segera setelah itu, Chan-Din Handphone陈典桓memprakarsai pertama Hung Sing Choy Li Fut sekolah di Fut San佛山( Foshan ).
Beberapa murid-murid lainnya delapan belas asli yang dipromosikan sistem kung baru fu adalah: Chan Din-Yao 陈 典 尤 di Nan Hai 南海; Chan Dai-Yup 陈 大 揖 di Guangzhou 广州; Chan Din-Sing 陈 典 承 di Zhongshan 中山; Chan Mau-Jong陈 谋 庄 di Panyu 番禺; Chan Din-Bong 陈 典 邦 di Dong Guan 东莞; Chan Din-Wai 陈 典 惠 di Kaiping 开平; Chan Din-Jen 陈 典 珍 di Taishan 台山; Chan Sun-Dong 陈 孙 栋 di Enping 恩平; Chan Din-Dak 陈 典 德 di Heshan鹤山; Chan Dai-Wai 陈大威 di Zhaoqing 肇庆; Chan Sing-Hin 陈 承 显 di Xinhuicheng 新 会 城; Chan Yin-Yu 陈燕瑜 di Jiangmen 江门. Dan tugas mengagumkan yang dilakukan oleh Chan Dai-Sing 陈大成, Chan Din-Seng 陈 典 胜, Chan Mau-Wing 陈 谋 荣, dan Chan Din-Gung 陈 典 拱, yang mengajarkan Choy Li Fut di dua puluh enam desa di Mui Raja 京 梅daerah.
Secara historis semua Choy Li Fut sekolah akhirnya memiliki asal-usul yang sama, tetapi karena anti- Manchu revolusi pemerintah pertengahan abad ke-19 dan situasi politik yang kacau berikutnya yang ada di Cina, berbagai perubahan nama dan perubahan dalam kepemimpinan menciptakan keyakinan bahwa ada yang dua-benar terpisah Hung Sing Choy Li Fut sekolah.
Bulan Hung洪门partai politik [31] mewakili semua faksi revolusioner, termasuk semua Li Fut Choy perwakilan. Choy Li Fut sekolah memilih untuk menulis nama sekolah mereka dengan berbagai cara untuk menyembunyikan afiliasi mereka dengan Bulan Hung terlarang洪门partai politik dan untuk melindungi diri dari penganiayaan pemerintah.
Banyak Choy Li Fut sekolah harus slogan rahasia selama ini: "Hung 洪 Ying Ji 英 至 Sing 圣; Ying 英 雄 Hung Wing Sing 永 胜." Ini diterjemahkan sebagai: "Pahlawan Partai Hung lebih unggul; Pahlawan selalu menang. " Chan Heung 's陈享pengikut mengadopsi dua kata-kata motto sebagai password rahasia mereka "Hung Sing洪胜" yang berarti "Hung kemenangan Partai" tapi karena terlalu dekat dengan nama Partai Bulan dilarang Hung, mereka mengubah karakter Cina yang terdengar sama dengan Hung Sing 鸿 胜, tetapi ketika ditulis berarti "angsa menang".
Chan Heung陈享anak, Koon-Pak官伯, mengubah karakter Cina Hung Hung untuk鸿雄yang berarti "kuat." Sejak saat itu, Choy Li Fut sekolah di Koon-Pak daerah Mui Raja yang ditunjuk diri dengan slogan Hung Sing雄胜, yang berarti "Kuat Winning," sedangkan Fut San sekolah terus "angsa menang" mereka Hung Sing鸿moto胜.
Fut San adalah tempat tidur panas kegiatan politik. [32] Ada yang kuat Manchu kehadiran di Fut San, dan pertempuran antara pemerintah Manchu dan anggota Bulan Hung berdarah dan sering. Para Fut San Choy Li Fut Sekolah dibuka pada tahun 1848 di bawah Chan Din-Handphone 陈 典 桓 digunakan nama "Hung Sing Kwoon 鸿 胜 馆" (menggunakan "Hung 鸿" karakter itu berarti angsa) untuk menghindari menghubungkan diri dengan Bulan Hung politik 洪门partai dan untuk melindungi diri dari penganiayaan pemerintah.
Pada tahun 1850, Triad pemberontak di bawah pimpinan Hong Xiu-Quan洪秀全, pecah melawan kekuatan Imperial di Guangxi广西. Pemberontak Hong mengalahkan pasukan Imperial dan selama dua dekade berikutnya Tai Ping Tian Guo (太平天国) kerajaan memerintah Cina Han. Ketika Tai Ping Tian Guo (太平天国) pemerintah daerah jatuh pada tahun 1864, pemerintah Manchu kembali kekuasaan lagi. [26] [27]
San Fut Hung Sing cabang sangat populer dan ini mengkhawatirkan Manchu pendukung pemerintah serta persaingan intens dibuat antara sekolah seni bela diri. Rumor dan gosip dari sekolah yang berafiliasi dengan Bulan Hung洪门partai politik menciptakan ketegangan bahkan lebih antara Manchu dikendalikan pemerintah daerah dan sekolah. Awalnya, dimulai oleh Chan-Din Handphone sekitar tahun 1848, sekolah ini berkembang sampai dengan saat kematiannya.
Pada tahun 1867, Chan Heung陈享percaya bahwa Jeong Yim张 炎, adalah murid paling mampu menjadi陈Chan Din-Handphone yang典桓penerus dan merupakan waktu yang tepat untuk membangun kembali Fut San佛山(Foshan) Hung Sing cabang. Segera rumor dan gosip menyebar dengan cepat bahwa San Fut Hung Sing cabang itu akan dibuka kembali oleh seorang pahlawan bernama Jeong Yim张炎.
Pemerintah Manchu cepat mengirim tentara untuk mencoba untuk menutup sekolah. Karena kelangsungan hidup dari San Fut Choy Li Hung Sing Fut sekolah tergantung pada pejuang pelatihan cepat dan efisien, awalnya Jeong Yim张炎terbatas jumlah bentuk dia mengajarkan untuk hanya segelintir. Cukup untuk memberikan para siswa dengan semua teknik yang tepat, termasuk bentuk-bentuk senjata saja. Hal ini memastikan kelangsungan hidup sekolah. Karena Jeong Yim berkonsentrasi pada pengajaran keterampilan tempur, beberapa terbaik Li Fut Choy pejuang berasal dari San Fut Hung Sing cabang. Sebagai sekolah menjadi lebih mapan, Jeong Yim张炎lebih lanjut akan mendidik siswa dengan bentuk yang lebih canggih dan teknik. Karena pelatihan tempur awal dan reputasi Jeong Yim张 炎diperoleh untuk membuka kembali sekolah, San Fut Choy Li Hung Sing Fut sekolah segera menjadi dikenal sebagai Jeong Hung Sing sekolah Choy Li Fut.

Keempat cabang utama

Para Choy Li Fut bela diri sistem seni telah menyebar ke seluruh dunia, dengan sekolah-sekolah di hampir setiap benua. [33] Semua diakui sebagai bagian penting dari keluarga Li Fut Choy karena mereka adalah pelopor yang membantu menyebarkan seni Choy Li Fut di seluruh dunia. Seiring waktu, di samping pengembangan teknik baru dan lain seni bela diri gaya, seperti halnya dengan banyak seni bela diri, Choy Li Fut telah berkembang menjadi garis keturunan beberapa yang mungkin berbeda dalam pelatihan dan gaya, dan bahkan perbedaan dalam perspektif bersejarah. Ini adalah perkembangan yang menyebabkan perbedaan dalam bentuk dan penerapan teknik antar cabang dan sekolah dan memberikan kontribusi pada diskusi hangat tentang sejarah Choy Li Fut.
Choy Li Fut sekolah dapat menelusuri garis keturunan mereka dari sekolah-sekolah dimulai oleh 18 murid yang asli Chan Heung dikirim pada tahun 1848. [34] [35] Banyak sekolah dengan mudah bisa melacak asal-usul mereka dari keempat cabang utama: Raja Mui / Chan Keluarga Choy Li Fut Cabang, San Fut / Hung Sing Choy Li Fut Cabang, Jiangmen 江门 atau Kong Chow 冈 州 Choy Li Fut Cabang, dan Buk Sing Choy Li Fut Cabang.

Raja Mui Choy Li Fut

Ini garis keturunan atau cabang disebut Raja Mui (京梅), karena keluarga pendiri berasal dari Raja Mui desa, dan itu adalah tempat Chan Heung享​​resmi mulai mengajar Choy Li Fut pada 1836陈. Anggota keluarga Chan merujuk ke cabang ini sebagai garis keturunan "Keluarga Chan", karena penerus saat ini cabang ini Chan Yiu-Chi 陈耀 墀, putra Chan Koon Pak, dan cucu dari Chan Heung.
Dokumentasi pada garis keturunan ini dapat ditelusuri melalui Doc-Fai Wong黄耀辉. Gurunya Hu Yuen-Chou 胡云 绰 (Woo Van Cheuk), belajar dengan Chan Ngau-Sing 陈 吽 盛 dari usia sembilan, di San Fut Hung Sing Sekolah. Ketika Hu Yuen-Chou 胡云 绰 berusia 16 tahun, keluarganya pindah ke Guangzhou 广州. Chan Ngau-Sing menulis surat untuk merekomendasikan Hu Yuen-Chou 胡云 绰 untuk belajar dari cucu Chan Heung Yiu-Chan Chi 陈耀 墀. Hu Yuen-Chou 胡云 绰 menghabiskan lebih dari 20 tahun pelatihan dengan Chan Yiu-Chi 陈耀 墀 dan menjadi salah satu dari empat instruktur terkenal dikenal sebagai "Empat Raja Surgawi Agung 四大 天王" dari Choy Li Fut di Guangzhou.
Tong Shek dan Wong Ha-sama mahasiswa Chan Yiu-Chi 陈耀 墀. Chan Kit Fong 陈洁芳 adalah putri dari Chan Yiu-Chi 陈耀 墀. Ng Fu Hang 吴富亨 adalah putra Chan Kit Fong 陈洁芳 dan cucu Chan Yiu-Chi 陈耀 墀. Chan Hon Wan dan Chan Sun Chiu 陈 燊 樵 keduanya putra Chan Yiu-Chi 陈耀 墀. Chan Yong Fa adalah anak dari Wan Chan Hon dan cucu Chan Yiu-Chi 陈耀 墀.
Dari semua keturunan hidup Chan Yiu-Chi 陈耀 墀, pengganti saat ini dari garis keturunan keluarga Chan adalah anak hidup dari Chan Yiu-Chi 陈耀 墀, Chan Sun Chiu 陈 燊 樵.

Jiangmen atau Kong Choy Li Fut Chow

Pada tahun 1898, Chan Cheong-Mo 陈 长毛 mendirikan Yup Sei (empat kabupaten) Hung Sing School di Kong Chow 冈 州 sekarang disebut Kota Jiangmen. Dia belajar Choy Li Fut dari Chan Heung ketika ia masih kecil. Setelah Chan Heung meninggal, dia terus belajar dari putra Chan Heung tertua, Chan On-Pak 陈安伯. Dia mengundang Chan On-adik Pak Chan Koon-Pakistan menjadi instruktur kepala dan dibantu dalam mengajar Choy Li Fut di sekolah.
Beberapa Chan On-Pak siswa lain adalah Yuen JIC, Mun Leung, dan Mak Seih Guan.
Pada tahun 1906, Chan Koon-Pak pergi ke Kanton (Guangzhou) dan Chan Cheong Mo 陈 长毛 resmi mengambil alih sekolah dan menjadi instruktur kepala Jiangmen Hung Sing Sekolah. Sebelum Chan Cheong Mo 陈 长毛 meninggal pada tahun 1953, anak angkatnya dan penggantinya Chew Kam Wing 赵锦荣 diangkat menjadi penjaga dan instruktur kepala Hung Sing School di kota Jiangmen.
Chew Kam Wing 赵锦荣 diajarkan di Jiangmen Hung Sing Sekolah sampai pemerintah China melarang tradisional kung fu mengajar. Semua murid-muridnya akhirnya berhenti berlatih dan tidak lagi diajarkan Choy Li Fut. Chew Kam Wing 赵锦荣 mengajarkan putranya Choy Li Fut pribadi, sayangnya anak-anaknya tidak sampai standar yang diperlukan untuk mewariskan ajaran tradisional.
Hanya beberapa siswa senior Chan Cheong Mo 陈 长毛 masih hidup di Cina. Di Hong Kong, Wong Falun 黄 江 adalah yang terakhir. Di kota Jiangmen, ada Wong Kan Fu 黄 勤 富, Lui Sieh Gen 吕 社 根, dan penjaga tua Chew Kam Wing 赵锦荣.
Wong Falun 黄 江 lahir pada tahun 1928, dan dia adalah penduduk asli kota Jiangmen. Ia belajar kung fu dengan ayahnya sebagai anak dan kemudian menjadi murid Chan Cheong Mo陈长毛. Dengan 陈 izin gurunya Chan Cheong Mo 长毛, ia melanjutkan studi dari Yen Chan, instruktur kepala Raja Mui Desa Hung Sing Sekolah.
Yen Chan Choy Li Fut belajar dari ayahnya, Chan Yau Kau, yang adalah seorang mahasiswa dari Chan Heung. Pada tahun 1949, komunis mengambil alih daratan Cina. Sebelum Falun Wong 黄 江 pindah ke Hong Kong, keduanya guru menyuruhnya untuk terus mengajar dalam rangka untuk menjaga Choy Li Fut sistem hidup.
Di Hong Kong, Wong Falun 黄 江 masih aktif terlibat dalam mengajar Choy Li Fut. Chew Kam Wing 赵锦荣 saat ini berusia pertengahan 80-an, dan ia dan teman-teman sekelasnya mengadakan pertemuan, dan semua setuju bahwa dia harus meneruskan posisi Penjaga nya dengan Falun Wong 黄 江. Semua anggota senior 陈 Chan Cheong Mo 长毛 siswa percaya Wong Falun 黄 江 telah mencapai keberhasilan terbesar dalam pengajaran Choy Li Fut. Pada tanggal 16 Februari 2006, Chew Kam Wing 赵锦荣 resmi menandatangani sertifikat Yen Jeong Moon untuk Falun Wong 黄 江 sebagai penjaga baru dari Yup Sei Hung Sing Kwoon (Empat County Hung Sing sekolah).
Kong Chow silsilah Choy Li Fut diciptakan oleh Falun Wong tahun 1989. Wong Falun 黄 江 bernama garis keturunannya "Kong Chow 冈 州" (Gangzhou) karena sebelum Republik Cina, Kabupaten Choy Li Fut di kota Xin Hui 新 会 dan Jiangmen dikenal sebagai Kong Chow 冈 州.
Ketika kota-kota di Cina yang diperbarui untuk nama modern mereka, para tua Kong Chow distrik menjadi bagian dari kota Jiangmen. Juga terkenal itu dengan Hung Nyanyikan Sekolah di distrik Bulan Falun didirikan oleh Chan Cheong Mo, yang juga menjadi bagian dari Jiangmen.
Cabang Choy Li Fut disebut Kong Chow sekarang resmi berganti nama menjadi cabang Jiangmen Choy Li Fut. Falun Wong 黄 江 secara resmi diberi gelar "Keeper" oleh Keeper mantan Hung Nyanyikan Sekolah di Jiangmen, Chew Kam Wing, pada Februari 2006.
Wong Gong 黄 江 guru lain Chan Yen adalah dari Desa Mui Raja dan memiliki nama keluarga Chan, tetapi dia bukan anggota keluarga pendirinya. Karena Raja Mui Desa sekarang bagian dari Kota Jiangmen, pengajaran Chan Yen dianggap berada di garis keturunan Jiangmen. Dengan kata lain, karena semua黄Wong Gong江ajaran diturunkan yang dari daerah Jiangmen seluruh, secara resmi garis keturunannya yang sekarang disebut cabang Jiangmen Hung Sing Choy Li Fut. Dok-Fai Wong黄 德辉adalah mahasiswa terhadap Falun Wong黄江 dan telah ditunjuk untuk menjadi presiden dari cabang Jiangmen Choy Li Fut di luar China. Siswa utamanya memiliki sekolah di seluruh dunia di 36 negara dan enam benua, termasuk anaknya, Jason J. Wong 黄志刚, dan siswa senior Jaime Marquez, Vern Miller, Nathan Fisher, Alan Hubbard, David Dong, Pedro Rico, Neil McRitchie, Munzer Dejani, Sebastian Gonzales, Evelina Lengyel, Niel Willcott, Jo Hardy, Roberto Fasano, Pawel Kijañczyk, Mark Horton, dan Michael Punschke.

Fut San Hung Sing Choy Li Fut

San Fut Hung Sing cabang dimulai oleh Chan-Din Handphone pada tahun 1848. Jeong Yim张炎adalah penerus ke sekolah pada tahun 1867. Ketika ia meninggal, penggantinya adalah Chan Ngau-Sing 陈 吽 盛.
The Hung Sing Cabang memiliki beberapa perbedaan dalam kurikulum Li Fut Choy. [36] Orientasi sekolah itu untuk pelatihan tempur, sehingga Hung Sing memiliki set tangan yang lebih sedikit; delapan sebagai inti utama mereka. The Hung Sing cabang dikenal dengan metode agresif pertempuran, seperti terus menerus tanpa henti kombinasi [37] dan berlebihan samping sikap teknik, serta beberapa senjata agresif bentuk. Kurikulum ini dirancang begitu anti-Qing pemberontak dapat dengan cepat memperoleh kemampuan praktis dalam pertempuran bersenjata dan senjata.
Delapan utama bentuk adalah: Tai Ji Kuen (Fist Agung), Ping Ji Kuen (Fist Level), Tin Ji Kuen (Fist Surga), Gok Ji Kuen (Fist Bangsa), Sup Ji Kuen (Cross Fist Pola), Cheung Kuen ( Panjang tinju), Lin Waan KAAU Da Kuen (Fist Berjuang terus menerus), dan Fut Ga Jeung (Palm Buddha). Selain delapan, bentuk pelatihan aparatur disebut Chi Kuen (Menarik Fist) yang diajarkan. Dummy aparat (Ching Jong) kayu dari Hung Sing cabang disebut sebagai "Dummy Side Tubuh Saldo" dirancang untuk meniru Hung Sing gaya bodi samping salam pembukaan. Mereka memiliki berbagai senjata yang unik dan bentuk tangan perdebatan untuk mengajarkan penggunaan praktis dari sistem.
Beberapa Jeong Yim 's张炎siswa meliputi, Wong Katakanlah黄四, Yuen Hai阮系, Tarm NARP (Nap), Lui Charn (Chaun)雷粲, dan Lay Yun.
Lay Yun adalah seorang mahasiswa Jeong Yim张炎. Choy Yat Kew adalah seorang mahasiswa Lay Yun. Kwan Man Keng adalah seorang mahasiswa Choy Yut Kiu. Kwan Man Keng membentuk Hung Sheng (Sing) Cina Koontow dan Lion Dance Masyarakat di Singapura pada 1965.
Fong Shi Yuk adalah seorang mahasiswa Lay Yun. Beberapa siswa Fong Yun Shi adalah Chan Hon Hung dan Lum Siu Larp.
Beberapa Chan Yiu-Chi 陈耀 墀 (cucu Chan Heung s) siswa Woo Van Cheuk (Hu Yuen Chou), Kong Yeung, dan Li Ling Iu itu beberapa siswa Chan Yiu-Chi.
Li Ling Iu mendirikan Choy Li Fut pertama di Australia 1975. Pada tahun 1977 Li Iu Ling kembali ke Hong Kong, di mana ia menerima kabar bahwa 陈耀 Chan Yiu-Chi 墀 cucu, Chen Yong-fa, berharap untuk meninggalkan Cina. Li Ling Iu membantu Chen Yong-fa untuk bermigrasi ke Australia pada tahun 1983, kemudian diserahkan sekolahnya kepadanya. Li Iu Ling kemudian kembali ke Australia pada tahun 1986.
Yuen Hai 阮 系 adalah seorang mahasiswa Jeong Yim 张炎. Yuen Hai 阮 系 adalah Lau Bun 刘彬 'guru. Lau Bun刘彬[38] mendirikan Wah-Keung Kung Fu klub Choy Li Fut yang kemudian menjadi yang pertama Hung Sing Choy Li Fut sekolah di Amerika pada tahun 1935. [36]
Chan Bing-Tong陈炳棠, Yahudi Leong周亮,, EY Lee李日华dan Doc-Fai Wong黄德辉semua mahasiswa Lau Bun. Doc-Fai Wong 黄德辉 mendirikan Plum Blossom International Federation pada tahun 1986 di San Francisco, California.
Chin Wai Fong 钱 维 方, Tong Sek 汤 锡 dan Hu Yuen Chou 胡云 绰 adalah mahasiswa Chan Ngau-Sing. Ho Churng 何 祥 adalah seorang mahasiswa Chin Wai Fong-钱 维 方 dan Tong Sek 汤 锡. Ho Cherk Wa何焯华adalah putra Ho Churng dan mahasiswa dari Ho Yee何仪. [39] Dino Yahudi Salvatera adalah seorang mahasiswa Chan Bing-Tong陈炳棠, Yahudi Leong周亮, dan Ho Cherk Wa何焯华.
Cabang ini disebut San Fut keturunan 佛山 karena dari Sekolah Sing Hung dari Fut San kota, di Guangdong 广东 provinsi. Para Buk Sing Choy Li Fut juga termasuk cabang ini. Beberapa orang juga merujuk pada cabang ini sebagai cabang Hung Nyanyikan atau Jeong Hung Sing cabang.

Buk Sing Choy Li Fut

Sejarah Sing Buk北胜(buck bernyanyi, bok bernyanyi, bernyanyi bak) cabang Choy Li Fut蔡李佛dapat ditelusuri kembali ke Jeong Yim张炎di Fut San. Jeong Yim 's张炎siswa sekolah dasar adalah Chan Ngau Sing, Yuan Hai, Lup Tam, Lee Yan dan Lui Charn (Chaun) 雷 粲. Lui Charn memiliki siswa bernama Tam Sam 谭 三 (Tarm SARM).
Tam Sam 谭 三 awalnya master Hung Gar dan ingin memajukan keterampilan seni bela diri dengan belajar Choy Li Fut. Dia menjadi mahasiswa Lui Charn. Karena terjadi suatu peristiwa antara Tam Sam dan siswa lainnya, Lui Charn diusir Tam Sam dari sekolah Choy Li Fut sebelum dia menyelesaikan latihannya. Jadi dalam garis keturunan Sing Buk, hanya ada 3 inti utama Choy Li Fut bentuk tangan: Sup Jee Kuen (十字 拳), Ping Kuen (平 拳), Kau Da (扣 打), suatu bentuk staf: Seung GAAP Daan Gwun 双夹 单 棍, dan dalam beberapa tahun kemudian, seorang Buk asli Sing Choy Li Fut bentuk, yang ia ciptakan.
Setelah pengusiran, Tam Sam 谭 三 bertanya kepada beberapa siswa Lui Charn untuk membantunya membuka Choy baru Li Fut cabang di Guangzhuo, Siu Buk 小 北 (sedikit utara) kabupaten dan menyebutnya Siu Buk Hung Sing Choy Li Fut. Akhirnya disingkat ke Buk Sing Choy Li Fut. Tam Sam 谭 三 siswa disebut dirinya sebagai cabang dari Sing Buk Choy Li Fut. Seorang guru Shaolin Utara bernama Yu Jeung Ku (Gu Ruzhang) berteman dan bergabung Tam Sam谭三dan dengan demikian menambahkan teknik lebih ke kurikulum Sing Buk Choy Li Fut.
Apa yang membuat Buk Sing Choy Li Fut cabang unik adalah bahwa ia berkonsentrasi pada penerapan Choy Li Fut teknik daripada praktek bentuk. Karena penekanannya pada aplikasi tempur, gaya Buk Sing, dalam tradisi Jeong Hung Sing, telah menghasilkan banyak sangat baik Choy Li Fut pejuang.
Dari cabang Sing Buk Choy Li Fut - Tam Fei Pang, Lun Ji, Chan Nien Pak, Kong Aktif, Heng Kong, Lee Chow, Mah Yan, Lau Kuru Tong, Paru Tse Cheung, Chang Choy, dan Nip Chi Fei, semua mahasiswa Tam Sam. Nip Chi Fei, mendirikan Sing Bak Choy Li Fut sekolah di Ipoh, Malaysia, dan Chang Choy membentuk Buk Sing Choy Li Fut sekolah di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada Kong juga belajar dari Chow Loong, pendiri Chow Gar, dan Ku Yu Jeung (Gu Ruzhang). Hing Kong belajar dari ayahnya Kong Aktif. Li Hung adalah seorang mahasiswa Lai Chou dan Lung Tse Cheung.
Dave dan Vince Lacey adalah saudara kembar, dan keduanya adalah mahasiswa Kong Hing dan Li Hung. Shane Lacey adalah anak dan murid ayahnya Vince Lacey atau Lay Wing Sang. Jason Lacey adalah putra dan siswa dari Dave Lacey.

Satwa lainnya

Chan Koon Pak memiliki banyak siswa lain selain anaknya, Chan Yiu Chi. Hanya ada beberapa siswa nya, Ngan Yiu Ting 颜耀庭, Fong Shu Yuk 方 玉 书, Wong Wing Fook 黄福荣 dan Leong Gwei 梁 贵, yang mengajar warisan masih sekitar hari ini.
Meskipun pelatihan awal mereka di Choy Li Fut berada di Fut San kwoon, Wong Wing Fook 黄福荣 dan Leong Gwei 梁 贵 yang kemudian mahasiswa Chan Koon-Pak. Poon Dik 潘狄 belajar di bawah Wong Fook Wing 黄福荣 dan Leong Gwei 梁 贵. Poon Sing潘城adalah putra Poon Dik dan belajar langsung di bawah dia. Lee Koon Hung李冠雄 belajar di bawah Poon Sing, serta Yun Yim Cho, Chow Bing, Leung Sai, dan So Kam Fook. Tai Lam adalah seorang mahasiswa Chow Bing dan Lee Koon Hung. Mak Hin Fai, Tat Mau Wong, John Wai, dan Li Hung Siu (kakak), adalah semua siswa dari Lee Koon Hung 李冠雄. Daniel Tomizaki adalah seorang mahasiswa Tat Mau Wong.
Jeong Yim
Fakta otentik sedikit yang diketahui tentang Jeong Yim (张炎), tetapi warisannya dan pengaruh pada pengembangan Choy Li Fut masih terasa hari ini. Kelahiran sebenarnya Jeong Yim dan tanggal kematian tidak dikonfirmasi, tetapi dikabarkan bahwa ia hidup antara 33 sampai 69 tahun usia. Seperti semua seniman bela diri besar, mitos, cerita, dan legenda yang mengelilingi mereka sering keliru dan bingung sebagai fakta. Jeong Yim 's张炎penerus Chan Ngau-Sing陈吽盛, menyatakan bahwa penulis Nim Fut San Yen menciptakan sebuah cerita fiksi populer ( Wǔxiá ) ditulis pada periode untuk meningkatkan kesadaran Choy Li Fut dan kegiatan revolusioner. Cerita ini disebut, "Hung Fut San Nyanyikan Kwoon". Chan Ngau-Sing陈吽盛tahu penulis, pena nama Nim Fut Yen San, [40] secara pribadi. Cerita tersebut tidak memiliki dasar fakta sejarah. Populer Wǔxiá novel, seperti Qing Nian Wan dan mitologi anti-Qing organisasi seperti Surga dan Bumi Masyarakat, menyebar liar melalui Cina sejak awal abad ke 19. [41]
Sayangnya, semua ini tidak secara resmi didokumentasikan. Tidak ada catatan sejarah tertulis dapat ditemukan sekitar Jeong Yim. Menurut Buku Riwayat Keluarga Chan [34] ("Buku Besar"), fakta historis didokumentasikan hanya menunjukkan hubungan antara Chan Heung陈享dan Jeong Yim张炎adalah tanggal 1867, ketika Jeong Yim dikirim untuk membuka kembali Fut San sekolah sebagai penerus Chan Din-Handphone 陈 典 桓.
Kontroversi dipanaskan sekitar Jeong Yim adalah dalam hal dengan sejarah dan perkembangan Choy Li Fut. Berbagai Choy Li Fut cabang memiliki perbedaan versi tentang bagaimana Choy Li Fut didirikan dan / atau dibuat. Berbagai versi sejarah tentang Jeong Yim, dan pengaruhnya pada perkembangan Choy Li Fut, dapat ditemukan dalam teks tentang Jeong Yim .

Kematian pendiri

Ketika Tai Ping Tian Guo (太平天国) pemerintah jatuh pada tahun 1864, Chan Heung陈享kiri Cina selama beberapa tahun, beberapa berspekulasi lokasi Asia Tenggara seperti Hong Kong, Malaysia, atau Singapura. Pada usia lima puluh sembilan, ia menjadi guru seni bela diri untuk Keluarga Chan Asosiasi luar negeri. Pada tahun 1867, Chan Heung 陈 享 kembali ke rumah untuk Raja Mui, di mana ia bisa melihat sendiri kung fu sistem mendapatkan popularitas luar biasa di seluruh Cina Selatan. Di bulan kalender 8 bulan 20, tahun 1875, pada usia enam puluh sembilan, Chan Heung 陈 享 meninggal. Ia dimakamkan di desa Raja Mui. [34] [35]
Setelah kematian 陈 享 Chan Heung itu, Choy Li Fut nya 蔡李佛 warisan diteruskan kepada kedua putranya, Chan On-Pak 陈安伯 dan Chan Koon-Pak 陈官伯. Chan On-Pak 陈安伯 kakak tertua, lahir pada tahun 1839. Spesialisasinya adalah tombak. 陈 安伯kontrol Chan On-Pak tombak itu begitu canggih yang ia mendapatkan julukan "Yut Cheung Ng Mui Fa"一枪五梅花atau "Lima Blossoms dengan One Lance." [34] [35]
Pada tahun 1894, dua Chan On-Pak siswa陈安伯, Cheng Si-Leung郑士良dan Chan Siu-Bak陈少白, membantu Tongmenghui中国同盟会, pasukan revolusioner Sun Yat-Sen孙逸仙untuk melawan pemerintah Qing dan meletakkan dasar Republik Cina ( Taiwan ROC ). Anak bungsu, Chan Koon-Pak 陈官伯, meninggalkan Raja Mui untuk menjadi pedagang di Kong Bulan 江门 市 (Jiangmen) City, di mana ketenaran sebagai seniman bela diri menyebar dengan cepat. Dia segera punya waktu untuk menghabiskan sebagai pedagang dan mencurahkan seluruh usahanya mengajar Choy Li Fut. Dalam beberapa tahun kemudian, Chan Koon-Pak陈官伯didirikan lain Choy Li Fut besar pusat pelatihan di Guangzhou广州

10.Ditangquan

Ditangquan, ( Cina : 地趟拳, secara harfiah "tanah jatuh tinju ") adalah kategori seni bela diri yang berasal dari Provinsi Shandong dari Cina selama Dinasti Song (960-1279).

Isi

Gaya

Utama karakteristik dari ditangquan adalah kemampuan untuk melakukan Tumbang, jatuh, bergantian, jungkir balik dan udara akrobat menggunakan teknik untuk kedua menyerang dan bertahan.
Sejak saat asalnya, seni bela diri ini telah menyebar di seluruh Cina dan telah dimasukkan ke dalam gaya seni bela diri lainnya.
Meskipun ditangquan ada sebagai gaya tradisional, versi yang masih ada itu tidaklah dikenal oleh Cina yang modern wushu pelatih dan pemain dari tahun 1970-an, sebagai akibatnya, "baru" versi ditangquan dibuat berdasarkan teknik yang jatuh dari monyet dan gaya mabuk, tapi tanpa monyet karakteristik atau gerakan mabuk [1] . Hari ini, versi tradisional ditangquan masih dapat ditemukan dimasukkan sebagai bagian dari gaya lainnya, seperti di chuojiao , atau sebagai seni bela diri yang terpisah, seperti Fujian góuquán (gaya anjing), dalam gaya tradisional, ada kurang penekanan pada berjatuhan dan lebih penekanan pada menyerang dan membela saat jatuh di tanah. Dalam wushu modern, bagaimanapun, yang "baru" ditangquan tetap menjadi gaya umum digunakan dalam kompetisi saat ini.

11.Duan Quan

Duan Quan, juga dikenal sebagai pendek gaya tinju, adalah bentuk kung fu dipraktekkan terutama di Provinsi Hebei dari Cina .
Seorang yang sangat dinamis dan berorientasi tempur seni bela diri , Duan Quan berfokus pada rutinitas pendek dan kompak, sikap rendah, dan gerakan cepat. Siswa diajarkan untuk menjadi sangat mobile, untuk menjaga lawan bingung dan tidak mampu untuk menyerang. [1]
 
12.Emeiquan

Emeiquan adalah gaya seni bela diri Cina . Gunung Emei , di Provinsi Sichuan adalah salah satu yang utama Pegunungan Martial . Berbagai Kung Fu gaya berasal dari tempat ini. [ rujukan? ] Sejak pegunungan Emei terkenal karena satwa liar berlimpah, Emei Quan terkenal dengan gaya hewan, sebagian besar terutama gaya monyet dan gaya yang unik Utara.
Emeiquan menggabungkan kedua intern dan eksternal praktek. Sikap stabil rendah dengan sedikit hopping merupakan ciri khas dari gaya ini. Melompat dijalankan sangat ringan dan cepat dan gerakannya sangat beragam. Banyak teknik yang paling mematikan berasal dari penggunaan pergelangan tangan.

13.Fanziquan

Fānziquán ( Cina : 翻子拳; harfiah "Rotating tinju") adalah seni bela diri Cina yang menekankan menyerang dan bertahan dengan tangan. Gerakannya telah digambarkan sebagai:
Dua tinju yang cepat seperti tetes hujan jatuh, dan cepat seperti cambuk patah.
Rutinitas Fānziquán biasanya cukup pendek dan sangat cepat. Ini adalah sumber dari banyak gaya modern lainnya seperti Eagle Claw .

Sejarah

Setidaknya sampai Dinasti Ming (1368-1644), Fānziquán dikenal sebagai Bāshǎnfān (Cina:八闪翻; harfiah "8 Tumbang flash"), atau "8 Tumbang mengelak" dan dalam Dinasti Qing sebagai BāfānMén (Cina:八翻门; harfiah "8 Rotasi Sekolah").
Sesuai dengan manual Bafanquan, selama dinasti Ming master Wang Zhiyuan telah mengajarkan tinju oleh seorang pengembara gunung. Dikatakan bahwa Guru Wang adalah seorang prajurit ulung tetapi telah menjadi terluka dalam pertempuran di daerah terpencil daerah dalam apa yang saat ini Shandong provinsi. Di sinilah pengembara itu dibantu dengan cedera Guru Wang dan diajarkan metode Bafanquan untuk meningkatkan keterampilan yang sudah baiknya bela diri.
Gaya kemudian turun-temurun berbagai provinsi Utara seperti Henan , Hebei dan Shandong . Selama dinasti Qing , salah satu eksponen paling terkenal dari gaya itu Guru Li Xiong Gongran dari kabupaten di provinsi Hebei. Selama waktu itu ia menjadi petinju terkenal, dan itu mengklaim bahwa "dari Nanjing ke Beijing , semua Fanzi bawah langit milik Gong Li (Grandmaster Li) ". Hal ini menunjukkan bagaimana kunci dia dengan penyebaran dan pengembangan gaya. Anaknya Li Erlou, dan murid Feng Zhenyuan, mengajarkan gaya dalam berjemur daerah. Siswa mereka mendirikan banyak "Keamanan Biro Logistik".
Di zaman modern, Fānziquán sering diajarkan dalam hubungannya dengan Chuōjiǎo , tidak seperti bagaimana Xíngyìquán dan Bāguàzhǎng sering diajarkan bersama-sama. Rutinitas Chuōjiǎo, dengan tendangan nya, sikap terbuka lebar dan fokus pada kekuatan keras, dikenal sebagai Rutinitas Bela Diri dan orang-orang Fānziquán, dengan gerakan mereka lebih kompak menggabungkan kekuatan lunak dan keras, dikenal sebagai Rutinitas Ilmiah, yang mengapa Chuōjiǎo / Fānziquán kombinasi dikenal sebagai Wen Wu atau Martial-Cendekia.
Kedua Fānziquán dan Chuōjiǎo berhubungan dengan abad ke-12 Dinasti Song umum Yue Fei , dan asosiasi antara dua mungkin tanggal yang jauh ke belakang. Namun, sebagai tokoh legendaris, Yue Fei telah memiliki seni bela diri banyak dikaitkan dengannya. Meskipun demikian, hubungan antara keduanya adalah sangat tua.
Pada pertengahan abad ke-19, Zhao Canyi, seorang jenderal gagal Pemberontakan Taiping , adalah master dari kedua gaya. Setelah kegagalan pemberontakan itu, Zhao pergi ke pengasingan di Raoyang, Propinsi Hebei, tempat ia mengajar Fānziquán, yang menekankan tangan, kepada keluarga Wang dan Chuōjiǎo, yang menekankan kaki, untuk keluarga Duan. Selama latihan, keluarga akan bertukar teknik.
Sistem lengkap Fānziquán provinsi Hebei jarang dipraktekkan saat ini. Gaya Dongbei dari Fānziquán adalah yang paling populer dan juga merupakan dasar dimana Wushu modern Fānziquán rutinitas telah didasarkan. Elemen atau bagian dari BāfānMén Lama yang dilaporkan menyebar di bawah banner banyak. Liu DeKuan diajarkan satu set Ba Fan Shou di Beijing yang telah dipraktekkan oleh keturunannya. Gaya Eagle Claw, yang merupakan turunan dari Fānziquán, mencakup seperangkat Xingquan dan Lianquan yang dikatakan sebagai inti dari gaya dan didasarkan pada beberapa bagian BāfānMén. Keluarga Ma Sistem Tongbei Utara Barat China termasuk varian Dongbei dari Fānziquán. Gaya Mianzhang (Duanquan) dikombinasikan dengan Hebei Fanzi untuk menciptakan gaya Mianzhang Fanzi.
Sepanjang sejarah, teknik BāfānMén yang telah dikagumi oleh banyak master dan sebagai hasilnya sering diakui sebagai Muquan, atau Fist Ibu, dalam mewakili betapa pentingnya dengan seni beladiri Cina .

14.Wuzuquan & Tinju Lima Hewan

- Wuzuquan

Lima Leluhur Fist Selatan adalah seni bela diri Cina yang terdiri dari teknik-teknik dari lima gaya yang berbeda:
Wuzuquan (Lima Leluhur Kungfu) yang juga dikenal sebagai Ngo Cho Kun adalah Shaolin selatan seni bela diri berdasarkan teknik lima gaya yang berbeda seperti: Baihe, Qitian, Taizu, Luohan dan Dazun. Ada beberapa versi sejarah Wuzuquan, dengan beberapa menempatkan pendiri seni sekitar 1300 AD, sedangkan lainnya disiapkan hingga akhir abad 19.
Kombinasi dari lima gaya dan teknik karakteristik mereka selama pembuatan Sistem Leluhur Lima, dikonsolidasikan oleh pengaruh keenam; Xuan Nu juga dikenal sebagai Loo Hian (玄女拳). [6] 'Perempuan di Gaun Hijau, 'yang memperkenalkan paling mematikan yang teknik Dim Mak serangan mematikan ke titik-titik tekanan tubuh.
Lima Leluhur telah dikaitkan dengan berbagai cara untuk Chua Giok Beng (蔡玉明-atau-蔡玉鸣) ( pinyin : Cai Yuming) dari Jinjiang dekat Quanzhou di Fujian . pada paruh kedua abad ke-19 atau Bai Yufeng, [7] yang terkenal abad ke-13 Shaolin rahib yang asli Henan Shaolin Temple di Cina Utara kepada siapa Lima Hewan gaya dan Hongquan (洪拳) juga telah dihubungkan. Para Cai (Chua) cabang juga menyebut diri mereka sendiri Dia Yang Pai (鹤 阳 派), penghargaan untuk guru Cai.
Praktisi dari garis keturunan Yufeng Bai juga kredit pengaruh Nu Xuan (玄女拳) sistem, dengan penekanan pada gerakan yang mengalir dan kerendahan hati, untuk menyempurnakan seni Lima Leluhur. [8]
Salah satu karakteristik utama dari Lima Leluhur adalah kebergantungannya pada Sanchin | Sam Chian | San Zhan (secara harfiah "tiga pertempuran":三戦) sikap dan bentuk tangan yang sesuai dengan nama yang sama, yang diperoleh dari Fujian Putih Crane. "Tiga pertempuran" merujuk terutama untuk tiga tahap Wuzu praktisi dapat mencapai: persiapan tempur, taktik tempur dan strategi tempur, yang semuanya harus dikuasai untuk mencapai tingkat yang baik. "Tiga Pertempuran" memiliki multi-faceted artinya: konseptual, fisik, dan spiritual.
Sam Chian juga bisa dikatakan untuk memungkinkan pengembangan delapan Lima prinsip Leluhur dan sebagainya, dianggap bentuk yang paling penting dalam gaya. Memang, dikatakan bahwa formulir ini berisi semua prinsip-prinsip sistem Leluhur Lima. Jadi, bentuk pertama diajarkan kepada siswa SMP, sehingga mereka dapat mengeksplorasi poin penting dari Lima Leluhur dari awal pelatihan mereka.
Walaupun metode yang tepat tergantung pada sekolah, Lima Leluhur dikenal karena berbagai besar metode daya generasi. Karena karakter yang berbeda dari nenek moyang masing-masing, metode ini berubah tergantung pada daya yang diperlukan. Beberapa sekolah mengajarkan bentuk ketegangan yang mengembangkan kekuasaan, yang ada sekitar sepuluh, dan bentuk kepalan bahwa teknik kereta api, yang ada puluhan. Lainnya menekankan tubuh santai, bukan mencari transmisi maksimum relevan jin .
Di atas ini adalah bentuk-bentuk tangan aneka, bentuk dua orang (juga dikenal sebagai bentuk-bor) yang mungkin atau mungkin tidak termasuk tangan menempel, dan bentuk untuk gudang senjata yang komprehensif termasuk mangkuk nasi dan sumpit, payung, bahkan pipa opium.
Selama dekade master telah ditambahkan ke daftar ini memperkenalkan materi yang mereka dianggap relevan dengan waktu.
Lima Leluhur kini diajarkan di Cina , Malaysia , Filipina , Indonesia , Singapura , Australia , Selandia Baru , Irlandia , Swedia , dengan Inggris , Jerman , Norwegia , Swedia , dengan Amerika Serikat , Swiss , Kanada , Denmark dan Spanyol .

Isi

Pemerintahan

Badan internasional puncak untuk sistem Wuzuquan adalah Shaolin Selatan Internasional Wuzuquan Federasi, yang didirikan pada tahun 1989. Presiden kedua belas dan saat ini adalah Federasi Guru James Chee Australia, yang mengambil alih dari Guru John Graham dari Amerika Serikat pada November 2011. [9] Federasi bersidang setiap tahun di Quanzhou, Cina dengan diskusi yang diselenggarakan terkait pelestarian seni .

Sistem Peringkat

Sebuah sistem peringkat yang diakui secara internasional bagi praktisi Wuzuquan didirikan di Shaolin Internasional 2010 Wuzuquan Federasi konferensi, di Quanzhou Cina. Sebuah sepuluh tingkat (Duan) adalah sistem yang disepakati untuk nilai yang paling senior, dan mencerminkan sistem setara digunakan dalam karate (Dan) dan taekwondo. Para Duan 10 diakui sebagai tingkat tertinggi, sedangkan Duan 1 adalah yang terendah.
Kelompok pertama 10 Wuzuquan praktisi Duan diakui secara formal mencakup hidup dan master almarhum. Praktisi ini Duan 10 termasuk Chee Kim Thong (Malaysia), Yap Ching Hai (Malaysia), Kim Han (Inggris), Chee James (Australia), Lu Qing Hui (Filipina), Hsu Nai Jing (Singapura), Chen Hung (Filipina ), Su Zai Fu (Quanzhou), Zhi Yuan Li (Filipina), Shan Fa (Taiwan), Huang Qing Jiang (Quanzhou), Lu Ming Si (Filipina), Hong Dun Geng (Hong Kong). [10]
Guru John Graham dari Amerika Serikat dianugerahi pangkat Duan 10 di Shaolin 2011 Internasional Wuzuquan Federasi konferensi. [11]

Pranala luar


Lihat juga

- Tinju Lima Leluhur

Dalam Cina seni bela diri , citra dari Lima Hewan ( Cina : 五形; pinyin : wǔ xing; harfiah "Lima Bentuk") - Tiger , crane , Leopard , Ular , dan Naga -muncul terutama di gaya Selatan , khususnya yang terkait dengan Guangdong dan Fujian Provinsi. Pilihan alternatif yang juga banyak digunakan adalah crane, harimau, monyet, ular, dan belalang tersebut. [1]
Seni bela diri Hewan Lima diduga berasal dari Henan Shaolin Temple , yang merupakan utara Sungai Yangtze , meskipun citra dari lima hewan tertentu sebagai satu set yang berbeda (yaitu dengan tidak adanya hewan lainnya seperti kuda atau kera seperti dalam T'ai chi ch'uan atau Xíngyìquán ) adalah baik langka di Utara Shaolin seni dan bela diri Utara seni bela diri Cina di wǔxíngbāfǎquán bdk. umum-atau terakhir (;五形八法拳; "Lima Formulir Delapan Cara Fist"). [ 2]
Dalam bahasa Mandarin , "wǔxíng" adalah pengucapan tidak hanya "Lima Hewan," tetapi juga " Lima Elemen , "teknik inti dari Xíngyìquán , yang juga memiliki fitur mimikri hewan (tapi 10 atau 12 hewan daripada 5) dan, dengan nya tinggi sempit Sāntǐshì (三 体 势) sikap, tidak terlihat begitu banyak seperti gaya Selatan Fujianese terdampar di Utara.
Meskipun teknik ini terutama terkait dengan harimau, naga, ular, crane dan macan tutul, banyak gaya hewan lainnya telah dikembangkan, termasuk macan kumbang, berdoa mantis (utara dan gaya selatan), kuda, ular kobra, banteng, serigala, rusa, beruang, babi hutan, elang, python, kalajengking, gajah, singa, kodok, bebek, anjing, burung gagak, harimau, ayam, burung elang, penyu, burung walet, kadal dan sejumlah orang lain.

asal Legendaris

Menurut legenda, [ rujukan? ] Jueyuan, sebuah abad ke-13 seniman bela diri Shaolin, yang digunakan asli 18 Tangan Luohan sebagai sebuah yayasan, memperluas 18 nya teknik ke 72. Di Provinsi Gansu di bagian barat Cina, di kota Lanzhou , ia bertemu Li Sou, master dari "Fist Merah" Hongquan (红拳). Li Sou disertai Jueyuan kembali ke Henan, untuk Luoyang untuk memperkenalkan Jueyuan untuk Bai Yufeng, master metode internal.
Mereka kembali ke Shaolin dengan Bai Yufeng dan diperluas 72 Jueyuan itu teknik untuk sekitar 170. Menggunakan pengetahuan gabungan mereka, mereka memulihkan aspek internal untuk Shaolin tinju. Mereka mengorganisir teknik ini ke Lima Hewan:. Macan, Crane, Leopard, Ular dan Naga [3]
Jueyuan juga dikreditkan dengan "Fist Banjir" gaya Utara Hongquan (洪拳), yang tidak fitur Lima Hewan tetapi ditulis dengan karakter yang sama sebagai gaya Selatan Hung Kuen , mungkin Lima klasik Hewan gaya. Selain itu, seperti di Selatan Hung Kuen, yang "Hong" karakter (洪) di Hongquan sebenarnya mengacu pada nama keluarga, bukan arti harfiah dari "banjir." Namun, dua gaya tidak memiliki kesamaan luar nama mereka bersama.

Lima hewan latihan di hari qigong

"Hewan bermain Lima" (五禽戏, Wu Qin Xi) adalah seperangkat qigong latihan yang dikembangkan selama Dinasti Han mulia dan damai (202 SM - 220 M). Klaim Beberapa penulis ini urutan Qi Gong menjadi Huatuo, namun Yang Jwing-Ming menunjukkan itu adalah Tao Guru Jiun Chiam dan Huatuo hanya menyempurnakan aplikasi dan menyerahkannya ke murid berbakat termasuk Wu Pu, E Fan, dan Li Dangzhi. [ 4]
Lima hewan dalam latihan adalah harimau, rusa, beruang, monyet dan crane. Menurut TCM teori Wu Xing (Lima Elemen), setiap binatang memiliki dua latihan yang sesuai dengan lima Yin (Zang) dan lima yang (Fu) organ internal. Latihan teratur ini Qi Gong dikatakan meningkatkan fungsi kandung kemih Liver / Gall (Wood Element - harimau), Ginjal / Kandung kemih (Elemen Air - rusa), Limpa / Perut (Earth Element - beruang), Hati Usus / Kecil (Api Elemen - monyet) dan Paru / Usus Besar (Metal Elemen - derek) masing-masing. [5]
Hewan pertama adalah Tiger. Hal ini terkait dengan Elemen Kayu, musim semi dan oleh karena itu Hati dan Kandung Empedu. Emosi Hati adalah Kemarahan dan memiliki berbagai fungsi penting termasuk menyimpan darah (Xue), memastikan gerakan halus Qi dalam tubuh dan perumahan Jiwa Ethereal (Hun). Hati Xue memelihara otot sehingga memungkinkan latihan fisik. Hati ini sering dibandingkan dengan seorang jenderal tentara karena itu adalah 'bertanggung jawab' untuk kelancaran arus Qi, penting untuk semua proses fisiologis setiap organ dan bagian tubuh. The Hun menyediakan Pikiran (Shen) dengan inspirasi, kreativitas dan rasa arah dalam hidup. [6] Penekanan latihan ini menggenggam dan peregangan. Dengan mencapai hingga menurunkan Surga dan menjangkau menyusun Bumi menggenggam didorong; yang berhubungan dengan otot dan karena hati ini. Bergulir melalui tulang belakang menstimulasi kedua Yin dan Yang dari Ren Mai dan Du Mai saluran mengaktifkan orbit mikrokosmos. Ini kemudian dilengkapi dengan berteriak lambat tikungan maju 'menguntit' dan mendadak (pelepasan amarah) sebagai Harimau menangkap mangsanya dengan semangat sambil berdiri dengan satu kaki, untuk meregangkan otot sementara mengaktifkan Jing Nah poin di ujung jari , membuka PC-8 dan lain menggabungkan sifat Kayu penting -. keseimbangan [7]
Binatang kedua adalah Rusa. Hal ini terkait dengan Elemen Air, musim dingin dan karena itu Ginjal dan kandung kemih. Emosi Ginjal adalah rasa takut dan sering disebut sebagai 'akar kehidupan "karena mereka menyimpan Essence (Jing). Jing menentukan konstitusi dasar kita, berasal oleh orang tua kita dan didirikan pada saat pembuahan. Para Ginjal merupakan dasar dari Yin dan Yang dalam tubuh dan oleh karena itu setiap organ lain dan mengatur kelahiran, pertumbuhan, reproduksi dan perkembangan. Mereka juga memproduksi tulang sumsum kontrol, dan Gerbang Kehidupan (Menteri Api), sedangkan perumahan Will Power (Zhi). [8] Dengan memutar batang tubuh, energi dari satu ginjal dibuka sementara yang lain ditutup menciptakan pompa untuk mengatur Chong Mai dan karena itu Yuan Qi. Api (Heart) dan Air (Ginjal) harus tersambung penuh semangat untuk menjaga kesehatan. Gerakan tangan mereplikasi tanduk menenangkan Shen dan menghubungkan dengan Hati dengan menjaga jari tengah berhubungan dengan telapak melalui Perikardium dan Jiao San saluran. Mata adalah 'jendela' untuk Shen dan tersenyum dan gembira karena kami beralih ke melihat tumit belakang dan maleolus medial (saluran ginjal), juga menghubungkan Api dengan Air. Pada bagian kedua, membungkukkan punggung mengaktifkan orbit mikrokosmis lagi dan melompat lembut mencontohkan sifat Rusa itu menyenangkan dan cairan. [9]
Binatang ketiga adalah Bear. Hal ini terkait dengan Elemen Bumi, musim akhir musim panas dan oleh karena itu Limpa dan Lambung. Emosi adalah kekhawatiran dan limpa merupakan organ sentral dalam produksi Gu Qi, dari makanan dan minuman yang kita cerna. Transformasi Limpa dan transportasi dari Gu Qi adalah yang terpenting dalam proses pencernaan yang merupakan dasar untuk pembentukan Qi dan Xue. Limpa adalah tempat Akal (Yi) dikatakan berada dan bertanggung jawab untuk berpikir diterapkan dan menghasilkan ide, menghafal dan konsentrasi. [10] Hewan ini rumit dan sifat-sifat aneh yang disajikan dalam setiap gerakan. Ini dimulai dengan pijat perut melingkar untuk membantu pencernaan oleh pemanasan dan mendukung Yang Limpa, menggunakan seluruh tubuh bagian atas untuk memindahkan tangan. Lengan yang kemudian siap untuk membuka dan meregangkan ketiak mengaktifkan hubungan limpa dekat dengan Jantung dan Hati (jantung adalah 'ibu' dari Limpa dan toko Hati Xue) dengan meregangkan sayap. Telapak tangan kosong untuk membuka PC-8 sebagai pinggul dinaikkan untuk menggeser kaki ke depan sambil menjaga lutut lurus. Batang tubuh berayun dan langkah berat mengaktifkan Ginjal Yang untuk mendukung Yang Limpa dalam pemanasan dan 'memasak' makanan. [11]
Binatang keempat adalah Monyet. Hal ini terkait dengan Elemen Api, musim musim panas dan karena Jantung dan Usus Kecil. Hati dianggap paling penting dan oleh karena itu 'Kaisar' dari organ internal. Hal ini terkait dengan sukacita emosi dan fungsi utamanya adalah untuk mengatur dan mengedarkan Xue di dalam pembuluh untuk memelihara jaringan dan rumah Pikiran (Shen). Shen digunakan untuk menunjukkan lingkup seluruh aspek mental dan spiritual manusia dan karena itu meliputi Hun, Zhi, Yi dan jasmani Jiwa (Po). [12] Mirip dengan Hati, Monyet selamanya bergerak seperti berkedip dari api. Dengan latihan pertama, tiba-tiba mengangkat tangan dengan telapak tangan kait ke arah dada, bahu ke arah telinga dan balancing pada jari kaki dengan Monyet melihat ke samping, meremas Xue Jantung dan pompa saat Anda melepaskan kembali. Bagian kedua menenangkan Shen dengan membersihkan Pikiran (bergerak cabang) untuk memahami persik (buah dari surga) dengan ibu jari di dalam telapak tangan untuk memegang Hun dalam. Menggenggam dalam latihan ini berkaitan dengan kemampuan hati untuk memegang dan menyimpan Xue, sementara pencabutan tumit kembali mengaktifkan Ginjal juga mendukung Heart. Persik tersebut kemudian dibawa ke tampilan tetapi terlalu berat dan harus didukung sebagai Monyet menikmati nya mencari dan akan segera 'mengobati'. [13]
Binatang kelima adalah Crane. Hal ini terkait dengan Elemen Logam dan musim gugur dan karenanya Paru dan Usus Besar. Emosi Paru adalah kesedihan dan mengatur Qi dan pernapasan, sementara yang bertanggung jawab atas inhalasi dan pengaturan saluran air. Mereka adalah organ perantara antara manusia dan lingkungannya, disamakan dengan seorang Perdana Menteri yang bertanggung jawab Qi regulasi khususnya di dalam pembuluh darah untuk membantu Heart dalam mengontrol sirkulasi darah. Rumah Paru Po sebagian besar fisik dan material dari jiwa manusia; sensasi dan perasaan. [14] Aktivasi orbit mikrokosmis sekali lagi tampil dengan terlebih dahulu bekerja tulang belakang dengan cara yang cekung. Bahu diangkat dan meremas ke leher untuk menekan jantung dan memompa Xue sedangkan lengan dididik untuk meniru paruh dan tulang ekor yang diusir. Lengan dibawa kembali bersama dengan satu kaki untuk meniru meluncur. Bagian kedua dari latihan mengatur ascending (Hati - Xue) dan descending (Paru - Qi) fungsi Qi di paru-paru. The Yin dan Yang akhir diungkapkan oleh menghirup (Ginjal) dan napas keluar (Paru) menghubungkan kedua organ untuk mengatur Xue dan membantu Heart. Irama yang diciptakan oleh gerakan naik turun tubuh, pembukaan dan penutupan pada lengan (Paru dan saluran Usus Besar) dan masuk dan keluar napas membantu kita beradaptasi dengan perubahan ritmis musim. Ke atas bentangan akhir pada satu kaki membentang sisi-sisi dan karena hati dan saluran empedu kandung kemih untuk menyeimbangkan dengan paru-paru. Para Paru dikatakan 'manja' menjadi organ lalu untuk mulai bekerja hanya setelah lahir dan karena itu rapuh dan sensitif untuk mengubah, menjelaskan mengapa olahraga ringan lebih disukai

15.Bangau Putih Fujian

Putih Bangau Tinju ( Cina : 白鹤拳) adalah Selatan seni bela diri Cina yang berasal dari Fujian (福建) provinsi dan sekarang dipraktekkan di seluruh dunia. Menurut tradisi lisan, penciptaan gaya ini adalah disebabkan Fang Qīniáng (方七娘; Amoy Min Nan : Hng Chhit-NIA), seorang seniman bela diri perempuan. Ciri-ciri gaya ini berakar mendalam sikap, teknik tangan yang rumit dan sebagian besar pertempuran jarak dekat [1] seolah-olah meniru burung mematuk. Gaya bangau terbang namun memiliki jumlah yang lebih besar dari teknik jarak jauh meskipun tidak terlalu lebih dekat perempat tempur tangan berorientasi, yang mensimulasikan kepakan sayap. Beberapa gaya bangau putih juga menggunakan berbagai macam senjata tradisional sedangkan yang lain memiliki praktek dihentikan dengan persenjataan kuno. [2]
Fujian Putih Crane adalah gaya meniru-dari Shaolin Tinju berdasarkan karakteristik dari Taiwan Crane. Seluruh sistem pertempuran dikembangkan berdasarkan pengamatan gerakan mereka, kemampuan bertempur dan semangat. Hanya ada empat hewan lainnya dari Shaolin Tinju yaitu Tiger , Leopard , Ular dan Naga .

Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait

Isi

Legenda Crane Putih

Keluarga Fang tinggal di Fujian provinsi, Cina , di tempat di mana ada banyak crane .
Ayah Qīniáng yang tahu Selatan seni bela diri Cina dan mengajar mereka untuk putrinya.
Suatu hari, saat Qīniáng melakukan tugasnya, crane hinggap di dekatnya.
Qīniáng mencoba untuk menakut-nakuti burung mematikan menggunakan tongkat dan keterampilan yang ia pelajari dari ayahnya tapi apa pun dia, crane akan melawan.
Qīniáng mencoba memukul crane di kepala, tetapi burung itu pindah kepalanya keluar dari jalan dan memblokir tongkat dengan sayapnya.
Qīniáng mencoba memukul sayap crane, tapi derek melangkah ke sisi dan kali ini diblokir dengan cakar kaki-kakinya. Qīniáng mencoba menyodok tubuh crane, tapi derek itu menghindar ke belakang dan memukul tongkat dengan paruhnya.
Sejak saat itu, Qīniáng hati-hati mempelajari pergerakan crane dan dikombinasikan dengan gerakan-gerakan seni bela diri ia pelajari dari ayahnya, menciptakan gaya Bangau Putih provinsi Fujian.
Ada banyak versi legenda ini, beberapa di mana derek tidak memblokir tongkat Qīniáng digunakan; tapi menghindari, dan dimentahkan. Titik gaya adalah untuk membuat kurang penggunaan kekuatan fisik, penghindaran menekankan, dan serangan ke daerah-daerah rentan sebagai gantinya. Putih derek elemen pertempuran yang populer, terutama di pertahanan diri perempuan, karena mereka tidak tergantung pada kekuatan dan perempuan lebih mampu meniru gerak pecking begitu umum dalam gaya derek pertempuran. [ rujukan? ] Populer karate bunkai (rincian) putih derek katas seperti hakutsuru , stres titik vital yang mencolok atau kyusho .

Sumber

Cabang

Seiring waktu Bangau Putih bercabang menjadi 5 gaya:

Cina Pinyin Minnan
Tidur Fist crane 宿 鹤 拳 su ia quan siok4 hoh8 kun5 juga dikenal sebagai Jumping, atau crane Leluhur
Menangis Fist crane 鸣鹤 拳 ming ia quan beng5 hoh8 kun5 juga dikenal sebagai Calling, rejan, atau Berteriak crane
Feeding Fist crane 食 鹤 拳 shi quan dia chiah8 hoh8 kun5 juga dikenal sebagai crane Pagi
Terbang Bangau Fist 飞鹤 拳 Fei Dia quan hui1 hoh8 kun5 alias fei Hok Kuen
Sambil Fist crane 纵 鹤 拳 Zong ia quan hui1 hoh8 kun5 alias Juni Hok Kuen

Sejarah

The Crane Leluhur utama Dr Yang ( Jwing-Ming Yang ), tanggal penciptaan Fujian Putih Crane untuk c. 1700.
Menurut tradisi dari cabang keluarga Lee dari Terbang Crane, Fang Qīniáng lahir di pertengahan abad ke-18.
Menurut tradisi, garis keturunan dari Falun Ong SHR Wushuguan di kota Yǒngchūn (永春; Minnan : eng2 chhun1) di prefektur Quanzhou di Provinsi Fujian didirikan ketika Fang Qīniáng diajarkan pendirinya pada masa pemerintahan kaisar Ming Jiazheng (嘉 政). Namun, tidak ada kaisar Ming Jiazheng (嘉政); ada Ming kaisar Jiajing (嘉靖), yang memerintah 1521-1566.
Lǐ Wénmào (李文茂), pemain opera historis diverifikasi dan pemimpin dalam Pemberontakan Turban 1854-1855 Merah di Foshan , dikatakan telah mempraktekkan gaya Yǒngchūn Crane Putih.
Para Xu Xi Dao-gaya Crane Putih seperti yang diajarkan oleh Chen Zuo Zhen (Chen Zhuo Zhen) digambarkan dengan foto pada Gaya www.chinesemartialarts.eu Putih> Crane. Gaya Xu Xi-Dao berasal dari 'crane bermunculan' Zhong-Ho dan dikembangkan di Taiwan oleh Huang Lao-Yang pada tahun 1950.

Makanan crane di Taiwan

Garis keturunan dari Feeding crane di Taiwan:
  1. 方七娘 - Fang Qi Niang
  2. 曾 四叔 - Ceng Si Chu
  3. 郑 礼 叔 - Zheng Shu Lǐ
  4. 蔡忠叔 - Cai Zhong Shu
  5. 蔡 公 颈 - Cai Gong Jǐng
  6. 林德顺 - Lin De Shun
  7. 刘 故 - Liu GU
  8. 刘 银山 - Liu Yin Shan
  9. 刘长益 - Liu Yi Zhǎng (Liu Chang I)

Pengaruh

Fujian Putih Crane adalah salah satu gaya konstituen dari Lima Leluhur . [3]
Lima Leluhur serta berbagai gaya Karate , terutama Goju-ryu , Chito-ryu dan Uechi-ryu , diperoleh rutin San Chian / San Zhan (Mandarin) dari Fujian Putih Crane. San Chian paling dikenal oleh Jepang pengucapan namanya: Sanchin . [4]

Lihat juga

16.Fou Jouw Pai


Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi , cari
Silsilah [1] [2]
Anonim Monk dari Hoy Hong Temple ? -?
Pertama Generasi Grand Master Wong Bil Hong b.1841 d.1934
Akhir Grand Master Wong Bulan Toy b.1907 d.1960
Grand Master Wai Hong b.1938
Lain Tanggal-tanggal Penting [1]
1876 Wong Bil Hong mulai mempelajari Hark Fu Bulan
1927 Wong Bulan Toy mulai mempelajari Hark Fu Bulan
1934 Wong Bil Hong mengganti nama sistem Fu Jow Pai
1934 Wong Bulan Toy tiba di New York City
1940 Wong Bulan Toy mulai mengajar Hung Gar [3]
1957 Youth Club Cina Athletic dibentuk untuk instruksi dari Fu Jow Pai (swasta)
1960 Wai Hong menjadi penerus dari sistem
1968 Youth Club Cina Athletic menjadi Fu Jow Pai Federasi, membuka kepada publik
Fu Jow Pai ( China : 虎爪派, secara harfiah "Tiger Claw Sistem"), awalnya bernama "Hark Fu Moon" (Black Tiger Kung Fu System), memiliki asal-usul dalam Hoy Hong Temple . [4] Sistem "adalah model setelah sikap dan strategi pertempuran dari harimau menyerang. Mutasi mencolok yang cepat kilat, lincah dan kuat Teknik unik untuk Fu-Jow Pai merobek,. robek, mencakar dan menangkap aplikasi. " [1] [5]

Isi

Pengaruh

Fu Jow Pai Grand Master terlatih dalam gaya tambahan berikut:

Kontribusi

Pada tahun 1971, Wai Hong mensponsori semua gaya terbuka pertama penuh kontak kung fu turnamen di AS dan yang menjadi model untuk masa depan penuh kontak turnamen AS. [ rujukan? ] [6] Ia juga mendirikan Timur Amerika Serikat Kung-Fu Federasi, yang ia memimpin selama delapan tahun. [7] Fu-Jow Pai telah muncul dalam beberapa film, dokumenter, dan turnamen. [2] [8]
Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait
17.Fut Gar


Fut Ga atau Gaya Buddha adalah relatif modern Selatan Shaolin gaya Kung Fu dirancang terutama dari kombinasi Hung Ga洪家dan Choi Ga蔡家kung fu. Gaya ini menggunakan sebagian besar pukulan, pemogokan sawit dan tendangan rendah, lebih lanjut ditandai dengan gerak kaki mengelak, blok melingkar dan menggunakan kekuatan lawan terhadap dia / nya.
Kata-kata "Ga Fut" secara harfiah diterjemahkan menjadi "Keluarga Buddha". Kata "Ga" dalam keluarga berarti Kanton. Nama ini telah identik dengan seni bela diri dipraktekkan di Selatan Kuil Shaolin di Fujian , dan digunakan sebagai istilah ambigu untuk keterampilan mereka.
Satu gaya yang secara resmi didirikan dengan nama "Fut Ga" memiliki asal-usul di salah satu Kuil Shaolin yang ada di Guangdong Province. Di awal sejarahnya, para biarawan ini Shaolin (Siu Lum dalam bahasa Kanton) candi cukup beruntung untuk belajar seni bela diri dari para pejuang yang telah menguasai 5 sistem yang paling populer Selatan Kung Fu. Gaya ini adalah Lau Ga, Lei Ga, Mok Ga, Choi Ga, dan Hung Ga Nama-nama gaya mencerminkan nama keluarga pendirinya gaya tertentu.
Sebuah Shaolin rahib bernama Leung Tin Jiu梁天柱menyadari nilai menggabungkan sekolah yang berbeda atau gaya bersama dan mengambil hanya teknik-teknik terbaik dari masing-masing gaya dan dibuang apa yang dia pikir tidak berguna atau tidak efektif. Disusun sebagian besar dari Choi Ga dan Hung Ga , ini menjadi Siu Lum Fut Ga少林佛家atau " Shaolin Buddha Gaya ".
Sebuah cabang Fut Ga dikembangkan oleh Leung Chiu Tin saat ini sedang sebagian diajarkan di sekolah di seluruh dunia dan dipimpin oleh Chen Rong En, murid hanya langsung Leung Tin Jiu yang saat ini masih terlibat dalam menyebarkan gaya. Para Leung Tin Jiu gaya Fut Ga terkenal di Cina untuk Formulir Staf Naga Terbang yang dikenal sebagai Raja Bentuk Staf dalam Kung Fu masyarakat. Nasional Fut Ga Kung Fu Training Centre di Toronto, Ontario, Kanada adalah terpanjang sekolah di bawah bimbingan Grandmaster Chen. Sebuah sekolah baru juga diawasi secara ketat oleh Grandmaster Chen ada di Cina sejak tahun 2004. Pada bulan November 2007 sebuah Internasional Federasi Fut Ga dibentuk untuk menyatukan instruktur dari Fut Ga Kung Fu di seluruh dunia.

Fut Ga Pelatihan

Fut pelatihan Ga termasuk pertahanan diri, hei ( qi ) gung, senjata, bentuk-bentuk tradisional, latihan untuk kesehatan, filsafat dan meditasi, kekuatan batin, disiplin, dan percaya diri. Teknik Serangan di Fut Ga beragam dan meliputi lebar, pukulan kait melingkar dan kepalan palu. Gerak kaki mengelak dan blok melingkar adalah beberapa teknik defensif digunakan. Manfaat pelatihan Ga Fut meliputi: teori pertempuran yang kuat; pendek untuk jarak menengah serangan; manuver dan gerak kaki, fokus berat pada teknik tangan; fleksibilitas teknik untuk semua jenis tubuh.
Gaya Fut Ga tradisional memiliki tiga tangan kosong set dan sembilan senjata. Set tangan kosong adalah:
1. Wu Dip Jeung 蝴蝶 掌 (Butterfly Palm)
2. Sup Ji Kuen 十字 拳 (Cross Fist Pola)
3. Daai Ga Lou 大家 路 (Set Great Family)
Sekarang ada sepuluh kosong tangan formulir untuk berlatih mulai dengan bentuk, keras hampir Karate-seperti, sepanjang jalan ke bentuk internal mirip dengan Tai Chi Chuan, mereka adalah:
Seh Ying Diu Sau (Bentuk Ular Hooking Formulir Tangan)
Taai Ji Kuen (Fist Pangeran)
Bak Mou Kuen (Fist Rambut Putih)
Loh Hon Kuen (Fist Arhat ini)
Daai Lin Wan Kuen (Fist Kontinyu Besar)
Daai Gum Falun Kuen (Fist Berlian Besar)
Chut Yap Bo (In dan Out Langkah)
Mang Fu Ha Saan (Tiger sengit Terbesar Gunung)
Tien Jaang (Siku Lengkap).
Ada juga senjata berbagai pelatihan Sembilan senjata asli adalah: staf, tombak, pedang lurus, pedang, kupu-kupu pedang, kwan do, harimau garpu, staf tiga penampang, dan sekop biarawan itu. Beberapa bentuk Fut Ga senjata meliputi: Hak Paru Apakah (Black Dragon Pedang Lebar); Fuk Fu Gwun (Tiger Taming Staf); Id Ma Gwai Chou (Lima Kuda Kembali ke Staf Posting Feeding), dan Chin Lung Gim (Naga Yah Pedang) .

18.Gouquan

Góuquán (狗拳), yaitu Dishuquan (地术拳), adalah seni bela diri gaya dari Cina . Ini adalah gaya tinju selatan China yang mengkhususkan diri dalam takedowns dan pertempuran darat . Seni bela diri juga mengajarkan Baju Besi dan Besi Palm metode memerangi serta teknik melompat khusus. Penciptaannya secara tradisional dikreditkan pada Buddha biarawati yang mengembangkan gaya membela diri dari bandit di perjalanannya.

Isi

Asal

Salah satu legenda mengenai asal usul Anjing Kung Fu mengatakan bahwa di daerah selatan Cina di Fujian Province, tinggal Lotus Putih (白莲) candi, dimana sering para biarawati yang dirawat di kehidupan sekuler sebelumnya tinggal. Saat itu perempuan sering ditundukkan pada praktek footbinding. Oleh karena itu, adanya praktik yang diperlukan berdiri aktivitas fisik sulit sedikit pun dan praktis tidak mungkin paling buruk. Menanggapi kendala-kendala fisik, para biarawati mengembangkan sistem pertempuran yang bisa mereka gunakan untuk membela diri dari bandit dan binatang liar. Selama kehancuran Dinasti Qing kekaisaran rezim candi, seorang biarawati bernama Si Yue telah meninggalkan White Lotus Temple dan melakukan perjalanan ke daerah-daerah utara provinsi ini. Seharusnya ia jatuh sakit di wilayah Yongtai dekat Fuzhou , di sanalah ia dibantu oleh Keluarga Chen yang merawatnya sampai pemulihan. Karena ia berhutang kepada keluarga Chen dia tetap dan mengajar anak mereka, Chen Biao, Gouquan. Keluarga Chen terus seni ini rahasia keluarga selama beberapa generasi. [1]
Legenda lain menunjukkan bahwa yang terkenal Fong Sai Yuk- adalah seorang master Dishuquan dan berlalu keterampilan untuk biksu di Kuil Zhuyuansi (kini dikenal dengan Guanyuan Temple), ini melewati berbagai generasi sampai seorang biarawan bernama Hui Kai mengajarkan gaya untuk Zheng Yishan. [2]

Chen Yi Jiu-

Selama tahun-tahun awal Republik Cina , Chen Ayin, keturunan Chen Biao, melarikan diri ke Singapura untuk melarikan diri penjara karena pembunuhan disengaja ketika membela seorang teman terhadap pengacau desa. Ia dibawa oleh seorang salah satu imigran Cina, Chen Yijiu. Menjadi pernah bersyukur, ia mengajar Chen Yijiu seninya tanpa reservasi.
Chen Yijiu, sudah memiliki belajar seni bela diri seperti Muay Thai , Naga Kung Fu , dan Zui Quan , menghabiskan beberapa tahun menyempurnakan teknik dalam Dishuquan dan membangun dirinya sendiri reputasi di Asia Tenggara sebagai "Kaki Besi". Dia meninggalkan Singapura pada tahun 1932 dan pindah ke Fuzhou , di mana dia tinggal sampai kematiannya. Di sana, ia menghabiskan sisa Dishuquan ajarannya tahun, menyebarkan seni di sekitar dan melalui Fuzhou

19.Hakka Kuen

Hakka Kuen (客家拳) adalah istilah umum yang menggambarkan berbagai seni bela diri Cina yang berasal dari Hakka komunitas Cina Selatan dan dianggap penting dalam gaya Selatan Seni Bela Diri Cina .
Jantung Hakka terletak di bagian pedalaman Provinsi Guangdong timur Delta Sungai Pearl [. rujukan? ] Menurut gaya Naga guru Steve Martin, Hakka Kuen dipengaruhi oleh gaya yang legendaris rahib Gee Sim Sim Lihat diajarkan di Guangdong dan provinsi tetangganya, Fujian pada abad ke 18 [. riset asli? ]
Terlepas dari kebenaran sejarah Sim Gee, kesamaan antara Hakka Kuen dan seni bela diri Fujian sangat menunjukkan bahwa keduanya berhubungan [. riset asli? ]
Menurut Leung Ting, kepala cabang Tsun Wing dari Wing Chun , "fitur-fitur umum mereka adalah bahwa selama perkelahian, petarung sistem ini lebih memilih langkah-langkah pendek dan pertempuran dekat, dengan senjata mereka ditempatkan dekat dengan dada, siku mereka diturunkan dan disimpan dekat dengan sisi-sisi untuk menawarkan perlindungan. Karakteristik lain dari kedua sistem kung-fu adalah, tidak seperti Kwangtung Propinsi dan Cina Utara, bentuk tinju mereka agak sederhana ". [1]
Bahu dan dada bulat karakteristik cekung gaya Hakka adalah fitur yang membedakan mereka dari gaya Fujian [. riset asli? ]
Sampai generasi master Lau Shui dan Lum Wing-Fay, Mantis Selatan Berdoa diajarkan secara eksklusif untuk Hakka. [ rujukan? ] Bahkan, masyarakat umum dari Delta Sungai Pearl disebut Mantis Selatan Berdoa sebagai "Hakka Kuen," menurut tradisi cabang Sai Kwong Jook Lum [. riset asli? ]
Gaya lain yang berkaitan dengan Hakka Kuen meliputi:
20.Dalai Pai / Hop Ga


Sementara hari ini seni bela diri yang dikenal sebagai Dalai Pai, Tibet Putih Crane, dan Gar Hop ada sebagai garis keturunan yang relatif berbeda dan / atau organisasi, semua berasal dari sosok tunggal yang dikenal sebagai paru Sing yang tiba di Provinsi Guangdong selama Dinasti Qing dan mengajarkan bela diri seni itu dikenal sebagai "Auman Singa" (狮子吼). Artikel ini akan mencoba untuk menjelaskan sejarah tradisi secara keseluruhan, perbedaan arus antara garis keturunan / organisasi dan juga ciri-ciri umum mereka.

Isi

Tibet atau Seni Bela Diri Cina?

Telah ada perdebatan di kalangan sejarawan seni bela diri untuk beberapa waktu, apakah atau tidak Roar Singa dan keturunannya, sebenarnya "Tibet" seni bela diri. Argumen ini didasarkan terutama pada dua pengamatan logis. Pertama dan terutama, seni bela diri yang ada dalam apa yang Tibet modern dalam banyak hal tidak menyerupai sekolah sebagai diawetkan di China [ rujukan? ]. Beberapa gerakan berayun lama hadir tetapi secara umum Tibet seni bela diri ini lebih dekat dengan tradisi India [ rujukan? ]. Sementara beberapa dari ini disparitas jelas adalah karena pengaruh Cina dalam seratus tahun terakhir, memang titik yang valid.
Pertimbangan kedua, langsung berhubungan dengan yang pertama, adalah kenyataan bahwa mereka dalam banyak hal menyerupai sistem yang terkait dengan China utara. Gerakan jangka panjang berayun (tapi bukan mereka teknik lingkaran kecil yang sangat banyak spesialisasi dari tradisi "Tibet") dari Dalai Pai dapat ditemukan dalam sistem seperti Pek GWA Myuhn. Banyak teknik menendang juga menyerupai sistem utara.
Untungnya, perdebatan ini dapat diletakkan untuk beristirahat cukup cepat jika kita memeriksa lebih dekat sejarah Roar singa. Ah Dat-Ta, pendiri Lion Roar, digambarkan sebagai baik etnis Cina (yaitu Han) dan sebagai hidup di tempat yang sekarang provinsi Qinghai, terletak di utara Cina barat, di sebelah Tibet modern. Ada juga alasan untuk percaya Nyanyikan Paru, biarawan Budha yang membawa Roar Singa ke Guangdong, dibesarkan dan dilatih di Qinghai. [1] Untuk memahami makna yang satu ini harus tahu sedikit tentang sejarah kawasan.
Qinghai baru-baru ini dianggap "Cina" [ rujukan? ]. Untuk banyak generasi, provinsi ini telah didiami oleh orang Tibet, Mongolia, Manchurians dan berbagai macam kelompok minoritas. Dengan demikian, Roar Singa mewakili tradisi besar Barat seni bela diri Cina. Ini mewakili seni bela diri dipraktekkan di Tibet tetapi juga seni bela diri dipraktekkan di Qinghai, Outer Mongolia, Mongolia dalam, Sichuan, Yunnan, dan propinsi Xinjiang. Ini mewakili seni bela diri dari Tibet, Mongolia, Manchurians, etnis Han China dan berbagai macam kelompok minoritas.

Asal usul Roar Singa seni bela diri

Sistem Auman Singa asli tersebut diberikan untuk seorang biarawan bernama Ah Dat-Ta (阿达 陀), juga kadang-kadang dikenal sebagai "Dat Dai Lama". Ah Dat-Ta lahir di 1426 dan merupakan anggota dari suku nomaden yang melakukan perjalanan di seluruh Tibet dan Qinghai. Dia adalah seorang pria muda yang aktif yang berlatih menunggang kuda, gulat (Shuai-Jiao) dan tipe khusus bersama-locking (merebut dan mengendalikan keterampilan). Setelah ditahbiskan sebagai biksu di Tibet, ia juga belajar seni bela diri yang rupanya berasal dari India. [2] [3]
Selama beberapa tahun Ah Dat-Ta mundur ke pegunungan untuk tinggal di pengasingan, belajar teks-teks Buddha dan berlatih meditasi. Ia juga berharap untuk meningkatkan keterampilan seni bela diri. Suatu hari meditasi Ah Dat-Ta yang merasa terganggu oleh suara keras. Dia meninggalkan gua dia telah bermeditasi dalam untuk menyelidiki dan menemukan kera mencoba untuk menangkap derek. Dia merasa heran. Meskipun ukurannya besar kera dan kekuatan, derek menghindari ayunan besar dan mematuk lembut, poin penting. Ah Dat-Ta terinspirasi untuk menciptakan sebuah seni bela diri baru.
Ah Dat-Ta menciptakan sebuah sistem yang menirukan penghindaran cekatan dan titik vital mencolok dari derek putih dan ayunan kuat kera dan teknik grabbing. Hal ini didasarkan pada, nomor delapan nomor penting dalam bahasa Cina kosmologi dan numerologi. Teori pertempuran mendasar dikenal sebagai "esensi delapan karakter sejati". The "delapan karakter esensi sejati" secara kasar dapat diterjemahkan sebagai "menyerang tempat yang memiliki pulsa, tidak pernah tempat yang memiliki denyut nadi tidak ada, dan meregangkan lengan keluar sambil menjaga tubuh pergi." [4] [5] [3]

Sistem ini terdiri dari 8 serangan tinju, 8 pemogokan sawit, 8 siku pemogokan, pemogokan 8 jari, 8 teknik menendang, 8 merebut (mencakar) teknik, 8 sikap dan 8 pola loncatan. [3]
Berdasarkan garis ditemukan dalam sutra dikenal sebagai "Catatan Mengumpan Lantern", sistem baru itu disebut Roar Singa (狮子吼). Menurut sutra ini, atas kelahiran Sang Buddha, ia berdiri, menunjuk jari satu tangan ke langit, jari dari tangan lain ke bumi dan meraung seperti singa mengumumkan ia telah tiba. Auman singa dianggap hadiah khusus para Lama Tibet ', langsung dari Buddha ". [4] [5] [2]
Sejarah lisan menyatakan bahwa, di akhir Dinasti Ming (1368-1644), Roar Singa menyebar ke Cina Utara dan dimasukkan teknik-teknik seni bela diri di sana, menjelaskan karakteristik Utara nya Cina.

Sing Lung

Tergantung pada garis keturunan, sosok yang dikenal sebagai paru bernyanyi adalah diberikan dalam aksara Cina sebagai "Sage Dragon" (圣龙) atau "Star Dragon" (星 龙). Dari sudut pandang Buddhis, "Sage Dragon" (圣龙) lebih masuk akal logis dan penggunaan karakter untuk "bintang" (星) dengan mudah dapat dijelaskan oleh tradisi didirikan panjang "karakter putih" dalam masyarakat Cina , yaitu penggunaan karakter sederhana dengan suara fonetik yang sama. [6] . Nyanyikan Paru juga memiliki alias sebagai Gam Ngau "Golden Hook" leih Wu-Ji (Li Ji Hu) (金钩李胡子). [4]
Sejumlah legenda mengenai eksploitasi Sing Lung ada. Nyanyikan Paru pertama kali tiba di Cina pada O-Mei Shan di provinsi Szechuan. Selama waktunya di sana ia menjadi cukup terkenal karena keahliannya. Setelah tiba di Sungai Pearl, Sing Lung ditantang oleh seorang bajak laut yang dikenal sebagai Cheung Po-Jai. Cheung terkenal karena merampok pejabat Dinasti Qing yang korup. Setelah dikalahkan Cheung, Paru Sing menerimanya sebagai mahasiswa. [4] [5]
Untuk sementara waktu, Sing Lung juga diajarkan Leung Kwan, yang dikenal sebagai "Tit Kiu Sam" (铁桥 三) atau "Besi Jembatan # 3". "Tit Kiu Sam" terkenal karena pengaruh nya pada Shaolin Selatan Hung Ga sistem dan juga terlibat dalam kegiatan revolusioner [7]
Di akhir hidupnya Nyanyikan Paru tiba di Provinsi Guangdong , Cina Selatan di "Cloud Biara Santa" Yun Ching Jih (庆云寺) di dekat Mountain "Wu Ding" pada tahun 1865. [2] [4] [8]

Ching Yun Jih "Berbahagialah Cloud Biara" (庆云 寺)
Ia selama periode waktu yang Paru Sing diajarkan Chan Yam (陈 荫), Heung-Chou Yuen (周 香 远), dan Chu Chi-Yu (朱子尧). Chan Yam dan Chou Yuen Heung-keduanya meninggal relatif muda dan tampaknya memiliki sedikit, jika ada, siswa perlu diperhatikan. Chu Chi-Yu diterima hanya beberapa murid dan umumnya mengikuti apa yang telah dipelajarinya tersembunyi dari masyarakat umum. Di antara siswa-siswanya adalah Chu Cheung, Lei Seung-Dong, dan Chiu Dihk. Siswa-siswa ini terus menjaga apa yang telah mereka pelajari sangat erat dan hanya menerima murid sedikit. Chu Chi-Yu rupanya juga diajarkan NHG Siu-Chung untuk jangka waktu.
Kedua mahasiswa yang paling penting dari periode ini dikenal sebagai Wong Yan-Lam dan Wong Lam-Hoi . [9] [2] Sekali lagi, tergantung pada tradisi, cerita memiliki variasi yang agak berbeda. Di antara garis keturunan Wong Yan-Lam, dikatakan bahwa awalnya Wong Lam-Hoi masih mahasiswa Wong Yan-Lam. Dalam garis keturunan Wong Lam-Hoi (terutama Pak Hok Pai / Tibet Putih Bangau) dia digambarkan sebagai sama relatif.
Dari buku Lo Wai Keung itu "Yau Jih Baat Gihk Kuen":
其后 在 广州 设 馆 教 拳术, 兼 悬 壶 济 也.

Wong Yan-Lam


Wong Yan Lam
Wong Yan Lam adalah anak dari master Kung-Fu Shaolin dikenal sebagai Wong Ping. Wong Ping sesuatu dari legenda lokal, yang dikenal sebagai "kaki perunggu", dan gemar menunjukkan nya kung-fu di depan umum. Karena itu ia datang ke perhatian Paru Sing. Suatu hari Sing Lung turun dari gunung dan memiliki kesempatan untuk mengamati Wong Ping kung-fu. Dia terkesan dengan keterampilan Wong Ping dan mencoba mengatakan kepadanya begitu tetapi karena Nyanyikan Lung Cina tidak terlalu baik ada kesalahpahaman. Wong Ping menyerang Sing Luhng dengan sapuan kaki kuat tapi biarawan Tibet digunakan teknik yang dikenal sebagai "GONG GAM HONG LUHNG". Dia melompat ke udara dan mendarat di kaki, lutut melanggar Wong Ping. [8]
Ketika kesalahpahaman dikoreksi Nyanyikan Paru ditawarkan untuk menyembuhkan kaki menggunakan teknik khusus Tibet medis dan dua menjadi teman. Wong Ping sangat terkesan oleh Paru menyanyikan ia meminta biksu tua untuk mengajarkan anaknya. Wong Yan-Lam dipelajari selama bertahun-tahun dan mencapai keterampilan yang cukup besar di bawah arahan Paru Sing. Selain Dalai Pai, Wong Yan Lam juga belajar Lo Han Myuhn (Boddhisattva divisi) dan Gam Falun Myuhn (Diamond divisi) metode internal dan Tibet medis teknik. [6]
Setelah kematian gurunya, Wong Yan-Lam kiri Guangdong dan bertahun-tahun bekerja sebagai pengawal bersenjata di propinsi Shan Xi. Selama periode ini Wong Yan-Lam bertemu dan bertukar teknik dengan sejumlah besar seniman bela diri. Wong Yan-Lam juga menjadi terlibat dalam gerakan revolusioner berjanji untuk menggulingkan Manchurians. Karena perbuatan barang banyak dikaitkan dengannya selama hidupnya, Wong Yan-Lam mendapat julukan "Haap" (Knight atau Hero). [4] [2] [8] [10]
Setelah bertahun-tahun, Wong Yan-Lam tumbuh rindu rumah dan memutuskan untuk kembali ke Guangdong. Dia juga memutuskan bahwa ia akhirnya mau menerima siswa dan mengajar Dalai Pai. Setelah tiba di Guangdong, ia mendirikan sebuah panggung kayu yang besar dan mengumumkan bahwa ia akan menerima penantang apapun untuk membuktikan efektifitas Dalai Pai. Selama 18 hari ke depan, 150 pejuang daerah terbaik yang ditinju, ditendang, dilempar atau dicekik menjadi tunduk. [8] [2] [11] Menurut Chin Daud, "Entah penantang itu cacat atau dibunuh. Wong tidak pernah membiarkan satu penantang meninggalkan sekolah tanpa cedera. Dia adalah seorang master menggunakan teknik kekejaman ". [11]
Itu adalah tampilan belum pernah terjadi sebelumnya untuk memerangi kemampuan dan sebagai hasilnya Wong Yan-Lam kemudian menduduki peringkat nomor satu di antara Sepuluh Macan Guangdong dan dianggap sebagai pejuang terbaik di Cina selatan. [10]
Salah satu Macan sesama adalah Wong Kei-Ying , ayah yang terkenal Wong Fei-Hung . Ayah dan anak, baik tuan dari Hung Kuen , bertukar pengetahuan dengan seniman bela diri lain, termasuk Wong Yan-Lam. Menurut sejarah Pai Dalai lisan, Wong Fei-Hung belajar dari Wong Yan-Lam teknik lengan panjang ditemukan di Derek Tiger Fist Paduan Bentuk dan Elemen Lima teknik yang ditemukan dalam Fist Lima Lima Hewan Elemen dengan imbalan Lima teknik Hewan ditemukan di Fist Lima Hewan Kecil Yan-Lam dan keturunannya. Sebaliknya, "desa" gaya Kuen Hung tidak menunjukkan tanda-tanda pengaruh dari Dalai Pai / Hop Gar / Tibet Putih Crane dan merupakan ciri Selatan seni bela diri Cina.

Wong Lam-Hoi

Setelah kematian Paru Sing, Wong Lam-Hoi tetap di Guangdong. Sebagai guru, kemampuan Wong Lam-Hoi itu dengan baik dihormati oleh semua siswa dan banyak berbondong-bondong ke sekolah untuk belajar metodenya. Bahkan, Wong Lam-Hoi sudah mapan pada saat Wong Yan-Lam kembali ke Guangdong. Wong Lam-Hoi diterima banyak murid selama bertahun-tahun di Guangdong termasuk NHG Siu-Chan, NHG Shi-Kai, NHG Keng-Wen, Lei Shing-Kon, Dong Di-Wen, NHG Gam-Tin, Cheng Tit-Wu, Leung Chi -Hoi, Lo Chiu-Kit, Chung Chan-Yung dan Dang Ho. Meskipun demikian, ia masih terutama dikenal karena mahasiswa seniornya, NHG Siu-Chung. NHG Siu-Chung mendirikan gaya Bangau Putih (Pak Hok Pai) yang menekankan "terbang tangan derek" dan "terus-menerus menendang" dari Dalai Pai kurikulum. [6] . NHG Siu-Chung adalah seorang pejuang yang sangat terampil dan sering diingat untuk mengalahkan Wong Siu-Jou, anggota terkemuka dari kelompok lima utara harimau.

Hop Gar atau White Crane (Pak Hok Pai)?

Roar sistem Singa, sekarang paling sering disebut sebagai Dalai Pai (sistem Lamas), menderita karena itu adalah metode asing [ rujukan? ]. Periode Republik adalah masa nasionalisme yang ekstrim dan beberapa instruktur ingin mengaku akan mengajar sistem asing, terutama yang Qing kerajaan penjaga telah berlatih. Untuk alasan ini, jumlah Wong Yan-Lam satu murid, Wong Hon-Wing, mengadopsi Hop nama Gar / Haap Ga (Knight Gaya Keluarga) berdasarkan nama panggilan gurunya dan rekomendasi dari Dr Sun Yat-Sen. Namun, sebagian besar siswa-Wong Lam Hoi itu tidak menerima nama baru. Mereka hanya menolak untuk memberikan kredit lebih banyak untuk mereka Si-Baahk (paman tua) daripada guru mereka sendiri. Sebagai tanggapan, NHG Siu-Chung didirikan gaya Bangau Putih (Pak Hok Pai).

Hop Gar

Wong Hon-Wing adalah untuk waktu yang sangat lama dianggap jumlah Guru Wong Yan-Lam satu mahasiswa dan perwakilan resmi satu-satunya. Itu Wong Hon-Wing yang mulai menggunakan nama Haap Ga Kyuhn berdasarkan julukan gurunya dan rekomendasi dari Dr Sun Yat-Sen. Sebagai Wong Yan-Lam tumbuh dewasa, dia juga memberikan tanggung jawab Wong Hon-Wing lebih dan lebih untuk menjalankan sekolah. Akhirnya, Wong Yan-Lam mengumumkan bahwa dia telah pensiun dan kembali ke desa asalnya. [8]
Pada periode segera setelah, Wong Hon-Wing membuka lebih banyak sekolah beberapa eksklusif di bawah nama sendiri dan dikembangkan cukup reputasi di antara komunitas seni selatan bela diri. Haap Ga Kyuhn menjadi umumnya terkait dengan versi sendiri Wong Hon-Wing gaya. Namun, pensiun Wong Yan-Lam tidak berlangsung lama dan siswa segera lain, mantan siswa banyak dari mereka Wong Hon-Wing, diterima sebagai murid. Ada banyak cerita tentang alasan pergeseran dan penurunan berikutnya Wong Hon-Wing posisi. Di Hong Kong, dikatakan ada sengketa royalti Wong Han-Wing seharusnya membayar gurunya. Di Malaysia, dikatakan bahwa banyak siswa Wong Hon-Wing telah mengeluh kepada Wong Yan-Lam bahwa guru mereka tidak menyampaikan keahliannya. Di San Francisco, lebih dari beberapa guru dari beberapa tradisi berpendapat bahwa guru tua itu hanya menolak untuk minggir dan membiarkan muridnya membuat nama untuk dirinya sendiri. Mungkin ada beberapa kebenaran semua cerita. Yang penting untuk disadari adalah bahwa karena alasan apapun siswa lain diterima oleh Wong Yan-Lam dan mengajarkan keterampilan yang maju. [6]
NHG Yim-Ming (juga dikenal di Amerika Serikat sebagai Harry Ng) juga menggunakan nama Haap Ga diadopsi oleh Wong Hon-Wong dan menyebarkan seni dengan mengajarkannya kepada Angkatan Udara. Namun, pada tahun 1950 NHG Yim-Ming mengunjungi keluarganya di San Francisco dan memutuskan untuk tinggal. Di sana ia mengajar sejumlah mahasiswa termasuk Chin Dai-Wei (David Chin), Jack Hoey dan Tony Galvin. [11] Dari semua murid kemudian Wong Yan-Lam, NHG Yim-Ming adalah yang paling dihormati dan keahliannya berada di luar pertanyaan. Bahkan, keterampilan NHG Yim-Ming mungkin sangat baik telah melampaui orang Wong Hon-Wing.
Lei Ying-Chuen awalnya salah satu murid Wong Hon-Wing paling senior dan membantunya mengelola banyak sekolah nya. Adalah untuk alasan ini bahwa ia memiliki akses langsung ke Wong Yan-Lam. Lei Ying-Chuen adalah murid pertama dari Wong Hon-Wing untuk diterima sebagai murid oleh Wong Yan-Lam dan ia membuka sekolah sendiri, menggunakan nama Haap Ga, di Si-Gwan, Guangdong hampir segera setelah penerimaannya. Sementara keterampilan Lei Ying-Chuen yang tidak dalam pertanyaan, banyak yang kritis fickleness dan kurangnya loyalitas.
Wong Lun (AKA Wong Geng CHOH) mempelajari Kune Hung dengan ayahnya selama 5 tahun dan kemudian diikuti mahasiswa Tit Kiu Sam untuk 6 tahun lagi. [12] Dia kemudian bertemu Wong Yan Lum dan menjadi muridnya. Wong Lun mahasiswa Gum Deng Untuk mempopulerkan sistem Gar Hop seluruh Cina selatan dan menulis beberapa buku.

Tibet Putih Bangau

Nama "Tibet Putih Bangau" dikaitkan dengan garis keturunan diwariskan dari Wong Lam-Hoi melalui Ng Siu-Chung, yang pelatihan dengan Wong Lam-Hoi kemudian dilengkapi dengan pelatihan dengan Chu Chi-Yiu, lain dari siswa Sing Lung. NHG Siu-Chung berusaha untuk membuat sistem yang lebih mudah diakses oleh masyarakat umum. Gaya Bangau Putih berusaha untuk membakukan praktek dasar-dasar dan keduanya dimodifikasi dan menciptakan set tangan untuk membuat mereka logis dan sistematis.
Namun, segera setelah kematian NHG Siu-Chung gaya dibagi menjadi beberapa cabang dan tidak lagi tetap bersatu. Hong Kong Putih Bangau Athletic Association berusaha untuk membakukan ajaran Putih Bangau tetapi setiap murid sudah mulai mengembangkan metode mereka sendiri. Beberapa murid sudah puas untuk tetap berada dalam Asosiasi Hong Kong Putih Bangau Athletic sementara yang lain, terutama Chan Hak-Fu, tidak. Chan Hak-Fu memutuskan untuk mendirikan organisasi sendiri, International Putih Bangau Federasi, di Australia pada tahun 1972. Bangau Putih Chan Hak-Fu dianggap signifikan berbeda dari Crane Putih teman-teman sekelasnya.
Hal yang lebih rumit pada tahun 1977 ketika Ngai Yuk Tong dan beberapa anggota Hong Kong Putih Bangau Athletic Association memutuskan untuk mengubah set tangan, membuat mereka "lebih ekonomis" dan menghilangkan gerakan berulang.

Lama Pai

Nama "Dalai Pai" terutama terkait dengan garis keturunan diwariskan dari Wong Yan-Lam melalui Choi Yit-Gung dan Jyu Chyuhn , dua mahasiswa di kemudian hari.
Pada usia sebelas tahun, Choi Yit-Gung diatur pengantar Wong Yan-Lam. Pada saat ini, Wong Yan-Lam mendekati sembilan puluh tahun dan telah kehilangan penglihatannya sehingga Choi Yit-Gung, yang berasal dari keluarga kaya, membawanya ke rumahnya sendiri dan memiliki hamba-hambanya merawatnya. Choi Yit-Gung mengabdikan dirinya selama kurang lebih delapan tahun dan menjadi seorang pejuang yang sangat dikenal di Cina selatan. Tidak seperti NHG Yim-Ming, Lei Ying-Chuen dan Wong Lun, Choi Yit-Gung terus menggunakan nama Dalai Pai. [8]
Dalam tahun-tahun terakhir hidupnya, Choi Yit-Gung pindah ke Hong Kong dan diajarkan cukup banyak individu yang membantu mempopulerkan gaya Dalai Pai. Di antara murid Hong Kong Chan adalah Kuen-NHG, Gung Yut-Gae, dan Lo Wai-Keung [4] [8] . Hari ini, siswa nomor dari Gung Yit-Gae mengajar di Tibet Dalai Pai Asosiasi Vancouver, Kanada. Lo Wai-Keung dioperasikan sebuah sekolah besar di Hong Kong. Lo Wai-Keung juga menulis hanya dua buku tentang Dalai Pai (satu telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris).
Keturunan yang kedua mencakup semua siswa Jyu Chyuhn itu. Jyu Chyuhn (朱亦传) (1892-1980) lahir di Toi-San kabupaten provinsi Guangdong dan mulai pelatihan dalam seni bela diri pada usia dini. Ia belajar berbagai seni bela diri termasuk Choi Lei Faht (Choy Lay Fut) gaya di bawah arahan Master Chan Indung-Bahk, putra pendiri style, Chan Heung . [2] Jyu Chyuhn pertama kali belajar Dalai Pai bawah arah Wong Lam-Hoi dan kemudian mencari Wong Yan-Lam ketika ia kembali ke Guangdong. Akhirnya, Jyu Chyuhn belajar sistem Dalai seluruh Pai. Namun, Jyu Chyuhn menjadi tertarik pada agama Buddha di kemudian hari dan, terinspirasi oleh cerita-cerita gurunya bercerita tentang masa muda mereka, pensiun dekat Biara Cloud Batal (清云寺) di Guangdong Propinsi di selatan Cina .
Siswa Terkemuka di bawah Jyu Chuyhn adalah: [13]
  1. Falun Kwan-San
  2. Lei Lun-San
  3. Leu Yuk-San
  4. Lei Sek-San
  5. Lei Chiu-San
  6. Jyu Wu-San
  7. Jyu Wan-San
  8. Lei Git-San
  9. Jyu Ching San
  10. Lei Wai-San
  11. Lei Fei-San
  12. Chan Tai-San

Cina Satwa dan Beyond

Tergantung pada garis keturunan / tradisi, Sing Lung digambarkan sebagai pewaris, generasi ke-36 ke-18 atau 14 sistem Roar sang singa. [6] Ada kesenjangan 350-tahun antara Paru Ah Dat-Ta dan Nyanyikan dan kurangnya mengganggu informasi mengenai periode yang panjang. Namun, kami memiliki garis keturunan yang sangat jelas dan mapan sekali Paru Sing mulai mengajar di provinsi Guangdong, Cina Selatan. Ini adalah ringkasan singkat dari beberapa garis keturunan menonjol dan masih aktif.
Pak Hok Pai
Wong Lam Hoi / Chu Chi Yui - NHG Siu-Chung - Kwong Fu Bon / Luk Chi Fu /
Pak Hok Pai
Wong Lam Hoi / Chu Chi Yui - NHG Siu-Chung - Chan Hak Fu (Australia) [14]
Pak Hok Pai
Wong Lam Hoi / Chu Chi Yui - NHG Siu-Chung - Kwong Fu Pon / Vincent Chow (Vancouver, Kanada)
Pak Hok Pai
Wong Lam Hoi / Chu Chi Yui - NHG Siu-Chung - Au Wing Nim - Cheung Kwok Wah
Hop Gar
Wong Yan Lam - Id Yim Ming - David Chin / Ku Chi Wai / Jack Hoey / Tony Galvin / Charlie Chan (Cucu) / Chris Heintzman (AS) / Tim Smith
Hop Gar
Wong Yan Lam - Wong Lun (AKA Wong Geng CHOH) - Deng Gum Untuk - Deng Jan Falun - David Rogers (Inggris)
Hop Gar
Wong Yan Lam - Wong Lun (AKA Wong Geng CHOH) - Deng Gum Untuk - Melissa Fung Chan (Selandia Baru) - David Chan
Dalai Pai
Wong Yan Lam - Choi Yit Gung - Lo Wai Keung (Hong Kong)
Dalai Pai
Wong Yan Lam - Jyu Chyuhn - Chan Tai San (AS)
Dalai Pai
Wong Yan Lam - Jyu Chyuhn - Lei Fei San (Guangdong, Cina)
Dalai Pai
Wong Yan Lam - Choi Yit Gung - Gung Yut Gae - Tony Jay (Vancouver, Kanada)

Kehilangan garis keturunan dan hibrida

Sementara garis keturunan yang hilang dan cerita tentang biarawan misterius cukup umum dalam bahasa Cina tradisi seni bela diri, mereka adalah fitur khusus dari Roar singa. Misalnya, Chan Tai San dipelajari dengan Ma Yi Po, yang Dalai Pai berasal dari Manchuria, tetapi tentang yang tidak ada lagi yang diketahui. [2] . Au Wing Ning (区永年) yang dikenal sebagai seorang mahasiswa Tibet Putih Crane (Pak Hok Pai) pendiri NHG Siu-Chung tetapi juga mempelajari Dalai Pai dengan dua biarawan dikenal sebagai Tit Sim See Ching dan Wai. [15] . Kemudian ada kasus Chan Dau, pendiri "Apakah Pai", yang belajar Gar Hop dengan seorang biarawan yang tidak disebutkan namanya di sebuah biara tidak disebutkan namanya di Toi-San kabupaten, Guangdong. [16] "Apakah Pai" adalah dilaporkan kombinasi Hung Kuen, Choi Lee Fut, dan Gar Hop.

Lion Roar (Tibet Martial Art) Teori

Dalai Pai, Hop Gar dan Tibet Putih Bangau berbagi semua teori-teori umum.
Delapan Karakter Essence Benar: "Pukullah tempat yang memiliki pulsa, tidak pernah tempat yang memiliki denyut nadi tidak ada, dan meregangkan lengan keluar sambil menjaga tubuh jauh". [8]
Chan (kekejaman): Chan merupakan keadaan mental yang harus dicapai. Ketika diserang, tidak ada ruang bagi ambivalensi atau ragu-ragu. Siswa harus berkomitmen untuk menjadi benar-benar kejam. Semua serangan harus dijalankan kekuatan penuh, dan semua gerakan memblokir harus menghancurkan anggota badan lawan.
Sim (menghindar, menghindari, hindari): Sim merupakan metode defensif disukai. Hal ini dianggap unggul untuk menghindari semua serangan sementara secara bersamaan mencolok poin penting terbuka. Hal ini dicapai melalui gerak kaki, posisi tubuh, dan melompat.
Chyuhn (untuk menembus, menembus): Chyuhn merupakan tujuan utama ofensif, untuk semua pemogokan untuk menembus dan menghancurkan poin penting. Ini juga menunjuk titik vital yang mencolok.
Jit (untuk menghentikan, intercept): Jit merupakan garis pertahanan kedua. Serangan yang tidak dapat dihindari harus dicegat dan menyerang anggota tubuh hancur.

21.Kungfu Macan Tutul

Leopard Kung fu gaya Kung fu dan merupakan salah satu dari Lima Hewan gaya. [1]
Hal itu diduga dibuat oleh Jue Yuan dengan bantuan dari Bai Yufeng dan Li Sou. Penekanan macan tutul adalah serangan kecepatan dan sudut. Macan tutul tidak membanjiri atau mengandalkan kekuatan, seperti halnya harimau , melainkan bergantung pada kecepatan dan pintar dari lawan. Kekuatan dari kecepatan agresif. Praktisi macan tutul akan fokus pada siku, lutut, tendangan rendah, dan pukulan macan tutul. [2]
Tujuan dari gaya Leopard adalah: [3]
  • mengembangkan kecepatan otot untuk kekuatan eksternal.
  • mengajarkan kesabaran.
  • menggunakan pukulan macan tutul untuk penetrasi dan menurunkan daya tubuh bermunculan.
Gaya macan tutul didirikan pada pengamatan pencipta 'dari gerakan macan tutul di alam liar, dan karena itu praktisi dari gaya meniru gerakan-gerakan ini. Pemblokiran yang terbuang di Leopard - gaya dapat disimpulkan dengan "Mengapa memblokir ketika Anda dapat menekan?" Ini tidak bergantung pada sikap berakar, dan hanya akan menganggap sikap sementara dalam serangan dalam rangka untuk memulai pada lawan. Teknik memukul dan lari dari macan tutul, sesuatu yang sangat efektif terhadap lawan yang lebih besar, adalah unik untuk hewan. [4]
Senjata utama adalah kepalan tangan macan tutul, yang dapat disamakan dengan kepalan setengah terbuka. Permukaan mencolok utama adalah ridge dibentuk dengan melipat jari-jari pada sendi phalangeal pertama; permukaan mencolok sekunder adalah tangan sawit. Pemogokan termasuk mata phoenix, yang merupakan pukulan untuk titik-titik tekanan termasuk mata dan candi. Hal ini dibentuk dengan mengangkat hanya buku jari telunjuk sementara sisanya disimpan dalam bentuk kepalan biasa. Kepalan macan tutul juga dapat dimodifikasi dengan sedikit mengangkat jari untuk membentuk cakar. Cakar macan tutul dapat digunakan untuk menyapu, cakar, dan merobek di wajah dan leher seorang penyerang. [5]
Gaya macan tutul diperkirakan menjadi titik tengah antara Tiger dan gaya Crane, kekuatan dan tinggi.
Sebuah teknik yang menarik dari macan tutul adalah kemampuan untuk secara bersamaan memblokir dan menyerang lawan. Hal ini tidak umum digunakan di lebih keras seni bela diri (seperti yang lain gaya Shaolin , misalnya). Kecepatan menyimpang dari macan tutul merupakan ciri khas dari gaya. Dalam budaya populer gaya Leopard digunakan dalam Mortal Kombat seri. Darrius menggunakan seni di Penipuan dan karakter Nitara juga menggunakan gaya di kedua Aliansi Mematikan dan Armageddon .
Dalam film animasi Kung Fu Panda , penjahat utama adalah macan tutul antropomorfik yang menggunakan Leopard Kung Fu. [6]

22.Li Gar

Li keluarga atau Lee Kung Fu李家功夫umumnya dikenal sebagai salah satu dari lima gaya keluarga terkenal dari Selatan seni bela diri Cina .

Isi

Artis Bela Diri

Li Sou

Keluarga Li berasal dari Lanzhou di provinsi Gansu dari Cina . Legenda mengatakan bahwa sebelum pembangunan Li Sou dari Wu Xing Chuan (5 kepalan bentuk), ia telah belajar teknik sawit berbagai yang telah disampaikan kepadanya oleh anggota lain dari keluarga Li. Teknik-teknik yang disebut Palms Immortal Ilahi, dan terdiri dari Palm Besi Tulang pecah, Vibrating Palm, Kapas Palm, Burning Palm, Spiralling Palm, dan Internal Besi Palm , yang diajarkan untuk keluarga Li oleh Tao pertapa perjalanan abadi dan lainnya dari yang Wudang dan O Mei Mountains.
Shaolin Wu Xing Chun / Ng Ying Kuen (5 Fist Shape)
Berasal dari 18 tangan Luohan, Jueyuan di abad ke-13 yang diperluas 18 teknik ke 72. Namun, ia merasa perlu untuk mencari ilmu dari luar batas-batas kuil. Di Provinsi Gansu di bagian barat Cina, di kota Lanzhou, ia bertemu Li Sou, master dari "Fist Merah" Hongquan (红拳). Li Sou disertai Jueyuan kembali ke Henan , untuk Luoyang untuk memperkenalkan Jueyuan untuk Bai Yufeng, menguasai metode internal. Nama aslinya Li Sou adalah Li Yuanshou (Li Sou berarti hanya "orang tua").
Mereka kembali ke Shaolin dan memperluas 72 teknik untuk sekitar 170. Selain itu, menggunakan pengetahuan gabungan mereka, mereka memasukkan aspek internal untuk Shaolin tinju. Mereka mengorganisir teknik ini ke Lima Hewan yaitu Tiger , para Bangau , yang Leopard , yang Ular , dan Naga .

Li Shan Anda / Lee Yau San李友山

Dari Guandong Xin Hui, Li Youshan memasuki Kuil Shaolin dan menjadi mahasiswa Sin Shim Jee Monk Monk Lihat dan Li Sik Hoi / Li Xi Kai. Pelatihan difokuskan metode 5 tinju bersama dengan bentuk seni lainnya untuk menciptakan Li Jia gaya jembatan pendek dengan gerak kaki berubah panjang.

Li Yi李义(Lee Orang Benar) (1744-1828年)

Dari Guandong Sudut Desa Api dicatat sebagai pendiri gaya Jia Li. Ada kemungkinan bahwa 2 orang adalah sama.

Tidak hanya dikenal sebagai pendiri Gaya Jia / Lee Li Ga ia juga instruktur untuk Chan Heung - pendiri Gaya Lee Fut Choy.

Teori & Prinsip

Li Jia adalah campuran dari Fist Selatan Sulit Stabil dan Agility Cepat dari Sekolah Utara. Gaya yang paling terkenal karena Staf Long dan Keterampilan Kaki.
(Melangkah Keterampilan Semarak 步法 灵活), (Bagus Keterampilan Kaki Explosive 擅用 腿 法), (Melompat rendah Banyak 稍多 跳跃)
(Memiliki Bridge Kuda Besar Panjang 是以 长桥 大马), (Miring Langkah Badan Miring 偏 身 偏 步), (Plain Padat Kuat 朴实 刚劲 为主).
(Body Keterampilan Pada siku Primer menyerang / memukul 身法 上 则 是以 肘 攻击 为主), (Ingin Bertanya Sinking padat stabil berat 要求 沉 实 稳重), (tangan Keluar Tegas Akurat 出手 准确), (Sebagai hasil dari siku menyerang terutama 由于 是以 肘 攻击 为主), (所以 也 要求 着 点 准确), 以 避免 一 击 不 中, 被 别人 有机可乘.
Tangan Formulir
Wu Lien Shou (Id Lin Sou) -5 tangan menghubungkan
Zhong Liu Lien (Lok Chong Lin)
Lien Chi Shou (Chat Lin Sou) - 7 tangan menghubungkan
Duan Kou (Dun Ko) - pendek
Shao Da (Da Siu) - serangan kecil
dan tentu saja 36 siku
Lin Fa Gua Sao - Praktek Lotus Hanging
Jin Kau Duan Da - Panah __ Mogok Pendek
Bat tui Siu Da - 8 Dorong Mogok Kecil
(Katakanlah Sing Kuen - Empat tinju bintang),
(Sam Kuen - tiga tinju)
(- Shi Zun),
(Siu Sup Kuen - Fist Palang Kecil)
(Dai Sup Kuen - Fist Salib besar)
enfilade pilih shadowboxing tersebut,
(Bat Gua Kuen - 8 Fist Diagram),
(Hung Kuen - Fist Red) untuk berlatih tinju merah,
kepalan seri saja kaki,
(Ng Ying Kuen - 5 Fist Shape) seni bela diri lima bentuk menggabungkan berbagai teknik tinju

Senjata

Terutama memiliki tongkat akhir, belenggu ganjil dan genap, untuk memblokir tongkat, tongkat garis panjang, selatan pisau ganda, alat tunggal, linggis ganda, mata panah, Lu Zhen, Sha Dao, Spring dan Autumn pedang Periode , ying pistol, pisau ganda, seni bela diri menggabungkan kipas berbagai teknik, tiga cambuk, bangku panjang dan sempit dan sebagainya.

Set Rekanan

untuk praktek: Terutama memiliki linggis untuk Lu Zhen, panah ke alat tunggal tebu perisai, Sha Dao ke perisai tebu alat tunggal, ying pistol ke cambuk linggis, Lu mengingat linggis tebu perisai; The tinju untuk praktek, tongkat untuk berlatih, tangan kosong untuk merebut pisau ganda, bangku panjang dan sempit ke tongkat berkepala ganda dan sebagainya.

23.Longquan 

Mutasi gaya Naga Selatan ( Cina : 龙形摩桥; pinyin : Long xing mo Qiao; Yale Kanton : long4 ying4 mo1 kiu4; harfiah "menggosok bentuk naga jembatan") dari Shaolin Tinju didasarkan pada mitos naga Cina . Gaya Naga adalah gaya meniru-yang dikembangkan berdasarkan karakteristik bayangan dari mitos naga Cina .
Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait
Naga memainkan peran berpengaruh dan bermanfaat dalam budaya Cina. Campuran dari makhluk, termasuk biawak, ular dan buaya Cina, naga polimorfik adalah roh air, bertanggung jawab untuk membawa hujan dan dengan demikian menjamin kelangsungan hidup tanaman. Naga adalah wali simbolis kepada para dewa, dan merupakan sumber kebijaksanaan sejati. Fitur yang kedua yang paling mungkin dihasilkan dari pengamatan terhadap rekan-rekan reptil yang hidup, biasanya saat istirahat, tampaknya berada dalam keadaan konstan dekat kontemplasi.
Naga mewakili dua unsur kuno, Bumi dan Air, endowing makhluk dengan kekuatan ilusi dan kekuatan. Simbol Yang, Tao melihat naga sebagai personifikasi dari Tao itu sendiri - "Naga mengungkapkan dirinya hanya untuk lenyap." Shaolin Buddha melihatnya sebagai visi kebenaran tercerahkan, dirasakan, tetapi tidak pernah akan diadakan. Pria yang sangat tua tertentu telah disebut naga, ini yang berpengalaman dalam pendukung kehidupan keterampilan jamu, pertanian, dan kung fu. Di Cina dini, kemampuan ini pasti masalah hidup atau mati, dan mereka dididik jadi diadakan di harga tinggi.

Isi

Sejarah

Sejarah gaya Naga Selatan secara historis ditransmisikan secara lisan bukan dengan teks, sehingga asal-usulnya mungkin tidak akan pernah diketahui secara utuh. Sejarah modern Selatan Naga style dapat diandalkan ditelusuri kembali ke biarawan Yuk Daai Sim Si yang adalah kepala biara Wa Sau Toi (Putih Rambut) kuil di Gunung Luofu . Tidak ada arsip yang handal asal gaya yang sebelum itu ada, meskipun ada banyak spekulasi tentang subjek.
Selatan gaya Naga memiliki akar di Hakka Kuen , kombinasi dari gaya lokal dari Hakka di jantung pedalaman timur Guangdong dengan gaya bahwa biarawan Ji Sin Sim Si diajarkan di Guangdong dan provinsi tetangganya, Fujian pada abad ke-18. [1]
Utara dari Dongjiang di barat laut Boluo (博罗) County di prefektur dari Huizhou di Provinsi Guangdong adalah gunung suci Luófúshān . Luófúshān adalah situs candi, termasuk Wa Sau Toi mana, c. 1900, sebuah Chan (Zen) Master bernama Daai Yuk diajarkan Selatan gaya Naga untuk Lam Yiu Gwai , yang pada gilirannya lulus seni ke banyak siswa sekolah di Guangzhou .
Lam Yiu Gwai dan Jeung Lai Chuen adalah teman baik dari masa muda mereka di wilayah Dongjiang dari Huizhou, mitra pelatihan lama dan sepupu kemudian oleh pernikahan. Lam dan Jeung akan membuka beberapa sekolah bersama-sama, dan Selatan gaya Naga dan gaya Jeung mengenai Bak Mei berbagi banyak kesamaan.
Sebuah variasi dari gaya Naga Selatan diajarkan oleh Kung Fu Choo Panjang Masyarakat berbasis di Penang, Malaysia dan dengan cabang di Australia. Didirikan oleh Li Ah Yu dan ayahnya dekat pergantian abad 20, asosiasi ini mengaku bahwa pihaknya mengajar gaya Soft / keras Naga berasal dari Fukkien provinsi. [2]

Metode dan Filsafat

Naga Selatan kung fu dasarnya internal qi (dibaca chi) budidaya metode, tetapi pelatihan awal jauh lebih mirip gaya, drive eksternal, dibandingkan dengan pendekatan halus internal (seperti t'ai chi ch'uan atau Baguazhang ) akan memiliki . Dalam belajar bergerak, siswa akan memukul keras, blok keras dan menginjak-injak ke posisi masing-masing, dengan ide pembelajaran tempat yang tepat untuk menjadi sekali setiap gerakan selesai. Akhirnya, metode transmisi listrik masih dipertahankan, dan tubuh fisik diperkuat mampu membuat transisi dengan cara, tepat cairan. Pada gilirannya, ini kelancaran naga seperti membantu menyamarkan serangan itu, sehingga sangat sulit bagi musuh untuk secara efektif melawan.
Setelah kemiripan fisik semata-mata mengalir telah dikuasai, murid menggabungkan mendesis terdengar mendalam untuk melatih aliran chi. Menghirup adalah diam, tetapi pernafasan disengaja, tegang dan terkontrol. Menghirup mencerahkan tubuh untuk manuver udara, sambil membuang napas kekuasaan drive ke masing-masing teknik. Pemblokiran ini ditiadakan, dan parries atau pemogokan sederhana diganti. Pada titik ini, pemula dan mahasiswa maju menunjukkan sangat sedikit kesamaan.
Pada tingkat tertinggi, lawan diperbolehkan untuk ban dirinya keluar, penggelapan pertahanan menjadi kunci Dragon. Qi kontrol sangat berkembang, dan sejauh mana tubuh harus bergerak untuk mengarahkan atau menghindari dampak berada di bawah kontrol yang lebih besar.
Bentuk-bentuk yang membentuk sistem ini dibagi dengan kompleksitas menjadi tiga kategori, dan dihitung di bawah ini:
  • Dasar
    • 16 Mutasi / Lubang
    • Melewati Jembatan Tiga Kali
    • Fierce Macan Melompat Lebih Dinding
    • Menyelamatkan Guru Dari Single Side
    • Tunggal Pedang dan Gunung
    • Tekan dan Hit dari Empat Sisi
    • Eagle Claw
    • Jembatan Smashing
  • Menengah
    • Sentuh Bridge (memperkenalkan tangan menempel)
    • Ular berbisa Bergerak Lidah
    • Hua Raja Fist
    • Berdiri Lima Formulir
    • Lintas Berdiri Lima Formulir
    • Belok ke Hook dan Hit
    • Lima Kuda Kembali ke Stabil
  • Maju
    • Plum Flower punch
    • Tujuh Cara Plum Flower punch
Dalam setiap form, seseorang diajarkan untuk "naik angin", sebuah frase yang sebagian besar berarti mengikuti daripada memimpin. Menyediakan pembukaan tidak tanpa terlebih dahulu membiarkan lawan terbuka. Tidak seperti Crane, yang juga sangat bergantung pada penghindaran sebagai taktik, Naga evades terutama oleh rotasi tubuh bagian atas atau lebih rendah dengan gerakan sikap sedikit atau tidak ada, sedangkan penata Bangau sering melompat untuk memposisikan seluruh tubuh. Kedua gaya mempekerjakan menentukan serangan ke sasaran meridian rentan, tapi naga juga banyak menggunakan harimau-seperti pukulan dan teknik mencakar, ular-seperti perubahan sikap, dan macan tutul-seperti hit and run serangan untuk melemahkan musuh yang secara fisik lebih unggul. Naga Selatan kung fu juga secara teratur menggunakan teknik menyapu rendah, tetapi ini tidak unik, penata paling senior dari setiap sistem kung fu menggunakan pada musuh melemah.

Teknik

Ikhtisar

Naga selatan penata bergantung pada berbagai pertempuran teknik yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Gaya ini menggunakan teknik yang dapat melumpuhkan atau membunuh lawan jika diperlukan atau dapat digunakan hanya untuk mengontrol situasi jalan pertempuran kecil.
Lung Ying (Naga bentuk) berfokus terutama pada kuat, serangan jarak dekat, seperti yang umum di antara gaya Cina selatan kung fu. Namun, penggunaan gaya 'dari mencengkeram dan merebut teknik serta ekstensif menggunakan lengan baik ofensif dan defensif yang cukup unik untuk seni. Gaya ini diciptakan sebagai seni tempur agresif dan beroperasi di bawah asumsi dasar bahwa Anda mencoba untuk menonaktifkan baik lawan ke titik bahwa mereka tidak lagi menjadi ancaman dalam pertempuran, atau membunuh mereka, meskipun ini tidak dengan cara apapun hanya pilihan seorang praktisi Ying Lung memiliki. Sebagai Ying Lung seperti mempekerjakan sejumlah besar teknik untuk merusak sendi lawan baik melalui manipulasi sendi atau langsung mencolok; meniadakan pertahanan lawan baik melalui sikap mereka melanggar atau mengorbankan penjaga mereka, dan dengan demikian kemampuan mereka untuk membela, dan lain-lain. Seperti kebanyakan selatan gaya kung fu, ia memiliki tendangan terbatas dan melompat dan terutama terdiri dari tangan, telapak dan teknik mencakar. Daya yang dihasilkan dari pinggang menggunakan jin keras lunak (lihat neijin dan waijin).
Lung Ying pelatihan juga melibatkan jumlah ekstensif pelatihan tubuh besi. Pengerasan lengan bawah terutama dianggap penting untuk gaya karena membuat ekstensif menggunakan seperti mereka. Tergantung pada sekolah tertentu salah satu kolam cukup besar metode pelatihan tradisional akan digunakan untuk menguatkan tubuh. Tiga, lima dan tujuh latihan pengkondisian bintang, kacang ember, tali tertimbang, kantong pasir, dan tiang mencolok semua umum di sekolah Lung Ying. Itu benar-benar tidak mungkin untuk memisahkan pengkondisian Lung Ying dari metode, dua kerja bergandengan tangan, masing-masing membutuhkan yang lain untuk benar-benar efektif.

Dasar-dasar

The Southern Naga Kung Fu praktisi biasanya menyerang dengan berliku rendah Yang , yaitu gerakan yang kuat dan cepat. Misalnya, ketika memukul dengan kepalan, kekuasaan lebih dapat diberikan ketika gerakan berasal dari kaki, dipandu oleh pinggang, mengalir melalui tubuh, dan keluar melalui tinju.

kerja Foot

Dalam gaya Naga Selatan, pekerjaan kaki ditandai dengan gerakan zig-zag yang meniru gerakan yang dibayangkan naga Cina mitos. Hal ini juga memungkinkan seseorang untuk menggunakan mengambang dan tenggelam gerakan yang sangat penting dalam menghasilkan tenaga dan stabilitas, membuat tubuh Anda tenang dan santai.
Meskipun kolam gerak kaki Lung Ying dalam, umumnya berpusat di sekitar dua tipe dasar melangkah. Yang pertama adalah "Zig Zag" loncatan (stepping naga). Pada dasarnya dengan setiap langkah ke depan, kaki belakang bergerak maju dan menjadi kaki ke depan. Namun, langkah ini tidak diambil langsung ke depan tetapi pada dasarnya mengikuti sudut kaki depan dihidupkan di (sekitar 33 derajat). Hal ini memiliki efek memindahkan pemain LY ke depan dan ke sudut sambil menawarkan perlindungan ke pangkal paha dari serangan. Jenis melangkah memungkinkan pemain ying paru-paru untuk menekan lawannya (biasanya digunakan sebelum pusat lawan telah diambil) ketika meluncurkan serangan dari sudut yang sulit bagi lawan untuk membela. Pemain LY tampaknya akan terus bergerak ke berbagai tidak nyaman dan pada sudut yang memaksa lawan mereka untuk memposisikan seluruh tubuh mereka untuk mempertahankan diri, atau torsi batang tubuh mereka di sekitar sehingga melanggar struktur dan melepaskan mereka dari mesin pembangkit listrik dari rendah mereka tubuh.
Jenis dasar kedua dari loncatan adalah Bik Bo loncatan, atau tekan melangkah. Dalam metode ini kaki depan bergerak ke depan dan kaki belakang menyeret hingga kembali ke posisi dasar. Loncatan ini umumnya mencakup jarak kurang dari loncatan naga, dan digunakan untuk menekan lawan. Ini sering akan digunakan sekali pemain LY telah mulai menekan serangan mereka dengan sungguh-sungguh atau memanfaatkan beberapa keuntungan. Ada metode khusus untuk peregangan gerak kaki ini keluar dibahas dalam berbagai bentuk. Salah satu tujuan utama dari gerak kaki ini adalah untuk menjaga pemain LY "di atas" lawan mereka dalam menyerang dan jangkauan. Juga, jenis loncatan banyak digunakan dalam metode pemecahan berbagai sikap.

Naga Selatan moto gaya

"Kontrol diri, membiarkan orang lain melakukan apa yang mereka mau.
Ini tidak berarti Anda lemah.
Kontrol hati Anda, mematuhi prinsip-prinsip kehidupan.
Ini tidak berarti orang lain lebih kuat. "

Kode gaya Naga Selatan

  • Benih pertama kali ditanam dari Haufeng; esensi diperoleh kemudian di Haushou
  • Menahan diri dan menyerah pada orang lain bukan karena satu adalah lemah, tetapi untuk menegakkan etika Tao dan membiarkan orang lain memiliki klaim mereka.

Empat aturan dari Dragons Selatan

  1. Fokus untuk melatih dan kondisi tubuh.
  2. Jadilah orang benar dan menegakkan kehormatan Anda.
  3. Menghormati orang tua Anda, menghormati guru Anda.
  4. Perlakukan orang lain dengan kejujuran, memperlakukan teman dengan loyalitas.

Naga Selatan gaya dalam budaya populer

Ini semua adalah contoh Beilóngquan - daripada Naga Selatan tersebut (Ying Lung).
Jackie Chan dan Khalid menggunakan Gaya Naga Selatan di Fist Naga film.


24.Louhan Quan 


Luohan quan ( Cina : 罗汉拳; pinyin : lúohànquan), juga dikenal sebagai Rakan ken (罗汉拳 ? ) di Jepang , secara harfiah berarti "Arhat tinju ". Kisah tradisional negara penciptaannya bahwa Bodhidharma , sementara mengunjungi Kuil Shaolin diajarkan para biarawan serangkaian latihan. Dengan mengamati dan meniru bentuk-bentuk dan ekspresi dari masing-masing Arhat Patung di kuil , meditasi dan praktek, latihan berevolusi menjadi bentuk yang disebut "gerakan tangan delapan belas Arhat", yang terdiri dari delapan belas keterampilan tempur dan teknik. Melalui ini, 24 gerakan baru kemudian diciptakan untuk maju dan mundur selama pertempuran .
Arhat Tinju atau Luohan Quan memiliki luas total 108 gerakan yang berbeda, dari enam bentuk yang berbeda dari gerakan-gerakan tinju, dua bentuk gerakan sawit, empat bentuk mengunci dan bergulat. Setiap gerakan dalam seni Arhat Tinju sederhana dan lurus. Masing-masing gerakan merupakan kesederhanaan dan keindahan ekspresi dari Arhat Patung. Setiap serangan kuat tersembunyi melalui gerakan bentuk Arhat.
Arhat Patung di Jepang

Happy Luohan Quan Marah

Dalam penggunaan saat ini, Luohan Quan telah berkembang menjadi berbagai bentuk banyak. Salah satu bentuknya disebut Xi Nu Luohan Quan yang secara harfiah berarti Quan Marah Selamat Luohan.
Berikut adalah kutipan dari Xi Nu Luohan Quan
Shi De Qian dari Henan Shaolin Temple di Cina, menulis sejarah Shaolin dan termasuk Xi Nu Luohan Quan; Marah Selamat Luohan Tinju, dalam Ensiklopedia (Shaolinsi wushu baike quanshu) Lengkap Seni Bela Diri Shaolin Temple, volume I dan II. Hanya 18 dari 108 postur didokumentasikan dalam buku ini. Tersebar di sekitar halaman ini dan halaman lain dari ini adalah gambar banyak, bagi sebagian orang, tidak biasa dan postur aneh. Ini adalah Xi Nu Luohan Quan; Marah Selamat Luohan Tinju. Saya diberitahu bahwa Sek Koh Sum tahu dia lewat dan mengatur fotografer untuk menembak dengan 108 postur penuh Quan tercinta Luohan Nya untuk murid-murid Shaolin masa depan. Ini adalah salah satu tingkat tertinggi seni dan termasuk atribut emosi dan suara (sehingga ekspresi wajah). Seni ini dikatakan telah dipraktekkan oleh hanya 4 dari 18 murid asli (dari Shuanglin Temple Singapura); dikatakan bahwa siswa umum seperti di Indonesia atau Malaysia tidak mempelajarinya. Pada saat ini hanya 1 orang tahu itu sebagai sisanya sudah memiliki sedih diteruskan. Bahkan sebagian besar siswa / murid tidak belajar tradisi Luohan seluruh karena Sek Sum Koh diajarkan keterampilan yang berbeda untuk siswa yang berbeda. Itulah sebabnya lebih dari 30 sekolah dari Gao Shi Dapatkah tradisi muncul di Singapura, Malaysia dan Indonesia selama ini.

Hari ini penggunaan

25.Meihua Quan 


Meihua Quan ( Cina : 梅花拳; harfiah " Plum Flower Fist ") adalah nama yang sangat umum dalam kung fu :
  • 1) gaya kung fu yang berasal dari provinsi utara China abad yang lalu. Meihuaquan juga dikenal sebagai Meihuazhuang梅花桩. [1]
"Meihuazhuang" ("pilar Meihua plum") adalah varian singkat "ganzhi Wushi meihuazhuang" ("batang, cabang dan lima bentuk pada pilar Meihua plum"), gaya ini juga dikenal sebagai "meihuaquan" ("tinju dari Meihua plum "). Ini memiliki lebih dari seribu tahun sejarah. Ini asal style dari biarawan dan milik cabang Kunlun tentang seni bela diri cina. Selama waktu yang lama berlalu dari ayah ke anak, dari anak ke cucu, yaitu hanya melalui garis laki-laki, ini adalah alasan untuk nama "fuziquan" ("tinju dari ayah dan anak"). Karena itu meskipun gaya ini dikenal dari waktu kuno, menyebar hanya pada akhir Ming -. Awal dinasti Qing di countyes, ditempatkan pada sendi Hebei, Henan, Shandong dan provinsi Shanxi [2]
- Meihuazhuang (pilar Meihua plum)
  • 2) gaya lain, dengan nama, seperti Meishanquan dari China Selatan;
  • 3) banyak Sets dalam gaya lainnya, seperti Da dan Xiao Meihuaquan di Songshan Shaolinquan .
Dashi.
Kelompok steles didedikasikan untuk ahli Meihuaquan dekat desa Houmazhuang ..

Isi

Meihuaquan dan Cabang Its

Pingxiang: Meihuaquan praktek di Group, Shunshi
Ada Meihuaquan banyak yang memiliki asal-usul yang sama: Ganzhi Wushi Meihuazhuang, Baijiazhi Meihuaquan, Luodi Meihuaquan, Wuzi Meihuaquan, Leijia Meihuaquan, dll Tentang dasar dari gaya ini ada tradisi yang berbeda dan ada mengatakan bahwa Meihuaquan tidak memiliki pendiri tunggal.

Ganzhi Wushi Meihuazhuang

Ganzhi Wushi meihuazhuang干支五式梅花桩 (bisa yang menerjemahkan Tumpukan Blossom Plum batang dan cabang) adalah cabang dari Meihuaquan, yang dapat mempersingkat adalah di Meihuazhuang (Plum Blossom Tumpukan). Ganzhi adalah kontraksi dari Tiangan Dizhi , maka nama dapat adalah Tiangan Dizhi Wushi Meihuazhuang. Mulai generasi menguasai kedelapan Zhang Congfu menciptakan jenis baru praktek dan cara baru toke nama Xiaojia (Frame Kecil) bertentangan dengan sikap lama yang dikenal sebagai Dajia (Frame Besar). Meihuazhuang dibagi menjadi dua bagian [3] [4] : Wenchang (Field Sipil) yang bekerja tentang teori; Wuchang (Lapangan Bela Diri) yang bekerja tentang tecnics bela diri, seperti Jiazi (frame), Shoutao (sparring latihan keterampilan kereta yang memerangi), Chengquan (koreografi pertempuran), Yingquan (pertempuran), Gongquan, Ningquan (bergerak dalam perang). [5] [6] Jiazi ditandai dengan lima posisi statis (Wushi,五式lima pola atau五势lima postur) bercampur dengan gerak dinamis (Xingbu, 行 步) yang terdiri dari gerak kaki yang cepat cahaya dan gerakan yang mengalir besar. Dengan postur ekspansif sederhana dan built-in ketenangan, Meihuaquan rilis dan memperkuat aliran energi untuk memperluas konsentrasi pikiran [1] Metode pelatihan dasar Meihuaquan yang sederhana dan kuat tapi santai dan mudah beradaptasi.

Baijiazhi Meihuaquan

Baijiazhi Meihuaquan白家支梅花拳 (Plum Blossom Cabang Tinju Keluarga Bai) adalah Meihuaquan yang dipraktekkan di bagian Barat Selatan Shandong Provinsi. Hal ini didirikan oleh Bai Jindou (白金斗, Pai Chin-tou di Wade-Giles ) master Generasi Sembilan dari Plum Blossom Tinju. Di Taiwan sekolah ini mengambil nama Beipai Shaolin Meihuaquan北派少林梅花拳 (Plum Blossom Tinju dari Fraksi Utara Shaolin) atau Meihuamen梅花门 (Plum Blossom Sekolah). Jiazi dari sekolah ini diberi nama Meihuaquan Laojia (Frame Lama Plum Blossom Tinju). Setelah mempelajari set ini, murid melatih banyak latihan dalam pasangan: Duida (hit dalam pasangan) dan Duilian (kereta dalam pasangan) dengan dan tanpa senjata. Dalam Duida Tingkat Dasar hanya untuk dua lawan dan dua jenis: untuk tangan dan tecnics kiks atau untuk tecnics jatuh. Dalam itermediate, murid-murid mempelajari pertempuran melawan 2,3,4,5 orang. Di tingkat Hight, mungkin mempelajari perang dan Array Plum Blossom (梅花 阵 攻防, Meihua Zhen Gong Fang).

Leijia Meihuaquan

Leijia Meihuaquan (雷家梅花拳) adalah cabang dari Meihuaquan tersebut. Sekolah ini mendapatkan namanya dari fakta yang memberikan generasi kelima telah dipraktekkan di dekat desa Leijiacun agar kemudian menyebar sendiri di cabang areas.This sekitarnya disebut dengan jelas ke Ganzhi Wushi Meihuazhuang, karena mengidentifikasi dalam garis keturunan sendiri Zhang Sansheng (juga dianggap generasi kedua sini), tapi disebut Zhang Zhenshu (张 朕 书); Jenis Meihuaquan berbeda dari Ganzhi Wushi Meihuazhuang dan Baijiazhi karena memiliki 4 postur bukan ke usuals lima yaitu: dashi, Aoshi, xiaoshi dan Baishi . Dashi kira-kira identik dengan shunshi dari cabang lain. Sikap tangan selama struktur dasar (Jiazi) adalah bahwa dari Palm. [7]

Wuzi Meihuaquan

Wuzi Meihuaquan (武子梅花拳) [8] adalah nama mempersingkat dari Sun Wuzi Chuanxin Meihuaquan (孙武子穿心梅花拳, Plum Blossom Tinju Piercing Hati Sun Wuzi ), tetapi juga bernama Sun Wuzi Meihuaquan (孙武子梅花拳) atau Chuanxin Meihuaquan (穿心梅花拳), atau Zhongxin Meihuaquan (中心梅花拳). Murid-murid sekolah ini berpikir bahwa pendiri adalah Sun Zi , juga tahu Sun Wuzi. Master terkenal cabang ini Kou Yunxing (寇运兴). Ini adalah set Wuzi Meihuaquan: Shilu Tantui (十二 路 弹腿); Da Meihuaquan eh lu lu san e (大 梅花拳 二, 三 路); Xiao Meihuaquan eh lu (小 梅花拳 二路); Meihuadao (梅花 刀); Meihua longxingjian (梅花龙形剑);. Meihua Qiang (梅花枪) [8]

Luodi Meihuaquan

Luodi Meihuaquan (落地梅花拳, Plum Blossom Tinju di tanah) adalah nama generik dari Meihuaquan, tetapi dapat menunjukkan cabang yang mengajar oleh Li Zhenting (李振亭) di Peixian . Inti dari sistem ini adalah Luodi Meihuaquan Bajiao (落地 梅花拳 八角, Delapan Angles dari Plum Blossom Tinju di Lapangan).

Meihua Changquan

Meihua Changquan梅花长拳 [9] adalah nama yang diberikan ke Taiwan untuk cabang Meihuaquan diajarkan di pulau itu dari Han Qingtang , di dalam sistem yang lebih luas yang mencakup juga boxings lain dari utara Cina, yang mahasiswanya yang terus mengirimkan instruksi yang menyebutnya atau Changquan atau Beishaolin . Han Qingtang belajar Meihuaquan ini di Jimo dari Sun Maolin (孙茂林) dan Jiang Benhe (姜本河), dua tuan awalnya dari Liangshan . [10] [11] Ini tinju Meihua terdiri dari tiga bentuk: Maifuquan (埋伏拳); Shizitang (十字趟); Taizu Changquan (太祖长拳). [12] [13] Juga yang mengajar Duilian bernama Xiaowushou小五手.

Shangsheng Meihuaquan

Shangcheng Meihuaquan上乘梅花拳 (plum Blossom Tinju kualitas optimal) adalah cabang dari Meihuaquan diajarkan di Fujian dari Jincheng Wang (王金城) untuk putra Wang Ding (王鼎, 1882-1985). [14]

Shaomoquan - Wang Xiangzhai dan Meihuaquan

Antara beberapa gaya dianalisis dengan Wang Xiangzhai dalam wawancara terkenal [15] ada juga Meihuaquan bahwa ini menunjukkan juga dengan nama Wushizhuang (五式桩, Lima tokoh tiang) dan menegaskan bahwa untuk usia dia menyebar di Henan dan Sichuan . Kontak lebih bermakna dengan gaya ini, Wang Xiangzhai memilikinya di dalam perjalanan nya dari pencarian melalui Cina: pada tahun 1928 ia tahu dan paduan dalam persahabatan dengan master Liu Pixian, [16] generasi kedua belas Meihuaquan, [17] dengan yang pertukaran metode dan acquaintances.After pengalaman Liu Pixian menciptakan gaya baru untuk yang memberi nama Shaomoquan (少 摩 拳).

Senjata

Dadao dui Qiang di Liangshan.
Pelatihan Meihuaquan termasuk delapan belas jenis senjata tradisional (yang sama untuk mengatakan bahwa Meihuaquan menggunakan jenis banyak senjata), beberapa yang jarang terlihat senjata. Magister Meihuaquan kita lihat fisik santai [ rujukan? ] dan bebas dari kekakuan di kedua pikiran dan postur tubuh [ rujukan? ]. Praktek Meihuaquan dapat membawa beberapa keuntungan: kesehatan yang baik [ rujukan? ], pertahanan diri keterampilan, pencegahan ditingkatkan dan pemulihan dari penyakit [ rujukan? ], dan kemampuan mental yang lebih baik [ rujukan? ]. Ini adalah daftar Senjata di Baijiazhi Meihuaquan di Taiwan : dandao (单刀), [18] Qimeigun (齐眉棍), [19] , Qiang (枪, tombak), [20] shuangdao (双刀, double saber), Xiao shao pistol (小哨棍), [21] jian (剑), Da shao pistol (大哨棍), jiujie gangbian (九节钢鞭, lihat jiujiebian ), liuxingchui (流星锤, palu meteor), sanjiegun (三节棍), [22] Meihua Guai (梅花拐), Bishou (匕手), [23] Dadao (大刀, alebard).
Buku pertama tentang senjata Jarang terlihat adalah Genyuan (根源), bahwa
mengatakan bahwa Guru Zou Hongyi datang dari Xuzhou, dengan sebuah kereta kecil. Ketika Dia melintasi Sungai Kuning dengan empat murid, Dia memisahkan objek ini, untuk melakukan Liuxingchui (流行锤), sebuah Fenghuolun (风火轮), beberapa Sanjiegun (三节棍, yang juga bernama Da shaozi大梢子), sebuah Qijiebian (七节鞭), dua Wenbang (文棒), skala (上天梯Shang Tianti), sebuah Qunqiangmu (群枪母), dua Xiaoguai (小拐) Liangtianchi (量天尺), Yiben sanqiang (一锛三枪), dll . [24]
- Le Armi nel Meihuaquan

Asal Usul Meihuaquan

Asal-usul gaya ini hilang dalam legenda. Konon, ketika Zhang Sansheng mengajar di depan umum, ada 100 guru generasi sebelumnya.
Di banyak daerah pedesaan di mana meihuazhuang telah dipraktekkan selama berabad-abad, pendiri sekte tersebut diberikan pada sosok mitologis Yun Pan. Penduduk desa sering mengatakan "Meihuazhuang ada sejak awal" dan legenda rakyat mengklaim bahwa sejarahnya meluas ke dinasti Han. Meihuazhuang tertua ditulis catatan, silsilah dan tanggal tekstual ke catatan dari generasi ke-2 Master Zhang Sansheng. [25]
- Sejarah meihuazhuang
Sumber-sumber lain mengklaim asal sebelum Dinasti Han , tetapi juga di Shaolinquan :
Berbagai versi tentang asal-usul Meihuaquan: legenda akan membuat datang dari Shaolinquan dalam rangka untuk bertahan perubahan berturut-turut. Seorang lain cukup mempertahankan bahwa Meihuaquan akan hadir sebelum zaman Han Wudi Kaisar (187-140 SM). Karena kurang laporan tertulis ternyata impossibile membuat pencarian tekstual dan informasi tergantung dari apa yang Guru lama saya, Liu Baojun, mengatakan: Meihuaquan akan memiliki asal dari pendiri kuno tinggal di tidak menentukan usia, synthetizes taktik militer kuno negara kita dan itu adalah intisari
baik Shaolin dan Taiji. Meihuaquan adalah hasil dari pengalaman selama bertahun-tahun studi, transformasi dan eksperimentasi berturut-turut, menjadi seni bela diri khas Cina. Penulis narasi adalah master dari generasi tua. Meihuaquan adalah pencarian kritis terhadap model gerakan Wushu dan, meskipun kemiripan dengan Shaolin dan Taiji, sudah itu berubah (dalam gaya dengan jika menjadi). Artinya yang mendalam dan mencari, untuk alasan ini menjadi benar-benar tidak layak untuk membandingkannya dengan Shaolin atau Taiji. Dalam Meihuaquan terdapat gerakan bergerak banyak bahwa mereka bukannya absen di Shaolin dan Taiji. Cerita oral Guru lama saya memiliki nilai, oleh karena itu, laporan tertulis. [26]
- Chang DSU Yao , Meihua Quanshu - Jianjie

Meihuaquan dan Sejarah

Stele dari Yang Bing
Beberapa murid Meihuaquan percaya bahwa ada 100 generasi master sebelum 20 setelah Dinasti Ming . Selama Dinasti Qing orang yang mempraktekkan gaya ini terlibat dalam pemberontakan berbagai, seperti Wang Lun pada tahun 1774, Feng Keshan tahun 1813 dan Zhao Sanduo pada tahun 1900 Pemberontakan Boxer . [27] (Meihuaquan terutama dikaitkan dengan fase awal Pemberontakan Boxer. [ 28] ) lain murid, Yang Bing , adalah Imperial Palace penjaga [29] :
Sejarah sekolah ini (Meihuaquan) kembali setidaknya untuk periode kang-xi, ketika diajarkan oleh Bing Yang pasti, dari Hua county di Henan, yang telah lulus ujian militer tertinggi dengan kehormatan tempat ketiga, dan bertugas di kaum metropolis garnisun [30]
- Asal-usul Pemberontakan Boxer
Sekarang kita tahu bahwa Yang Bing adalah master dari generasi kelima dan Dia lahir di Neihuangxian , bukan dalam Huaxian . [31]
Tentang Feng Keshan dan Meihuaquan:
Pada 1800-an, Feng Keshan mengembangkan Mei Hua Quan atau Plum Flower gaya Tinju. Gaya ini sangat didasarkan pada sirkulasi chi internal dan eksternal besar gerakan memutar. Ini dikembangkan dari sistem Shaolin. Pada tahun 1814, Feng merekrut anggota untuk Sekte Diagram Delapan (Ba Qua Jiao) dan berpartisipasi dalam pemberontakan anti-Ching. Ia tertangkap oleh Pengadilan Ching, ditemukan bersalah, dan dieksekusi oleh pemotongan. Para Mei Hua gaya ini disebabkan Wu Mei (juga disebut Ng Mui), yang adalah seorang tokoh legendaris - seorang biarawati Shaolin, dengan tujuan untuk menyamarkan kegiatan Feng Keshan `s bawah tanah. Gaya pada dasarnya merupakan kondensasi teknik Shaolin `s terbaik ke dalam satu sistem dan dengan pola sendiri gerak kaki (lima arah) menyatukan teknik. [32]
- Sejarah seni bela diri tradisional Cina: Gaya Selatan Selama Dinasti Qing
Sayangnya tidak ada sumber lain yang mengkonfirmasi bahwa gaya ini disebabkan Wu Mei. Feng Keshan adalah Generasi Kedelapan. Legenda Wu Mei datang dari gaya lain bernama Wumeihuaquan atau Wumeipai dan mendirikan juga di beberapa kisah Yongchunquan , bidang yang sama sekali jauh untuk sejarah Keshan Feng dan Meihuaquan.

Gaya lain

Meishanquan

Meishanquan梅山拳 (Plum Gunung Tinju) juga dikenal sebagai Meihuaquan adalah gaya yang diciptakan selama Dinasti Song di Meishan county Hunan . [33] [34] Ia memiliki 77 set.

Hunan Meihuaquan

Sebuah gaya bernama Meihuaquan tersebar di Hunan selama periode Guanxu (光绪, 1875-1908), dengan master Wan Fuzi (万福子), yang belajar di Sichuan .

Emei Meihuaquan

Informasi pada Meihuaquan Emei (峨嵋梅花拳, Plum Flower tinju gunung Emei) jauh tidak cukup: Zhou Beitao (周北涛) mengatakan kepada yang telah menciptakan satu set dengan nama ini, daripada terdiri dari luar 100 angka, setelah lama meditasi dari dahi ke tanaman Meihua. [35] Buku "Zhongguo Wushu Renmin Cidian中国武术人名辞典" bukan allegates bahwa Zhou akan belajar Meihuaquan dan Taijiquan dari Zhang Yimin (张镒民), pada tahun 1930. [36] Mereka ada maka bervariasi bentuk Meihuaquan panggilan dalam gaya dari Sichuan .

De'ang Meihuaquan

Antara anggota Etnia yang De'ang (德昂族) dari Yunnan dan selatan daerah Sichuan Meihuaquan sebuah dipraktekkan sejak ke usia dinasti Ming . Antara 1795 dan 1804 pemberontakan di Sichuan , Shaanxi , Henan dan Hubei terjadi, menentukan Chuanchu Bailianjiao Qi Yi (川楚白莲教起义, Pemberontakan shism dari Lotus Putih di Sichuan dan Hubei) atau Chuanchu Jiao Luan (川楚教乱, Skisma Chaotic dari Sichuan dan Hubei) yang dilakukan ini Plum Flower Tinju, untuk menempatkan dirinya dalam posisi defiladed.

Meihua Jiequan

Meihua Jie Quan梅花捷拳 (Plum Blossom Cepat Tinju) [37] adalah gaya seni bela diri Cina dianggap batin, meskipun tugas-tugas adalah percabangan dari Shaolin School.Han Kuisheng (韩愧生), seorang pria dari Shandong, dipraktekkan tinju ini ia dikirim dan ke Fu Xiushan (傅 秀山) dari Yucheng (禹城). Fu telah menulis dan diberikan kepada pers buku dari judul itu Jiequan Tushuo (捷拳图说) di mana ia berbicara tentang gaya. [38] Meihua Jie Quan memancarkan tinju seperti Xingyiquan , pukulan pintu sawit sebagai Baguazhang dan memiliki tokoh, seperti Yunu Chuansuo (玉女穿梭) dan Danbian (单鞭), identik dengan Taijiquan . Hal ini memiliki 5 Angka Dasar (Wushi): Pi (劈), Tiao (挑), Shan (闪), Chong (冲), Xie (斜). Menggunakan tiga rencana (High, Medium, rendah) seperti metode untuk kelincahan l '. Bentuk lengkap terdiri dari 48 angka, terdiri awal dan posisi akhir, dan ditandai dari 12 formula ritmate (十二 字 诀, Shier zi Jum).

Shunshimen dan Meihuaquan

Shunshimen (顺式门) muncul sebagai gabungan gaya dan bagian dari itu didefinisikan Meihuaquan. Queste le forme appartenenti alla parte del Meihuaquan: Meihuaquan (梅花拳), Chuanlinzhang (穿林 掌), Bafangzhang (八方 掌), Meihua Sanshou Ershi Shi (梅花 散 手 二十 式), Meihuaqiang (梅花 枪), Wuhu qunyang senjata (五虎群羊棍). [39]

Wumeiquan atau Wumeipai

Wumeiquan (五枚拳, tinju dari Wumei) atau Wumeipai (Sekolah Wumei) adalah gaya seni bela diri Cina mungkin dimasukkan ke dalam Nanquan kelas. Dalam beberapa saksi kita menemukan Wumeiquan (五 梅 拳, tinju dari "5 plum") dengan ideogram lainnya. Dalam Kanton itu adalah Ng Mui Kuen. Dalam "Wumeiquan Quanpu" (五梅拳拳谱) itu diriwayatkan bahwa gaya yang diturunkan saja dari seorang biarawati Buddhis (尼姑) yang religius bernama Wu Mei (五梅). Untuk tradisi-tradisi lain Wu Mei adalah Tao biarawati (Daogu道姑). Biarawati ini ditransmisikan ke Huang Baoshan (黄宝善, juga dikenal seperti Huang Baolin,黄宝林) di kota Lufengxiang (庐丰乡) di Kabupaten Shanghangxian (上杭) dari Fujian , yang diserahkan pada gilirannya ke Falun Rongguang (龚荣煌) dari Lanxixiang (兰溪乡) selalu di Fujian.Gradually sekolah telah menyebar di Fujian dan Guangdong . The "sejarah County of Shanghang" (上杭县志, Shanghang Xianzhi) mengatakan bahwa Wumeiquan (五梅拳), Ortodoks Shaolin Tinju, di akhir zaman dari dinasti Qing yang tersebar di distrik Lanxi (蓝溪), Huangtan (黄潭), Taiba (太拔) dan yang sama Shanghang Ini adalah beberapa urutan dengan simpul tangan diajarkan ke New York:. Tianguangzhang (天光掌); Wuxingquan (五行拳); Shier Dizhi (十二地支); dll harus tetapi untuk menentukan bahwa dalam gaya ini mereka sering datang dipraktekkan "bentuk bebas" dan memberikan ruang luas untuk aplikasi gratis dari gerakan. Ini adalah senjata yang digunakan di sekolah daerah Shanghang Sanchiba (三 齿 耙); Gou Qiang lian (钩 镰 枪); qinglongdao (青龙刀); mupa (木 耙); dandao (单刀); shuangdao (双刀); jian (剑), melainkan (斧); Shuang tongchui (双 铜锤); tiechi (铁尺); hutoupai (虎头 牌); bandeng (板凳); dll

Set Banyak

Banyak gaya miliki dalam program mereka menetapkan bernama Plum Blossom Tinju. Misalnya di Cailifo , Tanglangquan , Hongdong Tongbeiquan , Songshan Shaolinquan , Hongjiaquan , ecc.

Shaolin Meihuaquan

Ada dua set bernama Shaolin meihuaquan少林梅花拳 di Songshan Shaolinquan [40] : Xiao Meihuaquan (Little Plum Blossom Fist) dan Da Meihuaquan (Big Plum Blossom Fist). Xiao Meihuaquan juga dikenal sebagai Shaolin Ditang Meihuaquan. [41] Dikatakan bahwa ini set diciptakan oleh Jinnaluo Wang (紧那罗王).

Cailifo Xiao Meihuaquan

Cailifo蔡李佛(Choyleefut) sedikit Plum Blossom Tinju (小梅花拳) [42] adalah satu set terkenal dengan nama ini.

Hongjia Meihuaquan (Hunggar Mui Fa Kuen)

Hongjia Meihuaquan (洪家梅花拳, Plum Blossom Fist Keluarga Hong) adalah seperangkat Hongjiaquan . Lebih dikenal sebagai Mui Fa Kuen, di Kanton. Nama lengkap Shizi Meihuaquan (十字梅花拳, Crossing Plum Blossom Fist, dalam bahasa Kanton Sap Ji Mui Fa Kuen).

Meihuaquan dan Tanglangquan

Tanglangquan memiliki beragam koneksi dengan nama Meihuaquan. Salah satu cabang utama dari gaya ini disebut Meihua Tanglangquan dan lain Taiji Meihua Tanglangquan. [43] beberapa bentuk dikatakan Meihua dan dalam satu tertentu disebut Meihuaquan. [44] [45] Lain Meihualu (梅花路) [46] e Meihuashou (梅花手). [47] ini 3 set bersama "3 mekar tangan" dikatakan; Jiang Hualong (姜化龙), pendiri cabang Babu Tanglangquan, akan dipraktekkan Meihuaquan sebelum mulai mempelajari tinju dari Praying Mantis. [ 48]

Qilu Chaquan Meihuaquan

Dalam Chaquan ada sebuah Taolu yang memanggil Meihuaquan dan bahwa itu adalah Jalan Ketujuh Chaquan七路查拳. [49]

Gu Ruzhang Bei Shaolin Meihuaquan

Another Way Ketujuh (Qilu,七路) adalah Meihuaquan dari Bei Shaolin dari Gu Ruzhang , bentuk dan gaya mungkin berasal dari Chaquan . [50]

Qianhou Meihuaquan

Qianhou Meihuaquan,前后梅花拳, adalah nama sebuah urutan Liuhequan .

Qimen dan Meihuaquan

Qi Sekolah (亓门, Qimen) [51] berisi formulir mendikte Meihuaquan yaitu suatu metode pendapatan persiapan tinju semua 'di sekolah.




 


 


 









 
 
 


 

 


1 komentar:

  1. dan juga silahkan rujuk kesini juga
    http://www.wsbjq.com/eindex.asp
    http://www.satirio.com/ma/baji/history.html
    http://www.kungfu-taichi.com/servlet/kungfoo/Action/Resource/ResourceKey/1872

    BalasHapus