Sabtu, 21 Juli 2012

Shaolin Kung Fu

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi , cari
Shaolin Kung Fu
Fokus Mencolok , Melontar
Negara Asal Cina Cina
Pencipta Diketahui
Shaolin Kung Fu
Cina 少林功夫
Bagian dari seri tentang
Cina seni bela diri
Shaolinsi.JPG
Daftar seni bela diri Cina
Ketentuan
Sejarah tempat
Sejarah orang
Terkenal moderen aktor
Legendaris angka
Terkait
Shaolin Kung Fu mengacu pada koleksi seni bela diri Cina yang mengklaim afiliasi dengan Biara Shaolin .
Dari banyak gaya kungfu dan wushu , hanya beberapa yang benar-benar berhubungan dengan Shaolin. Selain dari sistem yang sangat terkenal beberapa, seperti Xiao Hong Quan, Da Hong Quan, Yin Shou Gun, Damo Pedang, dll, [ rujukan? ], setelah kehilangan catatan selama Revolusi Budaya abad ke-20 akan hampir mungkin bagi gaya tertentu untuk meyakinkan membuat sambungan ke Temple .

Isi

Internal dan eksternal seni

Huang Zongxi dijelaskan seni bela diri dalam hal Shaolin atau "eksternal" seni dibandingkan Wudang atau intern seni pada 1669. [1] Sudah sejak saat itu bahwa Shaolin telah populer identik untuk apa yang dianggap seni bela diri Cina eksternal, terlepas dari apakah bukan gaya tertentu dalam pertanyaan tersebut memiliki hubungan ke Biara Shaolin . Ada yang mengatakan bahwa tidak ada pembedaan antara apa yang disebut sistem internal dan eksternal dari seni bela diri Cina, [2] [3] sedangkan terkenal lainnya guru telah menyatakan perbedaan pendapat. Sebagai contoh, Taijiquan guru Wu Jianquan :
Mereka yang berlatih lompatan Shaolinquan tentang dengan kekuatan dan berlaku; orang tidak ahli dalam pelatihan semacam ini segera kehilangan napas dan telah habis. Taijiquan tidak seperti ini. Upayakan untuk ketenangan tubuh, pikiran dan niat. [4]
Pada tahun 1784 Tinju Klasik: Metode Tinju penting dijadikan referensi paling awal ke Biara Shaolin sebagai tempat Cina tinju asal. [5] [6] Sekali lagi, ini adalah konsep yang salah, sebagai seni bela diri Cina pra-date pembangunan Shaolin Temple oleh setidaknya beberapa ratus tahun. [3] [7]

Asal

Legenda Bodhidharma

Menurut Jingde dari Lampu, setelah Bodhidharma , seorang pendeta Buddha dari India Selatan , [8] meninggalkan pelataran Liang Kaisar Wu di 527, akhirnya ia menemukan dirinya di Biara Shaolin, di mana ia "menghadapi dinding selama sembilan tahun , tidak berbicara untuk seluruh waktu ".
Menurut Yi Jin Jing ,
setelah Bodhidharma menghadap dinding selama sembilan tahun di Shaolin candi dan membuat lubang dengan tatapannya, ia meninggalkan sebuah peti besi. Ketika para bhikkhu membuka dada ini mereka menemukan dua buku: yang "Sumsum Klasik Cleansing," [9] dan "Otot Tendon Perubahan Classic", atau "Yi Jin Jing" [10] dalam. Buku pertama diambil oleh Huike murid Bodhidharma, dan menghilang, seperti untuk bagian kedua, para bhikkhu egois didambakan itu, berlatih keterampilan di dalamnya, jatuh ke dalam cara heterodoks, dan kehilangan tujuan yang benar penggarapan Real. Para biarawan Shaolin telah membuat beberapa ketenaran untuk diri mereka sendiri melalui keterampilan pertempuran mereka;. Ini semua karena milik mereka naskah ini [11]

Sejarah

1517 prasasti didedikasikan untuk kekalahan Vajrapani terhadap pemberontak Turban Merah . Guanyin (bentuk aslinya) dapat dilihat di awan di atas kepalanya.
Atribusi dari seni bela diri Shaolin untuk Bodhidharma telah diabaikan oleh beberapa abad 20 seni sejarawan bela diri, pertama oleh Tang Hao dengan alasan bahwa Yi Jin Jing adalah palsu. [12] Stele dan bukti dokumenter menunjukkan para biksu historis menyembah Bodhisattva Vajrapani 's "Kimnara Raja" bentuk sebagai nenek moyang dari staf mereka dan gaya tangan telanjang pertempuran. [13]
Huiguang dan Sengchou terlibat dengan seni bela diri sebelum mereka menjadi dua dari biksu Shaolin pertama, dilaporkan sebagai berlatih seni bela diri sebelum kedatangan Bodhidharma. [14] keterampilan Sengchou dengan staf timah bahkan didokumentasikan dalam kanon Buddhis Cina .
Rekaman penemuan gudang senjata di biara-biara Chang'an selama penggerebekan pemerintah pada tahun 446 menunjukkan bahwa biarawan Cina berlatih seni bela diri sebelum pembentukan Biara Shaolin di 497. [15] Para bhikkhu datang dari jajaran penduduk antara siapa seni bela diri yang banyak dilakukan sebelum pengenalan agama Buddha. Ada indikasi bahwa Huiguang, Sengchou dan bahkan Huike, penggantinya Bodhidarma sebagai Patriark Chan Buddhisme , mungkin telah orang militer sebelum pensiun dengan kehidupan monastik. Selain itu, biara Cina, tidak berbeda dengan Eropa, dalam banyak hal adalah perkebunan mendarat efektif besar, yaitu, sumber penghasilan tetap yang cukup besar yang membutuhkan perlindungan.
Selain itu, Jurnal Tahunan Musim Semi dan Gugur Wu dan Yue, yang Bibliografi dalam Kitab Dinasti Han dan Catatan Sejarah Agung semua dokumen keberadaan seni bela diri di China sebelum Bodhidharma. Seni bela diri Shuai Jiao dan Sun Bin Quan, untuk nama dua, mendahului pembentukan Biara Shaolin oleh berabad-abad. [16]

Dinasti Tang (618-907)

Bukti tertua partisipasi Shaolin dalam pertempuran adalah prasasti dari 728 yang menegaskan dua kali: pembelaan biara dari bandit sekitar 610 dan peran mereka dalam kekalahan Wang Shichong di Pertempuran Hulao di 621.
Seperti perubahan yang paling dinasti, akhir Dinasti Sui adalah masa pergolakan dan Perselisihan tahta. Wang Shichong menyatakan dirinya Kaisar. Dia menguasai wilayah Zheng dan ibukota kuno Luoyang .
Menghadap Luoyang di Gunung Huanyuan adalah Cypress Valley Estate, yang pernah bertugas sebagai situs benteng selama Jin dan Commandery selama Qi Selatan . [17] Sui Kaisar Wen telah menganugerahkan real pada sebuah biara di dekatnya disebut Shaolin untuk biarawan yang ke peternakan tapi Wang Shichong, menyadari nilai strategis, menyita perkebunan dan ada ditempatkan pasukan dan menara sinyal, serta membangun prefektur disebut Yuanzhou. [17] Lebih lanjut, ia telah mengumpulkan pasukan di Luoyang untuk berbaris di Kuil Shaolin itu sendiri.
Para biarawan Shaolin bersekutu dengan musuh Wang, Li Shimin, dan mengambil kembali Estate Cypress Valley, mengalahkan pasukan Wang dan menangkap Renze keponakannya.
Tanpa benteng di Cypress Valley, tidak ada yang menjaga Li Shimin dari berbaris di Luoyang setelah kekalahannya dari Jiande sekutu Dou Wang di Pertempuran Hulao , memaksa Wang Shichong untuk menyerah.
Ayah Li Shimin adalah yang pertama Kaisar Tang dan Shimin sendiri menjadi yang kedua .
Setelah itu Shaolin menikmati perlindungan kerajaan Tang.
Meskipun Biara Shaolin Stele dari 728 membuktikan insiden ini di 610 dan 621 saat para biksu terlibat dalam pertempuran, tidak menyinggung pelatihan bela diri di biara, atau untuk setiap teknik yang berkelahi di biarawan yang khusus. Tidak juga sumber lain dari Dinasti Tang, Song dan Yuan menyinggung periode untuk pelatihan militer di kuil.
Menurut Meir Shahar , hal ini dijelaskan oleh pertemuan dari mode Ming terlambat ensiklopedi militer dan, yang lebih penting, pengerahan laskar sipil, termasuk para biksu, sebagai akibat dari penurunan Ming militer di abad 16. [18]

Dinasti Ming (1368-1644)

Dari 8 sampai abad 15, tidak ada sumber dokumen yang masih ada Shaolin partisipasi dalam pertempuran; maka abad 16 dan 17 melihat setidaknya empat puluh sumber yang masih ada membuktikan bahwa, tidak hanya biarawan Shaolin praktek seni bela diri, tetapi praktik bela diri telah menjadi suatu terpisahkan unsur kehidupan monastik Shaolin bahwa para biarawan merasa perlu untuk membenarkan itu dengan menciptakan pengetahuan baru Budha. [18] Referensi untuk seni bela diri Shaolin muncul dalam genre sastra berbagai Ming akhir: yang epitaphs biarawan Shaolin prajurit, seni bela diri manual, ensiklopedi militer, tulisan sejarah, perjalanan, fiksi, dan bahkan puisi. [18]
Sumber-sumber ini, berbeda dengan mereka yang berasal dari Dinasti Tang periode, lihat Shaolin metode pertempuran tanpa senjata, dengan tombak , dan dengan senjata itu adalah forte dari para biksu Shaolin dan untuk itu mereka telah menjadi terkenal, staf . [6 ] [18] Pada pertengahan abad ke-16 ahli militer dari seluruh Ming Cina yang bepergian ke Shaolin untuk belajar teknik pertempuran tersebut.
Sekitar 1560 YU Dayou perjalanan ke Biara Shaolin melihat sendiri teknik biarawan perusahaan berjuang, tapi menemukan mereka mengecewakan. Yu kembali ke selatan dengan dua biarawan, Zongqing dan Pucong, yang ia diajarkan penggunaan staf selama tiga tahun ke depan, setelah itu Zongqing dan Pucong kembali ke Biara Shaolin dan mengajarkan saudara mereka biarawan apa yang telah mereka pelajari. Seni beladiri sejarawan Tang Hao ditelusuri staf Shaolin gaya Lima Interception Macan ajaran Yu. [ rujukan? ]
Manual paling awal di Shaolin Kung Fu, Pameran dari Metode Staf Shaolin Asli [19] ditulis pada sekitar 1610 dan diterbitkan pada tahun 1621 dari apa penulisnya Cheng Zōngyóu pelajari selama tinggal lebih dari sepuluh tahun di biara.
Kondisi tanpa hukum di Henan -mana Biara Shaolin berada-dan provinsi sekitarnya selama akhir Dinasti Ming dan semua Dinasti Qing memberikan kontribusi bagi perkembangan seni bela diri. Meir Shahar daftar seni bela diri Tai chi ch'uan , Chang Keluarga Tinju, Bāguàquán , Xíngyìquán dan Bājíquán sebagai berasal dari wilayah ini dan periode ini. [18]

Pirates

Dalam, 1540-an dan 1550-an Jepang bajak laut yang dikenal sebagai wokou menyerbu Cina bagian timur dan pantai tenggara dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Ahli geografi Zheng Ruoceng menyediakan paling rinci dari sumber-sumber abad ke-16 yang menegaskan bahwa, pada tahun 1553, Wan Biao, Wakil Komisaris di Kepala Kepala Komisi Militer Nanjing, memprakarsai pengerahan biarawan-termasuk beberapa dari Shaolin-melawan bajak laut. [ 18] Prajurit biarawan berpartisipasi dalam setidaknya empat pertempuran: di Teluk Hangzhou di musim semi 1553 dan di Sungai Huangpu . delta di Wengjiagang pada bulan Juli 1553, Majiabang di musim semi 1554, dan Taozhai di musim gugur 1555 [18]
Para biarawan menderita kekalahan terbesar mereka di Taozhai, di mana empat dari mereka jatuh dalam pertempuran, jasad mereka dikuburkan di bawah Stupa dari Empat Monks Heroic (Si yi seng ta) di Gunung Dia dekat Shanghai . [18]
Para biarawan meraih kemenangan terbesar mereka di Wengjiagang. [18] Pada tanggal 21 Juli 1553, biksu prajurit 120 yang dipimpin oleh biksu Shaolin Tianyuan mengalahkan sekelompok bajak laut dan mengejar para korban lebih dari sepuluh hari dan dua puluh mil. [18] Para perompak menderita lebih dari satu ratus korban dan para biarawan hanya empat. [18]
Tidak semua bhikkhu yang bertempur di Wengjiagang berasal dari Shaolin, dan persaingan diantara mereka. Zheng kronik kekalahan Tianyuan dari delapan biksu saingan dari Hangzhou yang menantang komandonya. Zheng peringkat Shaolin pertama dari tiga pusat atas Buddha seni bela diri. [18] Zheng peringkat Gunung Funiu di Henan kedua dan Gunung Wutai di Shanxi ketiga. Para biarawan Funiu mempraktekkan teknik-teknik staf yang telah mereka pelajari di Biara Shaolin. Para biarawan Wutai dipraktekkan Yang Keluarga Tombak (杨家枪; pinyin : Yángjiā Qiang).

Pengaruh luar China

Beberapa garis keturunan dari Karate memiliki tradisi lisan yang menyatakan asal-usul Shaolin. [20] Seni beladiri tradisi di Jepang dan Korea , dan Asia Tenggara mengutip pengaruh Cina sebagai ditularkan oleh biksu.
Perkembangan terakhir di abad 20 seperti Shorinji Kempo (少林寺拳法) dipraktekkan di Jepang Sohonzan Shorinji (金刚禅総本山少林寺) masih mempertahankan hubungan dekat dengan China Song Shan Shaolin Temple karena hubungan sejarah. [21] Jepang Shorinji Kempo Grup keuangan kontribusi ke pemeliharaan bangunan bersejarah Song Shan Shaolin Temple pada tahun 2003 menerima pengakuan China. [22]

Dalam budaya populer

Shaolin, dalam budaya populer, telah diambil pada kehidupan kedua. Sejak 1970-an, telah tampil dalam banyak film, acara TV, video game, kartun, dan media lainnya. Walaupun sebagian besar adalah aspek komersial dari Shaolin, juga luas dikenal sebagai menjaga kuil 1500-tahun dalam kesadaran dunia, dan dari menghilang ke dalam kegelapan seperti banyak tradisi kuno lainnya. Kepala Biara Shaolin, Shi Yong Xin, telah memutuskan untuk merangkul budaya pop modern hari dan telah menggunakannya untuk keuntungan candi untuk menjaga kuil menonjol di panggung dunia. Biksu Shaolin telah ditampilkan di Ilmu Perjuangan , serangkaian Geographic televisi Nasional, melakukan prestasi dari kekuatan, ketahanan, dan seni bela diri.
1970-an serial televisi Kung Fu dibintangi David Carradine sebagai Kwai Chang Caine , seorang biksu Shaolin di jalankan di Wild West yang Zen (Ch'an) pelatihan diuji sepanjang perjalanannya. Bagian Carradine awalnya untuk dimainkan oleh Bruce Lee tapi Lee ditarik pada menit terakhir sebelum ditayangkan untuk mencari "terlalu Cina" untuk publik Amerika [ rujukan? ] terbiasa aktor putih menggambarkan karakter etnis minoritas untuk khalayak terutama putih. Namun, karakter Caine seharusnya keturunan campuran Cina dan Eropa - suatu fakta yang mungkin juga memiliki pengaruh terhadap keputusan ini. Pada 1990-an, Carradine membintangi serial Kung Fu: Legend Continues , yang diikuti cucu dan cicit dari Caine asli di sebuah kota modern besar.
Pada tahun 1977, kultus klasik Shaw Brothers Film Shaolin Temple dirilis dan pada tahun 1982 sebuah film dengan nama yang sama dibintangi Jet Li dikreditkan sebagai alasan utama untuk kebangkitan Kuil Shaolin di Cina setelah Revolusi Kebudayaan . [ rujukan? ] The cerita film ini menceritakan legenda Kuil Shaolin. Film ini diikuti oleh film lain yang tak terhitung jumlahnya, termasuk lain Shaw Brothers film berjudul The Chamber ke-36 dari Shaolin , yang menggambarkan pelatihan biarawan Shaolin yang legendaris San Te .
Pada 1990-an, Amerika hip-hop The Wu Tang Clan muncul, sering membuat referensi sering ke Shaolin, kadang-kadang sebagai nama untuk rumah mereka, Staten Island , New York. Referensi muncul dari kelompok tumbuh di Staten Island pada akhir tahun 1970, dan dipengaruhi oleh bioskop bermain dan iklan Kung Fu film berdasarkan gaya bertarung Shaolin. Video game dan kartun mulai juga fitur Shaolin, seperti kartun Xiaolin Showdown . Liu Kang , karakter utama dalam Mortal Kombat seri, adalah seorang biarawan Shaolin, dan Kung Lao dari seri yang sama, juga seorang biarawan Shaolin yang berusaha untuk membalas penghancuran candi, (dipimpin oleh Baraka dalam cerita Mortal Kombat 's), mereka begitu populer, mereka berubah menjadi video game mereka sendiri, Mortal Kombat Shaolin Monks . Krillin , karakter di Dragon Ball / Dragon Ball Z alam semesta, juga seorang biarawan Shaolin, meskipun ia meninggalkan gaya bertarung Shaolin mendukung Muten Roshi- 's teknik Penyu.
Pada tahun 2000 ini, Shaolin mendapat pengakuan budaya pop dengan tampil di The Simpsons (TV series), di mana mereka mengunjungi Kuil Shaolin di episode Goo Goo Gai Pan , yang pertama kali mengudara pada 2006. Pada tahun yang sama, Kepala Biara Shaolin mengundang K-Star seni bela diri reality show TV untuk film serial TV asing bersaing untuk bertahan hidup pelatihan gaya Shaolin.
Dua publikasi terkemuka tentang Shaolin diterbitkan pada tahun 2007, termasuk dokumenter foto pertama yang pernah di kuil Shaolin berjudul: Kuil Zen, yang diterbitkan oleh nirlaba Yayasan Aperture , yang menampilkan foto-foto dari National Geographic fotografer Justin Guariglia . Kepala Biara Shaolin, Shi Yong Xin, telah menulis kata pengantar yang membuktikan keaslian proyek. Ini menjadi foto-foto pertama terlihat dari biksu berlatih kung fu klasik dalam kuil. Amerika penulis Matius Polly, juga telah menulis sebuah buku menceritakan kisahnya dari dua tahun tinggal, belajar, dan tampil bersama para biksu Shaolin di Cina pada awal 1990-an. Sebuah buku ketiga lebih akademis, adalah "Biara Shaolin, Sejarah, Agama, dan Seni Bela Diri Cina," yang diterbitkan oleh sarjana Shaolin Israel Meir Shahar tahun 2008 tentang sejarah Kuil Shaolin.
Sementara beberapa di antaranya eksploitasi komersial yang jelas dari Kuil Shaolin dan legenda, mereka telah membantu membuat Shaolin nama rumah tangga di seluruh dunia, dan terus kuil hidup dalam pikiran generasi muda. Sampai saat ini, tidak ada candi lain di dunia telah mencapai pengakuan seperti penyebaran luas.

Daftar gaya saat ini mengajar di Bait Allah

  • Xiao Hong Quan - Little Red Fist
  • Da Hong Quan - tinju banjir Besar
  • Tong Bei Quan - Melalui tinju kembali
  • Liu Dia Quan - Enam harmoni tinju
  • Taizu Chang Quan - tinju panjang Kaisar Taizu (ini mengacu terutama kepada komandan militer yang, dengan menggunakan teknik dalam pasukannya, menjadi kaisar Lagu pertama)
  • Qixing Quan - Tujuh tinju bintang
  • Da Pao Quan - tinju meriam Besar
  • Xiao Pao Quan - tinju meriam Kecil
  • Chang Hu Xin Yi Pria - Selamanya melestarikan link hati-pikiran / pintu
  • Meihuaquan - Plum tinju bunga
  • Luohan Quan - Arhat tinju
  • Tongzigong - Shaolin pelatihan anak
  • Dan Dao - Single pedang teknik
  • Panjang - Dragon teknik
  • Qi Lu Quan - Tujuh tinju hewan

Pelatihan Shaolin metode khusus

Pada 1934, Jin Jing Zhong menerbitkan buku berbagai cara yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Shaolin 72 Cara Praktek Seni Shaolin atau Metode Pelatihan Seni 72 dari Shaolin. [23] Karya ini daftar apa yang diduga menjadi metode pelatihan Shaolin otentik yang dapat menghasilkan keterampilan yang luar biasa dan kemampuan; contoh keterampilan ini meliputi tubuh besi teknik (baik ofensif dan defensif), jumping dan teknik penskalaan dinding, tiang-manipulasi atas ketangkasan melompat pelatihan, tekanan-point dan saraf, dan sejumlah prestasi lainnya. Sebagian besar keterampilan ini membutuhkan antara tiga sampai sepuluh tahun untuk menguasai, menurut penulis. Jin mengklaim telah menyaksikan banyak dari keterampilan dirinya telah belajar dari mereka dari sebuah gulungan yang diberikan kepadanya oleh Shaolin Abbot Miao Xing, meskipun pekerjaan cenderung membesar-besarkan dan membumbui. [24]

Kontemporer pelatihan di Kuil Shaolin

Sementara biksu prajurit paling cenderung difokuskan pada kinerja diarahkan untuk rombongan tur, kader yang lebih kecil dari biksu Shaolin prajurit mencari rute tradisional yang berfokus agak lebih pada pertahanan diri dan keaslian teknik. Dalam banyak hal, para biksu prajurit kontemporer melakukan sebanding dengan seniman kontemporer wushu yang fokus pada cantik, bentuk rumit mempesona daripada aplikasi bela diri asli dan kecakapan pertempuran. The 72 Shaolin seni adalah lebih menunjukkan sistem, lebih tua kuil Shaolin asli berjuang dan teori. Juga, biarawan melakukan tidak tertekan untuk berlatih atau belajar Zen, sementara di dalam kuil, setidaknya menunjukkan rasa hormat untuk kebiasaan Shaolin diharapkan oleh tuan dari murid yang mereka pilih prajurit biarawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar